cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppm_stmik@royal.ac.id
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JURNAL GLOBAL EDUKASI
Published by Smart Education
ISSN : 2597873X     EISSN : 26145588     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Global Edukasi (JGE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 5 (2021): April 2021" : 7 Documents clear
Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Hasudungan Naibaho
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 4, No 5 (2021): April 2021
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This action research was conducted on 10 teachers of SMP Negeri 2 Simanindo. The results showed that the teacher's performance increased after taking actions in the form of collaborative educational supervision periodically from cycle I to cycle II. Improvement includes improvement in preparing lesson plans, implementing learning, assessing learning achievement, carrying out follow-up assessments of student learning achievement. cycle II 90%. The teacher's performance in implementing the learning cycle I reached 70% while the second cycle reached 90%. The teacher's performance in assessing the learning outcomes of the first cycle reached 70% while the second cycle was 90%. The teacher's performance in carrying out the follow-up assessment of student learning outcomes in the first cycle reached 50% while the second cycle was 80%. Thus, the average cycle II action was above 80%. Based on the results of the action research, it can be concluded that the teacher's performance increases in preparing lesson plans, implementing learning, assessing learning achievement, carrying out follow-up assessments of student achievement. For this reason, researchers suggest that educational supervision in schools carry out collaborative educational supervision periodically. Keywords: educative; performance; supervision  Abstrak: Penelitian tindakan ini dilakukan  terhadap guru SMP Negeri 2 Simanindo yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat  setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa  Berdasarkan hasil  supervisi edukatif siklus I dan siklus II  kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru  dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai  70%  sedangkan siklus II 90%. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 70% sedangkan siklus II mencapai 90%. Kinerja guru dalam menilai hasil belajar siklus I mencapai 70% sedangkan siklus II  90%. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 50% sedangkan siklus II 80%. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 80%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut  dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi edukatif di sekolah-sekolah melaksanakan  supervisi  edukatif kolaboratif secara periodik. Kata Kunci: edukatif; kinerja; supervisi
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Team Assisted Individualization Astuti Astuti
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 4, No 5 (2021): April 2021
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: The purpose of this research is to improve student learning outcomes by applying the model Team assited Individualization in lieu of the conventional learning model. Classroom action research was conducted in three cycles at 132407 Tanjungbalai Elementary School. The subjects were students of class V and the object of study is the result of student learning in mathematics materials algebraic operations which include the reduction of integers, integer multiplication, and division of integers. The results showed an increase in the average value of 5.15 students in the first cycle to 9.64 in the third cycle. The percentage of students learning completeness 43.14% in the first cycle to 96.08% in the third cycle. Kata kunci: Team Assited Individualization, operasi aljabar, bilangan bulat  Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Team Assited Individualization sebagai pengganti dari model pembelajaran konvensional. Penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus ini dilaksanakan di SD Negeri 132407 Tanjungbalai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika materi operasi aljabar yang meliputi pengurangan bilangan bulat, perkalian bilangan bulat, dan pembagian bilangan bulat. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa 5,15 pada siklus I menjadi 9,64 pada siklus III. Persentase ketuntasan belajar siswa 43,14% pada siklus I menjadi 96,08% pada siklus III. Kata kunci: Team Assited Individualization, operasi aljabar, bilangan bulat
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi dan Kerja Kelompok Desnilam K. Harefa
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 4, No 5 (2021): April 2021
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The teacher as the sole learning resource in the classroom makes students passive in accepting learning. The purpose of this study was to determine the learning outcomes of mathematics in multiplication and division counting operations in class III-B SD Negeri 070986 Ononamolo I Lot, South Gunungsitoli District, could be increased, by using the recitation method and group work methods. This research was carried out in class III-B of SD Negeri 070986 Ononamolo I Lot, South Gunungsitoli District, 2019/2020 academic year, and its implementation was in the first semester. In the first cycle, the application of the Recitation learning model and group work methods on the material Operation counting multiplication and division has not reached the target which are expected. This is based on 38.7% of students' mastery learning which has not yet reached the target. In the second cycle, learning through the application of the Recitation learning model and group work methods has increased. This is based on 90.3% student learning completeness, which means that it has reached the target. Keywords: counting operations; group work; recitation  Abstrak: Guru sebagai sumber belajajr tunggal di dalam kelas membuat siswa menjadi pasif dalam menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Matematika Pada Operasi hitung perkalian dan pembagian di  kelas III-B SD Negeri 070986 Ononamolo I Lot Kecamatan Gunungsitoli Selatan dapat meningkat, dengan menggunakan metode resitasi dan metode kerja kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III-B SD Negeri 070986 Ononamolo I Lot Kecamatan Gunungsitoli Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020, dan pelaksanaannya pada semester I. Pada siklus I penerapan model pembelajaran Resitasi dan metode kerja kelompok pada materi Operasi hitung perkalian dan pembagian  belum mencapai target yang diharapkan. Hal ini berdasarkan ketuntasan belajar siswa 38,7% masih belum mencapai target. Pada siklus II pembelajaran  melalui penerapan model pembelajaran Resitasi dan metode kerja kelompok mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan ketuntasan belajar siswa 90,3% yang berarti sudah mencapai target. Kata Kunci: kerja kelompok; operasi hitung bilangan; resitasi
Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Nazman Zega
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 4, No 5 (2021): April 2021
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to improve social studies learning outcomes in the material of 3rd grade students' money at SD Negeri 071030 Afia, North Gunungsitoli District, Gunungsitoli city through the Jigsaw learning model. 66.67%, the second cycle increased the average value to 82 with a percentage of 93.33% completeness. This indicates that the learning outcomes have met the minimum completeness criteria, namely the average value of 70 and the minimum grade KKM completeness of 85% which indicates a significant increase in learning outcomes. It can be concluded that the application of the Jigsaw learning model can improve social studies learning outcomes on the subject of Money Material for grade 3 students of SD Negeri 071030 Afia, North Gunungsitoli sub-district, Gunungsitoli city for the 2018/2019 school year. Keywords: jigsaw; money  Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Uang siswa kelas 3 SD Negeri 071030 Afia Kecamatan Gunungsitoli Utara kota Gunungsitoli melalui model pembelajaran Jigsaw.Dari hasil penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar mulai dari siklus I dengan nilai rata -rata 70 dengan presentase ketuntasan 66,67%, siklus II meningkat nilai rata-rata menjadi 82 dengan presentase ketuntasan 93,33%.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  hasil  belajar  tersebut  telah  memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu nilai rata-rata 70 dan ketuntasan KKM kelas minimal 85% yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada pokok bahasan Materi Uang siswa kelas 3 SD Negeri 071030 Afia kecamatan Gunungsitoli Utara kota Gunungsitoli  tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: jigsaw; uang
Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Metode Mind Map Rosalin Telaumbanua
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 4, No 5 (2021): April 2021
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to improve storytelling skills through the mind map method for Class IV-A students at SD Negeri 074054 Idanotae, Gunungsitoli Idanoi sub-district, Gunungsitoli city. The research subjects were students of Class IV-A SD Negeri 074054 Idanotae with a total of 37 students. Data collection techniques using tests, observations of teacher and student activities, and documentation. The results of this classroom action research show that the storytelling skills of Class IV-A students at SD Negeri 074054 Idanotae can be improved through the mind map method. Improvements occurred in: (1) the learning process experienced an increase in a better direction in each cycle, namely increased motivation, attention, and student activity in participating in learning activities, in the first cycle the achievement obtained by students was 66% increased to 76% in the first cycle. II, (2) the results of students' skills in storytelling have increased. The average score of the students' storytelling skills in the pre-cycle was 55.92, in the first cycle it was 63.73, and in the second cycle it increased to 71.68. Thus, the use of the mind map method can improve the storytelling skills of Class IV-A students at SD Negeri 074054 Idanotae, Gunungsitoli Idanoi District, Gunungsitoli City. Keywords: mind map; storytelling  Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui metode mind map siswa Kelas IV-A SD Negeri 074054 Idanotae kecamatan Gunungsitoli Idanoi kota Gunungsitoli. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV-A SD Negeri 074054 Idanotae dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas guru dan siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan bercerita siswa Kelas IV-A SD Negeri 074054 Idanotae, dapat ditingkatkan melalui metode mind map. Peningkatan terjadi pada: (1) proses pembelajaran mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, yaitu meningkatnya motivasi, perhatian, dan  keaktifan  siswa  dalam  mengikuti  kegiatan  pembelajaran,  pada  siklus  I pencapaian yang diperoleh siswa adalah 66% meningkat menjadi 76% pada siklus II, (2) hasil keterampilan siswa dalam bercerita mengalami peningkatan. Hasil rata-rata nilai  keterampilan bercerita  siswa pada prasiklus  adalah  55,92,  pada siklus I menjadi 63,73, dan pada siklus II meningkat menjadi 71,68. Dengan demikian, penggunaan metode mind map dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa Kelas IV-A SD Negeri 074054 Idanotae Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli. Kata Kunci: bercerita; mind map
Penerapan Metode Demonstrasi dan Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Samosir, Agnes
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 4, No 5 (2021): April 2021
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: In learning, students need to be given the opportunity to be involved in experiments on learning materials. The purpose of this study was to improve student learning outcomes by applying the Demonstration and Experiment method to the material on the Special Characteristics of Living Things in science lessons in class VI SD Negeri 10088 Selawan, Kota Kisaran Timur district. Based on the results of the study, it can be concluded that mastery learning in the first cycle reaches a value of 52% and in the second cycle after reflection and recommendations, learning mastery reaches 90%. Keywords: demonstration; experiment; living things  Abstrak: Dalam pembelajaran, siswa perlu diberi kesempatan terlibat dalam eksperimen pada materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Demonstrasi dan Eksprerimen pada materi Ciri Khusus Makhluk Hidup pada pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 10088 Selawan kecamatan Kota Kisaran Timur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ketuntasan belajar pada siklus I mencapai nilai 52% dan siklus pada siklus II setelah dilakukan refleksi dan rekomendasi,  ketuntasan belajar mencapai 90%. Kata Kunci: demonstrasi; eksperimen; makhluk hidup
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Snowball Throwing Dahniar Dahniar
JURNAL GLOBAL EDUKASI Vol 4, No 5 (2021): April 2021
Publisher : JURNAL GLOBAL EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: The purpose of this action research is to improve student learning outcomes by using a model Snowball Throwing in SD Negeri 130004 Tanjungbalai. This study was conducted in three cycles. The subjects were students of class IV SD Negeri 130004 Tanjungbalai. The object of research is a science student learning outcomes. The results obtained by an increase in the average value of 6.4 students in the first cycle to 8.0 in the third cycle. An increase in student learning completeness of 43.33% in the first cycle to 100% in the third cycle. Keywords: animal classification ; Snowball Throwing  Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Snowball Throwing di SD Negeri 130004 Tanjungbalai. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 130004 Tanjungbalai. Objek penelitian adalah hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitian diperoleh terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari 6,4 pada siklus peertma menjadi 8,0 pada siklus ketiga. Terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 43,33% pada siklus pertama menjadi 100% pada siklus ketiga. Kata kunci: penggolongan hewan; Snowball Throwing

Page 1 of 1 | Total Record : 7