cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2007): Desember" : 6 Documents clear
ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN UNIT BISNIS, DAN LINGKUNGAN PASAR EKSPOR TERHADAP ADAPTASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN Karlas, Petrus
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 6, No 3 (2007): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1171.307 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v6i3.317-330

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah  untuk menguji pengaruh pengalaman  unit bisnis dan lingkungan pasar ekspor terhadap adaptasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran.Penelitian  ini  dilakukan  di unit-unit  PT Pura  Barutama  Kudus,  responden  yang  digunakan sebanyak  107 manajer,  menggunakan  Structural Equation  Modeling  (SEM).  Hasil penelitian menunjukkan  pengalaman  unit  bisnis  dan  lingkungan  pasar  ekspor mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap adaptasi produk dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Pengaruh  dari  pengalaman  unit  bisnis  terhadap  adaptasi produk  adalah  0,31;  pengaruh lingkungan  pasar  ekspor  terhadap  adaptasi  produk  adalah  0,33;  dan  pengaruh  adaptasi produk terhadap kinerja pemasaran ada/ah 0,31.Lingkungan pasar ekspor adalah  variabel yang paling penting penting dalam mempengaruhi adaptasi produk dan berdampak pada kinerja pemasaran daripada pengalaman  unit bisnis.
ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP KEDEKATAN HUBUNGAN DAN INOVASI DALAM UPAYA PENCAPAIAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Empirik Pada Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan di Semarang) Sumarsono, Sumarsono
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 6, No 3 (2007): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1127.555 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v6i3.347-360

Abstract

Banyaknya PPJK yang gulung  tikar karena ketidaksanggupan dalam  bersaing menunjukkan bahwa  perlu  diadakan  penelitian yang  mengkaji faktor-faktor yang  berpengaruh  terhadap keunggulan  bersaing berkelanjutan. Data dikumpulkan  dari 100 responden yang berasal dari seluruh  pimpinan  Pengusaha  Pengurusan Jasa  Kepabeanan  (PPJK)  Semarang,  kemudian data tersebut dianalisis dengan  menggunakan  analisis  SEM  dengan  program AMOS  4.0. Hasil  ana/isis  menunjukkan   bahwa  semua   hipotesis  yang  diajukan  dalam  penelitian  ini diterima, sehingga model tersebut dapat menggambarkan hubungan  kausalitas yang terjalin antar  variabel.   Dalam  penelitian  ini juga  menghubungkan  hasil penelitian  ini  terhadap implikasi teoritis maupun manajerial. Implikasi manajerial merekomendasikan kepada  PPJK Semarang untuk meningkatkan keunggulan  bersaing berkelanjutan melalui pengembangan hubungan    dekat   dengan    konsumen     dan    melakukan    inovasi    yang    berkelanjutan. Keterbatasan dari penelitian ini dan agenda penelitian  mendatang dapat digunakan  sebagai referensi oleh peneliti berikutnya
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris pada Perusahaan EMKL di Semarang) Utama Puspitasari, Ratih Hesty
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 6, No 3 (2007): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1344.96 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v6i3.331-346

Abstract

Penelitian   di  bidang  pemasaran     menyimpulkan  bahwa  kualitas  pelayanan  memegang peranan   penting  dalam  pengembangan  orientasi  pasar.   Penelitien  ini  secara   khusus meneliti  kualitas  layanan   terhadap  kinerja  pemasaran  dalam  perusahaan  EMKL.   Alat analisis  data yang  digunakan  adalah  SEM.  Dari analisis  data  diperoleh  hasil dimana  model yang diajukan  dalam  penelitian  ini dapat diterima  yang  dilunjukkan  oleh inoek»  kesesuaian dimana  nilai  chi-square  = 120. 727,  goodness  of fit  index  = 0. 891,  adjusted  goodness  of fit index=  0.851,  tucker lewis index=  0.988.  CMlNIDF = 1.078,  comparative  fit index=  0.990. Dan  Selanjutnya  hasil  penelitian  int  membuktilcen   bahwa  oenqerut:  orientasi  pelanggan terhadap   kualitas  pelayanan  adalah  positif dan  signifikan.   Pengaruh   orientasi  pesaing dengan  kualitas pelayanan  adalah positif dan signifikan.  Pengaruh koordinesi antar fungsi terhadap  kualitas  pelayanan  adalah  positif,  serta  pengaruh  kuetiies  pelayanan  terhadap kinerja pemasaran adalah positif dan signifikan.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELi DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang) Yoestini, Yoestini; Rahma, Eva Sheila
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 6, No 3 (2007): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1222.662 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v6i3.261-276

Abstract

Penelitian  inf ditujukan  untuk menguji pengaruh  citra  merek  dan kualitas  layanan  terhadap minat membeli dalam meningkatkan keputusan pembelian.                                                  . Sampel  penelitian   ini   adalah   pengguna   handphone   di  kota   semarang,   sejumlah   100 responden.  Structural  Equation  Modeling  (SEM)  yang  dijalankan  dengan  perangkat  lunak AMOS,  digunakan untuk menganalisis data,  Hasil analisis menunjukkan bahwa citra  merek dan kualitas layanan  berpengaruh  terhadap  minat membeli dalam  meningkatkan  keputusan pembe/ianTemuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa  kua/itas  layanan berpengaruh signifikan terhadap citra merek dengan  nilai korelasi sebesar 0,34; citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat membeli dengan  nilai korelasi sebesar 0,30,  kualitas layanan  berpengaruh signifikan terhadap minat membeli dengan  nilai korelasi sebesar 0,32,  dan minat membeli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembe/ian  dengan nilai korelasi sebesar 0,60.
ANALISIS PELAYANAN PT. PLN (PERSERO) WILAYAH KALBAR DAN DAMPAK EKONOMI SOSIAL BUDAYA PERTAHANAN DAN KEAMANAN AKIBAT PROGRAM PEMBELIAN ENERGI LISTRIK DARI SESCo SARAWAK UNTUK DAERAH PERBATASAN DI KALIMANTAN BARAT Alwi, Ali
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 6, No 3 (2007): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1955.539 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v6i3.277-300

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan   untuk   mengetahui  kondisi   pelayanan   saat  ini  pada   PT.   PLN (Persero)  Wilayah Kalbar serta untuk mengetahui dampak ekonomi sosial budaya dan politik akibat program  pembelian  energi listrik  dari  SESCo  Sarawak  untuk  daerah  perbatasan Kalimantan   Barat.   Populasi  dalam   penelitian    ini   adalah   Masyarakat   Oaerah   Badau, Entikong, Jagoibabang dan Sajingan, adapun  Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode  purposive   sampling   diambil   sebanyak   500  responden.      Hasil     penelitian   ini menunjukkan  bahwa  kebutuhan  listrik untuk keempat daerah tersebut semakin  besar akan tetapi  pihak  PT.   PLN   (Persero)   Wilayah  Kalbar  tidak  dapat  memenuhi  kebutuhannya sehingga  pihak  PT.  PLN  (Persero)  Wilayah  Kalbar harus  melakukan  kerjasama  dengan SESCo  Sarawak.  Sedangkan  kondisi  pelayanan saat ini oleh PT.  PLN  (Persero)  Wilayah Kalbar  yang   ditinjau   dari   variabel   tangible,   empaty,   reliability,   responsiveness   serta assurance   sudah  sesuai dengan  keinginan  dan kebutuhan   pelanggan.  Penelitian  lni juga berhasil mengungkapkan berbagai dampai dari aspek  ekonomi,  aspek sosial budaya  sertai aspek pertahanan  dan keamanan. 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN JARINGAN WARALABA (Studi Kasus pada Yayasan Soroban Mental Aritmatika Indonesia Semarang) Wibowo, Eko
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 6, No 3 (2007): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1296.038 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v6i3.301-316

Abstract

Penelitian  mengenai waralaba dengan  data cross sectional sudah  cukup banyak dilakukan, namun  penelitian  mengenai  waralaba  dengan  data  time  series  masih  sedikit  dilakukan. Penelitian  ini akan  menyoroti masalah  pertumbuhan jaringan  waralaba  dalam  kaitannya dengan  initial  fee,  continuing  fee,  ukuran  waralaba  dan reputasi waralaba.  Initial fee  dan continuing free dihipotesiskan berpengaruh negatif sedangkan  ukuran waralaba dan reputasi waralaba  dihoptesiskan  berpengaruh  positif  terhadap  pertumbuhan  jaringan   waralaba. Sampel penelitian berupa data time series pada  Yayasan SIMA selama kurun waktu tahun September  1999  - Agustus  2003.  Data  time series  yang  digunakan  berupa  data  bulanan. Regresi linier berganda digunakan  dalam analisis data dan pembuktian  hipotesis penelitian. Hasi/1 analisis  menunjukkan  bahwa  Initial fee  sebagai biaya  awal yang  dibebankan  oleh franchisor kepada  franchise  tidak menunjukkan  adanya pengaruh  yang  signifikan  terhadap pertumbuhan  waralaba  (p =  0, 654). Berbeda  dengan  variabel Initial fee,  variable  continuing fee    atau    biaya    terus-menerus   yang    dibebankan    oleh   franchisor   kepada    franchise menunjukkan  adanya  pengaruh  negatif yang  signifikan  terhadap  pertumbuhan  waralaba pendidikan   SIMA  (p  = 0,000).  Ukuran  waralaba diperoleh  memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan pertumbuhan  laba (p = 0,000). Reputasi waralaba diperoleh menunjukkan  tidak adanya pengaruh  yang signifikan  terhadap  pertumbuhan waralaba  (p =0,096).  Pengaruh  keempat  variabel  tersebut  menunjukkan  pengaruh  yang  cukup  besar, yanga   mencapai   73, 8%.   lndikasi   adanya   booming   dan  trend   dalam   bentuk  franchise pendidikan  ini menunjukkan adanya faktor lain selain pengaruh keempat variable tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2007 2007


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2025): September Vol 24, No 1 (2025): Mei Vol 23, No 3 (2024): Desember Vol 23, No 2 (2024): September Vol 23, No 1 (2024): Mei Vol 22, No 3 (2023): Desember Vol 22, No 2 (2023): September Vol 22, No 1 (2023): Mei Vol 21, No 3 (2022): Desember Vol 21, No 2 (2022): September Vol 21, No 1 (2022): Mei Vol 20, No 3 (2021): Desember Vol 20, No 2 (2021): September Vol 20, No 1 (2021): Mei Vol 19, No 3 (2020): Desember Vol 19, No 2 (2020): September Vol 19, No 1 (2020): Mei Vol 18, No 3 (2019): Desember Vol 18, No 2 (2019): September Vol 18, No 1 (2019): Mei Vol 17, No 3 (2018): Desember Vol 17, No 2 (2018): September Vol 17, No 1 (2018): Mei Vol 16, No 3 (2017): Desember Vol 16, No 2 (2017): September Vol 16, No 1 (2017): Mei Vol 15, No 02 (2016): September Vol 15, No 01 (2016): Mei Vol 15, No 3 (2016): Desember Vol 14, No 3 (2015): Desember Vol 14, No 2 (2015): September Vol 14, No 1 (2015): Mei Vol 13, No 3 (2014): Desember Vol 13, No 2 (2014): September Vol 13, No 1 (2014): Mei Vol 12, No 3 (2013): Desember Vol 12, No 2 (2013): September Vol 12, No 1 (2013): Mei Vol 11, No 3 (2012): Desember Vol 11, No 2 (2012): September Vol 11, No 1 (2012): Mei Vol 10, No 3 (2011): Desember Vol 10, No 2 (2011): September Vol 10, No 1 (2011): Mei Vol 9, No 3 (2010): Desember Vol 9, No 2 (2010): September Vol 9, No 1 (2010): Mei Vol 8, No 3 (2009): Desember Vol 8, No 2 (2009): September Vol 8, No 1 (2009): Mei Vol 7, No 3 (2008): Desember Vol 7, No 2 (2008): September Vol 7, No 1 (2008): Mei Vol 6, No 3 (2007): Desember Vol 6, No 2 (2007): September Vol 6, No 1 (2007): Mei Vol 5, No 3 (2006): Desember Vol 5, No 2 (2006): September Vol 5, No 1 (2006): Mei Vol 4, No 3 (2005): Desember Vol 4, No 2 (2005): September Vol 4, No 1 (2005): Mei Vol 3, No 3 (2004): Desember Vol 3, No 2 (2004): September Vol 3, No 1 (2004): Mei Vol 2, No 3 (2003): Desember Vol 2, No 2 (2003): September Vol 2, No 1 (2003): Mei Vol 1, No 3 (2002): Desember Vol 1, No 2 (2002): September Vol 1, No 1 (2002): Mei More Issue