cover
Contact Name
Toni Naution
Contact Email
ijtimaiyah@uinsu.ac.id
Phone
+6285361305340
Journal Mail Official
ijtimaiyah@uinsu.ac.id
Editorial Address
Jl. William Iskandar, Pasar V Medan Estate 20371
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
ISSN : 241660X     EISSN : 28296877     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan dan penelitian berbasis sosial dan budaya. (P-ISSN : 2541-660x dan E-ISSN: 2829-6877) diterbitkan oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU Medan. Jurnal Ijtimaiyah Ilmu Sosial dan Budaya ini tidak hanya menerima naskah hasil penelitian, tetapi juga menerima naskah hasil kajian yang memunculkan gagasan-gagasan ilmiah dan aktual di bidang Pendidikan, sosial dan Budaya. Kami menerima dan mengundang semua Akademisi dan praktisi Guru dan Dosen dan Mahasiswa, tenaga Kependidikan serta masyarakat untuk mengirim naskah ilmiahnya. Tujuan utama Jurnal Ijtimaiyah Ilmu Sosial dan Budaya adalah menyebarluaskan penelitian dan gagasan-gagasan ilmiah para peneliti dan praktisi tentang berbagai masalah Pendidikan, sosial dan Budaya. Maju Bersama membangun Bangsa
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Ijtimaiyah Januari-Juni" : 5 Documents clear
OPTIMALISASI KOMPETENSI MENDESAIAN BAHAN AJAR DENGAN MICROSOFT POWER POINT 2016 BAGI GURU MATA PELAJARAN MELALUI SUPERVISI INTERNAL DI SMA NEGERI 1 SITAHUIS Jannes Pardede
IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Vol 4, No 1 (2020): Ijtimaiyah Januari-Juni
Publisher : Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ijtimaiyah.v4i1.14600

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah bila kompetensi dan nilai evalauasi  guru mendesain bahan ajar dengan menggunakan microsoft power point 2016 mendapat 80.00% dan Nilai rata-rata 75,00 maka dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam observasi adalah kemampuan guru-guru PNS dan Non PNS  merancang bahan ajar dengan Microsoft Power Point 2016 di SMA Negeri 1 Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hasil penelitian kondisi  awal diperoleh nilai rata-rata  evaluasi guru menggunakan Microsoft  Power Point 2016 : 56.56  dengan kompetensi guru 45.63%. Hasil Supervisi Internal  Siklus I  nilai rata-rata evaluasi guru menggunakan Micorosoft Power Point adalah 72.97 dimana guru yang mencapai nilai tuntas sebanyak 9 orang  dengan kompetensi  guru sebesar 73.13% . Pada Siklus II memperoleh nilai  rata-rata evaluasi  guru menggunakan Microsoft Power Point 2916 sebesar  84.06  dengan kompetensi guru sebesar : 97.50%. Berdasarkan hasil temuan-temuan penelitian  bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru mata pelajaran  dalam merancang bahan ajar dengan menggunakan Microsoft Power Point 2016 dari  kondisi awal, siklus I  dan  siklus II secara signifikan. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa supervisi internal oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi  guru mata pelajaran  merancang bahan ajar di SMA Negeri 1 Sitahuis  Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil.
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR LITERASI BUKU FIKSI DAN NON FIKSI MELALUI MODEL THINK WRITE TALK DI KELAS IX.A SMP NEGERI 4 SIBOLGA Saur Marita Aritonang
IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Vol 4, No 1 (2020): Ijtimaiyah Januari-Juni
Publisher : Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ijtimaiyah.v4i1.14586

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sibolga,  Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Think, Write, Talk  dalam pembelajaran yang bertujuan untuk  meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi  Literasi Buku Fiksi dan Non Fiksi di kelas IX.A Tahun Pelajaran 2019/2020 semester genap. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas  IX.A  SMP Negeri 4 Sibolga dengan jumlah peserta didik  30  orang.  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Think, Write, Talk  menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa  sebesar 42.95%.Dengan demikian model Pembelajaran Think, Write, Talk  dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas  belajar  siswa kelas IX.A   di SMP Negeri 4 Sibolga  semester genap  T.P. 2019/2020  terutama pada materi Literasi Buku Fiksi dan Non Fiksi mata pelajaran Bahasa Indonesia.Kata Kunci : Aktivitas  Belajar, Model  pembelajaran Think, Write, Talk
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 2 : PERUBAHAN ENERGI MELALUI METODE HERBART DI KELAS III.A SEKOLAH DASAR Khaifannur Khaifannur
IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Vol 4, No 1 (2020): Ijtimaiyah Januari-Juni
Publisher : Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ijtimaiyah.v4i1.14598

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa dalam memahami tema 6 subtema 2 : Perubahan Energi  di Kelas III.A  SD Negeri 084086  Sibolga  Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian Tndakan Kelas ini  dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan  tiga  kali  pertemuan (tiga hari).  Setiap Siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, obsevasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan   adalah lembar observasi motivasi siswa dan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran berlangsung serta hasil belajar  melalui uji kompetensi setiap akhir siklus. Hasil pengamatan penulis sebelum  penelitian dilaksanakan (kondisi  awal) motivasi belajar siswa  sebesar : 40.00%, nilai rata-rata 62.14  dimana nilai siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 11  orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 17  siswa dari 28  siswa. Hasil uji kompetensi I (Siklus I) diperoleh rata-rata 69,89  dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 17 orang  siswa dan tidak tuntas 11 orang. Motivasi siswa dalam pembelajaran mencapai 57,50%. Pada Siklus II memperoleh nilai  rata-rata  80.00 dimana siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa dengan tingkat Motivasi belajar siswa : 82.50%. Dari hasil pengamatan penulis menyimpulkan bahwa penerapan metode Herbart di kelas III.A SD Negeri 084086 Sibolga T.P. 2020/2021 dapat meningkatkan motivasi belajarKata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Herbart
UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SOPAN SANTUN MELALUI BIMBINGAN KONSELING KELOMPOK DI KELAS X-MIPA-6 SMA NEGERI 2 SIBOLGA Agnes Simanjuntak
IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Vol 4, No 1 (2020): Ijtimaiyah Januari-Juni
Publisher : Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ijtimaiyah.v4i1.14599

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk perbaikan proses bimbingan dan konseling  bagi peneliti  sehingga dapat meningkatkan sikap Sopan Santun  siswa  di  Kelas X-MIPA-6  SMA Negeri 2 Sibolga   Semester Genap T.P. 2020-2021.  Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang setiap siklusnya  ada empat  kelompok kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat aktivitas siswa dalam kegiatan bimbingan  mengalami kenaikan sebesar 44 % ( Siklus I : 48%, Siklus II : 92%) Jumlah siswa yang mendapat nilai  Baik  Sikap sopan santun  di kelas X-MIPA-6  mengalami kenaikan signifikan mencapai 91 % ( Ketentuan : 80%). Oleh karena itu Peneliti mengambil simpulan bahwa Bimbingan Konseling Kelompok  dapat meningkatkan sikap Sopan Santun  di kelas X-MIPA-6  SMA Negeri 2 Sibolga  Tahun Pelajaran 2020/2021.  Dengan demikian Penelitian dengan judul Upaya meningkatkan Sikap Sopan Santun Melalui Bimbingan Konseling Kelompok di Kelas X-MIPA-6 SMA Negeri 2 Sibolga  Tahun Pelajaran 2020/2021 dinyatakan berhasil.Kata Kunci : Bimbingan Konseling Kelompok, Sikap Sopan Santun
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKS INTERPERSONAL : SE PRESENTER MELALUI MODEL COOPERATIF SCRIPT DI KELAS X-IPS-1 Ruth Nauli Simanjuntak
IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Vol 4, No 1 (2020): Ijtimaiyah Januari-Juni
Publisher : Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ijtimaiyah.v4i1.16185

Abstract

Dengan pendekatan konvensional yang sering digunakan oleh sebagian besar guru, membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar karena siswa merasa bosan dan tidak dilibatkan secara aktif. Peneliti memilih Model Cooperatif Script agar pembelajaran menjadi aktif, kreatif dan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat mudah tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar pengaruh Model Cooperatif Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi Teks Interpersonal : Se Presenter di kelas X-IPS-1 SMA Negeri 2 Sibolga Semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam empat kelompok kegiatan yang meliputi : Kegiatan perencanaan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperatif Script terjadi adanya peningkatan hasil belajar hingga mencapai nilai rata-rata kelas 80.06 yang semula 59.09. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75.Dari hasil isian angket yang diberikan kepada 33 siswa yang masuk pada hari itu menyatakan bahwa proses belajar mengajar menggunakan model Cooperatif Script, 100% responden menyatakan bahwa lebih jelas dan menyenangkan. Kesimpulan penulis bahwa model Cooperatif Script cocok dan bermanfaat sebagai model pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pada Teks Interpersonal : Se Presenter.

Page 1 of 1 | Total Record : 5