cover
Contact Name
JP3M
Contact Email
jp3m.rekarta@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jp3m.rekarta@gmail.com
Editorial Address
https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jp3m
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M)
ISSN : 26228246     EISSN : 26227673     DOI : https://doi.org/10.36765/jp3m
Core Subject : Education,
Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M) adalah salah satu jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram. JP3M terbit dua kali setahun yakni bulan Mei dan Nopember dengan ISSN 2622-8246 (Cetak) dan ISSN 2622-7673 (Online). Adapun cakupan publikasi meliputi: (1) Pengembangan metode atau model pembelajaran matematika di Sekolah sampai Perguruan Tinggi berbasis pendekatan konstruktivis (PMRI/RME, PBL, CTL, dan sebagainya), (2) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT dan Non ICT, dan (3) Penelitian atau pengembangan/design research di bidang pendidikan matematika, statistika, analisis matematika, komputasi matematika, dan matematika terapan.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2019): Call For Paper" : 2 Documents clear
Metode Exponential Smoothing Dalam Memproyeksikan Jumlah Penduduk Miskin di Nusa Tenggara Barat rosana, rosana
JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2 No 1 (2019): Call For Paper
Publisher : Rekarta Academic Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memproyeksi jumlah penduduk miskin di NTB pada tahun 2019. Metode yang digunakan metode Exponential Smoothing (ES), yang terdiri atas Single Exponential Smoothing (SES), Double Expone ntial Smoothing (DES), dan Triple Exponential Smoothing (TES). Data yang digunakan adalah data penduduk miskin 10 tahun terakhir. Dari hasil perhitungan didapatkan model terbaik yaitu model Single Exponential Smoothing untuk memproyeksi penduduk miskin di NTB tahun 2019 adalah 695.399 jiwa. Dengan menggunakan model Single Exponential Smoooting  tingkat Error berturut-turut yang diperoleh MAD sebesar -84809.39652, MSE sebesar 52438256789, RMSE sebesar 228994.0104, dan MAPE sebesar -0.98074582.
Penerapan Metode Kooperatif Model Stad Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Erwin, Erwin
JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2 No 1 (2019): Call For Paper
Publisher : Rekarta Academic Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD yang dilaksanakan terhadap siswa kelas V SDN Bilekere. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan bahwa metode kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran terhadap siswa kelas V SDN Bilekere.

Page 1 of 1 | Total Record : 2