cover
Contact Name
M Fauzi Hasibuan
Contact Email
jbc@umsu.ac.id
Phone
+6282277070437
Journal Mail Official
jbc@umsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapt. Mukhtar Basri, BA No. 3 Medan 20238 ยป Tel / fax : 061-6619056
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
ISSN : 26203103     EISSN : 26203103     DOI : 10.30596/bibliocouns
Core Subject : Education,
The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah North Sumatra, and in collaboration with the Association of Indonesian Guidance and Counseling Associations (ABKIN) with E-ISSN: 2620-3103. The purpose of the journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and education in all settings. The scope of the journal includes applications of school counseling, mental health, assessment, supervision in counseling, sexual harassment, violence supplementary counseling, multi-cultural counseling, crisis intervention, trauma counseling, ITC in counseling, career counseling, spiritual counseling, marriage and family counseling, counseling and psychotherapy, counseling in all backgrounds; Education (teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education and learning, assessment). It was first published in 2018.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2024): November 2024" : 7 Documents clear
Layanan Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Ambarsari, Anindya Indrie
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 7, No 3 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v7i3.24058

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional pada siswa SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan konseling individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy (CBT). Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan konseling individual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Binjai Kab Langkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa yang mengalami kecerdasan emosional rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang mengalami kecerdasan emosional ditinjau dari beberapa indikator antara lain kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan individual menggunakan pendekatan cognitive behavior theraphy. (2) terdapat perbedaan yang signifikan keverdasan emosional siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan konseling individual. (3) terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment).
Teknik Assertive Training Melalui Bimbingan Kelompok Dalam Mengantisipasi Terjadinya Perilaku Bullying Pada Siswa Putri, Meisyara Cordelia Bintara
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 7, No 3 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v7i3.24059

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya perilaku bullying melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Galang. Objek dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa yang tidak mampu bersikap asertif ketika mendapatkan perilaku bullying. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik proposive sampling (Random Sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini di peroleh melalui emam kali proses pemberian layanan yang di berikan kepada responden, hasil akhir dari penelitian Penerapan Teknik Assertive Training Melalui Bimbingan Kelompok dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam Mengantisipasi Terjadinya Perilaku Bullying Pada Siswa SMP Negeri 1 Galang.
Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Habibullah, Siddiq; Purba, Marhadi; Hasni, Khairunnisa
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 7, No 3 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v7i3.24062

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Layanan Informasi terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMK Tamansiswa Medan Tahun Pelajaran 2023/2024." Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif yaitu one group pretest and posttest design. Subjek penelitian ini adalah kelas n-k = 23-1 = 22 maka dari t tabel diperoleh t = 2,074. Dengan demikian thitungttabel pada kecerdasan emosional yaitu 0,000 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. "Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Layanan Informasi terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMK Tamansiswa Medan
Urgensi Layanan Bimbingan Kelompok Materi Literasi Emosi Terhadap Peningkatkan Efikasi Diri Pada Siswa Cornelia, Ajeng; Husin, Amir
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 7, No 3 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v7i3.24051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatkan efikasi diri pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi dengan melihat perubahan data penelitian antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 384 siswa kelas X kemudian teknik penarikan sampel menggunakan purposive random sampling sehingga sampel sebanyak 8 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model skala Likert. Hasil uji validitas instrumen menghasilkan sebanyak 29 item yang valid dan reliabilitasnya 0,905. Data penelitian dianalisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis dengan uji Product Moment Correlation diperoleh luaran sebesar r = 0,989 dengan nilai Asymp.Sig. = 0,000 (2-tailed) lebih kecil dari 0.005, maka Ha diterima. Disini terdapat koefisien korelasi positif yang artinya 10 siswa mengalami kenaikan skor efikasi diri siswa dari nilai Pre Test ke nilai Post Test. Selisih peningkatan Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 30,00, koefisien korelasi 0,989 dengan tingkat keberpengaruhan sebesar 98,9 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Hajiji, Iffan; Nisa, Purnama
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 7, No 3 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v7i3.24061

Abstract

Perencanaan karier adalah suatu usaha yang dilakukan secara terarah dan terfokus dengan berdasarkan atas potensi yang dimiliki untuk maju dan berkembang, baik secara kualitas maupun kuantitas. Individu yang mempunyai kematangan karier yang sesuai dengan kemampuan bakat dan minatnya akan lebih siap dalam menghadapi masa depan yang terkait dengan kehidupan kariernya. Tujuan penelitian ini adalah agar siswa mampu merencanakan karier yang lebih baik dan lebih sukses ke depannya. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 8 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan Penerapan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perencanaan Karier siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan bimbingan kelompokuntuk meningkatkan perencanaan karier siswa sudah berjalan dengan baik dan efektif dalam mengarahkan siswa memantapkan dan merencanakan pemilihan karier di masa yang akan datang.
Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Dilla, Amelia; Soffa, Sevia
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 7, No 3 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v7i3.24052

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan sikap sopan santun siswa kelas VII MTs As-Shofa Tahun Ajaran 2022/2023. Objek didalam penelitian ini adalah siswa VII MTs As-Shofa yang berjumlah 7 orang yang memiliki sikap sopan santun yang masih rendah. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam satu siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling yang di terapkan di kelas VII MTs As-Shofa Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan sikap sopan siswa.
Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Konseling Self Untuk Menurunkan Kebiasaan Sikap Prokrastinasi Pada Siswa Raziah, Misna
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 7, No 3 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v7i3.24060

Abstract

Layanan individu adalah merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik yang mendapatkan layanan langsung secara tatap muka dengan guru pembimbing (Konselor) dalam rangka pembahasan dan pengentasan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kebiasaan sikap prokrastinasi siswa MTs YPI Al-Hasanah Tanjung Leidong. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs YPI Al-Hasanah Tanjung Leidong Tahun Ajaran 2022/2023 yang ingin diatasi menurunkan kebiasaan sikap prokrastinasi yang berjumlah 3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Konseling Self Untuk Menurunkan Kebiasaan Sikap Prokrastinasi Pada Siswa Di MTs YPI Al-Hasanah Tanjung Leidong.

Page 1 of 1 | Total Record : 7