cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2010): Desember" : 6 Documents clear
ANALIISIS KUALITAS PELAYANAN PADA SMK ANTONIUS SEMARANG Sinaga, Herwin Hamonangan
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 9, No 3 (2010): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1778.605 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v9i3.256 - 276

Abstract

Kualitas layanan jasa dapat diukur dengan melihat seberapa jauh efektifitas layanan jasa dapatmempertipis kesenjangan antara harapan dengan layanan jasa yang diberikan dan Tingkatkepuasan siswa atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapansiswa terhadap kualitas pelayanan yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya.Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat harapan dankinerja dari sarana, prasarana, guru, karyawan, kurikulum, dan tata pamong. pengumpulan datadilakukan menggunakan instrumen kuesioner, dan siswa SMK Antonius Semarang menjadiresponden.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis kepentingan kinerja. Hasilmenunjukkan bahwa terdapat 5 indikator yang masuk dalam kuadran A, yaitu prioritas utama, 13indikator yang masuk dalam kuadran B (persepsi dan harapan sudah sesuai), yang masuk dalamkuadran C ada 10 indikator (dunulai rendah prioritasnya), dan ada 7 indikator yang masuk dalamkuadran D (dinilai berlebihan oleh siswa).
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (S Dinawan, Muhammad Rendria
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 9, No 3 (2010): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1599.048 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v9i3.335 - 369

Abstract

Penelitian mengenai keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sepeda motor cukupbanyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kembali mengenai faktor-faktor yangberpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk sepeda motor Mio.Faktor-faktor yang digunakan adalah Kualitas produk, Harga kompetitif, dan Citra merek yangdihipotesiskan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Yamaha Mio. Metode analisisyang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas produk, harga kompetitif, citramerek terhadap keputusan pembelian adalah dengan mengguanakan analisis regresi bergandadengan bantuan program statistik SPSS for window versi 14 dan uji hipotesis yang berpedomanpada apabila P value < 0,05 maka kesimpulannya Ha diterima dan apabila P value > 0,05 makaHa ditolak.Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y:0,303 X1 + 0,255 X2 + 0,334 X3 .Secara simultan variabel kualitas produk (X1), harga kompetitif (X2), citra merek (X3) dapatmempengaruhi keputusan pembelian karena nilai koefisien uj F hitung sebesar 34,339, sedangkansecara parsial tidak dapat tidak dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah kualitasproduk, harga kompetitif, citra merek. Variabel penjual secara parsial tidak dapat mempengaruhikeputusan pembelian. Saran penelitian yang diperoleh adalah perlunya pemasar untukmeningkatkan image Yamaha Mio untuk memberikan kesan bahwa Yamaha Mio bukan motormurahan, sehingga dapat disimpulkan adanya kesesuaian harga dengan kualitas produk. Di sisilain juga diperlukannya saling kerja sama untuk dapat saling menyediakan produk dengan Kualitasproduk yang tinggi, Harga yang kompetitif, dan Citra merek yang baik.
STUDI PENGARUH DAYA TARIK J-ROCKS DAN BRAND ATTITUDE TERHADAP MINAT BELI IM3 Subagio, Hendrawan Oktavianto
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 9, No 3 (2010): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.694 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v9i3.244 - 255

Abstract

Purpose – The purpose of this paper is to examine the purchase intention of IM3.Design/methodology/approach – This paper using multiple regression analysis to examinethe purchase intention of IM3.Findings – This paper finding that purchase intention of IM3 affected by J-Rocks Attractivenessand Brand Attitude.Research Limitations – It is found that the value of adjusted R square is only 0,308. It is meanthat J-Rocks Attractiveness and Brand Attitude can explain only 30,8% of purchase intentention of IM3
ANALISIS PENGARUH REBRANDING DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP BRAND IMAGE (Stadi Kasus Pada PT Bank Jateng Kantor Cabang Pati) Budi, Irawan Setio
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 9, No 3 (2010): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1205.835 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v9i3.277 - 297

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh rebranding dan brand personality terhadap brandimage. Penggunaan variable-variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian terdahulu, yaitu:Kapfefer, Jean-Noel (1994) dan Muzedllec et al., (2003) yang menemukan pengaruh langsungrebranding dan brand personality terhadap brand image.Sampel penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Jateng Kanca Pati, sejumlah 170 nasabah. AnalisisRegressi Berganda yang dijalankan dengan perangkat lunak SPSS, digunakan untukmenganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa rebranding dan brand personalityberpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand image.Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan brand image, perlumemperhatikan faktor-faktor seperti rebranding dan brand personality, karena faktor-faktortersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya brand image.
ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAMANTYO, LEO
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 9, No 3 (2010): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1702.753 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v9i3.298 - 317

Abstract

Memasuki era ekonomi global, tingkat persaingan antar perusahaan semakin ketat, ini terbuktidengan semakin banyaknya industri packing karton box, baik dalam skala besar (corrugatedcarton box) ataupun skala menengah dan kecil atau yang sering disebut mini box, sehinggamenjadikan persaingan dalam bidang industri tersebut semakin besar. Hal tersebut juga terjadipada CV. Asta Mandiri Kartonindo, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri minibox, selama dua tahun terakhir terjadi penurunan penjualan yang cukup signifikan padaperusahaan tersebut. Salah satu penyebab menurunnya penjualan tersebut adalah akibatmenurunnya loyalitas dari para pelanggannya sehingga beralih ke perusahaan lain yangberimbas pada penurunan total penjualan. Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukanpenelitian ini, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi customer relationshipmarketing sebagai upaya untuk meningkatan loyalitas pelanggan.Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tiga hipotesisyang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakansoftware AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari perusahaanyang menjadi pelanggan CV. Asta Mandiri Kartonindo yang berjumlah 105 responden. Hasildari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria Goodness of Fit – FullModel with Modification Index. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untukdigunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship marketing dapatditingkatkan dengan meningkatkan atribut produk dan kualitas layanan. Selanjutnya, customerrelationship marketing yang semakin tinggi akan meningkatkan loyalitas pelanggan
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN BERKAH DI BANGSRI JEPARA Ferdian, M.Rully
Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol 9, No 3 (2010): Desember
Publisher : Master of Management Diponegoro University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1110.097 KB) | DOI: 10.14710/jspi.v9i3.318 - 334

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada ritel modern.Obyek penelitian ini adalah Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Permasalahan penelitian merujukpada fenomena bisnis Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Oleh karenanya permasalahan penelitianini adalah sebagai berikut : bagaimana meningkatkan loyalitas konsumen sesuai dengan harapanperusahaan. Tujuan penelitian dirumuskan untuk mencari jawaban atas alur pencapaian loyalitaskonsumen. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahamanyang kritis dalam konsep dan pengukuran loyalitas konsumen. Peneliti memasukan unsur hargayang diterima konsumen, produk yang diterima konsumen, mutu layanan yang diterima konsumen,dan kepuasan konsumen sebagai anteseden dan memiliki konsekuensi yang signifikan terhadaployalitas konsumen. Metode purposif dan qouta telah dipilih untuk memperoleh data yangdibutuhkan pada studi ini. Penelitian ini mempergunakan 125 responden dan keseluruhanresponden adalah konsumen Swalayan Berkah Bangsri Jepara.Sedangkan untuk analisis data mempergunakan Structural Equation Model dengan programkomputer Amos 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan diantaranya bahwa harga yang diterimakonsumen berdampak positip terhadap kepuasan konsumen. Produk yang diterima konsumenjuga berdampak secara positip terhadap kepuasan konsumen. Mutu layanan yang diterimakonsumen terhadap kepuasan konsumen adalah berdampak positip. Pengaruh kepuasankonsumen terhadap loyalitas konsumen adalah berakibat positip. Kesimpulan akhir penelitianloyalitas konsumen dapat direkomendasikan sebagai masukan bagi pihak manajemen. Penelitipercaya bahwa pendekatan yang berkaitan dengan dimensi produk yang diterima konsumendapat membantu manajer meningkatkan loyalitas konsumen

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 2 (2025): September Vol 24, No 1 (2025): Mei Vol 23, No 3 (2024): Desember Vol 23, No 2 (2024): September Vol 23, No 1 (2024): Mei Vol 22, No 3 (2023): Desember Vol 22, No 2 (2023): September Vol 22, No 1 (2023): Mei Vol 21, No 3 (2022): Desember Vol 21, No 2 (2022): September Vol 21, No 1 (2022): Mei Vol 20, No 3 (2021): Desember Vol 20, No 2 (2021): September Vol 20, No 1 (2021): Mei Vol 19, No 3 (2020): Desember Vol 19, No 2 (2020): September Vol 19, No 1 (2020): Mei Vol 18, No 3 (2019): Desember Vol 18, No 2 (2019): September Vol 18, No 1 (2019): Mei Vol 17, No 3 (2018): Desember Vol 17, No 2 (2018): September Vol 17, No 1 (2018): Mei Vol 16, No 3 (2017): Desember Vol 16, No 2 (2017): September Vol 16, No 1 (2017): Mei Vol 15, No 02 (2016): September Vol 15, No 01 (2016): Mei Vol 15, No 3 (2016): Desember Vol 14, No 3 (2015): Desember Vol 14, No 2 (2015): September Vol 14, No 1 (2015): Mei Vol 13, No 3 (2014): Desember Vol 13, No 2 (2014): September Vol 13, No 1 (2014): Mei Vol 12, No 3 (2013): Desember Vol 12, No 2 (2013): September Vol 12, No 1 (2013): Mei Vol 11, No 3 (2012): Desember Vol 11, No 2 (2012): September Vol 11, No 1 (2012): Mei Vol 10, No 3 (2011): Desember Vol 10, No 2 (2011): September Vol 10, No 1 (2011): Mei Vol 9, No 3 (2010): Desember Vol 9, No 2 (2010): September Vol 9, No 1 (2010): Mei Vol 8, No 3 (2009): Desember Vol 8, No 2 (2009): September Vol 8, No 1 (2009): Mei Vol 7, No 3 (2008): Desember Vol 7, No 2 (2008): September Vol 7, No 1 (2008): Mei Vol 6, No 3 (2007): Desember Vol 6, No 2 (2007): September Vol 6, No 1 (2007): Mei Vol 5, No 3 (2006): Desember Vol 5, No 2 (2006): September Vol 5, No 1 (2006): Mei Vol 4, No 3 (2005): Desember Vol 4, No 2 (2005): September Vol 4, No 1 (2005): Mei Vol 3, No 3 (2004): Desember Vol 3, No 2 (2004): September Vol 3, No 1 (2004): Mei Vol 2, No 3 (2003): Desember Vol 2, No 2 (2003): September Vol 2, No 1 (2003): Mei Vol 1, No 3 (2002): Desember Vol 1, No 2 (2002): September Vol 1, No 1 (2002): Mei More Issue