cover
Contact Name
Tuti Kurnia
Contact Email
jurnal.syarikah@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tuti.kurnia@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM
ISSN : 24424420     EISSN : 25286935     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam is a scientific journal published to support the development of Islamic economy. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam will include articles related to the study of Islamic economics in both theoretical and practical studies. The editors receive contributions of articles, scientific papers from the scientific enthusiasts of economic studies and Islamic finance. The editing process is necessary without changing the intent and content of the writing. The Journal is published twice a year on Juny and December.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Syarikah" : 6 Documents clear
EFEKTIFITAS PROGRAM PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA BOGOR Fadilah, Arief; Sukma, Ating
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.327 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i2.273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program pendistribusian dana zakat di BAZNAS Kota Bogor. Dari program-program yang terdapat di BAZNAS Kota Bogor, program Bogor Cerdas merupakan program pendistribusian yang memiliki eksistensi program paling tinggi. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 30 responden dengan menggunakan teknik Convenience Sampling. Hasil dari penelitian sudah efektif berdasarkan dari hasil olah data dengan menggunakan metode analisis Customer Statisfaction Index (CSI) dan diperoleh hasil sebesar 75,63.Kata kunci: Efektifitas, Zakat
PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK Amrillah, Qonitah; Brawijaya, Andri
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.519 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i2.259

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kosmetik Wardah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif, dan alat analisisnya regresi logistik. Hasil analisis data yang diperoleh dapat diketahui bahwa hanya label halal dan kualitas yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk Wardah di Wilayah Bogor karena label halal memiliki tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,14 dan variabel kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk Wardah di Wilayah Bogor karena memiliki tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,42.Kata kunci: Atribut Produk, Keputusan Pembelian
PENGARUH NISBAH BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH Sofiah, Neng Siti; Trihantana, Rully
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.805 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i2.280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nisbah bagi hasil deposito mudharabah terhadap loyalitas nasabah. Metode analisis menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan alat analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan dari tiga variabel yaitu konsistensi, proposional dan transparansi yang memiliki kontribusi untuk mengembangkan loyalitas nasabah BMT Berkah Mandiri Sejahtera adalah variabel transparansi.Kata Kunci: Nisbah Bagi Hasil, Deposito, Loyalitas
ANALISIS PRAKTIK DAN PENGELOLAAN WAKAF UANG MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF Shofi, Muhammad
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.169 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i2.267

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan wakaf uang di TWI dan kesesuaiannya dengan Undang-Undang No. 41 Tahun 2004 tentang wakaf. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan praktik wakaf uang yang ada di Tabung Wakaf Indonesia ada dua cara pertama melalui setor tunai atau transfer di bank yang sudah memiliki SK dari Menteri dalam hal ini Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah dan kedua dengan datang langsung ke kantor Dompet Dhuafa baik pusat atau cabang-cabang disetiap kota. Pendekatan pengelolaan wakaf di TWI menggunakan tiga pendekatan produktif, non produktif dan pengelolaan terpadu. Sebagian besar praktik pengelolaan wakaf di TWI sesuai dengan Undang-Undang, kecuali untuk persentase antara LKS PWU dan diluar LKS PWU.Kata kunci: Wakaf, TWI.
PERANAN BAITUL MAAL WA TAMWIL MENINGKATKAN USAHA MIKRO MELALUI PEMBIAYAAN MUDHARABAH Prasetya, Renata Agung; Herianingrum, Sri
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.935 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i2.286

Abstract

Perusahaan mikro adalah salah satu pilar ekonomi terbesar bagi Indonesia, masalah modal menjadi ancaman terbesar bagi setiap pengusaha mikro yang ingin mengembangkan bisnis mereka lebih lanjut. Baitul Maal wa Tamwil dapat menjadi solusi alternatif bagi pengusaha mikro yang membutuhkan beberapa bantuan modal yang bebas dari riba, agunan, dan mudah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai intinya. Deskriptif naratif digunakan untuk menjelaskan peran Baitul Maal wat Tamwil dalam peningkatan usaha mikro yang berbasis pada pengembangan di aset bisnis, pendapatan bisnis, laba usaha, dan stabilitas bisnis melalui sistem keuangan mudharabah. Representasi dan waktu adalah dua indikator yang digunakan untuk memilih 10 responden kunci, dari orang-orang yang telah menggunakan produk Mudharabah Mikro di BMT Asy-Syifa, Sidoarjo. Hasil penelitian menemukan bahwa BMT memiliki peran penting untuk meningkatkan usaha mikro dari pelanggan.Keyword: Perusahaan Mikro. Mudharabah, Baitul Maal Wa Tamwil, Peningkatan Bisnis
IMPACT ANALYSIS OF THE USE OF DINAR IN MONETARY TRANSACTIONS Alhifni, Anas; Trihantana, Rully
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.286 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i2.283

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak moneter dari penggunaan Dinar dalam transaksi, kebijakan moneter adalah kebijakan yang diadopsi oleh Indonesia dalam mengatur pasokan keuangan atau mengatur jumlah uang yang beredar. Dalam Islam, kebijakan moneter harus seimbang antara kurva IS dan LM untuk menghindari inflasi.Dinar dan Dirham memenuhi syarat untuk digunakan sebagai alat transaksi selama dua koin memiliki nilai dan unsur yang stabil. Metode yang digunakan adalah metode content analisis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan Dinar sebagai mata uang yang dapat diimplementasikan karena memiliki kelayakan untuk menstabilkan jalannya moneter meskipun penerapan Dinar bukanlah langkah besar dalam mengelola moneter di negara karena terbatasnya cadangan emas, dan dampak moneter ketika Dinar bisa diterapkan akan lebih stabil karena dapat menyeimbangkan IS dan LM.Kata kunci: Dampak Moneter, Dinar

Page 1 of 1 | Total Record : 6