Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) covers issues concerning education and teaching at the level of primary, secondary and higher education. This article is based on the results of research and theoretical studies which are equivalent to research supported by various theoretical studies that produce research in the form of educational research, learning research, classroom action research, and development. The fields of science include: Social Sciences Education; Mathematics Education; Language Education; Science Education; Arts and Culture Education; Early Childhood Education; Civics Educational; Religious Education; Physical Education; Education and Teaching; Educational Psychology; Learning Media; Education Management; Educational Technology; Music Education; Economics Education.
Articles
33 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6, No 6 (2022)"
:
33 Documents
clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SMPN 1 BENAI
Erwandri Erwandri
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.9017
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Group investigation merupakan metode pembelajaran cooperative learning mengajak siswa untuk berperan serta dalam kelompok mengungkapkan pendapatnya serta siswa dituntut untuk melakukan kerjasama dengan para anggota kelompoknya. Hasil belajar seseorang tergantung kepada apa yang telah diketahui tentang pembelajaran konsep–konsep, tujuan dan motivasi yang mempengaruhi interaksi dengan bahan yang dipelajari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Subjek penelitian ini Siswa kelas VII SMPN 1 Benai berjumlah 22 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan bulan April-Mei 2022. Dapat dilihat dari tes awal hasil siswa masih tergolong rendah yaitu rata-rata 59.09%. Dari hasil tes siklus I siswa mengalami peningkatan tetapi masih berada dalam kategori sedang, yaitu rata-rata 77.27%. Sedangkan hasil tes siklus II siswa mengalami peningkatan yang signifikan berada dalam kategori sangat tinggi, yaitu rata-rata 90.90%. Sehingga penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN SCRABBLE PADA SISWA SMP DI KABUPATEN BOGOR
Sigit Widiyarto;
Aster Pujaning Ati;
Mulyadi Mulyadi;
Sepni Yanti;
Restoeningroem Restoeningroem;
Toto Widiarto;
Sutina Sutina
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.8994
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media scrabbled mampu meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa SMP. Yang kedua untuk menjelaskan proses pembelajaran yang menggunakana media scrabbled. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan minimnys kemampuan menulis siswa SMP. Selain itu perlunya guru untuk menggunakan media pembelajaran yang efesien dan tepat bgi par siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Responden dari 3 SMP yang ada di kabupaten Bogor. Jumlah responden sebanyak 94 siswa. Hasil peneltiian ini adanya peningkatan nilai pada siklus 2 dan 3. Nilai kenaikan total sebesar 8 poin. Disamping itu siswa lebih percaya diri dan cepat membentuk kalimat –kalimat yang berisikan teks ekplanasi. Proses pembelajaran diawali dengan proses pembukaan, inti dan penutup. Pembelajaran dengan media scrabbled dapat membentuk dari sebuah kata menjadi sebuak alinea yang baik. Bagi para guru dianjurkan dapat mengembangkan media lain yang sejenis atau yang berbeda. Pembelajaran ini memerlukan persiapan yang harus dilakukan seperti menyiapkan media, waktu dan bimbingan yang terarah.
PENERAPAN SIMULASI PHET DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP MATERI CAHAYA
Rahyu Darsiyana;
Azizahwati Azizahwati;
Ernidawati Ernidawati
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.8893
Guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan konsep baru yang sebagian besar belum dikenal siswa. Siswa menjadi jarang dilatih menghubungkan pengetahuan dalam membangun sebuah konsep. Kendala guru dan kegagalan siswa tersebut menyebabkan pemahaman konsep siswa menjadi rendah. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dapat diterapkan pembelajaran yang inovatif yakni penerapan simulasi phet dengan model problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kateman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan simulasi PhET dengan model problem solving terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen Nonequivalent control group design dengan model Posttest only control group design. Instrumen pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep yang terdiri dari 33 soal pilihan ganda beralasan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dan simpulan penelitian menunjukkan bahwa daya serap siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen yang menerapkan simulasi PhET dengan model problem solving dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA RAKYAT MELAYU UNTUK PENINGKATAN MINAT BACA MAHASISWA
Adisthi Martha Yohani;
Nana Rahayu;
Yenny Aristia Nasution
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.8945
Minimnya variasi media ajar dalam pembelajaran bahasa asing berimbas pada kurangnya motivasi mahasiswa dalam pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk membuat materi ajar yang memasukkan unsur budaya Melayu ke dalam komik untuk meningkatkan minat baca siswa. Kajian semacam ini memerlukan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model prosedural. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4-D. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, FKIP, Universitas Riau selama bulan Juni-Oktober 2022. Prototipe media pembelajaran yang dibuat melalui penelitian ini dinilai oleh 3 validator menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dilakukan dengan menentukan nilai validasi. Skor rata-rata penilaian tampilan teks komik adalah 81,22% dengan kategori sesuai. Penilaian tampilan gambar memiliki validitas dan skor rata-rata 85,37 persen. Skor rata-rata untuk mengembangkan peran komik sebagai bahan pembelajaran adalah 80,53 persen dan dikategorikan baik. Dari keempat kriteria penilaian validasi media komik tersebut, diperoleh skor sebesar 81,22%, dengan kata lain komik memiliki validitas yang baik sebagai media ajar.
STUDI LITERATUR: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA NEW NORMAL
Mirda Indriani;
Alisia Rahmadini;
Dwi Inda Kurnianti
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.8843
Pendidikan karakter merupakan jalan yang harus ditempuh oleh setiap siswa baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari demi membentuk karakter penerus bangsa yang berkualitas. Karakter erat hubungannya dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan kehidupan manusia. Di masa kenormalan baru manusia sudah mulai beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Seperti yang telah diketahui, tata krama dalam bersosial media dan dalam pemanfaatan laman internet saat ini masih sangat memprihatinkan. Bagi siswa sekolah dasar yang beberapa waktu ini kebanyakan menempuh pendidikan secara daring tentu perlu mendapatkan pendidikan lebih terkait karakter dan cara bersosialisasi yang tepat. Untuk itu peran pendidikan sangat penting demi menciptakan generasi muda berkarakter sesuai dengan jati diri bangsa yang sesungguhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dijadikan bahan referensi pada penelitian yang relevan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur sesuai teori dan penelitian yang telah ada, kemudian kami simpulkan menjadi teori baru yang relevan. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter sekolah dasar dimasa pandemi berjalan dengan baik. Hal ini didukung dengan berbagai upaya yang telah dilaksanakan oleh guru, dan dukungan dari sekolah serta orang tua. Dari berbagai upaya yang telah dijabarkan diatas, peneliti merekomendasikan upaya-upaya tersebut untuk diterapkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing sekolah dasar.
KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU
Hesti Nursuci Rahmadani;
Rr. Sri Kartikowati;
Hardisem Syabrus
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.8934
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan mengajar mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif PIPS yang berjumlah 68 mahasisiwa yang diambil dari seluruh mahasiswa aktif PIPS yang berjumlah 211 mahasiswa dengan Teknik penelitian yang digunakan adalah Teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan dengan google form. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Diperoleh data bahwa motivasi mengajar berada pada kategori sangat baik 51% dan kesiapan mengajar pada kategori sangat baik 60%. Kemudian data diolah menggunakan bantuan SPSS versi 24. Hasilnya menunjukkan bahwa motivasi mengajar memberikan kontribusi kepada kesiapan mengajar sebesar 59%. Sisanya sebanyak 41% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian yaitu faktor minat, kapasitas intelektual, persepsi dan lainnya. Kemudian diketahui nilai konstan dimana setiap satu satuan dari nilai X akan diikuti perubahan nilai Y Artinya jika motivasi mengajar mengalami kenaikan nilai sebesar 1 unit maka akan diikuti kenaikan nilai sebesar 1 unit pula pada kesiapan mengajar dengan asumsi bahwa motivasi mengajar bersifat tetap. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi mengajar terhadap kesiapan mengajar calon guru, mahasiswa, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau.
PENGEMBANGAN APLIKASI ECSON (Early Childhood SexeducatiON) UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA 5-6 TAHUN
Yessi Komalasari;
Enda Puspitasari;
Zulkifli N
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.8908
Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dari Aplikasi ECSON (Early Childhood Sex educatiON) untuk mengenalkan pendidikan seks kepada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) langkah-langkah yang dilakukan yaitu: mengenal potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, pembuatan produk dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, menyebar angket, dan analisis dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi Aplikasi ECSON dari ahli media, ahli materi, dan ahli pendidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dapat disimpulkan bahwa validasi dari ahli materi sebesar 85% “sangat layak”, validasi dari ahli media sebesar 85% “sangat layak”, validasi dari ahli pendidik diperoleh hasil persentase sebesar 97% “sangat layak”. Hasil uji coba terbatas yang telah dilakukan memperoleh hasil persentase sebesar 92%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media ECSON (Early Childhood Sex educatiON) layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hikmah Kecamatan Seberida.
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 03 BUANA BAKTI KABUPATEN SIAK
Parji Parji
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.9018
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar melalui metode demonstrasi. Kreativitas guru dalam proses belajar mengajar mempunyai peranan penting dalam peningkatan mutu hasil belajar siswanya. Kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian yang dilakukan pada hari Selasa, tanggal 2 Agustus 2022 di SD Negeri 03 Buana Bakti Kabupaten Siak, ditemukan permasalahan yaitu: (1) Penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan guru didalam kelas kurang kreatif, terlalu monoton sehingga siswa tidak tertarik terhadap materi yang dipelajari. (2) Guru belum melibatkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini guru belum mampu meningkatkan kecakapan berpikir kreatif siswa. (3) Guru jarang menggunakan media dalam mengajar sehingga pengajaran yang berlangsung kurang menarik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar di SD Negeri 03 Buana Bakti Kabupaten Siak dapat ditingkatkan melalui Metode Demonstrasi. Dengan kondisi tersebut maka tingkat penerimaan guru meningkat. Metode Demonstrasi aspek kreativitas guru dalam mengajar melalui metode demonstrasi pada siklus I dan II peningkatannya dari 59.0% dan siklus II menjadi 73.8%.
PENGARUH PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SIMPANG KANAN KABUPATEN ROKAN HILIR
Supriadi Supriadi;
Isjoni Isjoni;
Sri Kartikowati
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.8607
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengawasan kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 115 guru. Pengolahan data menggunakan perangkat lumunak SPSS versi 20. Teknik statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variable-variabel tersebut adalah teknik statistik korelasi product moment. Tehnik pengumpulan data untuk variabel kinerja guru dilakukan dengan dokumentasi, sedangkan untuk variabel pengawasan dan kompensasi melalui kuisioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil dari Fhitung =19,091 > Ftabel = 3,08, dengan taraf signifikansi 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengawasan kepala sekolah (X1) dan kompetensi (X2) secara bersamaan mempengaruhi kinerja guru (Y).Dengan demikian bahwa secara parsial pengawasan kepala sekolah kompensasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja guru dan secara simultan pengawasan kepala sekolah , kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru.
PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU
Harliza Harliza;
Rr Sri Kartikowati;
Hendripides Hendripides
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Vol 6, No 6 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33578/pjr.v6i6.8914
Penelitian ini dilatar belakangi oleh indikasi rendahnya hasil belajar siswa IPS Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Pekanbaru selama pembalajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk menggambarkan pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa selama pembelajaran daring. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik berdasarkan pertimbangan yang menggunakan kelas VIII B dan G sebanyak 78 siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis deskripstif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar memiliki kontribusi sebesar 0,703 sama dengan 70,3% terhadap hasil belajar siswa selama pembelajaran daring, kemandirian belajar memiliki kontribusi sebesar 0,762 sama dengan 76,2% terhadap hasil belajar siswa selama pembelajaran daring. Hal ini membuktikan bahwa motivasi belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa selama pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru sebesar 76,2%.