cover
Contact Name
Ahmad Kadir KIlo
Contact Email
ahmad@ung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jjec@ung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Chemistry
ISSN : 26557606     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical education research, results of thought and research, instructional methods, and laboratory experiments.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022): August" : 9 Documents clear
Pengaruh Strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Proses Sains dan Literasi Kimia Mellyzar, Mellyzar; Lukman, Isna Rezkia; Busyraturrahmi, Busyraturrahmi
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.15338

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment desain dan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 3 Putra Bangsa dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas X IPA 2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kemampuan literasi kimia menggunakan soal tes yang sudah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, sedangkan untuk menilai keterampilan proses sains digunakan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan bantuan program komputer SPSS. Hasil pengujian menggunakan independent sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi POGIL terhadap literasi kimia dan kemampuan proses sains siswa pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh posistif strategi POGIL terhadap literasi kimia dan kemampuan proses sains siswa.
Studi Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Sabora, Ririn S.; Lukum, Astin; Paputungan, Mardjan; Iyabu, Hendri; Aman, La Ode; Alio, La
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.15781

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mengetahui perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving di SMAT Wira Bhakti. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 siswa yaitu sebanyak 20 siswa pada kelas eksperimen I dan 20 siswa pada kelas eksperimen II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji t, nilai thitung sebesar 4,9774 dan nilai ttabel pada taraf α = 0,05; dk = 38 diperoleh sebesar 1,68595. Dengan demikian thitung dilihat lebih besar dari ttabel (thitung = 4,9774 ˃ ttabel =1,68595) sehingga H0 ditolak dengan arti lain bahwa H1 diterima. artinya terdapat adanya perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia antara kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based learning dan kelas yang menerapkan model pembelajaran problem solving di SMA Terpadu Wira Bhakti.
Pengembangan E-Book Multimodal sebagai Bahan Ajar Interaktif dalam Pembelajaran Kimia Munawwarah, Munawwarah; Jusniar, Jusniar; Side, Sumiati; Nurhayati, Nurhayati
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.15315

Abstract

Pengembangan berbagai bahan ajar dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran agar berlangsung secara afektif. Bahan ajar yang tepat dibutuhkan agar aspek makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik dapat disampaikan secara terpadu pada materi kimia. Pengembangan bahan ajar berupa e-book Interaktif ini dilakukan menggunakan metode 4STMD (Four Step Teaching Material Develoment). Bahan ajar yang telah dikembangkan menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi materi Elektrokimia. E-Book ini mengandung unsur multimodal yang menyampaikan aspek multipel representasi secara terpadu. Hasil validasi dan uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar valid dan praktis digunakan baik pada guru maupun peserta didik.
Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Berbasis Representasi Makroskopik, Submikroskopik dan Simbolik Ishak, Candrawati; Musa, Weny J.A; Tangio, Julhim S.; Kunusa, Wiwin Rewini; Isa, Ishak; Rumape, Opir
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.13256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri I Biluhu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas X IPA SMA Negeri I Biluhu dengan jumlah sampel sebanyak 46 siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep secara keseluruhan yaitu 53,44% dengan kategori “Rendah”. Kemudian pada tingkat pemahaman makroskopik dengan nilai presentasi 64,13% dengan kategori “sedang”, selanjutnya pada tingkat pemahaman submikroskopik dengan nilai presentasi 38,59% dengan kategori “sangat rendah”. Sedangkan pada tingkat pemahaman simbolik nilai presentasi 57,61% dengan kategori “rendah”. Dengan demikian pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik berada pada kategori rendah.
Kebutuhan Modul Produktivitas Ikan Mujair sebagai Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 W, K. Anom; Yulia, Tatik; Ad'hiya, Eka; Edi, Rodi
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.13487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kebutuhan adanya modul mata kuliah kewirausahaan terintegrasi STEM topik pakan untuk meningkatkan produktivitas ikan mujair. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa semester 7 Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dimana peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Diperoleh nilai rata-rata uji validitas angket yaitu 0,763 dan uji reliabilitas angket yaitu 0,963 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 30,8% mahasiswa sangat setuju dan 69,2% mahasiswa setuju adanya modul pembelajaran kimia pada mata kuliah kewirausahaan dengan topik pakan untuk meningkatkan produktivitas ikan mujair yang dibutuhkan di era pandemi covid-19 dan berminat untuk melakukan budidaya ikan mujair.
Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit Said, Sriyanti S; Mohamad, Erni; Pikoli, Masrid; Sihaloho, Mangara; Laliyo, Lukman A.R; Ischak, Netty Ino; Salimi, Yuszda K.
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.14491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit di SMA Negeri 1 Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian ada 43 siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, pemberian tes dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa data hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan 3 indikator yaitu indikator kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (originality). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator kefasihan (fluency) memperoleh nilai 69,37% (kategori baik), indikator keluwesan (flexibility) siswa mendapatkan nilai sebesar 61,53% (kategori baik), dan indikator kebaruan (originality) memperoleh nilai 56,58% (kategori cukup).
Pengaruh Pembelajaran Model Online Driver Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Kupang, Sri Revayana; Bialangi, Nurhayati; Suleman, Nita; Kilo, Akram La; Kilo, Jafar La; Kilo, Ahmad Kadir
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.14859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model online driver terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintauna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pra-eksperimen dengan design one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Bintauna pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini, diberikan perlakuan pembelajaran kimia melalui pembelajar model online driver , kemudian diberikan pretest dan posttest pada kelas tersebut yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dengan diberikan tes objektif sebanyak 15 butir soal pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model online driver pada siswa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada pretest sebelum perlakuan 29,80 dan pada posttest setelah diberikan perlakuan mencapai 68,16. Dengan perhitungan uji N-Gain 0,542. Penelitian ini guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran model online driver dalam pembelajaran sebagai variasi metode mengajar.
Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Hasil Belajar Kimia pada Peserta Didik Murtihapsari, Murtihapsari; Achmad, Fauziah; Larasati, Christiana Niken; Yogaswara, Radite
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.14050

Abstract

Penggunaan model pembelajaran sangat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dari peserta didik. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dalam menyajikan materi sehingga peserta didik merasa jenuh dan kurang memahami materi. Alternatif penggunaan pembelajaran model Problem Based Learning yang inovatif dan kreatif dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas. Metode ulasan ini merupakan kajian dari berbagai artikel yang telah terpublikasi nasional pada jurnal ilmiah terakreditasi. Beberapa literatur dikumpulkan yang terkait tema relevan tentang kajian proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan kriteria data yang diperlukan dalam ulasan ini, maka terdapat 24 (dua puluh empat) artikel yang sesuai dengan tema. Penggunaan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat aktif, mampu tanggap dalam menyelesaikan masalah tekait materi pelajaran, kreatif dan mandiri dalam menjawab soal serta terjadi peningkatan dalam berfikir kritis.
Peningkatan Model Pembelajaran Cooperatif Scripting dengan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Munandar, Haris; Najmah, Najmah; Kurniawati, Erga; Thayban, Thayban; Arviani, Arviani; Sukamto, Kostiawan
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 4, No 2 (2022): August
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jjec.v4i2.15732

Abstract

This Classroom Action Research aims to apply the Cooperative Scripting Learning Model to improve motivation and learning outcomes at SMA YP PGRI 2 Makassar. The research subjects were students of class XI IPA, totalling 35 students. The implementation of this research consisted of two cycles, each consisting of three meetings and one evaluation meeting. The learning outcomes that have been carried out have an increase in the category of student learning outcomes, in the first cycle in the medium category, namely 20 students or 57.14%, while in the second cycle, 17 people or 48.57%. The average increase in student motivation in cycle 1 was 60.57% and cycle II was 75.43%, as well as an increase in student learning mastery in cycle I, namely 24 people or 68.57% and an increase in cycle II as many as 31 people or 88, 57%. Thus, it can be concluded that the cooperative scripting biology learning model with process skills can increase the motivation and learning outcomes of class XI IPA SMA YP PGRI 2 Makassar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9