cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI)
ISSN : 20898673     EISSN : 25484265     DOI : -
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) is a collection of scientific articles in the field of Informatics / ICT Education widely and the field of Information Technology, published and managed by Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. JANAPATI first published in 2012 and will be published three times a year in March, July, and December. This journal is expected to bridge the gap between understanding the latest research Informatika. In addition, this journal can be a place to communicate and enhance cooperation among researchers and practitioners.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2014)" : 5 Documents clear
Pengembangan Lab Komputer Sederhana Berbasis Jaringan Multipoint Menggunakan Switch Sebagai Sarana Penunjang Proses Pembelajaran Agus Aan Jiwa Permana
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v3i2.9796

Abstract

Pada era technologi saat ini, masih dijumpai masalah dalam menghubungkan komputer stand alone (autonom) dengan komputer-komputer lainnya untuk berkoneksi dan berbagi data. Komputer-komputer dihubungkan atas dasar beberapa pemikiran-pemikiran yang sifatnya mengarah kepada beberapa  hal penting seperti efektivitas, perfomance, efisiensi, dan komunikasi.   Atas dasar hal tersebut, dibangunlah koneksi antar komputer dimana dalam mengimplementasikan jaringan komputer ini, diperlukan beberapa perangkat untuk menghubungkannya. Salah satu perangkat yang digunakan untuk mengkoneksikan jaringan komputer adalah switch.  Switch banyak digunakan dalam mengkoneksikan jaringan komputer baik dalam ruang lingkup yang kecil maupun yang relatif luas karena kemudahan yang ditawarkan dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Hal ini tentu saja akan sangat membantu apabila diterapkan dalam dunia pendidikan untuk mengembangkan sebuah labotarium komputer sederhana untuk membantu pembelajaran, terutama bagi sekolah-sekolah yang memiliki dana terbatas.
Geographic Information Systems (GIS) Application for Tsunami Inundation Modeling in Bantul Regency, Yogyakarta Putu Perdana Kusuma Wiguna
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v3i2.9797

Abstract

Tsunami(s) are natural disasters generated by abrupt, large disturbance of ocean bottom such as earthquakes, volcanic eruptions, landslides, or meteor impacts which creates high ocean waves. Tsunami events has devastating effects, especially to population which highly exposed by tsunami. This research conducted in Bantul Regency, Yogyakarta Province, Indonesia. The geomorphologic conditions and location of Bantul Regency makes Bantul becomes vulnerable to tsunami hazard triggered by earthquakes originated from subduction of the Indian-Australian Plate and Eurasian Plate in the Indian Ocean. This research applied Geographic Information Systems (GIS) modeling methods based on Digital Elevation Data (DEM) and tsunami inundation scenario of 5 meter, 7.5 meter and 10 meter. The model is built using ‘neighbourhood operations’ and ‘iteration’ processes using ILWIS software. The results of this research are tsunami inundation map in Bantul Regency, area of landuse exposed by tsunami events, and number of population impactedby tsunami inundation in Bantul Regency. The total of inundated area in the 5 meter inundation model is 38.13 km2, followed by 42.93 km2 for the 7.5 meter model and 76.02 km2 for the 10 meter model. Majority of landuse impacted by tsunami are settlements and ricefields.  5 meter inundation model reach 2,328 meter to land from 0 meter start, the 7.5 meter model reach 4,141 meter  and 10 meter model reach 4,844 meter. There are 5 Sub-districts that really impacted by tsunami, i.e. Kretek, Sanden, Srandakan, Bambanglipuro and Pundong. Srandakan, Sanden and Kretek. Total of population impacted by tsunami reached 60572 in the 10 meter inundation model. Meanwhile, total 0f 8165 residents impacted from tsunami with 5 meter inundation model and 43088 residents from 10 meter model. The highest number of population impacted by tsunami is in Sanden, with total 25528 residents.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN PADA SMK KERTHA WISATA DENPASAR Menggunakan Fuzzy SAW I Kadek Dwi Gandika Supartha; I Gusti Ayu Putu Eka Purnama Dewi
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v3i2.9805

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat berupa sebuah sistem berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk membantu manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang terstruktur maupun tidak terstruktur dengan menggunakan data dan model. SPK juga dapat diterapkan untuk menentukan jurusan salah satunya di SMK Kerta Wisata Denpasar. Kriteria yang menjadi inputan ada 6 yaitu: nilai Matematika (C1), nilai Bahasa Indonesia (C2), nilai Bahasa Inggris (C3), nilai IPA (C4), nilai TIK (C5), nilai Keterampilan (C6) dan alternatif yaitu jurusan Akomodasi Perhotelan (AP), Usaha Jasa Pariwisata (UJP), Jasa Boga (JB). Metode yang digunakan yaitu fuzzy dan Simple Additive Weighting (SAW), dengan fuzzy diberikan nilai bobot pada setiap kriteria yang berguna untuk memberikan kejelasan nilai keanggotaan setiap kriteria dan SAW digunakan dalam mencari alternative berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada data siswa antara minat dan jurusan yang dihasilkan berbeda tentunya hal ini sangat mungkin terjadi karena adanya kriteria nilai, juga bobot masing-masing kriteria.
Sharing Screen Capture Android Application I G. Uttaram; I Gede Mahendra Darmawiguna; I Made Gede Sunarya
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v3i2.9806

Abstract

Pendidikan dan teknologi merupakan sesuatu yang sering dikatakan memiliki kaitan erat dewasa ini. Karena dengan teknologi pendidikan menjadi semakin menarik untuk dipelajari. Kegiatan ceramah dalam proses pengajaran dapat dibuat interaktif melalui presentasi yang ditanyangkan dengan proyektor. Sehingga pendidik dapat mentransfer ilmunya melalui media audio dan visual yang lebih imajinatif.Perangkat berjalan atau mobile devices sudah menjadi kebutuhan primer saat ini. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sudah sangat fasih menggunakan alat-alat seperti notebook, smartphone, dan tablet pc. Apalagi dengan meledaknya OS android yang bersifat terbuka, sehingga membuat penetrasi perangkat mobile seperti smartphone dan tablet pc menjadi semakin gencar. Bahkan karena hal tersebut dalam dunia mobile telah menciptakan suatu istilah perangkat mobile baru yaitu phablet (phone tablet). Dengan kondisi ini maka sangat memungkinkan untuk menggunakan alat-alat tersebut pada proses belajarmengajar serta dengan bersifat terbukanya os android sehingga mempermudah untuk pengembangan aplikasi, khususnya aplikasi untuk pendidikan.Penelitian ini bertujuan (1) merancang aplikasi SharingScreenCapture; (2) mengimplementasikan rancangan aplikasi SharingScreenCapture. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, mengembangkan aplikasi Sharing Screen Capture, dengan menggunakan model waterfall sampai pada tahap pengujian sistem. SharingScreenCapturemerupakan aplikasi yang akan dikembangkan oleh peneliti menggunakan android os, dengan tujuan untuk mempermudah proses presentasi. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif pengganti proyektor dengan perangkat mobile, sehingga lebih mempermudah proses belajar-mengajar karena menggunakan alat-alat mobile yang dimiliki peserta didik dalam menampilkan presentasi dari perangkat android pendidik yang terkoneksi pada jaringan wireless yang sama.
JA-KO Balinese Pizza: Game Edukasi Interaktif Jaringan Komputer Putu Trisna Hady Permana S; I Gede Mahendra Darmawiguna; Made Windu Antara Kesiman
Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI Vol. 3 No. 2 (2014)
Publisher : Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/janapati.v3i2.9808

Abstract

Pembelajaran yang sering dilakukan saat ini masih terbilang sederhana, dan sangat jarang menggunakan sarana pembelajaran berbasis teknologi, sehingga  para peserta didik tidak tertarik untuk belajar dan membuat pemahaman mereka pada materi pelajaran tersebut menjadi  kurang. Jaringan komputer merupakan salah satu materi pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang biasanya masih sulit untuk dipahami apabila hanya menggunakan pembelajaran sederhana. Game edukasi adalah salah satu sarana pembelajaran yang dapat membuat para peserta didik tertarik untuk belajar dan membantu mereka dalam memahami materi pelajaran khususnya materi pelajaran jaringan komputer karena selain belajar mereka juga akan diajak bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development), bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi dengan model instructional games pada materi jaringan komputer. Game edukasi ini memuat materi jaringan komputer, dimana pengguna game ini akan diajak menyelesaikan misi sebagai pegawai pizza seperti membuat pizza dan mengirim pizza. Hasil penelitian ini berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah, khususnya pada materi jaringan komputer.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025) Vol. 14 No. 1 (2025) Vol. 13 No. 3 (2024) Vol. 13 No. 2 (2024) Vol. 13 No. 1 (2024) Vol. 12 No. 3 (2023) Vol. 12 No. 2 (2023) Vol. 12 No. 1 (2023) Vol. 11 No. 3 (2022) Vol. 11 No. 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol. 11 No. 1 (2022) Vol. 10 No. 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 3 (2018) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol. 7 No. 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 3 (2017) Vol 6, No 3 (2017) Vol. 6 No. 3 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol. 6 No. 2 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol 6, No 1 (2017) Vol 6, No 1 (2017) Vol. 6 No. 1 (2017) Vol 5, No 3 (2016) Vol. 5 No. 3 (2016) Vol 5, No 3 (2016) Vol 5, No 2 (2016) Vol 5, No 2 (2016) Vol. 5 No. 2 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol. 5 No. 1 (2016) Vol. 4 No. 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol. 4 No. 2 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol. 4 No. 1 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol 3, No 3 (2014) Vol 3, No 3 (2014) Vol. 3 No. 3 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol. 3 No. 2 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol. 3 No. 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol. 2 No. 3 (2013) Vol 2, No 3 (2013) Vol 2, No 3 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol. 2 No. 2 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol. 2 No. 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol. 1 No. 3 (2012) Vol 1, No 3 (2012) Vol 1, No 3 (2012) Vol. 1 No. 2 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol. 1 No. 1 (2012) Vol 1, No 1 (2012) Vol 1, No 1 (2012) More Issue