Journal of Education Action Research
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Articles
20 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020"
:
20 Documents
clear
Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjBL Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi
Tirtawati, Ni Luh Ratna
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28504
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan Projek Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi dikelas XI di masa isolasi mandiri Covid-19. Subjek penelitian ini berjumlah 36 Orang dengan rincian 19 Orang peserta didik Perempuan dan 17 Orang peserta didik Laki-laki. Objek penelitian berupa hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, semua sintak model pembelajaran PjBL Berbasis Mind Mapping dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp dan proses evaluasi pembelajaran Biologi dengan menggunakan aplikasi quizizz. Hasil yang diperoleh untuk hasil belajar biologi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dari rata-rata Accuracy 67.94% menjadi 85.93% dengan persentase tuntasan 38.89% menjadi 88.89%. Kesimpulan Penerapan Projek Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Biologi di Kelas di masa isolasi mandiri Covid-19.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penanganan Barang Bawaan Tamu Melalui Model Cooperatif Learning dengan Teknik Bermain Peran (Role Play)
Wirati, Ni Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28505
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan Model Cooperatif Learning dengan teknik bermain peran (role play) dalam pembelajaran Front Office dalam penanganan barang bawaan tamu dengan subjek penelitian kelas XII yang berjumlah 36 orang. Langkah ini diperlukan mengingat aktivitas dan hasil belajar relatif rendah. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data aktivitas belajar siswa direkam dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes di setiap akhir siklus. Dari data hasil observasi pada siklus pertama dan kedua diperoleh aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,00%. Data hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua juga mengalami peningkatan sebesar 8,11%. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini bisa terjadi mengingat penerapan model cooperatif learning dengan teknik bermain peran (role play) menuntun siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dalam melakukan peran sehingga menemukan konsep baru. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran cooperatif learning dengan teknik bermain peran (role play) dalam pembelajaran merupakan strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga
Kurniati, Puji;
Asri Untari, Mei Fita;
Sulianto, Joko
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28506
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggukan permaian ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Subjek penelitian yang berjumlah 30 orang. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpulkan (data mentah) kemudian diolah, pengolahan data dimaksudkan sebagai suatu proses untuk memperoleh data ringkasan dari data mentah dengan menggunakan cara atau rumus tertentu. Data ringkasan yang diperoleh dari pengolahan data itu dapat berupa jumlah (total), rata-rata (mean), persentase (persentage), dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil tes awal sebelum diberikan tindakan dengan menggunakan media ular tangga diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 69 dengan nilai presentase ketuntasan klasikal yaitu 40% atau sebanyak 12 orang siswa sedangkan 18 orang siswa lainnya belum/ tidak tuntas. 2) Penerapan media ular tangga dapat meningkatkan pemahaman siswa karena diberikan media secara riil dan biasa dimainkan oleh siswa sehingga memicu siswa dalam pemahaman materi penjumlahan bilangan. Dan Hasil belajar siswa setelah diberikan tindakn dengan media ular tangga semakin meningkat dari sebelum tindakan. Pada tindakan I diperoleh nilai rata-rata 83,43 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 86,67% atau sebanyak 26 orang siswa yang sudah tuntas belajar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I.
Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X AK 3 SMK N 1 Mas Ubud dengan Menerapkan Model Discovery Learning Berbantuan LKS Terstruktur
Putri Widiastrini, Ni Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28507
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas X melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS terstruktur. Subyek penelitian adalah 37 siswa kelas X AK 3 SMK Negeri 1 Mas Ubud pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar matematika siswa pada siklus I yang mencapai rata-rata nilai kelas sebesar 72,16 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,30 sehingga terjadi peningkatan sebesar 5,14. Daya serap pada siklus I sebesar 72% meningkat pada siklus II mencapai 77%. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 78% meningkat pada siklus II yaitu 95%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh upaya perbaikan yang dilakukan pada setiap siklus. Pembelajaran melalui penerapan model Discovery Learning mengarahkan siswa untuk aktif menemukan informasi terkait dengan konsep yang akan dipelajari sehingga melibatkan siswa secara langsung dalam menemukan konsep yang menyebabkan konsep tersebut dapat dipahami dengan lebih baik dan pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Anekdot melalui Penerapan Strategi Genius Learning
Sopandi, Sopandi
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28508
Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan salah satu peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Upaya peningkatan mutu pendidikan adalah bagian terpadu dari upaya peningkatan kualitas manusia, baik aspek kemampuan, kepribadian maupun tanggung jawab sebagai warga negara. Proses pendidikan saat ini diibaratkan terlalu mementingkan aspek kognitif dan mengabaikan kreativitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan keterampilan menulis anekdot melalui penerapan strategi Genius Learning siswa kelas X Kendaraan Ringan 1 SMK Negeri 1 Talaga Kabupaten Majalengka. Subjek yang menerima tindakan adalah siswa kelas X Jurusan Kendaraan Ringan 3 yang berjumlah 32 siswa. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengampu adalah Sopandi, S.Pd. M.Si. Sekolah ini dipilih dengan beberapa pertimbangan, antara lain dalam keterampilan menulis siswanya masih tergolong rendah. Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian serta pembahasan dalam penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa sebelum dilakukan tindakan, pengetahuan, dan kemampuan menulis anekdot masih rendah. Kegiatan praktik menulis anekdot belum pernah dilaksanakan karena kurikulum sebelumnya tidak ada materi mengenai anekdot. Kualitas pembelajaran menulis anekdot meningkat dengan menggunakan strategi genius learning. Adanya peningkatan dan perubahan positif pada aspek situasi belajar, perhatian, keaktifan, serta proses belajar mengajar menjadikan pembelajaran menulis anekdot lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.
Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Pidato Persuasif dengan Menggunakan Konsep Peta Pikiran
Syarifullah, Arif Wahyu
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28509
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyaimak pidato persuasive dengan menggunkan konsep peta pikiran. Penelitian ini berbentuk PTK terdiri dari 3 Siklus dengan subyek penelitian kelas IX dengan subyek sejumlah 38 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut (a) kemampuan siswa menentukan hal-hal pokok pidato dan ceramah dari 49,20% meningkat menjadi 76,80%.(b) kemampuan siswa menentukan isi pidato dari 49,60% meningkat menjadi 76,00%.(c) kemampuan siswa menyimpulkan pesan isi pidato dari 50,68% meningkat menjadi 74,80%.(d) kemampuan siswa mengomentari isi pidato dan ceramah dengan alasan-alasan yang logis dan bahasa yang santun dari 52,80% meningkat menjadi 71,40%.2) sikap siswa dalam menyimak umumnya lebih baik dan benar Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:1) pelaksanaan tindakan sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IX C MTs Negeri 9 Kuningan tahun pelajaran 2019/ 2020 semester ganil dengan teknik peta pkiran telah dapat meningkatkan prestasi keterampilan menyimak siswa. Siswa lebih mudah melakukan kegiatan menyimak.
Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction melalui Kelompok Kerja Guru (KKG)
Juli Puspareni, Ida Ayu Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28635
Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di SD melalui pelaksanaan pembelajaran problem-based instruction melalui kelompok kerja guru (KKG). Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, hanya mencapai nilai 74,88 dan ketuntasan baru mencapai 33,33%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 90,00. Rata-rata nilai siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya mencapai 81,11 dan prosentase ketuntasannya mencapai 66,66%. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 89,55 dan persentase ketuntasan sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di SD mengalami peningkatan menggunakan model pembelajaran problem-based instruction melalui kelompok kerja guru (KKG).
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction dengan Media Power Point Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA
Astawa, I Made Widya
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28638
Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Intruction dengan media power point dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah menggunakan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Intruction dengan media power point dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 67,03 pada siklus I menjadi 74,44 dan pada siklus II menjadi 81,11. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yag sangat signifikan. pada awal pertemuaan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 25,92%, pada siklus I meningkat menjadi 66,66%, dan pada siklus II peningkatannya sangat signifikan yaitu mencapai 96,29%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Intruction dengan media power point dapat meningkatkan prestasi belajar IPA.
Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn
Putri, Desak Putu
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28640
Kemampuan siswa untuk kompetensi mata pelajaran PKn cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian Penggunaan model pembelajaran Metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada yang awalnya 66,87 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 71,87 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,20. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA
Sri Parnayathi, I Gusti Agung
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i4.28642
Kemampuan siswanya untuk kompetensi mata pelajaran IPA cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada yang awalnya 65,65 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 69,73 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,42. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz.