cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI
ISSN : 08539778     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 36 (2014)" : 10 Documents clear
Analisis Kepuasan Karier dan Kinerja Dosen Pada Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah di Semarang -, tukijan; Winarti, HS, Endah
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.178 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap dosen Kopertis Wilayah Vi yang berada di Semarang, dengan jumlah responden sebanyak 127, namun yang mengembalikan kuesioner dan dengan jawaban sempurna hanya 105orang, sehingga yang dianalisis sebanyak 105 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan karier dosen yang dapat dipengaruhi oleh kinerja dosen dan sikap loyal.Setelah dilakukan penelitian dapat diperoleh kesimpulan : Sikap loyal berpengaruh positif terhadap kinerja dosen. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi sikap loyal, maka kinerja dosen akan semakin baik; Sikap loyal berpengaruh positif terhadap kepuasan karier. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi sikap loyal , maka kepuasan karier akan semakin baik; Kinerja dosen berpengaruh positif terhadap kepuasan karier. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kinerja dosen , maka kepuasan karier akan semakin baik; Kinerja dosen memediasi pengaruh sikap loyal terhadap kepuasan karier. Hal ini berarti bahwa pengaruh sikap loyal terhadap kepuasan karier bukan merupakan pengaruh langsung, namun lebih pada pengaruh tidak langsung, yakni berpengaruh pada kinerja kemudian baru kinerja mempengaruhi kepuasan karier.Kata kunci : kepuasan karier, kinerja dosen, sikap loyal
PERAN BUDAYA ORGANISASIONAL ISLAMI DALAM MEMBENTUK PERILAKU PRESTATIF DI DALAM ORGANISASI Hidayah, Siti; -, Sutopo
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.363 KB)

Abstract

Setiap organisasi apapun orientasi, sifat, dan bentuknya, dapat dipastikan memiliki budaya organisasional, dan budaya organisasional tersebut memiliki peran penting untuk menghasilkan norma-norma perilaku individu yang diharapkan di dalam organisasi. Dalam artikel ini difokuskan peran penting budaya organisasional khususnya budaya organisasional yang Islami untuk membentuk perilaku individu yang diharapkan (prestatif) di dalam organisasi. Organisasi yang memiliki budaya organisasional yang Islami bisa mendorong perilaku individu yang diharapkan (prestatif) di dalam organisasi. Budaya organisasional yang Islami adalah budaya organisasional yang dibangun dari nilai-nilai atau prinsip-prinsip ajaran Islam. Nilai-nilai atau prinsip-prinsip ajaran Islam tersebut adalah berasal dari konsep Islam, yakni tauhid, khilafah, serta keadilan, dan karakteristik-karakteristik Islam, yakni bekerja merupakan ibadah, bekerja dengan azas manfaat dan maslahat, bekerja dengan mengoptimalkan kemampuan akal, bekerja dengan penuh keyakinan dan optimistik, bekerja dengan mensyaratkan adanya sikap keberimbangan, dan bekerja dengan memperhatikan unsur kehalalan dan menghindari unsur haram. Dengan konsep dan karakteristik-karakteristik dari ajaran Islam tersebut perilaku individu yang diharapkan di dalam organisasi bisa terbentuk.    Kata Kunci: Budaya Organisasional, Budaya Organisasional yang Islami, Perilaku Prestatif
ANALISIS DAMPAK INFLASI PADA PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO DAN BUNGA TABUNGAN TERHADAP JUMLAH TABUNGAN BANK UMUM M. Taufiq; Agus Hariyanto
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.524 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis  pengaruh   PDB dan bunga tabungan terhadap jumlah tabungan dengan inflasi sebagai varisbel moderasi. Sampel penelitian adalah data PDB, bunga tabungan, inflasi dan jumlah tabungan pada bank umum dari Januari 2010 sampai dengan Desember 2013 (48 bulan). Metode analisis yang digunakan adalah regresi moderasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa PDB dan bunga tabungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah tabungan. Sedangkan inflasi memoderasi negatif dan signifikan pengaruh PDB dan bunga tabungan terhadap jumlah tabunganKata kunci : PDB, bunga tabungan, inflasi dan tabungan
RELEVANSI NILAI RELIGIUS DALAM MENCEGAH PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDIT Heru Sulistiyo
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.993 KB)

Abstract

-
PENGARUH ROA TERHADAP KREDIT DENGAN KURS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Bank Umum Di Indonesia) Batista Sufa Kefi; Sutono -
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.73 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis  pengaruh   ROA terhadap kredit dengann kurs sebagai varisbel modersi pada   bank umum  di Indonesia. Data penelitian diambil dari Statistik Ekonomi Keuangan  (SEKI) tahun 2010 sampai 2013  yang dilaporkan oleh  Bank Indonesia (BI) selama 48 bulan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi moderasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah kredit. Sehingga meningkatnya ROA akan dapat meningkatkan kredit yang disalurkan. Kurs berpengaruh negatif dan signifiksn. Adanya kurs dapat menurunkan pengaruh  ROA terhadap jumlah  kredit yang disalurkan.Kata kunci : ROA, kurs, kredit
MODEL PEMASARAN DI ERA NEW WAVE MARKETING sb handayani; Ida Martini Alriani
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.441 KB)

Abstract

Dalam sepuluh tahun terakhir ini pemasaran  mengalami perubahan paradigma dimana pemasaran menjadi lebih etis, mengutamakan kejujuran dan keadilan untuk menghadapi “ New World Economic Order” SETIAP   , sebuah manifesto baru untuk para marketer mengajak untuk kita mulai meninggalkan paradigma lama dalam melakukan pemasaran. Marketer   bergerak dengan praktek orde lama (legacy) ke orde baru (new wave) dimana  marketer sudah  menghubungkan atau meng-connect dirinya dengan perubahan besar yang terjadi didunia pemasar ini.  Era  new  wave marketing ini membawa konskwensi kesiapan dunia  tidak terkecuali Indonesia  dalam menghadapi tantangan bisnis pada era  ini    ,oleh karena itu upaya upaya strategis dibidang bisnis pun telah dilakukan .Tulisan ini membuka wawasan dan berbagi pengetahuan tentang perubahan di lanskap pemasaran dari konsep vertical ke konsep horizontal  dalam sebuah model   pemasaran diera new wave marketing ini.Key worth : Era Legacy, New Wave Marketing dan Model  Pemasarannya.
STRATEGI KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN Fasochah -; Harnoto -
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.957 KB)

Abstract

Syarat yang harus dipenuhi suatu perusahaan agar sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan (Levit,1987). Kepuasan pelanggan akan berdampak pada loyalitas pelanggan.  Loyalitas merupakan komitmen pelanggan terhaadap perusahaan, merk maupun pemasok yang didasarkan atas sikap positif yang tercermin dalam bentuk pembelian atau transaksi berulang secara konsisten. Pelanggan yang puas mereka akan melakukan pembelian ulang akan produk tersebut atau mereka akan merekomendasikan pada orang lain atas produk tersebut sehingga terbentuk loyalitas.Loyalitas dapat di kelompokkan dua bagian yaitu Loyalitas Merk ( Brand Loyalty) yaitu prmbrli loyal kepada merek dimana mereka akan selalu membeli dan menggunakan merk tersebut sehingga jika tidak ada di suatu tempat akan mencari di tempat lain.Adapun Loyalitas Toko ( Store Loyalty pembeli loyal kepada toko yaitu pembeli akan membeli barang yang akan dibutuhkan di suatu tempat yang biasa di kunjungi sedangkan merek produk yang dibutuhkan bisa berbeda dengan yang biasa di beli.    Kesetiaan dan kesediaan untuk melakukan transaksi secara terus menerus pada perusahaan yang sama dpt terjadi apabila konsumen merasa puas dengan kinerja perusahaan. Mengabaikan pelanggan merupakan suatu bencana bagi perusahaan lebih baik kita memfokuskan untuk mengetahui bagaimana cara menemukan dan mendapatkan kembali pelanggan yang tidak puas.Pembiayaan untuk mendapatkan kembali pelanggan yang hilang sangat besar biaya nya.Kata Kunci : Kesetiaan, Loyalitas Pelanggan
Analisis Manfaat Mangrove dan Terumbu Karang Terhadap Lingkungan Pesisir Serta Implikasinya Pada Pendapatan Nelayan (Studi Emperik Pesisir Pantai Demak ) Arthur Yordan Herwindya; Endah Winarti HS
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.156 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  menganalisis manfaat mangrove dan terumbu karang terhadap lingkungan pesisir serta Implikasinya Pada Pendapatan Nelayan  (Studi emperik Pesisir Pantai Demak ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nelayan pesisir Demak  yang berjumlah 11.815 orang. Sampel yang diambil menggunakan metode accidental sampling yaitu siapa saja responden/nelayan yang berada pada pesisir pantai Demak pada tanggal 15-30 Januari 2014 berjumlah 125 orang, sedangkan jawaban responden yang memenuhi kelayakan untuk dianalisis berjumlah 119 responden.Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji kelayakan model, uji hipotesis dengan analisis regresi dua tahap. Hasil pengujian hipotesis satu menunjukkan bahwa nilai t hitung  dari pengaruh variabel manfaat mangrove terhadap lingkungan pesisir =  3,013 > t tabel  = 1,660  ( a = 0,05, uji satu pihak), dengan  angka signifikansi =  0,003 < a = 0,05  (signifikan). Dengan demikian maka hipotesis (H1) bahwa manfaat mangrove berpengaruh positif terhadap lingkungan pesisir terbukti.             Nilai t hitung  dari pengaruh variabel manfaat terumbu karang terhadap lingkungan pesisir = 8,308 > t tabel = 1,660 dengan angka signifikansi = 0,000 < a = 0,05  (signifikan). Dengan demikian maka hipotesis (H2) bahwa manfaat terumbu karang berpengaruh positif terhadap lingkungan pesisir terbukti. Selanjutnya nilai t hitung  dari pengaruh variabel lingkungan pessisir terhadap pendapatan nelayan sebesar  3,336 > t tabel  = 1,660  dengan  angka signifikansi =  0,001 < a = 0,05  (signifikan). Dengan demikian maka hipotesis 3, bahwa lingkungan pessisir berpengaruh positif  terhadap pendapatan nelayan terbukti.(Kata Kunci: Mangrove, Terumbu Karang, Lingkungan Pesisir dan Pendapatan Nelayan).
PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, NET INTEREST MARGIN DAN RETURN ON ASSET TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERBANKAN DI BEI PERIODE 2009 – 2012. Sunyoto, Yonatan; -, Sam'ani
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Harga Saham, untuk menganalisis pengaruh Net Interest Margin (NIM) terhadap Harga Saham, untuk mengetahui pengaruh Return on Asset (ROA) terhadap Harga Saham pada Perbankan di BEI Periode 2009-2012.Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa :H1 ada pengaruh CAR terhadap harga saham pada Perbankan di BEI Periode 2009-2012, hal ini ditunjukkan dengan angka signifikansi = 0,016 ? a = 0,05 dan angka t hitung = 2,512 &gt; t tabel 2,013. Hasil penelitian ini tidak konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Heriyati Chrisna (2009) yang menunjukkan bahwa CAR secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham. H2 tidak ada pengaruh NIM terhadap harga saham pada Perbankan di BEI Periode 2009-2012, hal ini ditunjukkan dengan angka signifikansi = 0,837 &gt;a = 0,05 dan angka t hitung = 0,207 &lt; t tabel 2,013. Hasil penelitian ini  konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Heriyati Chrisna (2009) yang menunjukkan bahwa NIM tidak berpengaruh terhadap harga saham. H3 ada pengaruh ROA terhadap harga saham pada Perbankan di BEI Periode 2009-2012, hal ini ditunjukkan dengan angka signifikansi = 0,000 ? a = 0,05 dan angka t hitung = 8,590 &gt; t tabel 2,013. Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Indah Nurmalasari (2009) yang menunjukkan bahwa ROA berpengaruh terhadap harga saham. Kata kunci : Harga saham, Capital Adequacy Ratio, Net Interest Margin, Return On Asset.
PERANAN STRATEGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK MENCAPAI TUJUAN subchan -; Bagus Kusuma Ardi
JURNAL EKONOMI MANAJEMEN AKUNTANSI Vol 21, No 36 (2014)
Publisher : LPPM STIE DHARMAPUTRA SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.716 KB)

Abstract

Perkembangan yang sangat pesat selama beberapa dasawarsa dalam abad 21 ditandai dengan semakin pentingnya informasi dan pengolahan data didalam banyak aspek kehidupan manusia. Kemajuan teknologi informasi seolah-olah membuat semua orang ingin dapat mengetahui dengan cepat terhadap informasi-informasi terkini yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena informasi yang akurat akan menjadi dasar yang kuat dalam pengambilan keputusan manajemen perusahaan. Tepat tidaknya suatu keputusan yang diambil manajemen perusahaan akan mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan perusahaan di dalam mencapai tujuan perusahaan. Dengan melihat peranan pentingnya informasi tersebut, maka perusahaan yang ingin mencapai keberhasilan dengan cepat dalam mencapai tujuan,  perlu memperhatikan dengan serius peranan strategi sistem informasi, agar dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Kata kunci : Strategi, sistem, informasi, sistem informasi, komputer,Teknologi informasi, Perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10