cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pasca Sarjana : EDUKASI
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2009): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam" : 4 Documents clear
STUDI ANALISIS KEBIJAKAN PENJENJANGAN KARIR BAGI GURU SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN GENDER ANALYSIS PATHWAY DI KECAMATAN BEKASI TIMUR – KOTA BEKASI Kuswandi, Aos
Edukasi Vol 1 No 1 (2009): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.069 KB)

Abstract

Pengarusutamaan gender menjadi penting dalam berbagai aspek pembangunan. Kesenjangan gender di bidang pendidikan terjadi dimana posisi perempuan kurang menentukan dalam mempengaruhi arah dan jalannya pendidikan. Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan gender yang terlegitimasikan dalam berbagai dimensi sistem pendidikan, terutama pada bidang Pendidikan Dasar, Kejuruan dan Perguruan Tinggi. Pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi penjenjangan karier guru SD masih bias gender. Jabatan struktural pada Sekolah Dasar belum menunjukkan adanya kesetaraan gender. Dengan demikian keterbatasan akses bagi perempuan berpengaruh terhadap proses kebijakan pendidikan dasar yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bekasi.
STUDI KORELASIONAL ANTARA SIKAP TERHADAP ENTREPRENEUR DENGAN ETIKA ORGANISASI PIMPINAN PTAIS DI KOPERTAIS I Suharyat, Yayat
Edukasi Vol 1 No 1 (2009): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.635 KB)

Abstract

The objective of the research is to study the relationship between attitude towards entrepreneur and organization ethics. The study was conducted at Kopertais I Jakarta in the year of 2003 with n=60 selected randomly. The finding of the research reveals that there is a positive correlation between attitude towards entrepreneur and organization ethics. Based on the results of the study, organization ethics could be enhanced by improving, attitude towards entrepreneur, charismatic leadership, and emotional intelligence.
KONSEP PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN Hasyim, Abd. Wahid
Edukasi Vol 1 No 1 (2009): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.925 KB)

Abstract

Al-Qur?an bukanlah ilmu melainkan kitab suci yang utama dan pertama serta pedoman hidup bagi umat Islam dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Sebagai kitab suci, Al-Qur?an mengajarkan berbagai ajaran yang berkaitan dengan moral, politik, hukum, ekonomi, sosial, sejarah, kebudayaan, teologi, tasawuf, pendidikan, dan lain-lain. Terkait dengan bidang pendidikan, ternyata di dalam Al-Qur?an hanya sedikit yang membahasnya. Namun demikian, meski ayat-ayat tentang pendidikan amat kecil dan terbatas, tapi ia membawa pedoman-pedoman dasar yang perlu dan wajib dipegang dalam mengatur pelaksanaan pendidikan umat.
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERBAKAT ., Amin
Edukasi Vol 1 No 1 (2009): edukasi : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Islam Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.44 KB)

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi (differentiation instruction) adalah pembelajaran yang memperhatikan perbedaan-perbedaan individual anak. Walaupun model pengajaran ini memperhatikan atau berorientasi pada perbedaan-perbedaan individual anak, namun tidak berarti pengajaran harus berdasarkan prinsip satu orang guru dengan satu orang murid. Karakteristik umum pembelajaran berdiferensi, yaitu (a) pengajaran berfokus pada konsep dan prinsip pokok materi pelajaran; (b) evaluasi kesiapan dan perkembangan belajar siswa diakomodasi ke dalam kurikulum; (c) ada pengelompokan siswa secara fleksibel; (d) siswa menjadi penjelajah aktif (active explorer). Dalam mendiferensiasikan pengajaran, guru bisa melakukan modifikasi terhadap lima unsur kegiatan belajar, yaitu materi pelajaran, proses, produk, lingkungan dan evaluasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 4