cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL BISNIS STRATEGI
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 14101246     EISSN : 25801171     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Bisnis Strategi ( P-ISSN : 1410-1246, E-ISSN : 2580-1171 ) is an open access and peer-reviewed published by Department of Magister Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Indonesia. This journal published twice a year (juli and desember). The scope of journal is Business Strategy, Strategic Management, Financial Management, Organization, Human Resource Management, Organizational Behavior, Marketing, Marketing Strategy.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 24, No 1 (2015): Juli" : 6 Documents clear
STRATEGI OPERASI DAN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN Anik, Muhammad
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 24, No 1 (2015): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (855.038 KB) | DOI: 10.14710/jbs.24.1.11-25

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan tingkat produksi dan pertumbuhan laba industri rokok di Kudus mengalami penurunan. Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan dengan menerapkan keunggulan bersaing melalui strategi operasi di industri rokok di Kudus. Secara khusus, studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi strategi operasi terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Dimensi strategi operasi yang digunakan dalam studi ini adalah strategi efisiensi biaya, strategi kualitas, strategi pengiriman dan strategi flexibilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dari 100 sampel perusahaan rokok di Kota Kudus. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program AMOS versi 21.0.
MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER KHAS SEMARANG Febriatmoko, Bogy
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 24, No 1 (2015): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1026.725 KB) | DOI: 10.14710/jbs.24.1.83-99

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis.Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang yang berjumlah 104 industri. Dan Jumlah data yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah 102 industri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Jawaban nilai 1 (sangat tidak setuju sekali) sampai dengan 7 (sangat setuju sekali). Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 18Hasil analisis data goodnes of fit index menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian fit (dapat diterima). Tidak semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hipotesis yang diterima adalah pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing terhadap kinerja. Adapun yang ditolak ·adalah pengaruh antara orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis.Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui orientasi pasar, di mana keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.
ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MELAKUKAN TERA ULANG DI KABUPATEN GROBOGAN Kawuri, Ratna
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 24, No 1 (2015): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.624 KB) | DOI: 10.14710/jbs.24.1.26-38

Abstract

Penelitian ini adalah tentang "Analisis lndeks Kepuasan Masyarakat Dalam Melakukan Tera Ulang Di Kabupaten Grobogan". Dalam penelitian ini akan diketahui (1) Bagaimanakah harapan dan realitas masyarakat terhadap birokrasi, petugas, kehandalan dan jaminan dalam melakukan tera ulang di Kabupaten Grobogan (2) Bagaimanakah Kriteria Pelayanan Menurut Kep. Menpan Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 dan (3) lndikator manakah yang dianggap penting dan berpengaruh dalam pelayanan kepada masyarakat.Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan tera ulang di Kabupaten Grobogan yang jumlahnya tidak terhingga. Penentuan sampel menggunakan area probability sample. Dalam penelitian ini Kabupaten Grobogan terbagi menjadi 19 Kecamatan, dan tiap kecamatan diambil 3 wajib tera, sehingga jumlah sampel adalah 19 x 2 x 3 = 114. Teknik analisis data menggunakan (1) Perhitungan perbandingan antara realitas dan harapan baik, (2) Perhitungan Nilai lndeks Kepuasan Masyarakat dengan memperhatikan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004, (3) Metode Importance Performance Analysis (IPA).Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat kesenjangan antara harapan dan realitas masyarakat terhadap pelayanan tera ulang di Kabupaten Grobogan, (2) lndeks kepuasan responden dalam melakukan tera ulang di Kabupaten Grobogan berdasarkan Kep. Menpan Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 menunjukkan kriteria Baik dengan prosentase 71,30%, (3) Berdasarkan teknik Importance Performance Analysis (IPA) maka lndikator yang harus diprioritaskan yaitu : prosedur dalam pelayanan (X1), kemampuan petugas pelayanan (X6), keadilan mendapatkan pelayanan (X8), kewajaran biaya pelayanan (X10) dan kenyamanan lingkungan (X13).
PORTOFOLIO TURNOVER DAN NET ASSET DENGAN RETURN PASAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING, EXPENSE RATIO, CASH DAN SUBSCRIPTION FEE TERHADAP KINERJA REKSADANA PERIODE TAHUN 2009 - 2012 Suharti, Tuti
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 24, No 1 (2015): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1207.989 KB) | DOI: 10.14710/jbs.24.1.39-57

Abstract

Tujuan dari penelitian ini (adalah untuk menganalisis variabel yang mempengaruhi kinerja reksa dana. Reksa Dana adalah kendaraan dan pengelolaan dana pola atau modal hukum untuk sekelompok investor untuk berinvestasi di pasar instrumen investasi yang tersedia dengan membeli satuan investasi dalam reksa dana. Dana ini kemudian ditelola oleh manajer investasi dalam investasi penyedia portfolio. Mutual Fund beberapa keuntungan dalam seperti: murah, liquid, mudah, berhasil secara profesional, sehingga diharapkan dapat memberikan return maksimal dengan risiko yang disesuaikan bagi investor. Seperti produk konsumen, reksa dana tidak bebas, dan terkait kinerja dampak biaya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran portofolio dan aktiva bersih yang dimoderatori oleh pasar kembali dan pengaruh rasio beban, kas dan biaya berlangganan terhadap kinerja reksa dana. Analisis teknis diterapkan untuk penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis untuk mendapatkan hasil yang komprehensif dari hubungan antara satu variabel terhadap variabel lain. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 92 reksa dana yang terdaftar di Bapepam/OJK dan jumlah sampel yang diperiksa setelah melewati purposive sampling dan penyaringan tahap data 33 reksa dana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel aktiva bersih yang dimoderatori oleh biaya pasar kembali, kas dan langganan memiliki pengaruh signifikan, sedangkan omset portofolio yang dimoderatori oleh pasar kembali dan rasio beban tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja reksa dana. Secara umum, investor tidak harus memilih dana dengan biaya dan beban tetapi mereka tidak harus mengharapkan bahwa penghindaran untuk biaya dan biaya ini akan bertepatan dengan risiko disesuaikan kinerja yang unggul.
PERHITUNGAN NILAI BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN VALUE SURVEY MODULE 2008: SEBUAH TELAAH KRITIS Perdhana, Mirwan Surya
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 24, No 1 (2015): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.424 KB) | DOI: 10.14710/jbs.24.1.1-10

Abstract

Value Survey Module (VSM) 08 merupakan sebuah instrumen untuk mengukur dan membandingkan dimensi nilai-nilai budaya nasional. Tujuan dari studi ini adalah untuk menelaah secara kritis formula perhitungan dimensi-dimensi VSM tersebut. Hasil studi ini menunjukkan bahwa terdapat inkonsistensi antara hasil perhitungan formula dengan definisi dimensi indulgence versus restraint dan monumentalism versus self effacement yang telah ditetapkan oleh penyusun instrumen VSM 08. Temuan tersebut dapat dijadikan pertimbangan bagi peneliti-peneliti selanjutnya dalam mengaplikasikan VSM 08 dalam riset lintas budaya.
PENGARUH STRUKTUR MODAL, CAPITAL EXPENDITURE DAN INSENTIF MANAJER TERHADAP PROFITABILITAS DALAM MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN Umami, Familia
JURNAL BISNIS STRATEGI Vol 24, No 1 (2015): Juli
Publisher : Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1691.903 KB) | DOI: 10.14710/jbs.24.1.58-82

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena fluktuasi kinerja perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur modal, pembelanjaan modal dan insentif manajerial terhadap profitabilitas dalam pengaruhnya terhadap nilai perusahaan manufaktur tahun 2009-2012.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling purposive dengan criteria: (1) perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2009-2012, (2) perusahaan manufaktur yang merilis laporan tahunan dalam periode 2009-2012; dan (3) perusahaan manufaktur yang memperoleh laba pada periode penelitian tahun 2009-2012. Sebanyak 15 perusahaan digunakan sebagai sampel dan dianalisis menggunakan analisis jalur.Hasil penelitian menunjukkan struktur modal, memiliki pengaruh terhadap profitabilitas pada tingkat signifikansi kurang dari 5%, belanja modal, dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada tingkat signifikansi kurang dari 5%. lmplikasi manajerial, perusahaan manufaktur harus memberikan prioritas untuk belanja modal untuk meningkatkan profitabilitas dan nilai perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 34, No 1 (2025): July Vol 33, No 2 (2024): December Vol 33, No 1 (2024): July Vol 32, No 2 (2023): December Vol 32, No 1 (2023): July Vol 32, No 1 (2023): July (Article in Press) Vol 31, No 2 (2022): Desember Vol 31, No 1 (2022): Juli Vol 30, No 2 (2021): Desember Vol 30, No 1 (2021): Juli Vol 29, No 2 (2020): Desember Vol 29, No 1 (2020): Juli Vol 28, No 2 (2019): Desember Vol 28, No 1 (2019): Juli Vol 27, No 2 (2018): Desember Vol 27, No 1 (2018): Juli Vol 26, No 2 (2017): Desember Vol 26, No 1 (2017): Juli Vol 25, No 2 (2016): Desember Vol 25, No 1 (2016): Juli Vol 24, No 2 (2015): Desember Vol 24, No 1 (2015): Juli Vol 23, No 2 (2014): Desember Vol 23, No 1 (2014): Juli Vol 22, No 2 (2013): Desember Vol 22, No 1 (2013): Juli Vol 21, No 2 (2012): Desember Vol 21, No 1 (2012): Juli Vol 20, No 2 (2011): Desember Vol 20, No 1 (2011): Juli Vol 19, No 2 (2010): Desember Vol 19, No 1 (2010): Juli Vol 18, No 2 (2009): Desember Vol 18, No 1 (2009): Juli Vol 17, No 2 (2008): Desember Vol 17, No 1 (2008): Juli Vol 16, No 2 (2007): Desember Vol 16, No 1 (2007): Juli Vol 15, No 2 (2006): Desember Vol 15, No 1 (2006): Juli Vol 14, No 2 (2005): Desember Vol 14, No 1 (2005): Juli Vol 13, No 2 (2004): Desember Vol 13, No 1 (2004): Juli Vol 12, No 8 (2003): Desember Vol 11, No 8 (2003): Juli Vol 10, No 7 (2002): Desember Vol 9, No 7 (2002): Juli Vol 8, No 6 (2001): Desember Vol 7, No 5 (2001): Juli Vol 6, No 4 (2001): Juli Vol 5, No 3 (2000): Juli Vol 4, No 1 (1999): Juli Vol 3, No 2 (1999): Juli Vol 2, No 1 (1998): Juli Vol 1, No 1 (1997): Juli More Issue