cover
Contact Name
Ahmad Kadir KIlo
Contact Email
ahmad@ung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jjec@ung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Chemistry
ISSN : 26557606     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical education research, results of thought and research, instructional methods, and laboratory experiments.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2019): Februari" : 1 Documents clear
PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LIMBOTO Halalutu, Hamdan; Isa, Ishak; Bialangi, Nurhayati
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.672 KB) | DOI: 10.34312/jjec.v1i1.2071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model problem based learning dan model discovery learning pada materi larutan asam dan basa di madrasah aliyah negeri limboto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Limboto. Penentuan sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung(0,15) lebih besar dari ttabel(2,04), maka hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak. Hal tersebut menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model problem based learning dan model discovery learning pada materi larutan asam dan basa di Madrasah Aliyah Negeri Limboto.

Page 1 of 1 | Total Record : 1