cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
ISSN : 22529063     EISSN : 26857006     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2012)" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF MODEL TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII SEMESTER 2 DI SMP NEGERI 4 DENPASAR Ni Made Shandyastini
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19520

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk (1) merancang dan mengimplementasikan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif Model Tutorial Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII Semester 2 di SMP Negeri 4 Denpasar; (2) mengetahui respons siswa dan guru mata pelajaran TIK, di kelas VII SMP Negeri 4 Denpasar terhadap media pembelajaran berbasis web interaktif model tutorial pada mata pelajaran TIK kelas VII semester 2.  Subjek coba pengembangan ini divalidasi  oleh seorang ahli materi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran dan selanjutnya  produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subyek uji coba penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari uji ahli materi, uji ahli desain, uji ahli media pembelajaran, dan dari uji coba siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar evaluasi untuk ahli materi, ahli desain, dan ahli media, serta lembar angket untuk uji coba perorangan, kelompok kecil dan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan modul multimedia interaktif,  model penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa Web Interaktif model tutorial yang layak guna pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Denpasar pada kelas VII. 1) Kualitas media ditinjau dari isi materi termasuk kriteria sangat baik dengan persentase tingkat pencapaian 97,1%, 2) kualitas media ditinjau dari aspek media termasuk kriteria sangat baik dengan persentase 98,26%, 3) kualitas media ditinjau dari aspek desain pembelajaran termasuk kriteria baik dengan persentase 83,07%. Pada uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan semuanya dengan kriteria sangat baik dengan rincian persentase uji coba perorangan 91.67%, uji coba kelompok kecil 91,79%, dan uji coba lapangan 92%. Oleh karena itu media yang dihasilkan sudah layak guna.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2011/2012 Ni Made Pirayanti
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19521

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja dan (2) respon siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja terhadap pengimplementasian model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran TIK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling, maka ditetapkan siswa kelas VIII 2 sebanyak 42 orang sebagai kelompok eksperimen dan VIII 3 sebanyak 42 orang sebagai kelompok kontrol dengan total jumlah siswa sebanyak 84 orang. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes pilihan ganda (Kognitif) dan tes uji keterampilan (Psikomotor) dengan menggunakan instrumen yang sama. Data hasil belajar siswa kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dengan mengunakan perhitungan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, (1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Aptitude TreatmentInteraction (ATI) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 32,83 dengan standar deviasi 2,72 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran AptitudeTreatment Interaction (ATI) adalah 38,36 dengan standar deviasi 2,76. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran AptitudeTreatment Interaction (ATI) lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional. (2) Hasil pengujan hipotesis dengan menggunakan uji t, nilai t-hitung adalah 9,232028 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,989319, oleh karena t-hitung > t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Diperoleh respon siswa sebesar 69% yang tergolong pada kategori positif terhadap pengimplementasian model pembelajaranAptitude Treatment Interaction (ATI). Kata kunci : eksperimen semu, model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), hasil belajar, respon siswa
PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBUATAN POLA MOTIF BATIK DENGAN MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL I PUTU WANDRA ADNYANA
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19525

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) merancang aplikasi pembuatan pola motif batik dengan menggunakan pengolahan citra digital, (2) mengimplementasikan aplikasi pembuatan rancangan pola motif batik dengan menggunakan pengolahan citra digital. Dalam perancangan dan pengimplementasiannya, penelitian ini menggunakan 6 jenis metode yaitu operasi geometri (image rotation, image flip, zoom, shrink), image negative, image blending, threshold, rekursif, dan Brightness. Inputan dan keluaran dari aplikasi ini adalah citra inputan yang berekstensi bitmap (*.bmp). Pengujian akan dilakukan pada beberapa citra (motif dasar) dengan menggunakan 2 macam pengolahan motif yaitu motif batik variasi dan motif batik fraktal. Pada proses pengujian ini deperlukan 2 orang pembuat batik dari perusahan batik Alisa Batik guna menentukan kelayakan pola motif batik yang dihasilkan untuk dapat dikomersialkan. Dalam merancang dan mengimplementasikan rancangan aplikasi, penulis menggunakan metode waterfall atau yang sering disebut dengan classic life cycle model. Model waterfall ini merupakan model klasik yang bersifat sistematis atau berurutan dalam membangaun perangkat lunak. Model tersebut meliputi beberapa tahapan yakni: (1) requirements definition, (2) system and software design, (3) implementation and unit testing dan (4) integration and system testing. Hasil analisis, implementasi dan pengujian pada penelitian ini adalah suatu Aplikasi Pembuatan Pola Motif Batik yang diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Delphi. Dari data hasil angket uji coba pembuatan pola motif batik didapat bahwa sebagian besar motif batik yang diolah mampu atau layak untuk dikomersialkan. Berdasarkan hasil tersebut, Aplikasi Pembuatan Pola Motif Batik sangat membantu di dalam pembuatan pola motif batik oleh pengusaha batik sebelum akhirnya dicetak menjadi kain batik.  Kata Kunci: Pola Motif, Batik, Citra Digital.  
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) BERBANTUAN LKS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS X SMA KARYA WISATA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2011/2012 Ni Kadek Hapriani
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap hasil belajar TIK kelas X SMA Karya Wisata Singaraja, (2) motivasi siswa terhadap pengimplementasian model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), (3) respon/tanggapan dan motivasi siswa terhadap pengimplementasian model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Karya Wisata Singaraja tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 245 yang terdiri dari 6 kelas. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.2 dan X.4  yang berjumlah 81 orang. Kelas X.2  digunakan sebagai kelas eksperimen dan X.4  sebagai kelas kontrol. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu (1) variabel bebas adalah model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar siswa yang dianalisis secara statistik deskriptif dengan mengunakan perhitungan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, (1) terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelaran CPS (Creative Problem Solving) dan model pembelajaran Ekspositori/konvensional. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 28,30 dengan simpangan baku 2,78 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving)  adalah 30,13 dengan simpangan baku 3,14. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving)  lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional. (2) Didapatkan motivasi belajar siswa sebesar 76,26% yang tergolong pada kategori tinggi terhadap pengimplementasian model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving). (3) Didapatkan respon siswa sebesar 81,29% yang tergolong pada kategori positif terhadap pengimplementasian model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving).  
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2011/2012 Ni Wayan Eva Nurhayati Eva Nurhayati
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19537

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer melalui pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament; 2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer melalui pembelajaran kooperatif tipe teams gamestournament; 3)mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kediri pada tahun ajaran 2011/2012 dengan objek penelitian berupa motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan lembar angket terbuka, data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes kognitif, tes psikomotor dan lembar observasi afektif. Sedangkan untuk respon siswa pengambilan data menggunakan angket terbuka. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan hasil motivasi belajar siswa. hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata motivasi belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 64,6 dengan kualifikasi cukup tinggi sedangkan pada siklus II sebesar 75,77 dengan kualifikasi tinggi, 2) nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 10% yakni dari 70, 53 pada siklus I menjadi 77, 86 pada siklus II dengan kualifikasi tuntas. Sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari siklus I sebesar 67% menjadi 93% pada siklus II, 3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran TIK khususnya dalam kompetensi dasar mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer adalah positif dengan rata-rata sebesar 85,70.
PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL POKOK BAHASAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SINGARAJA Putu Aris Kharismasari Kharismasari
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19549

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran audio-visual pokok bahasan internet pada mata pelajaran TIK terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja, (2) mengetahui motivasi siswa terhadap penerapan media pembelajaran audio-visual pokok bahasan internet, (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran audio-visual pokok bahasan internet. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja dengan jumlah siswa 240 orang yang terdiri dari 8 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik randomsampling dengan sampel penelitian adalah kelas IX B3 dengan jumlah siswa 31 orang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B4 yang berjumlah 32 orang digunakan sebagai kelas kontrol. Diakhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes pilihan ganda (kognitif) dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji secara kualitatif dan kuantitatif. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tes dianalisis menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis dengan uji t, sedangkan untuk motivasi dan respon menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media pembelajaran audio-visual pokok bahasan internet pada mata pelajaran TIK terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji t, diperoleh thitung = 4,241 sedangkan nilai ttabel = 1,999, oleh karena itu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Diperoleh motivasi belajar siswa sebesar 74,03% yang tergolong pada kategori tinggi terhadap penerapan media pembelajaran Audio-Visual. (3) Didapatkan respon siswa sebesar 76,64% yang tergolong pada kategori positif terhadap penerapan media pembelajaran Audio-Visual.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) BERDASARKAN KONTEKS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 6 SINGARAJATAHUN AJARAN 2011/2012 Ni Wayan Daryeni Daryeni
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19550

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja, (2) mengetahui motivasi siswa kelas VII (3) mengetahui respon siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja terhadap model pembelajaran ThinkTalk-Write (TTW) dalam pembelajaran TIK.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian  ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan sampel penelitian menggunakan siswa kelas VII A2 sebagai kelompok eksperimen dan VII A1 sebagai kelompok kontrol dengan total jumlah siswa sebanyak 70 siswa. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes uji keterampilan (Psikomotor) dan tes pilihan ganda (Kognitif) dengan menggunakan instrumen yang sama. Tes tersebut telah dianalisis menggunakan analisis secara kualitatif dan analisis secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah Kognitif dan uji keterampilan untuk mengukur ranah Psikomotor. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Terdapat uji prasyarat yang mesti dilakukan yakni, uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis menggunakan uji t, untuk motivasi dan respon menggunakan metode angketBerdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh data kedua sampel normal dan homogen. Pengujian hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 12.10 sedangkan nilai ttabel = 1,9955, oleh karena itu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk motivasi yang didapatkan pada pertemuan pertama sebayak 25% siswa memiliki motivasi yang sangat postif, dan 58,3% siswa memiliki motivasi positif, sedangkan pertemuan terakhir sebanyak 52,8% siswa memiliki motivasi sangat positif, dan 47,2% siswa memiliki motivasi positif. Sedangkan untuk respon siswa sebanyak 0% siswa memberikan respon sangat positif, 80,56% siswa merespon positif, 19,44% siswa merespon cukup positif. 
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI ANALISIS DISTRIBUSI UKURAN OBJEK PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE MORPHOLOGI MATEMATIKA GRANULOMETRY I PUTU GEDE ABDI SUDIATMIKA
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi analisis distribusi ukuran objek pada citra digital dengan menggunakan metode  morphologi matematika granulometry . Analisis distribusi obyek digunakan pengembangan dari  morphologi matematika yakni opening, dengan dilakukannya perulangan opening dapat digunakan untuk menganalisis distribusi obyek.  Implementasi Metode Granulometry pada aplikasi ini menghasilkan sebuah perangkat lunak yang disebut dengan ”anagranix”. Aplikasi ini mampu memberi manfaat yang dapat dipergunakan dalam menganalisis persebaran obyek dan tingkat distribusi ukuran citra tersebut. Aplikasi ini menampilkan grafik persebaran dari distribusi obyek pada citra digital. Aplikasi ini memproses gambar dengan format Bitmap. Berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak diperoleh bahwa ”anagranix” mampu memberikan analisis distribusi awal dari sebuah kumpulan obyek. Perangkat Lunak ”anagranix” dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI KARTUN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TIK SMA N 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2011/2012 A. A Mas Megawati Pertiwi
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19561

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran  ARCS untuk meningkatkan hasil belajar TIK kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja, (2) motivasi siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARCS Berbantuan Media, (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARCS Berbantuan Media. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA2 dan XI IPA3 yang berjumlah 44 orang. Kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA3 digunakan sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberikan tes dengan menggunakan metode tes pilihan ganda  untuk mengukur ranah kognitif dan uji keterampilan untuk mengukur ranah Psikomotor. Pengumpulan data hasil belajar dianalisis melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Pengukuran untuk respon dan motivasi menggunakan metode angket.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. (1)Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran ARCS berbantuan Media adalah 39,41 dengan standar deviasi 2,59 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran Langsung adalah 35,69 dengan standar deviasi 2,52. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ARCS berbantuan media lebih tinggi dari model pembelajaran langsung. (2) diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa untuk seluruh pertemuan sebesar 78,95 dengan kategori tinggi terhadap penerapan model pembelajaran ARCS berbantuan media. (3) diperoleh rata-rata respon siswa sebesar 70,04 dengan kategori positif, terhadap penerapan model pembelajaran ARCS.   
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA PADA SISWA KELAS X.2 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2011/2012 GEDE EKA PAYANA
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 1 No. 2 (2012)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v1i2.19565

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran  TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar TIK kelas X.2 SMA Negeri 1 Sawan,  (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TSTS.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2011/2012. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.1 dan X.2 yang berjumlah 65 orang. Kelas X.2 digunakan sebagai kelas eksperimen dan X.1 sebagai kelas kontrol. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu (1) variabel bebas adalah model pembelajaran TSTS, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda  untuk mengukur ranah kognitif dan uji keterampilan untuk mengukur ranah Psikomotor. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dan uji- t. Sedangkan untuk respon  menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen (1) terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelaran TSTS. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran langsung adalah 33,86 dengan standar deviasi 2,67 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan model pembelajaran TSTS adalah 37,38 dengan standar deviasi 3,08. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TSTS  lebih tinggi dari model pembelajaran langsung.(2) diperoleh rata-rata respon siswa sebesar 44,81 dengan persentase respon siswa sebesar 21,88% merespon sangat positif, 71,88% merespon positif,  dan 6,25% merespon cukup postif terhadap penerapan model pembelajaran TSTS.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025) Vol. 14 No. 1 (2025) Vol. 13 No. 3 (2024) Vol. 13 No. 2 (2024) Vol. 13 No. 1 (2024) Vol. 12 No. 3 (2023) Vol. 12 No. 2 (2023) Vol. 12 No. 1 (2023) Vol. 11 No. 3 (2022) Vol. 11 No. 2 (2022) Vol. 11 No. 1 (2022) Vol 10, No 3 (2021) Vol. 10 No. 3 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol. 7 No. 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 3 (2017) Vol. 6 No. 3 (2017) Vol. 6 No. 2 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol. 6 No. 1 (2017) Vol 6, No 1 (2017): Vol 5, No 3 (2016): Vol. 5 No. 3 (2016) Vol. 5 No. 2 (2016) Vol 5, No 2 (2016): Vol 5, No 1 (2016) Vol. 5 No. 1 (2016) Vol 4, No 5 (2015) Vol. 4 No. 5 (2015) Vol 4, No 4 (2015) Vol. 4 No. 4 (2015) Vol. 4 No. 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol. 4 No. 2 (2015) Vol. 4 No. 1 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol. 3 No. 7 (2014) Vol 3, No 7 (2014) Vol. 3 No. 6 (2014) Vol 3, No 6 (2014) Vol 3, No 5 (2014) Vol. 3 No. 5 (2014) Vol 3, No 4 (2014) Vol. 3 No. 4 (2014) Vol 3, No 3 (2014) Vol. 3 No. 3 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol. 3 No. 2 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol. 3 No. 1 (2014) Vol. 2 No. 8 (2013) Vol 2, No 8 (2013) Vol 2, No 7 (2013) Vol. 2 No. 7 (2013) Vol. 2 No. 6 (2013) Vol 2, No 6 (2013) Vol. 2 No. 5 (2013) Vol 2, No 5 (2013) Vol 2, No 4 (2013) Vol. 2 No. 4 (2013) Vol 2, No 3 (2013) Vol. 2 No. 3 (2013) Vol. 2 No. 2 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol. 2 No. 1 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol 1, No 5 (2012) Vol. 1 No. 5 (2012) Vol. 1 No. 4 (2012) Vol 1, No 4 (2012) Vol 1, No 3 (2012) Vol. 1 No. 3 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol. 1 No. 2 (2012) Vol 1, No 1 (2012) Vol. 1 No. 1 (2012) More Issue