cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppm_stmik@royal.ac.id
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JURNAL GLOBAL EDUKASI
Published by Smart Education
ISSN : 2597873X     EISSN : 26145588     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Global Edukasi (JGE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018" : 10 Documents clear
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pariani, Pariani
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.345 KB)

Abstract

Arikuto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Hamid, A.I. & Ichas, T.T. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara Riyana, C. & Susilana, R. 2006. Media Pembelajaran, Bandung: Wacana Sapriya, 2009. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press. Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Yogyakarta: Tim Pustaka Yustisia Sardiman, A.M. 2005. Inetaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Panjaitan, D. J. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(1), 83-90. Sapta, A. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diberi Umpan Balik Berupa Angka Saja Dengan Umpan Balik Berupa Angka Disertai Komentar. AGMASU Research, 1(1), 85-92. Sapta, A. PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER. Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 1(1), 73-79. Sumarni,S. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada Syaripudin, T. & Kurniasih. 2008. Pedagogik Teoritis Sistematis. Bandung: Percikan Ilmu. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group. Wiriaatmaja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya Witarsa, dkk. 2010. Ilmu Pengetahuan Sosial Bilingual, Bandung: Yrama Widya
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Model Pembelajaran TGT Daulay, Pangihutan
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.919 KB)

Abstract

Abstract: This classroom action research is conducted by researchers with activities consisting of 2 (two) cycles by applying the Team Games Tournament learning model in an effort to improve the learning result of speaking in English. For this research done in class IX SMP Negeri 3 Stabat by choosing action class, that is class IX1 with amount of student 30 people. The average score of students before the implementation of the action is 60.00 is below the KKM value. After the action done on the first cycle the average value of student learning outcomes rose to 66.30. Then on the second cyclical that after the implementation of the action as a reflection of cyclical I the average value of student learning outcomes rose to 73.25. Student's complete action before action is 62,5%, after action in cycle I goes up to 75% and in cycle II goes up to 91%. Keywords: team games tournament, talking Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilakukan oleh peneliti dengan kegiatan yang terdiri dari 2 (dua) siklus dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Untuk ini dilakukan penelitian di kelas IX SMP Negeri 3 Stabat dengan memilih kelas tindakan, yaitu kelas IX1 dengan jumlah siswa 30 orang. Nilai rata-rata siswa sebelum dilaksanakannya tindakan adalah 60,00 berada di bawah nilai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 66,30. Kemudian pada sikluas II yaitu setelah dilaksanakannya tindakan sebagai refleksi dari sikluas I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 73,25. Tindakan ketuntasan belajar siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 62,5%, setelah tindakan pada siklus I naik menjadi 75% dan pada siklus II naik menjadi 91%. Kata kunci: team games tournament, berbicara
Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual Rudi Siregar
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.083 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to improve students' reasoning ability of class IX-6 SMP Negeri 1 Meranti in terms of understanding qadha and qadar. The subject of this class action research is the students of class IX-6 SMP Negeri 1 Meranti as many as 35 students. Data analysis technique in this research is to analyze all available data, either qualitatively, descriptively or quantitatively. Based on the results of classroom action research, it is concluded that the learning process of PAI using contextual learning method can improve students' reasoning ability of IX-6 grade SMP Negeri 1 Meranti, because students are asked to be actively involved in solving problems and demanding higher students thinking skill so students' reasoning ability increases. In the first cycle, students who have not completed 16.67% and in the unfinished Cycle II 03.34% with the average value of students' ability to understand the meaning of qadha and qadar on sikus I 78.83 with good category. In cycle II, the average score of students is 83.33 with very good category. From the results of this classroom action research can be concluded that the contextual learning method can improve students' ability in understanding qadha and qadar understanding there is improvement. Keywords: contextual, qadha, qadar Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas IX-6 SMP Negeri 1 Meranti dimateri tentang pengertian qadha dan qadar. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX-6 SMP Negeri 1 Meranti sebanyak 35 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara kualitiatif, deskriptif maupun secara kuantitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian tindakan kelas, diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran PAI dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual, dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas IX-6 SMP Negeri 1 Meranti, karena siswa diminta untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah dan menuntut keterampilan berpikir siswa yang lebih tinggi sehingga kemampuan penalaran siswa meningkat. Pada siklus I, siswa yang belum tuntas 16,67% dan di Siklus II yang belum tuntas 03,34% dengan nilai rata-rata kemampuan siswa dalam memahami pengertian qadha dan qadar pada sikus I 78,83 dengan kategori baik. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa adalah 83,33 dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pengertian qadha dan qadar ada peningkatan. Kata kunci: kontekstual, qadha, qadar
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Nurul Niarti
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.533 KB)

Abstract

Abstract: This research is aimed at the use of inquiry method in science class V learning on light material and its properties. The subjects of this study are the students of class V second semester of SD Negeri 050756 Flow Two subdistricts Sei Lepan which amounted to 20 students consisting of male students 7 students and 13 students. The results showed that the students' motivation and learning outcomes have increased. The improvement of students' learning motivation from the initial condition of 30% or 6 students increased to 12 students or 60% and reached 100% of the 85% minimum limit that has been determined on the success criteria of the improvement process of learning in the second cycle, and the improvement of student learning outcomes from the average at initial condition of 56,00 increased to 64,00 in cycle I and at end of cycle II increased to 76,50 and learning completeness at initial condition as many as 4 students (20%), after improvement by applying method of inquiry in cycle I increased to 10 students or 50% and in cycle II increased again to 18 students or 90%. Based on the results of the above research can be concluded that learning by using inquiry method can improve the process, motivation and learning outcomes of students of class V SD Negeri 050756 Flow Two Semester 2 Year Lesson 2016/2017 on science lesson with light material and its properties Keywords: questions, learning motivation, learning outcomes Abstrak: Penelitian ini ditujukan pada penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA kelas V pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester 2 SD Negeri 050756 Alur Dua kecamatan Sei Lepan yang berjumlah 20 siswa terdiri dari siswa laki-laki 7 siswa dan perempuan 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar siswa dari kondisi awal sebesar 30% atau 6 siswa meningkat menjadi 12 siswa atau 60% dan mencapai angka 100% dari 85% batasan minimal yang telah ditentukan pada kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, dan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada kondisi awal sebesar 56,00 meningkat menjadi 64,00 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 76,50 serta ketuntasan belajar pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (20%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan metode inkuiri pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau 50% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 18 siswa atau 90%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan proses, motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 050756 Alur Dua Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran IPA dengan materi cahaya dan sifat-sifatnya Kata kunci: pertanyaan, motivasi belajar, hasil belajar
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Alat Peraga Peta Jannatun Jannatun
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.264 KB)

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to increase student's interest and learning outcomes on social studies subjects of natural and socio-cultural diversity of fourth grade students of SD Negeri 050757 Alur Dua Semester 1 academic year 2017/2018 using map props. The subjects were 20 students of grade IV of SD Negeri 050757 Alur Dua tahun lesson 2017/2018. Data analysis is conducted qualitatively and quantitatively at the end of the learning cycle of student learning result data, and data of observation result of student's learning interest. The result of data analysis of research result showed that the use of map props to increase student's learning interest and achievement in IPS learning create a conducive learning atmosphere. In the first cycle after the learning is done by applying the map props, the learning outcomes increase from the average value of 58 at the initial condition to 68 in the first cycle with a complete learning of 12 students (60%). In the second cycle by applying the learning tool the learning outcomes increased to an average of 71.50 with a 90% student completeness level. It can be concluded that the use of map props on the IPS lesson of natural appearance and socio-cultural diversity can increase learning process, interest and learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 050757 Alur Dua Semester 1 Year Lesson 2017/2018. Keywords: maps, props Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya siswa kelas IV SD Negeri 050757 Alur Dua Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan alat peraga peta. Subjek penelitian adalah 20 orang siswa kelas IV SD Negeri 050757 Alur Dua tahun pelajaran 2017/2018. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran terhadap data hasil belajar siswa, dan data hasil observasi minat belajar siswa. Hasil analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga peta untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS membuat suasana pembelajaran yang kondusif. Pada siklus pertama setelah pembelajaran dilakukan dengan menerapkan alat peraga peta, hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata 58 pada kondisi awal menjadi 68 pada siklus pertama dengan ketuntasan belajar sebesar 12 siswa (60%). Pada siklus kedua dengan menerapkan alat peraga peta hasil belajar meningkat menjadi rata-rata 71,50 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 90%. Dapat disimpulkan penggunaan alat peraga peta pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya dapat meningkatka proses pembelajaran, minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 050757 Alur Dua Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: alat peraga, peta
Peningkatan Kemampuan Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Dengan Teknik Individual Muhani Muhani
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.668 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to improve the ability of teachers in the management of learning process through academic supervision with individual techniques in the State Elementary School 056639 Service Makmur district Sei Lepan Langkat district semester 2 Year Lesson 2016/2017. The results of this study show an increase in the aspect of the assessment, with an explanation of the improvement on the aspects of preparing the implementation plan at the initial conditions of 54.00 with the criteria value less increased to 66.00 with sufficient value criteria and 76.00 with good value criteria, on the aspect the implementation of learning from the average value of 55.21 with the criteria of less value increased to 65.43 with sufficient value criteria and 75.43 with good value criteria in the second cycle, on the aspect of assessment of learning outcomes from the average of 53.58 with the criteria of value less become 65,42 with enough value criterion and 77,42 with good value criterion as well as on aspect of class management from 54,83 with criterion less value become 66,83 with enough value criterion and 75,83 with good value criterion. Can be concluded the implementation of academic supervision with individual techniques proved to increase the ability of teachers in the management of learning processes in SD Negeri 056639 Service Makmur district Sei Lepan Semester 2 Year Lesson 2016/2017. Keywords: supervision, pengelolaa learning process Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran melalui supervisi akademis dengan teknik individual di SD Negeri 056639 Jasa Makmur kecamatan Sei Lepan kabupaten Langkat semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukan menunjukan peningkatan pada aspek penilaian, dengan penjelasan peningkatan pada aspek menyusun rencana pelaksanaan pada kondisi awal dari 54,00 dengan kriteria nilai kurang meningkat menjadi 66,00 dengan kriteria nilai cukup dan 76,00 dengan kriteria nilai baik, pada aspek pelaksanaan pembelajaran dari nilai rata-rata 55,21 dengan kriteria nilai kurang meningkat menjadi 65,43 dengan kriteria nilai cukup dan 75,43 dengan kriteria nilai baik pada siklus kedua, pada aspek penilaian hasil belajar dari rata-rata 53,58 dengan kriteria nilai kurang menjadi 65,42 dengan kriteria nilai cukup dan 77,42 dengan kriteria nilai baik serta pada aspek pengelolaan kelas dari 54,83 dengan kriteria nilai kurang menjadi 66,83 dengan kriteria nilai cukup dan 75,83 dengan kriteria nilai baik. Dapat disimpulkan pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik individual terbukti dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran di SD Negeri 056639 Jasa Makmur kecamatan Sei Lepan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 Kata kunci: supervisi, pengelolaa proses pembelajaran
Pendekatan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tioruli Sitinjak
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.358 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to apply appropriate learning methods to enable students in teaching and learning activities, namely by using the role play method. The subjects of the study were the students of class I SD Negeri 057764 Sukaramai as many as 17 students consisting of 5 men and 12 women. From the analysis of research data proves that the application of role playing method in class I SD Negeri 057764 Sukaramai proven to improve the learning process. The application of role playing method proved able to increase student activity showed acquisition in initial study preliminary study only 5 students (29.41%), rose to 9 students (52.94%) in first cycle, and 17 students (100%) in second cycle . Implementation of role-playing method also proved able to improve student's learning result and mastery. This is evidenced by the level of learning mastery of 17.65% in the initial study, 47.06% in the first cycle, and 88.24% in the second cycle. The conclusion is the application of role-playing methods related to social science learning materials telling affection among family members able to improve the learning process, motivation and learning outcomes of students of class I SD Negeri 057764 Sukaramai District Sei Lepan Langkat Regency Semester 2 Year Lesson 2016/2017. Keywords: role playing, Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu dengan menggunakan metode bermain peran. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 057764 Sukaramai sebanyak 17 siswa terdiri dari 5 laki-laki dan 12 perempuan. Dari analisis data hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode bermain peran di kelas I SD Negeri 057764 Sukaramai terbukti dapat meningkatkan proses pembelajaran. Penerapan metode bermain peran terbukti mampu meningkatkan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada studi awal studi awal hanya 5 siswa (29,41%), naik menjadi 9 siswa (52,94%) pada siklus pertama, dan 17 siswa (100%) pada siklus kedua. Penerapan metode bermain peran juga terbukti mampu meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 17,65% pada studi awal, 47,06% pada siklus pertama, dan 88,24% pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penerapan metode bermain peran terkait dengan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga mampu meningkatkan proses pembelajaran, motivasi dan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 057764 Sukaramai Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: bermain peran,
Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Silabus dan RPP Melalui Pembinaan Profesional Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Kooperatif Riduwan Riduwan
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.446 KB)

Abstract

Abstract: This research is aimed at the use of inquiry method in science class V learning on light material and its properties. The subjects of this study are the students of class V second semester of SD Negeri 050756 Flow Two subdistricts Sei Lepan which amounted to 20 students consisting of male students 7 students and 13 students. The results showed that the students' motivation and learning outcomes have increased. The improvement of students' learning motivation from the initial condition of 30% or 6 students increased to 12 students or 60% and reached 100% of the 85% minimum limit that has been determined on the success criteria of the improvement process of learning in the second cycle, and the improvement of student learning outcomes from the average at initial condition of 56,00 increased to 64,00 in cycle I and at end of cycle II increased to 76,50 and learning completeness at initial condition as many as 4 students (20%), after improvement by applying method of inquiry in cycle I increased to 10 students or 50% and in cycle II increased again to 18 students or 90%. Based on the results of the above research can be concluded that learning by using inquiry method can improve the process, motivation and learning outcomes of students of class V SD Negeri 050756 Flow Two Semester 2 Year Lesson 2016/2017 on science lesson with light material and its properties Keywords: questions, learning motivation, learning outcomes Abstrak: Penelitian ini ditujukan pada penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA kelas V pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester 2 SD Negeri 050756 Alur Dua kecamatan Sei Lepan yang berjumlah 20 siswa terdiri dari siswa laki-laki 7 siswa dan perempuan 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar siswa dari kondisi awal sebesar 30% atau 6 siswa meningkat menjadi 12 siswa atau 60% dan mencapai angka 100% dari 85% batasan minimal yang telah ditentukan pada kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, dan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada kondisi awal sebesar 56,00 meningkat menjadi 64,00 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 76,50 serta ketuntasan belajar pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (20%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan metode inkuiri pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau 50% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 18 siswa atau 90%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan proses, motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 050756 Alur Dua Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran IPA dengan materi cahaya dan sifat-sifatnya Kata kunci: pertanyaan, motivasi belajar, hasil belajar
Penerapan Model POE Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Suryana Suryana
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.59 KB)

Abstract

Abstract: This research was conducted in class III SD Negeri 050756 Alur Dua Year Learning 2016/2017 with the number of students 20 people 9 male students and 11 female students. The results showed that there was an increase in motivation and student learning outcomes after the learning action through the application of the POE learning model. Achievement of student learning outcomes, the average grade continues to increase from 58.00 at the initial conditions to 66.00 in the first cycle, and in the second cycle to 76.00 with a level of mastery learning 2 students (10%) in the initial conditions , to 11 students (55%), and in the last cycle to 19 students (95%). The motivation to learn from 4 students (20%) in the initial condition became, 12 students (60%), and at the end of the second cycle became 100% motivated learning on the implementation of learning process. The conclusion of the research result shows that POE Learning Model proved to be able to increase the motivation and result of student learning of class III SD Negeri 050756 Alur Dua sub districts Sei Lepan Langkat Regency year 2016/2017. Keyword: predict, observe, explain Abstrak: Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 050756 Alur Dua Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 20 orang 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah tindakan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran POE. Pencapaian hasil belajar siswa, nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan dari 58,00 pada kondisi awal menjadi 66,00 pada siklus pertama, dan pada siklus kedua menjadi 76,00 dengan tingkat ketuntasan belajar 2 orang siswa (10%) pada kondisi awal, menjadi 11 siswa (55%), dan pada siklus terakhir menjadi 19 siswa (95%). Motivasi belajar dari 4 siswa (20%) pada kondisi awal menjadi, 12 siswa (60%), dan pada akhir siklus kedua menjadi 100% termotivasi belajarnya pada pelaksanaan proses pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran POE terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 050756 Alur Dua kecamatan Sei lepan Kabupaten Langkat tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: predict, observe, explain
Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Bahasa Inggris Dengan Metode Gambar Berseri Ramnah, Ramnah
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 1, No 4 (2018): Februari 2018
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.593 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to improve the ability of teachers in the management of learning process through academic supervision with individual techniques in the State Elementary School 056639 Service Makmur district Sei Lepan Langkat district semester 2 Year Lesson 2016/2017. The results of this study show an increase in the aspect of the assessment, with an explanation of the improvement on the aspects of preparing the implementation plan at the initial conditions of 54.00 with the criteria value less increased to 66.00 with sufficient value criteria and 76.00 with good value criteria, on the aspect the implementation of learning from the average value of 55.21 with the criteria of less value increased to 65.43 with sufficient value criteria and 75.43 with good value criteria in the second cycle, on the aspect of assessment of learning outcomes from the average of 53.58 with the criteria of value less become 65,42 with enough value criterion and 77,42 with good value criterion as well as on aspect of class management from 54,83 with criterion less value become 66,83 with enough value criterion and 75,83 with good value criterion. Can be concluded the implementation of academic supervision with individual techniques proved to increase the ability of teachers in the management of learning processes in SD Negeri 056639 Service Makmur district Sei Lepan Semester 2 Year Lesson 2016/2017. Keywords: supervision, pengelolaa learning process Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran melalui supervisi akademis dengan teknik individual di SD Negeri 056639 Jasa Makmur kecamatan Sei Lepan kabupaten Langkat semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukan menunjukan peningkatan pada aspek penilaian, dengan penjelasan peningkatan pada aspek menyusun rencana pelaksanaan pada kondisi awal dari 54,00 dengan kriteria nilai kurang meningkat menjadi 66,00 dengan kriteria nilai cukup dan 76,00 dengan kriteria nilai baik, pada aspek pelaksanaan pembelajaran dari nilai rata-rata 55,21 dengan kriteria nilai kurang meningkat menjadi 65,43 dengan kriteria nilai cukup dan 75,43 dengan kriteria nilai baik pada siklus kedua, pada aspek penilaian hasil belajar dari rata-rata 53,58 dengan kriteria nilai kurang menjadi 65,42 dengan kriteria nilai cukup dan 77,42 dengan kriteria nilai baik serta pada aspek pengelolaan kelas dari 54,83 dengan kriteria nilai kurang menjadi 66,83 dengan kriteria nilai cukup dan 75,83 dengan kriteria nilai baik. Dapat disimpulkan pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik individual terbukti dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran di SD Negeri 056639 Jasa Makmur kecamatan Sei Lepan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 Kata kunci: supervisi, pengelolaa proses pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 10