Journal of Education Action Research
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1 No 2 (2017): August 2017"
:
10 Documents
clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NO. 1 SEMBUNG KECAMATAN MENGWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Trisna Dewi, Ayu Ira;
Sumantri, Made
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12039
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SD No.1 Sembung tahun pelajaran 2016/2017setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 16 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui hasil observasi menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan persentase hasil belajar IPA siswa sebesar 25%, pada siklus I yaitu 68,75%,dan pada siklus II menjadi 93,75%. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar IPA siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) siswa kelas IV SD No. 1 Sembung tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan pada guru kelas yang lain, agar bisa menerapkan model pembelajaran tipe student teams achievement division (STAD) ini pada mata pelajaran yang berbeda. Karena penerapan model pembelajaran tipe student teams achievement divisions (STAD) ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NO. 1 SADING KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Eka Indrawati, Ni Luh Gede
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12040
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD No. 1 Sading semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar. Selanjutnya data-data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar matematika dari refleksi awal, yaitu 61,9 menjadi 73,9, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,2 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD No.1 Sading Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode Pembelajaran Take and Give dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Udayanti, I. A. G. Sri;
Riastin, P. Nanci
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12041
Pembelajaran IPA pada pelaksanaannya harus diupayakan dalam kondisi pembelajaran yang kondusif.Dalam artian bahwa pembelajaran harus bersifat aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan. Artinya peran dan fungsi guru dalam pembelajaran harus dapat memberikan warna dan bentuk terhadap proses pembelajaran dan dapat menciptakan situasi kelas yang kondusif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal. Selain itu, guru juga diharapkan selalu menghubungkan materi dengan dunia nyata sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan tidak mudah dilupakan oleh siswa.Dengan demikian, hasil belajar siswa menjadi lebih baik.Namun kenyataan di lapangan, hasil belajar IPA siswa belum sesuai harapan.Hal serupa juga terjadi pada siswa kelas IVA SD Negeri 2 Sempidi.Berdasarkan pencatatan dokumen pada tanggal 28 September 2016.Persentase hasil belajar siswa cenderung rendah.Penelitian ini mengembangkan metode Take and Give dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV A SD Negeri 2 Sempidi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus..Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA Semester ganjil SD No 2 Sempidi pada tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 21 orang. Mereka terdiri dari atas 11 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki..Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk obyektif yang berjumlah 20 sesuai dengan kompetensi dasar IPA di Sekolah Dasar. persentase rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebelum tindakan adalah 62,8%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, persentase rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 70,9% pada kriteria “Sedang”. Setelah dilaksanakan perbaikan pada tindakan pada siklus II, rata-rata hasil belajar semakin meningkat mencapai 81,4% pada kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV A Semester ganjil SD Nomor 2 Sempidi Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran2016/2017.
PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI ISWA KELAS IIIA
Evayanti, A.M,Dwitha;
Sumantri, Made
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12042
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui penerapan metode mind mapping pada siswa kelas IIIA semester I tahun ajaran 2016-2017 SDN 1 Sumerta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dirancang dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIA semester 1 tahun ajaran 2016-2017 di SDN 1 Sumerta, yang berjumlah 40 orang siswa. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan bentuk instrumen berupa tes kinerja. Selanjutnya, data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai keterampilan menulis surat pribadi siswa pada siklus I dengan persentase rata- rata sebesar 74,05% termasuk kriteria sedang, kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase rata- rata 81,97 % termasuk kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas IIIA semester I tahun ajaran 2016-2017 di SDN 1 Sumerta dapat ditingkatkan melalui penerapan metode mind mapping.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD
Sri Astiti, Desak Kadek;
Murda, I Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12043
Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan jigsaw dalam pembelajaran IPA kelas IV SD No. 1 Sobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV SD No. 1 Sobangan tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 17 orang. Data mengenai prestasi belajar mencakup data tentang hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Data hasil belajar IPA dikumpulkan melalui tes berbentuk esay. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No. 1 Sobangan. Hal ini dapat dilihat terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 13,04% dengan kriteria cukup aktif meningkat menjadi 63,82% dengan kriteria aktif pada siklus II. Hasil belajar IPA yaitu dari rata-rata skor hasil belajar IPA 43,47% dengan kriteria kurang baik pada refleksi awal menjadi 65,21% dengan kriteria cukup baik pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 100% dngan kriteria sangat baik pada siklus II. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 50,78%
Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Parmiti, Desak Putu;
Arnawa, I Ketut Tunas
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12044
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika setelah diberikan tindakan berupa Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret dalam pembelajaran MATEMATIKA siswa kelas III Semester 2 dengan jumlah siswa 10 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 4 orang dan siswa perempuan 6 orang di SDN 6 Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, diantaranya terdapat 5 orang siswa yang mengalami hasil belajar rendah yaitu dibawah standar yang ditetapkan. Data hasil belajar yang telah terkumpul dianalisis dengan metode statistik diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penggunaan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret pada siswa kelas III Semester 2 SDN 6 Tianyar Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata kelas 50% (kurang) sebelum tindakan, setelah tindakan pada siklus I rata-rata nilai kelas adalah 54,6% (cukup). Besar peningkatan sebelum tindakan dan setelah tindakan pada siklus I sebesar 15% sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 73,8,% (Baik). besar peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 19,2% ini menunjukkan ada peningkatan dari siklus I dan siklus II dari kategori cukup menjadi kategori baik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Juniati, Ni Wayan;
Widiana, I Wayan
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12045
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA pada penerapan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SD No.5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDNo.5 Gulingan, sebanyak 20 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVdi SD No.5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswasebesar 72,75% pada kategori sedang dan meningkat menjadi 80% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 7,25%. Jadi model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No. 5 Gulingan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan
Adnyana Putra, Ida Bagus Made Eka Yoni
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12046
Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, (2) menemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat didasarkan pada penerapan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dibuat dalam bentuk penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I semester II di SD Negeri 4 Takmung-Klungkung tahun ajaran 2010/2011(sebanyak 23 orang). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes tindakan.Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 73,91%,hal ini menunjukan keterampilan membaca siswa masih tergolong cukup karena 27% dari jumlah siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai yang ditentukan. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar, yakni dari 23 siswa, 19 siswa atau 82,60%dari jumlah siswa telah mencapai ketuntasan belajar, sehingga target yang ditentukan tercapai.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NO 1 MENGWITANI
Winantara, I.W. Daniel
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12047
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani setelah diterapkannya model pembelajaran think pair share (TPS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Data penelitian ini tentang hasil belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75,31% yang berada pada kategori sedang dan pada siklus II menjadi 80,15% yang berada pada kategori tinggi. Dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 65,62% dan pada siklus II mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 1 Mengwitani.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Sutrisna, Gusti Ngurah
Journal of Education Action Reseach Vol 1 No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v1i2.12048
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca siswa kelas II semester 2 SD No. 2 Penarukan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD No. 2 Penarukan.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Proses pengumpulan data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar dan data kemampuan membaca siswa diperoleh melalui tes membaca.Berdasarkan hasil analisis, pada siklus I skor rata-rata motivasi siswa adalah 30,83 (kategori cukup tinggi) dan pada siklus II skor rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 39,77 (kategori tinggi), maka terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,94. Pada siklus I skor rata-rata kemampuan membaca siswa adalah 65,86 (kategori tinggi) dan pada siklus II skor rata-rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 72,13 (kategori tinggi), maka terjadi peningkatan kemampuan membaca dari siklus I ke siklus II sebesar 6,27 ini berarti sudah ada peningkatan secara signifikan.Implikasi dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca siswa kelas II semester II di SD No. 2 Penarukan.