cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
ISSN : 22529063     EISSN : 26857006     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2020)" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI TEMA DIRI SENDIRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BALI KELAS 1 SEMESTER GANJIL (Studi kasus di: SD Negeri 2 Tukadmungga) kadek budi arsini; Dewa Gede Hendra Divayana; I Gede Partha Sindu
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v9i1.23262

Abstract

Abstrak— Guru matapelajaran bahasa Bali kelas 1 SD Negeri 2 Tukadmungga merasa siswa masih kurang termotivasi dalam mempelajarai Bahasa Bali kususnya Tema Diri Sendiri oleh sebab itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran Bahasa Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri sebagai media pembelajan Bahasa Bali Kelas 1 Semester Ganjil. Adapun tujuan dari pengembangan Video pembelajaran ini adalah untuk membantu siswa dalam mempelajari materi Tema Diri Sendiri. Pengembangan media pembelajaran Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pengembangan produk dengan model ini dapat menghasilkan produk yang baik, karena pada setiap fase yang dilalui dapat dilakukan evaluasi. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri, diantaranya yaitu uji ahli isi dengan hasil 100% tergolong sangat tinggi, uji ahli media dengan representasi 83,33% tergolong tinggi, uji efektifitas dengan hasil 78% yang berarti media ini cukup efektif, dan uji respon pengguna dengan hasil sebesar 87,4% yang menandakan media ini masuk kategori sangat positif.Kata Kunci : Video Pembelajaran, Animasi 3D , Bahasa Bali, Tema Diri Sendiri.Abstract— The teacher of Balinese language class 1 in SD Negeri 2 Tukadmungga feels that students are still less motivated in learning Balinese, especially the Self-Theme, so researchers feel it is necessary to develop a learning media that can help the process of learning Balinese. The purpose of this research is to develop a 3 Dimensional Self Animated Video Animation learning media as a medium for learning Balinese Language class one. The purpose of developing this learning video is to assist students in learning the material Self-Theme. The development of the 3 Dimensi Animated Video Themes Self-learning media uses ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Product development with this model can produce good product, because in each phase that is passed can be evaluated. Several tests were carried out to determine the effectiveness of the 3 Dimensi Self Themes Video Animation learning media, including the content expert test with 100% results classified as very high, the media expert test with 83.33% representation classified as high, the effectiveness test with 78% results which means This media is quite effective, and the user response test with a result of 87.4% which indicates this media is in the very positive categoryKeywords: Learning Video, 3D Animation, Balinese Language, Self Themes.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PENGENALAN HEWAN DAN TUMBUHAN” PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN METODE GAMEFIKASI UNTUK SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SDN 2 BATUR) i Gede Ryan Shebastian; I Made Putrama; P Wayan Arta Suyasa
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v9i1.23270

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat sudah masuk kesemua sector  kehidupan, di sector pendidikan perkembangan tenologi memberikan dampak yang besar dalam proses belajar mengajar, dengan bantuan teknologi mulai berkambang metode atau konsep – konsep baru yang bertujuan untuk membantu dalam guru dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah pengembangan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang masih sedikit yang di akibatkan oleh kurangnya sarana dan prasaran disekolah serta keterbatasan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak khususnya dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif khususnya mata pelajaran ilmu pengetahaun alam dengan konsep gamification. Dengan konsep tersebut akan memberikan pengalaman baru pada siswa saat proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan serta mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berkonsep gamification pada mata pelajaran ilmu pengetahaun alam untuk siswa sekolah dasar (Studi Kasus: Siswa Kelas 2 SD Negeri 2 Batur). Perancangan media pembelajaran interaktif berkonsep gamification menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu Concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Implementasi dari media pembelajaran interaktif berkonsep gamification pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dilakukan melalui alpha testing dan beta testing. alpha testing terdiri uji ahli isi dan uji ahli media untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran serta isi dari media pembelajaran apakah sudah sesuai, sehingga media pembelajaran dapat diterapkan. Sedangkan beta testing terdiri dari uji respon siswa dilakukan di kelas yang sama yaitu kelas 2 di SD Negeri 2 Batur. Rata-rata respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berkonsep gamification yaitu 90%. Pengembangan media pembelajaran interaktif berkonsep gamification pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas 2 di SD Negeri 2 Batur mampu menjadi sumber belajar bagi siswa. Media pembelajaran digunakan sebagai panduan belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pada siswa serta membantu proses belajar siswa di sekolah. Ini dibuktikan dengan hasil respon siswa yaitu 90% jika dikonversikan kedalam tabel respon siswa termasuk dalam kategori Sangat Baik.Kata Kunci : Perkembangan Teknologi, Siswa Sekolah Dasar, Mata Pelajaran Ilmu pengetahaun alam, , Gamification, Media Pembelajaran Interaktif, Sarana dan Prasarana.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS “INTRODUCING VOCABULARY” MENGGUNAKAN 3 BAHASA DI KELAS III SEKOLAH DASAR Putu Intan Yuniari; I Gede Partha Sindu; I Gede Mahendra Darmawiguna
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v9i1.24153

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang biasanya digunakan untuk memudahkan proses komunikasi antara guru dan siswa dalam suatu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris “Introducing Vocabulary” menggunakan 3 bahasa di Kelas III Sekolah Dasar, sebagai salah satu media untuk berkontribusi dalam membantu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa inggris dan membantu guru dalam menjelaskan materi dengan lebih efektif, sehingga siswa menjadi lebih aktif di dalam proses pembelajaran di SD N 4 Kaliuntu. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada model ADDIE ini proses evaluasi dilakukan disetiap tahapan yang dilalui agar diketahui kelayakan pada setiap proses sehingga dapat dilanjutkan pada proses berikutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Media pembelajaran interaktif termasuk kedalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji ahli isi persentase keseluruhan penilaian yaitu 100%, uji ahli media diperoleh persentase keseluruhan penilaian yaitu 100%, uji perorangan diperoleh presentase rata-rata siswa 97.44%, uji kelompok kecil diperoleh presentase rata-rata siswa 98.21%, uji lapangan diperoleh presentase rata-rata siswa 97.15%, uji pre-etest dan uji post-test didapatkan rata-rata persentase kenaikan nilai sebesar 75%. Sehingga tingkat kenaikan hasil posttest masuk kedalam kriteria “baik” yang berarti media pembelajaran interaktif bahasa inggris layak untuk digunakan, dan uji respon siswa mendapat rata-rata persentasi sebesar 96.23% dengan kategori sangat baik.
PENGEMBANGAN FILM DOKUMENTER BIOGRAFI I NYOMAN DURPA “PENDIRI PADEPOKAN SENI DWI MEKAR Dewaari Dewa Nyoman Ari Dananjaya; I Made Putrama; I Gede Partha Sindu
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v9i1.24285

Abstract

Film Dokumenter Biografi I Nyoman Durpa “Pendiri Padepokan Seni Dwi Mekar” Merupakan sebuah film dokumenter tentang perjalan hidup I Nyoman Durpa yang merupakan pendiri Padepokan Seni Dwi Mekar. Tujuan dari film ini yaitu untuk memberikan motivasi kepada masyarakyat untuk melestarikan kesenian tari-tarian bebondresan dan karena tidak adanya dokumentasi baik berupa buku, koran atau video yang menampilkan tentang perjalanan sosok almarhum I Nyoman Durpa. Metodologi penelitian yang digunakan untuk pembuatan Pengembangan Film Dokumenter Biografi I Nyoman Durpa “Pendiri Padepokan Seni Dwi Mekar” adalah model Cyclic Strategy.Hasil yang didapatkan dalam pengujian film ini dari uji ahli isi yaitu sangat memuaskan dengan persentase 100% kemudian dari uji ahli media mendapatkan persentase 100%  dan uji respon penonton mendapatkan persentase 91,82% yang dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa film ini siap untuk didistirbusikan.
EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING DENGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN ayu wandi septiari; Dessy Seri Wahyuni; I Made Putrama
KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) Vol. 9 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/karmapati.v9i1.26000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media e-learning serta untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap Pengembangan Media E-Learning dengan Model Blended Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Infastruktur Jaringan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 16 orang dan seorang guru yang mengajar mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMK TI Bali Global Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi media e-learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran berdasarkan dari kevalidan (validity) diperoleh dari hasil uji ahli dengan rata-rata penilain sebesar 1.00 termasuk pada kriteria “Sangat Valid”, keefektifan (effectiveness) diperoleh dari hasil pengujian efektivitas dengan perhitungan N-Gain memperoleh koefesien nilai sebesar 0.84 termasuk pada kriteria “Efektif”, dan kepraktisan (practically) diperoleh dari hasil analisis data respon guru dengan nilai sebesar 43 termasuk pada kriteria “Sangat Praktis”, dan untuk respon peserta didik memperoleh penilaian rata-rata sebesar 62.69 termasuk pada kriteria“Sangat Praktis”.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025) Vol. 14 No. 1 (2025) Vol. 13 No. 3 (2024) Vol. 13 No. 2 (2024) Vol. 13 No. 1 (2024) Vol. 12 No. 3 (2023) Vol. 12 No. 2 (2023) Vol. 12 No. 1 (2023) Vol. 11 No. 3 (2022) Vol. 11 No. 2 (2022) Vol. 11 No. 1 (2022) Vol. 10 No. 3 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol. 10 No. 2 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol. 10 No. 1 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 3 (2020) Vol. 9 No. 3 (2020) Vol. 9 No. 2 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol 8, No 3 (2019) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol 7, No 3 (2018) Vol. 7 No. 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol. 7 No. 2 (2018) Vol. 7 No. 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 3 (2017) Vol. 6 No. 3 (2017) Vol 6, No 2 (2017) Vol. 6 No. 2 (2017) Vol. 6 No. 1 (2017) Vol 6, No 1 (2017): Vol 5, No 3 (2016): Vol. 5 No. 3 (2016) Vol 5, No 2 (2016): Vol. 5 No. 2 (2016) Vol. 5 No. 1 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol. 4 No. 5 (2015) Vol 4, No 5 (2015) Vol. 4 No. 4 (2015) Vol 4, No 4 (2015) Vol. 4 No. 3 (2015) Vol 4, No 3 (2015) Vol 4, No 2 (2015) Vol. 4 No. 2 (2015) Vol. 4 No. 1 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol. 3 No. 7 (2014) Vol 3, No 7 (2014) Vol. 3 No. 6 (2014) Vol 3, No 6 (2014) Vol 3, No 5 (2014) Vol. 3 No. 5 (2014) Vol 3, No 4 (2014) Vol. 3 No. 4 (2014) Vol. 3 No. 3 (2014) Vol 3, No 3 (2014) Vol. 3 No. 2 (2014) Vol 3, No 2 (2014) Vol. 3 No. 1 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 2, No 8 (2013) Vol. 2 No. 8 (2013) Vol. 2 No. 7 (2013) Vol 2, No 7 (2013) Vol 2, No 6 (2013) Vol. 2 No. 6 (2013) Vol. 2 No. 5 (2013) Vol 2, No 5 (2013) Vol. 2 No. 4 (2013) Vol 2, No 4 (2013) Vol 2, No 3 (2013) Vol. 2 No. 3 (2013) Vol. 2 No. 2 (2013) Vol 2, No 2 (2013) Vol 2, No 1 (2013) Vol. 2 No. 1 (2013) Vol 1, No 5 (2012) Vol. 1 No. 5 (2012) Vol 1, No 4 (2012) Vol. 1 No. 4 (2012) Vol. 1 No. 3 (2012) Vol 1, No 3 (2012) Vol. 1 No. 2 (2012) Vol 1, No 2 (2012) Vol. 1 No. 1 (2012) Vol 1, No 1 (2012) More Issue