Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah North Sumatra, and in collaboration with the Association of Indonesian Guidance and Counseling Associations (ABKIN) with E-ISSN: 2620-3103. The purpose of the journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and education in all settings. The scope of the journal includes applications of school counseling, mental health, assessment, supervision in counseling, sexual harassment, violence supplementary counseling, multi-cultural counseling, crisis intervention, trauma counseling, ITC in counseling, career counseling, spiritual counseling, marriage and family counseling, counseling and psychotherapy, counseling in all backgrounds; Education (teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education and learning, assessment). It was first published in 2018.
Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5, No 3 (2022): November 2022"
:
13 Documents
clear
EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM TEBING TINGGI DELI)
Faridah Ariani;
Akrim Akrim;
Emilda Sulasmi
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.12118
Pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk sekolah/perguruan tinggi di liburkan beberapa waktu namun siswa/mahasiswa tetap dianjurkan belajar dari rumah sehingga sudah beberapa bulan ini guru/dosen harus lebih interaktif dan kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar para siswa/mahasiswa tidak ketinggalan pembelajaran. Salah satunya di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi Deli.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 105 mahasiswa, 91 mahasiswa (87%) menyatakan bahwa pembelajaran daring di STAI Tebing Tinggi Deli telah direncanakan dengan baik sehingga hasilnya efektif, sedangkan 14 mahasiswa (13%) menyatakan belum puas. Sebanyak 97 mahasiswa (92%) menyatakan puas terhadap pelaksanaan pembelajaran daring yang diberikan dosen, sedangkan sebanyak 8 mahasiswa (8%) menyatakan tidak puas. Sebanyak 90 mahasiswa (86%) menyatakan puas terhadap pengendalian atau monitoring pembelajaran daring, sedangkan sebanyak 15 orang (14%) menyetakan tidak puas. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwa Perencanaan pembelajaran daring telah dikelola secara baik dengan melibatkan semua pihak dikampus, yakni direktur, program studi dan dosen, dan tenaga administrasi.Pelaksanaannya dengan cara yakni melalui website kampus, google classroom dan zoom, pembelajaran daring yang dilakukan adalah dengan cara dosen menerangkan materi melalui Web kampus, Google Classroom, dan Zoom, kemudian mahasiswa mengerjakan tugas yang ada di Google Classroom atau Google Form.Dosen menjadi kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan perencanaan, pelaksanaan dan sistem evaluasi serta media pembelajaran.Mahasiswa mampu mengelola waktu secara mandiri meski belajar secara daring maupun belajar mandiri di rumah, lebih banyak bekerja dengan membuat tugas dan proyek.Mahasiswa lebih terdorong untuk kreatif dan berinovasi dalam mempresentasikan tugas
Dampak Penggunaan Media Sosial (TikTok ) Terhadap Perkembangan Remaja
Dhilal Rizqullah;
Auria Khairina;
Badriani Saputri Saputri;
Sabbila Nurcahyani
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.10458
Abstract : The purpose of this study was to obtain information about the impact of using social media (TikTok) on adolescent development. The research uses a case study method with a research approach using qualitative methods that are useful for obtaining information about the positive and negative impacts of using TikTok applications on adolescent development. In this study, 4 respondents were used in a high school in the city of Jambi. For confidentiality purposes, respondents were given the initials R1, R2, R3, and R4. The interviews were semi-structured and a list of questions was prepared for the interviews in order to be developed based on the relevant literature. The results of this study are that there are several positive and negative impacts on the use of the TikTok application, the positive impacts are being entertainment in spare time, getting new information, and being able to make shopping easier because of the online shopping feature. The negative impact of this TikTok application is that negative content is free to view, time is wasted due to watching useless content, and a lack of shame due to creating useless content.
ANALISIS PENGARUH EKONOMI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Adela Yasica
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.10383
Abstract : There are many factors that affect the nature of students, especially students who are in Indonesia. Starting from environmental factors to family economic factors that are able to be the background for the extent to which the student develops. The development of students who are basically teenagers who are looking for their identity is very easily influenced by many aspects of life. This is true in affecting the extent to which students will develop. Student development is also one of the main factors in determining the future of shiva and student life in the school and community environmentKeywords : student, economy, schoolAbstrak : Banyak factor yang mempengaruhi sigat sifat siswa khususnya siswa yang berada di Indonesia. Mulai dari factor lingkungan hingga factor ekonomi keluarga yang mampu menjadi latar belakang sejauh mana siswa itu berkembang. Perkembangan siswa yang pada dasarnya merupakan remaja yang tengah mencari jati diri mereka sangatlah mudah dipengaruhi oleh banyak aspek kehidupan. Hal ini benar benar mepengaruhi sejauh mana siswa akan berkembang. Perkembangan siswa juga menjadi salah satu factor utama dalam menentukan masa depan siwa dan kehidupan siswa di lingkungan sekolah maupun bermasyarakatKata Kunci : siswa, ekonomi, sekolah
EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN (STUDI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA TEBING TINGGI)
Remi Remi;
Indra Prasetia;
Amini Amini
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.12119
Fokus penelitian ini yakni manajemen pembelajaran daring berbasis Web yang ada di sekolah dan terhadap hasil belajar siswa di MAN Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campurana. Sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi hasil belajar siswa. Temuan penelitian secara kualitatif dan kuantitatif menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan aspek perencanaan, menunjukan perencanaan pembelajaran daring dilaksanakan dengan melibatkan semua guru. Kepala sekolah dan wakil kepala berfungsi sebagai penanggung jawab dalam perencanaan dan mengontrol jalannya pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi dilakukan dengan menggunakan E-learning, dan dalam pelaksanaannya dapat dilakukan secara fleksibel. Mengingat sekolah belum dapat melakukan tatap muka secara umum, maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat diberbagai tempat, namun bagi guru tetap berada dilingkungan sekolah. Dalam penilaian atau evaluasi, bahwa pengontrolan pembelajaran daring dapat telaksana dengan baik, namun juga tidak menutup kemungkinan terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini dibatasi oleh pembelajaran yang tidak mempertemukan guru dan siswa secara tatap muka. Sehingga guru kesulitan dalam mengontrol pembelajaran siswa. Tidak hanya itu, bahkan guru beranggapan bahwa ketika murid sudah membaca tugas yang diberikan dan telah membalas tugas tersebut, maka di anggap bahwa siswa telah memahami pembelajaran tersebut. Selain itu bahwa berdasarkan persepsi siswa bahwa manajemen pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa, yakni sebesar 9,8%. Meskipun nilai pengaruhnya dalam kriteria rendah.
PENGARUH REWARD, KEMAMPUAN KERJA DAN PEMBERDAYAAN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU PERGURUAN AL WASHLIYAH TEBING TINGGI
Endiya Purbaningsih;
Indra Prasetia
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.12117
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward, kemampuan kerja dan pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi guru di Perguruan Al Washliyah Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 310 orang guru di Perguruan Al Washliyah kota Tebing Tinggi, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 76 orang guru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif yaitu metode penelitian yang lebih menuju kepada aspek pengukuran secara objektif terhadap fenomena sosial. Teknik analisa data penelitian ini adalah uji keandalan angka, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial reward berpengaruh terhadap motivasi berprestasi guru. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,121 atau 12,1 %. Ini berarti pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi sebesar 12,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. parsial kemampuan kerja berpengaruh terhadap motuvasi berprestasi. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,0,063 atau 6,3 %. Ini berarti pengaruh kemampuan kerja terhadap motivasi berprestasi sebesar 6,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. pengaruh pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2 yakni 0,036 atau 3,6 %. Ini berarti pengaruh pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi sebesar 3,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Efektifitas Konseling Behavioral Untuk Meningkatkan Penyesuiaan Sosial Siswa
Deni Kamali
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.11492
Abstract : Students with behavioral barriers in social adjustment are considered capable of limiting personality formation and self-actualization throughout life, especially in terms of academic achievement. Because humans are motivated in meeting needs, social adjustment can occur. Observations made on September 17, 2021 at SMP Sabiliyah revealed that some students experienced social problems such as being aloof, apathetic, not talking much in class, which had to be overcome through counseling with a behavioral approach by the BK teacher at SMP Sabiliyah.Keyword : Social Adjustment and Behavioral Counseling
EFEKTIVITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KOTA TEBING TINGGI
Sri Herawati
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.12116
Fokus penelitian ini adalah efektifas musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Negeri kota Tebing Tinggi Rayon SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campuran. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah bersifat primer, sedangkan pendekatan kuantitatif bersifat skunder. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data kuantitatif dilakukan untuk mendukung temuan penelitian ini. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Efektivitas MGMP di SMPN 1 Tebing Tinggi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dilaksanakan melalui forum diskusi, pelatihan, workshop dan seminar serta penguatan komitmen kerja melalui proses pembinaan, kordinasi dan pengendalian kepala semua anggota MGMP yang dilaksanakan terjadwal dan terprogram. Peningkatan kompetensi profesional ditunjukkan dengan mengembangkan program layanan akademik yang berkaitan dengan pembelajaran yang efektif; mengembangkan kurikulum, silabus dan melakukan analisis materi pelajaran, program tahunan, program semester, rencana pelajaran (RPP), dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dan modifikasi kurikulum merdeka belajar dengan memasukan pendidikan karakter bangsa. serta merumuskan model pembelajaran yang variatif dan alat-alat peraga praktik pembelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh MGMP SMPN Negeri 1 Tebing Tinggi terdiri dari kendala internal dan kendala eksternal.
Resiliensi Akademik di SMP Negeri 25 Kota Jambi Setelah Menghadapi Situasi Pandemi
Henni Twentyona Anjelyta
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.11471
The situation faced recently in society has made many changes that have created new challenges that refer to pressure, the same is felt by students in the academic field. The purpose of the study was to describe the level of academic resilience of students at SMP Negeri 25 Jambi City after facing a pandemic situation. This research uses descriptive method with quantitative research type. The data collection technique used a questionnaire while the data analysis technique used the percentage technique. The results showed that the data obtained were that the overall academic resilience of students was in the high category with a percentage (69.46%), which means that students have a high capacity for dealing with pressure in the academic field. The results of this study are expected to have implications for guidance and counseling, namely to make this research an illustration in the provision of counseling guidance services to students, both classical, group and individual services.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SMK NEGERI 4 KOTA TEBING TINGGI
Syamsidar Syamsidar
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 5, No 3 (2022): November 2022
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/bibliocouns.v5i3.12120
Efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dimana Proses belajar mengajar dikatakan efektif apabila pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan serta siswa dapat menyerap materi pelajaran dan mempraktekkannya. Hasil penelitian bahwa Implementasi pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Kota Tebing Tinggi ada kemudahan atau kelebihan dimana menjadi kelebihan yakni Proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, guru dan siswa dapat menambah pengetahuannya mengenai pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan dalam bidang pendidikan, guru dan siswa memiliki sumber belajar yang sangat luas, menumbuhkan rasa mandiri dan kesadaran siswa untuk belajar, serta siswa dapat memanfaatkan berbagai fitur belajar online, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam diantaranya penggunaan media daring memerlukan biaya yang besar, kendala jaringan, cuaca dan lampu padam akan mengganggu jalannya aktivitas pembelajaran, kuota internet, merupakan kendala yang cukup berat bagi siswa, motivasi belajar siswa akan cenderung menurun jika guru dan orang tua siswa tidak melakukan control siswa belajar dirumah secara intensif, dan berkurangnya bimbingan dan interaksi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa.