PROCESSOR Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer			
            
            
            
            
            
            
            
            Jurnal PROCESSOR merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Misi dari Jurnal PROCESSOR adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu bidang informatika, sebagai media bagi para dosen, guru, peneliti dan para praktisi dalam bidang teknologi informasi dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan.
            
            
         
        
            Articles 
                7 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol 14 No 1 (2019): Processor" 
                    
                    : 
7 Documents 
                    
clear       
                 
                        
            
                                                        
                        
                            PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING PADA MTS NEGERI 1 MERANGIN 
                        
                        SHARIPUDDIN SHARIPUDDIN; 
EFFIYANDI EFFIYANDI; 
DWI FEBRYANTO                        
                         Jurnal Processor Vol 14 No 1 (2019): Processor 
                        
                        Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (1642.737 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33998/processor.2019.14.1.576                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Proses pembelajaran yang berlangsung di MTS Negeri 1 Merangin masih bersifat konvensional, guru dan murid masih bertatap muka secara langsung untuk melakukan proses belajar-mengajar, sehingga apabila guru berhalangan hadir maka informasi tentang materi pelajaran yang disampaikan kurang maksimal dan keterbatasan waktu yang disediakan menyebabkan lambatnya proses pembelajaran dan kurangnya pemahaman materi pelajaran pada siswa. E-learning adalah proses pembelajaran efektif yang diciptakan dengan cara menggabungkan konten yang disampaikan secara digital dengan jasa dan sarana pendukung pembelajaran. Aplikasi dibangun menggunakan Macromedia Adobe Dreamweaver CS5 dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi e-learning yang dapat memberikan kemudahan pada siswa untuk mengakses materi pelajaran meski tidak ada pertemuan di kelas dan sebagai solusi alternatif bagi guru untuk tetap dapat memberikan materi meski tidak bisa hadir saat jam pelajaran.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PEMANFAATAN SENSOR 3 AXIS GYROSCOPE PADA ROBOT SENI TARI BERBASIS RASPBERRY PI 
                        
                        M. IRWAN BUSTAMI                        
                         Jurnal Processor Vol 14 No 1 (2019): Processor 
                        
                        Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (431.668 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33998/processor.2019.14.1.555                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Di indonesia ajang kontes robot sudah dilakukan pada setiap tahunnya baik tingkat regional dan tingkat nasional. Kontes Robot Indonesia atau KRI terdiri dari 4 divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI),Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Salah satu kategori yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Pada kategori ini, robot harus bisa bernavigasi untuk menari dengan tema yang telah ditentukan. Pada saat ini robot untuk bernavigasi masih tidak mengetahui posisi, sehingga pada saat bergerak robot tidak bisa menyeimbangkan badan sehingga robot mudah untuk terjatuh. Tujuan utama dari robot ini adalah bernavigasi dan menari mengikuti alunan musik musik sampai selesai. Salah satu solusi yang dapat membantu permasalahan pada keseimbangan robot seni tari adalah dengan cara memanfaatkan sensor gyroscope 3 axis sebagai keseimbangan robot, yang dapat membedakan mana posisi yang aman untuk bergerak sehingga tidak terjatuh. Sehingga robot bisa menari dan berjalan dengan baik dan mengurangi jatuh saat menari. Penelitian ini menghasilkan sebuah robot humanoid dengan menggunakan motor servo sebagai penggerak dan menggunakan 1 buah sensor gyroscope untuk mendeteksi kemiringan pada robot. Semua sistem dapat bekerja sesuai dengan perintah atau instruksi dari raspberry pi. Robot seni tari untuk berjalan masih belum bisa lurus sampai tujuan, diharapkan dapat menambahkan sensor kompas dan diterapkan metode yang pengambil keputusan untuk menentukan setiap langkah dengan cepat
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENERAPAN SISTEM NAVIGASI SENSOR KOMPAS PADA ROBOT SEPAK BOLA BERODA 
                        
                        CHINDRA SAPUTRA; 
ROBY SETIAWAN                        
                         Jurnal Processor Vol 14 No 1 (2019): Processor 
                        
                        Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (446.073 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33998/processor.2019.14.1.556                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kontes Robot Indonesia atau KRI sudah dilakukan pada setiap tahunnya di Indonesia baik tingkat regional dan tingkat nasional. KRI adalah perlombaan robot bagi mahasiswa memiliki beberapa cabang perlombaan yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti). Pada 2017 cabang yang baru di perlombakan adalah Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda. Pada cabang KRSBI Beroda, dimana robot harus bisa bernavigasi dalam hal mencari bola, menggiring dan menendang bola kearah gawang lawan. Akan tetapi, pada saats pertandingan kebanyakan robot memiliki masalah dalam sistem posisi. Akibatnya banyak robot yang sering salah alamat atau tidak bisa mengenali mana gawang sendiri dan mana gawang lawan, sehingga robot dapat menendang bola ke arah gawang sendiri. Dengan adanya permasalahan tersebut salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan sensor kompas sebagai petunjuk arah, sehingga robot bisa membedakan mana posisi gawang sendiri dan mana posisi gawang lawan. Robot KRSBI Beroda ini di rancang dapat bergerak ke segala arah dengan kecepatan yang konstan untuk setiap geraknya. Robot ini di buat memiliki sistem navigasi yang baik dan dapat mengikuti seluruh instruksi yang telah di berikan. Penelitian ini menghasilkan sebuah robot sepak bola beroda dengan 3 buah motor dc menggunakan ban omni-directional sebagai penggeraknya dan menggunakan sensor kompas unruk mendeteksi arah.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            OPTIMALISASI PROSES SINKRONISASI DATA AKADEMIK DAN WEB SERVICES PDDIKTI MENGGUNAKAN FITUR QUEUES PADA FRAMEWORK LARAVEL 
                        
                        ABDUL RAHIM; 
MULYADI MULYADI                        
                         Jurnal Processor Vol 14 No 1 (2019): Processor 
                        
                        Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (864.382 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33998/processor.2019.14.1.574                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Pada penelitian sebelumnya telah berhasil memetakan kebutuhan tabel dan merancang aplikasi untuk sinkronisasi database antara sistem informasi akademik STIKOM Dinamika Bangsa Jambi dengan feeder pangkalan data pendidikan tinggi (pddikti). Fungsi yang dimiliki aplikasi ini meliputi pengolahan data mahasiswa baru, data nilai mahasiswa, dan data aktifitas mahasiswa. Aplikasi sinkronisasi database ini sudah digunakan dan diimplementasikan oleh STIKOM Dinamika Bangsa sebagai pelaporan akademik. Berdasarkan hasil implementasi tersebut, penulis menemukan permasalahan utama yaitu aplikasi ini tidak bisa dijalankan melalui web browser karena proses yang dibutuhkan dalam sinkronisasi sangat lama (sesuai dengan jumlah data data), sehingga mengakibatkan hubungan web browser dan web server menjadi timeout atau web browser menjadi not responding, sehingga aplikasi ini harus dijalankan menggunakan php-cli atau command line interface. Optimalisasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah optimalisasi user interface dan proses sinkronisasi data akademik ke pddikti, menggunakan Queue berbasis database pada framework Laravel (Laravel Queues). Dengan menggunakan fitur Queue dan aplikasi supervisor maka pengguna tidak perlu menunggu proses sinkronisasi selesai, karena proses sinkronisasi telah disimpan di queue dan dijalankan sebagai background services.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            ANALISIS ALGORITMA UNTUK MENGIDENTIFIKASI RUANGAN PADA MAP KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY 
                        
                        AGUS SISWANTO                        
                         Jurnal Processor Vol 14 No 1 (2019): Processor 
                        
                        Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (710.791 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33998/processor.2019.14.1.557                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kontes Robot Indonesia (KRI) merupakan salah satu ajang untuk mengembangkan kreatifitas dan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang robotika. Dimana seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia, dapat mengikuti perlombaan ini dalam satu tempat. Kegiatan ini didukung oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang disingkat (RISTEKDIKTI). Kontes Robot Indonesia ini terdiri dari empat kategori. Salah satu kategori yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki. Pada kategori ini, robot memiliki tugas untuk memadamkan api yang ada didalam suatu ruangan. Dalam perlombaan atau saat kontes robot berlangsung, banyak peserta yang mengalami permasalahan antara lain robot hanya berputar mengelilingi salah satu ruangan atau dua ruangan, robot tidak menemukan keberadaan api, dan robot tidak bisa memasuki ruangan tengah jika boneka berada ditengah arena. Salah satu solusi yang dapat membantu permasalahan tersebut adalah dengan cara mengidentifikasi setiap ruangan, agar robot dapat mengetahui keberadaannya. Sehingga robot dapat mengetahui sedang berada di ruangan mana. Selain itu juga agar robot dapat mengambil keputusan harus bergerak ke arah mana setelah menemukan suatu ruangan tertentu. Hasil dari penelitian ini menghasilkan robot yang dapat mengidentifikasi ruangan pada MAP Kontes Robot Pemadam Api Indonesia dengan menggunakan logika fuzzy.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS BERBASIS WEB PADA CV BALI SHANTI 
                        
                        NI PUTU HAPPY VALENTINA SUGIYANTI; 
EDDY MUNTINA DHARMA; 
NI MADE ESTIYANTI                        
                         Jurnal Processor Vol 14 No 1 (2019): Processor 
                        
                        Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (1386.274 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33998/processor.2019.14.1.580                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
CV Bali Shanti adalah salah satu UMKM yang bergerak dalam perdagangan oleh-oleh khas Bangli belum menerapkan Sistem Informasi Akuntansi dalam proses bisnisnya begitu juga sistem yang belum terkomputerisasi. Sementara banyak kendala yang dihadapi oleh pemilik dalam mengambil keputusan untuk kemajuan bisnisnya. Adapun kendala yang dihadapi dalam mengelola CV Bali Shanti yaitu Kasir melakukan pencatatan transaksi penjualan dan penerimaan kas yang masih manual pada buku catatan, Belum diterapkannya sistem pengendalian internal seperti penomoran transaksi penjualan (nomor nota), sehingga menimbulkan kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama dalam mengolah data penjualan menjadi laporan yang masih berdasarkan nota-nota penjualan barang yang dikumpulkan dan memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan data penjualan. Penulis melakukan analisis untuk mengatasi permasalahan yang ada dan meningkatkan efisiensi perusahaan pada CV Bali Shanti. Analisis tersebut diuji melalui sebuah sistem informasi akuntansi yang dirancang berbasis web yang dapat digunakan oleh berbagai pihak yang terkait dalam proses penjualan dan penerimaan kas dalam perusahaan sesuai dengan fungsi masing-masing.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENERAPAN SISTEM TERDISTRIBUSI BERBASIS ANDROID PADA APLIKASI PENJURIAN PERTANDINGAN TAEKWONDO 
                        
                        HERO WINTOLO; 
HARLIYUS AGUSTIAN; 
RIYAN ANDRIYANTO                        
                         Jurnal Processor Vol 14 No 1 (2019): Processor 
                        
                        Publisher : LPPM STIKOM Dinamika Bangsa 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (460.635 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33998/processor.2019.14.1.570                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
The taekwondo match is led by a referee and three judges in charge of giving scores to athletes who get points. The position of these judges is at the edge of the determined arena. The judging system requires many devices such as joy-stick, in-focus and a computer that each device must be connected to each other by using a wire, this method is felt to be less effective where the position of the cable should not be touched or trampled by the player or referee in the match area. To overcome this, it is necessary to design a judging system that utilizes Android with wireless networks to make it easier to give points. The judging process as described can be improved by utilizing information technology in the form of an Android smart phone for judging by using an input device in the form of an Android phone that serves to enter points that will later be displayed. The test results show that the application are more compatible with the World Taekwondo Competition Rules & Interpretation 2018 compared to the previous tools that have not been used in the latest regulations