cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
ISSN : 22529063     EISSN : 26857006     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2013)" : 7 Documents clear
EMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2012/2013 Ni Luh Gede Utari Ekayanti
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 2 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i2.19615

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi degan menerapkan pembelajaran kooperatif berbantuan media interaktif berbasis Team Assisted Individualization, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan media interaktif berbasis TAI dalam pembelajaran TIK. Media interaktif ini adalah pengembangan media WEB yang dilakukan oleh Ni Made Yunia Ardianti,S.Pd.. Media ini digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran dengan sub bagian yang telah disesuaikan dengan model pembelajaran TAI. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukasada Singaraja, dimana melibatkan siswa kelas XI IPA 2 (24 siswa) tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data hasil belajar TIK siswa dikumpulkan melalui metode tes dan observasi serta data respon siswa dikumpulkan melalui lembar angket tertutup. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I untuk persentase ketuntasan klasikal siswa yaitu sebesar dan 75% dan Rata – rata kelas 75,07 dengan banyak siswa yang tuntas 18 orang dan belum tuntas 6 orang, dan pada siklus II sebesar dan 91,67% dan Rata – rata kelas 79,66 dengan siswa tuntas sebanyak 22 orang dan siswa belum tuntas sebanyak 2 orang. Hasil belajar ini mengalami peningkatan sebanyak 16,67%. (2) rata-rata respon siswa terhadap penggunaan media interaktif berbasis TAI dalam pembelajaran TIK adalah tergolong positif yaitu sebesar 38,71.
Hubungan Antara Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Hotspot Internet Di Universitas Pendidikan Ganesha I Ketut Suastawa
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 2 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i2.19617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antarapersepsi kegunaan (PU) terhadap perilaku mahasiswa untuk menggunakan hotspot internet di Universitas Pendidikan Ganesha.(2) Hubungan antarapersepsi kemudahan penggunaan (PEU) terhadap perilaku mahasiswa untuk menggunakan hotspot internet di Universitas Pendidikan Ganesha. (3) Hubungan secara bersama-sama antara persepsi kegunaan (PU) dan kemudahan penggunaan (PEU) terhadap perilaku mahasiswa untuk menggunakan hotspot internet di Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil analisis ditemukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi kegunaan (PU) terhadap perilaku mahasiswa untuk menggunakan hotspot internet di Universitas Pendidikan Ganeshadengan kontribusi korelasi sebesar 0,605. (2) Terdapat hubungan antarapersepsi kemudahan penggunaan (PEU) terhadap perilaku mahasiswa untuk menggunakan hotspot internet di Universitas Pendidikan Ganeshakorelasisebesar 0,571; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara persepsi kegunaan (PU) dan kemudahan penggunaan (PEU) terhadap perilaku mahasiswa untuk menggunakan hotspot internet di Universitas Pendidikan Ganesha dengan korelasi sebesar 0,667. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa secara terpisah dan simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi kegunaan, danpersepsi kemudahan penggunaan terhadap perilaku mahasiswa untuk menggunakan hotspot internet di Universitas Pendidikan Ganesha.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK ONLINE UNDIKSHA (SURVEY PADA MAHASISWA SEMESTER 3 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA) Putu Herry Suwitro
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 2 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i2.19619

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat senantiasa diiringi dengan teknologi yang semakin canggih. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta dalam rangka menghadapi era globalisasi, sebuah organisasi atau perusahaan sangat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat yang diperlukan untuk membantu proses pengambilan keputusan. Penelitian mengenai kualitas pelayanan administrasi akademik online Undiksha (survey pada mahasiswa semester tiga Universitas Pendidikan Ganesha) ini ditujukan guna meningkatkan kualitas pelayanan administrasi akademik di Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Undiksha. Sampelnya adalah mahasiswa Undiksha semester tiga dengan jumlah sampel sebanyak 257 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan. Pengumpulan data pada survei lapangan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dilakukan pengujian statistik dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel 2007. Dari hasil survei dan analisis yang dilakukan diketahui bahwa tanggapan mahasiswa Undiksha semester tiga terhadap kualitas pelayanan administrasi akademik online Undiksha adalah baik. Terlihat dari keseluruhan faktor pada pelayanan administrasi akademik online Undiksha. Melihat hasil tersebut, ada baiknya kualitas pelayanan lebih dibenahi lagi, seperti kinerja petugas diperbaiki dengan cara petugas/admin tanggap dalam merespon keluhan-keluhan mahasiswa apabila terjadi kesalahan dalam proses administrasi akademik. Solusi untuk lingkup sistem bisa diperbaiki dengan meningkatkan fasilitas hardware, software maupun fasilitas pendukung lainnya.
PENERAPAN MODEL DESIGN BASED LEARNING (DBL ) dalam PEMBELAJARAN TIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI dan HASIL BELAJAR SISWA KELAS X4 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2012/2013 Made Ayu Kartika Witari
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 2 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i2.19622

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran DesignBased Learning, dan (2) mengetahui respon siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran Design Based Learning pada pelajaran TIK. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 35 orang. Sedangkan objek penelitianya adalah (1) hasil belajar siswa, dan (2) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Design Based Learning pada pelajaran TIK. Pengumpulan datahasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes dan observasi , dan data untuk responsiswa dikumpulkan melalui angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakananalisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan bahwahasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I untuk nilai rata-rata hasil belajarsiswa sebesar 83,25 dan presentase ketuntasan klasikal siswa yaitu sebesar 74%, sedangkanpada siklus II menjadi 85,82 dan 100%. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Design Based Learning dalam pembelajaran TIK berada pada kategoripositif dengan rata-rata skor sebesar 47.
PENGEMBANGAN APLIKASI TEXT MINING UNTUK MENGUBAH FILE TEKS YANG MENGGUNAKAN BAHASA ALAY KE DALAM BAHASA INDONESIA YANG SESUAI EYD Kadek Anggaradana
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 2 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i2.19624

Abstract

Bahasa alay merupakan bahasa pergaulan anak remaja yang berasal dari kelompok-kelompok tertentu yang sering disebut dengan anak layangan (anak kampung). Bahasa ini tidak mempunyai aturan penulisan yang pasti karena cenderung menggunakan gaya bahasa santai dan tidak memperhatikan norma kesopanan. Uniknya, bahasa pergaulan yang sebenarnya diciptakan untuk kalangan terbatas justru berkembang menjadi bahasa pergaulan yang digunakan bahasa sehari-hari. Keberadaan bahasa alay sudah mengubah gaya hidup generasi muda khusunya anak remaja pelajar. Dampak dari kebiasaan menggunakan bahasa alay di kalangan anak remaja pelajar juga akan mempengaruhi pemilihan kata pada saat penulisan file laporan ataufile dokumen lainnya yang notabene harus bersifat formal. Secara tidak sadar terkadang mereka menggunakan kata-kata alay atau cenderung menyingkat kata yang tidak biasa dalam laporan yang dibuatnya, yang tentunya tidak sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Berdasarkan uraian tersebut, penulis bermaksud untuk mengembangkan aplikasi yang mampu mengubah bahasa alay ke dalam bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dengan menggunakan algoritma text mining dalam sebuah file teks. Sistem akan mengembalikan hasil pencarian kepada user yang berupa list dari kata-kata bahasa alay yang ditemukan dari dokumen tersebut dan kemudian sistem mengganti kata-kata tersebut secara otomatis. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan script PHP, AJAX sebagai bahasa pemrograman, dan MySQL sebagai pengolah database. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada manusia khususnya kalangan intelektual untuk mengecek dan mengubah keberadaan bahasa alay dalam dokumen yang dibuatnya.
PENGEMBANGAN SIMULASI 3D INSTALASI JARINGAN LAN (Local Area Network) I.B.A Udaya Yudhamanyu
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 2 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i2.19625

Abstract

Pembelajaran Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network) di jenjang SMK yang berbasis IT khususnya yang memiliki jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah pembelajaran yang ditakuti oleh para siswa. Di lingkungan sekolah pembelajaran ini rata-rata hanya menggunakan buku panduan yang terkadang kata-kata yang digunakan pada buku tersebut masih kurang dipahami oleh siswa. Selain itu Instalasi Jaringan LAN ini juga sangat sulit dipahami oleh masyarakat yang berprofesi sebagai pegawai warnet. Terkadang beberapa pegawai warnet tidak paham akan fungsifungsi alat yang ada di warnet yang mereka jadikan tempat bekerja bahkan para pegawai tersebut tidak tahu nama alat-alat yang digunakan dalam instalasi jaringan di warnetnya sendiri. Pengembangan Simulasi 3D Instalasi Jaringan LAN ini merupakan salah satu solusinya untuk memecahkan masalah yang terjadi di pihak siswa ataupun masyarakat yang berprofesi sebagai pegawai warnet. Dengan berkembangnya animasi 3D yang sangat pesat ini, simulasi ini sangat cocok digunakan sebagai bahan ajar siswa untuk mengetahui lebih detail bagaimana Instalasi Jaringan LAN tersebut. Begitu juga di pihak pegawai warnet simulasi bisa digunakan sebagai pedomana dalam memahami sebuah jaringan LAN sederhana. Hasil penelitian ini adalah sebuah simulai 3D Instalasi Jaringan LAN dalam bentuk film pendek. Simulasi ini dibuat dengan menggunakan 2 buah software. Yang pertama adalaha 3D Max 2010 diguanakan untuk membuat model alat-alat instalasi jaringan LAN dilanjutkan dengan menganimaskannya kemudian Adobe Premiere CS3 digunakan untuk menggabungkan animasi-animasi yang telah dibuat pada 3D Max 2010tersebut.
RANCANG BANGUN APLIKASI MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) PADA MINIMARKET UD. DIANI DENGAN ALGORITMA CT-PRO Gede Agus Eka Kharisma
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 2 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v2i2.19626

Abstract

Perusahaan ritel saat ini sudah mengenal teknologi. Hal tersebut dapat dilihat dalam penggunaan komputer sebagai alat menampilkan data. Namun diharapkan, teknologi bisa dikembangkan sebagai pengolah data yang baik sehingga mampu memberikan informasi yang berguna. Dalam hal ini aplikasi MBA sangat cocok digunakan untuk menganalisis data penjualan. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode CT-Pro yang memiliki algoritma CFP-Tree. Untuk langkah analisis menggunakan sistem tree dimana barang yang paling sering dibeli menjadi root dan barang lainnya akan mengikuti root. Proses CFP-Tree ini akan memberikan level pada setiap transaksi dan memudahkan dalam menghasilkan mining. Implementasi metode CT-Pro dengan algoritma CFP-Tree pada aplikasi Market Basket Analysis menghasilkan sebuah perangkat lunak yang disebut dengan MBA. Berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak diperoleh bahwa MBA mampu menganalisis data penjualan perusahaan menjadi informasi keterkaitan antar barang Hasil dari penelitian ini adalah hubungan antar barang dalam bentuk nilai persentase.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025) Vol. 14 No. 1 (2025) Vol. 13 No. 3 (2024) Vol. 13 No. 2 (2024) Vol. 13 No. 1 (2024) Vol. 12 No. 3 (2023) Vol. 12 No. 2 (2023) Vol. 12 No. 1 (2023) Vol. 11 No. 3 (2022) Vol. 11 No. 2 (2022) Vol. 11 No. 1 (2022) Vol. 10 No. 3 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 3 (2020) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol 8, No 3 (2019) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol. 7 No. 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 3 (2017) Vol. 6 No. 3 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol. 6 No. 2 (2017) Vol. 6 No. 1 (2017) Vol 6, No 1 (2017): Vol 5, No 3 (2016): Vol. 5 No. 3 (2016) Vol 5, No 2 (2016): Vol. 5 No. 2 (2016) Vol. 5 No. 1 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol. 4 No. 5 (2015) Vol 4, No 5 (2015) Vol. 4 No. 4 (2015) Vol 4, No 4 (2015) Vol. 4 No. 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol. 4 No. 2 (2015) Vol. 4 No. 1 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol. 3 No. 7 (2014) Vol 3, No 7 (2014) Vol. 3 No. 6 (2014) Vol 3, No 6 (2014) Vol 3, No 5 (2014) Vol. 3 No. 5 (2014) Vol 3, No 4 (2014) Vol. 3 No. 4 (2014) Vol. 3 No. 3 (2014) Vol 3, No 3 (2014) Vol. 3 No. 2 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol. 3 No. 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 2, No 8 (2013) Vol. 2 No. 8 (2013) Vol. 2 No. 7 (2013) Vol 2, No 7 (2013) Vol 2, No 6 (2013) Vol. 2 No. 6 (2013) Vol. 2 No. 5 (2013) Vol 2, No 5 (2013) Vol. 2 No. 4 (2013) Vol 2, No 4 (2013) Vol 2, No 3 (2013) Vol. 2 No. 3 (2013) Vol. 2 No. 2 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol. 2 No. 1 (2013) Vol 1, No 5 (2012) Vol. 1 No. 5 (2012) Vol 1, No 4 (2012) Vol. 1 No. 4 (2012) Vol. 1 No. 3 (2012) Vol 1, No 3 (2012) Vol. 1 No. 2 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol. 1 No. 1 (2012) Vol 1, No 1 (2012) More Issue