cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation
ISSN : 2460724X     EISSN : 22526773     DOI : -
Core Subject : Health, Education,
Journal is a peer-reviewed, four-color, professional journal. Continuously published since 2012, Active serves as an authoritative, professional source for educators in physical education, sports, health, and recreation in all settings. It provides the information needed to assist students and clients in learning motor skills, improving fitness, and pursuing physical activity and sport participation safely and appropriately. Active features articles about teaching methods, curriculum, teacher preparation, professional issues, coaching, youth sports, fitness, recreation, and heatlh. Regular departments offer teaching tips, analysis of lawsuits, technology updates, and viewpoints about the professions.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2012): August 2012" : 10 Documents clear
PERILAKU SISWA SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.254

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunaka pengumpulan data yang secara objektif, artinya hanya mengumpulkan data yang mendukung sebuah hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII A dan VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes yang berjumlah 60 siswa yang diantaranya 10 siswa putra dan 20 siswa putri untuk kelas A dan 17 siswa putra dan 13 siswa putri untuk kelas B. Hasil penelitian ini yaitu bahwa ada perbedaan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajara penjas kelas VII A dan VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas B memperoleh manfaat yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dibandingkan dengan kelas A. Hal ini dapat terlihat bahwa siswa kelas B sebanyak 50 % siswa menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki manfaat yang sangat tinggi. Sedangkan siswa kelas A 28 % siswa menyatakan memperoleh manfaat yang sangat rendah. Kesimpulan yang didapat adalah pembelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan perilaku siswa.The purpose of this study was to determine the behavior of students after attending a physical education teaching. The approach used in this study is a quantitative approach. These studies make use of objective data collection, meaning that only collect data to support a hypothesis. The population in this study is the overall grade VII A and VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes of 60 students including 10 boys and 20 students daughters for classes A and 17 boys and 13 students daughters to class B. The results of this study is that there are differences in the behavior of students after attending a class penjas pembelajara VII A and VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes. The results showed that B-grade students benefit in following higher learning physical education classes compared with A. It can be seen that the B-class students as much as 50% of students stated that physical education has a very high benefit. A class of students while 28% of students claimed to benefit very low. The conclusion is teaching physical education can improve student behavior.
PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR TERHADAP TINGKAT KESEGARAN JASMANI
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.264

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunaka pengumpulan data yang secara objektif, artinya hanya mengumpulkan data yang mendukung sebuah hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII A dan VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes yang berjumlah 60 siswa yang diantaranya 10 siswa putra dan 20 siswa putri untuk kelas A dan 17 siswa putra dan 13 siswa putri untuk kelas B. Hasil penelitian ini yaitu bahwa ada perbedaan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajara penjas kelas VII A dan VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas B memperoleh manfaat yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dibandingkan dengan kelas A. Hal ini dapat terlihat bahwa siswa kelas B sebanyak 50 % siswa menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki manfaat yang sangat tinggi. Sedangkan siswa kelas A 28 % siswa menyatakan memperoleh manfaat yang sangat rendah. Kesimpulan yang didapat adalah pembelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan perilaku siswa.The purpose of this study was to determine the behavior of students after attending a physical education teaching. The approach used in this study is a quantitative approach. These studies make use of objective data collection, meaning that only collect data to support a hypothesis. The population in this study is the overall grade VII A and VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes of 60 students including 10 boys and 20 students daughters for classes A and 17 boys and 13 students daughters to class B. The results of this study is that there are differences in the behavior of students after attending a class penjas pembelajara VII A and VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes. The results showed that B-grade students benefit in following higher learning physical education classes compared with A. It can be seen that the B-class students as much as 50% of students stated that physical education has a very high benefit. A class of students while 28% of students claimed to benefit very low. The conclusion is teaching physical education can improve student behavior.
KETERAMPILAN GERAK DASAR ANAK TUNA GRAHITA RINGAN
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.265

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana keterampilan gerak dasar anak tunagrahita ringan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Semarang tahun 2010/2011. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rata-rata dari masing-masing kelompok sesuai dengan tingkat pendidikannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa kelas 7 dalam melakukan tes zig-zag run mempunyai rata-rata t-score 51,33 masuk dalam kategori sedang, tes standing broad jump mempunyai rata-rata t-score 35 masuk dalam kategori sedang, dan tes medicine ball mempunyai rata-rata t-score 21 masuk dalam kategori sedang. Unsur mental sangat berpengaruh pada pencapaian tingkat keterampilan gerak dasar seorang anak. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil tes keterampilan gerak dasar yang diperoleh dari siswa SMPLB Negeri Semarang bagian C ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami perintah atau instruksi yang diberikan peneliti dan kurangnya kecepatan siswa untuk merespon stimulus yang datang dari luar, sehingga hasil tes keterampilan gerak dasar siswa kurang maksimal. The purpose of this study is how the child’s basic motor skills in the light Tunagrahita Junior High School Extraordinary Semarang State 2010/2011. Data collection by using the test method. The data was analyzed using descriptive statistical analysis is to find the average of each group according to the level of education. Based on the research results can be seen that the ability of students in grade 7 in a zig-zag test run had an average t-score of 51.33 in the category of being, standing broad jump test has an average of 35 t-score in the category of being, and medicine ball test has an average t-score of 21 in the category of being. Mental element is very influential in the achievement levels of basic motor skills of a child. Conclusions of this study is the basic movement skills test results obtained from Semarang State student section C SMPLB is influenced by several factors, including the lack of students’ skills in understanding the commands or instructions given researchers and students lack the speed to respond to the stimulus that comes from outside, so basic motor skills test results of students less than the maximum.
TINGKAT KETERAMPILAN DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.266

Abstract

AbstrakTujuan penelitian adalah mengetahui tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola siswa SD Negeri 2 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode survei tes keterampilan dasar sepak bola siswa sekolah dasar. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas IV, V, dan VI SD Negeri 2 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara tahun ajaran 2010/201 berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian adalah tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola siswa kelas IV, V, dan VI putra SD Negeri 2 Bandungharjo tahun ajaran 2010/2011. Analisis data penelitian dengan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola siswa putra kelas IV, V, dan VI SD Negeri 2 Bandungharjo kategori kurang 27,78%, untuk kategori sedang 61,11%, dan untuk kategori baik 11,11%. Kesimpulannya tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola pada siswa putra kelas IV, V, dan VI SD Negeri 2 Bandungharjo dalam kategori sedang.The research objective was to determine the level of basic skills students soccer game 2 Bandungharjo Elementary School District Donorojo Jepara regency. Research methods in this research is survey method tests the basic skills of elementary school football. The study population was the son of the student class IV, V, and VI Elementary School District 2 Bandungharjo Donorojo Jepara regency academic year 2010/201 numbered 36 students. Sampling studies using total sampling technique. Research variables are the level of basic skills grade football game IV, V, and VI son of SD Negeri 2 Bandungharjo academic year 2010/2011. Analysis of research data by using descriptive percentages. The results showed the level of basic skills of football games by boys classes IV, V, and VI SD Negeri 2 Bandungharjo 27.78% less category, the category was 61.11% and 11.11% for both categories. In conclusion the level of basic skills at a football game by boys classes IV, V, and VI SD Negeri 2 Bandungharjo in the medium category.
SURVEI POLA PEMBINAAN SEKOLAH SEPAKBOLA DI KABUPATEN BATANG
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.268

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan program pembinaan dan bagaimanakah sarana dan prasarana yang dimiliki untuk menunjang program pembinaan di Sekolah Sepakbola Krengseng Sejati. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet dan pelatih di SSB Krengseng Sejati Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet dan pelatih di SSB Krengseng Sejati Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang sebanyak 1 pelatih dan 30 atlet. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode survei dengan metode angket. Data dari hasil instrument angket diolah dengan metode analisis deskripsi persentase. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pola pembinaan Sekolah Sepakbola berkategori sangat baik sebanyak 4 responden (19%), berkategori baik sebanyak 21 responden (68%), berkategori cukup sebanyak 4 responden (13%), dan tidak ada yang berkategori kurang maupun sangat kurang. Kesimpulan yang dapat diambil adalah secara rata-rata tingkat pola pembinaan Sekolah Sepakbola Krengseng Sejati Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang sebesar 77%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pola pembinaan berada pada kategori baik.The purpose of this study was to determine how the implementation of development programs and how-owned facilities and infrastructure to support development programs in Krengseng Sejati School Football. The population in this study were athletes and coaches in Krengseng Sejati School Football , Gringsing sub-district, Batang city. The sample in this study were athletes and coaches in Krengseng Sejati School Football , Gringsing sub-district, Batang city as much as a coach and 30 athletes. Sampling technique used is total sampling. Data collection by survey method with questionnaire. Data from the instrument questionnaire prepared by the method of analytical description of the percentage. From the analysis shows that the pattern Soccer School coaching very well categorized by 4 respondents (19%), categorized either as many as 21 respondents (68%), categorized simply by 4 respondents (13%), and no one category is less and less . The conclusion that can be taken was the average rate of pattern formation Krengseng Sejati School Football , Gringsing sub-district, Batang city was 77%. These results indicate that the pattern of development is in good category.
PENELUSURAN POTENSI DAERAH UNTUK PEMBINAAN OLAHRAGA USIA DINI
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.270

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui potensi daerah untuk pembinaan olahraga usia dini. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan secara acak. Jumlah Sekolah Dasar yang dijadikan populasi dalam penelitian ini sebanyak 54 sekolah dasar dengan jumlah siswa kelas 4-6 sebanyak 276, kepala sekolah SD diambil 5 orang, Guru Penjasorkes SD 5 orang, tokoh masyarakat 10 orang, serta kepala/kepala bagian yang relevan pada Institusi KONI dan DINPORA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket, tes metode Iowa-Brace Test For Motor Educabiliti, tes wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk putra kategori baik sekali terdapat 2 siswa (1,39%), kategori baik 33 siswa (22,92%), kategori sedang 74 siswa (24,31%), dan kata kategori kurang 35 (24,31%). Untuk putri kategori baik sekali terdapat 11 siswa (3,99%), kategori baik 117 siswa (42,39%), kategori sedang 113 siswa (40,94%), dan kategori kurang 35 (12,68%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelusuran potensi daerah untuk pembinaan olahraga usia dini Kecamataan Todanan Kabupaten Blora Tahun 2010/2011 dalam kategori baik.The purpose of this study was to determine potential areas for early childhood sports coaching. Sampling in this study using random sampling techniques to randomly. The number of elementary schools that serve the population in this study as many as 54 elementary schools with the number as many as 276 students in grade 4-6, elementary school principals take 5 people, elementary school sport teacher take 5 people, community leaders 10 people, and the head that relevant section on the Institutions KONI and DINPORA. Data collection methods in this research that uses questionnaires, test method Iowa-Brace Test For Motor Educabiliti, interviews and documentation. The research data were analyzed using descriptive formula percentage. The results showed that for men there were 2 students at very good category (1.39%), 33 students at students at good category (22.92%), 74 students at moderate category (24.31%), and 35 students at less category (24.31 %). For women, there were 11 students at good category (3.99%), 117 students at good category (42.39%), 113 students at moderate category (40.94%), and 35 students at less category (12.68%). From this study it can be concluded that the search of potential areas for early childhood sports coaching Kecamataan Todanan Blora Regency Year 2010/2011 in good category.
PERBEDAAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SD DAERAH PEGUNUNGAN DENGAN PERKOTAAN
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.275

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa SD putra di daerah Pegunungan dengan Perkotaan. Subyek penelitian yang diamati adalah siswa putra siswa SD kelas V putra di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan data menggunakan teknik survei tes dan pengukuran dengan menggunakan instrumen TKJI untuk umur 10-12 tahun. Pengambilan data dengan menggunakan analisis data diskriptif. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 3,587 dengan ttabel = 1,985, dengan nilai sig = 0,0001, sehingga Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan tingkat kesegaran jasmani antara siswa dari daerah pegunungan dengan siswa dari lingkungan perkotaan. Rata-rata presentil tingkat kesegaran jasmani siswa dari daerah pegunungan sebesar 63,7 % , sedangkan dari daerah perkotaan sebasar 57,7 %. Simpulan penelitian adalah terdapat perbedaan antara tingkat kesegaran jasmani siswa dari daerah pegunungan dengan siswa di lingkungan perkotaan, dimana siswa dari daerah pegunungan memiliki tingkat kesegaran jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan siswa di lingkungan perkotaan.The purpose of this study was to determine differences in the level of physical fitness in elementary school son at Mountain area and at down town. The study subjects were observed by boys first grade male students in District V Wanareja, Cilacap academic year 2010/2011. Retrieval of data using a survey technique using test and measurement instruments TKJI for ages 10-12 years. Retrieval of data by using descriptive data analysis. Based on research obtained tcount = 3.587 with the t table = 1.985, with a value sig = 0.0001, so Ha is received, which means that there are different levels of physical fitness among students from the mountainous region with students from down town. The average percentile level of physical fitness of students from the mountainous area of 63.7%, while urban down town of 57.7%. Conclusion the study is the difference between the level of physical fitness of students from the mountains area and from down town, where students from the mountainous area has a level of physical fitness better than students in down town.
PELAKSANAAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.276

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD Negeri se-Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik angket atau kuesioner. Aspek yang dievaluasi meliputi aspek praktek atau ketrampilan, sikap-sikap positif, perilaku hidup sehat kehadiran dan partisipasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2011/2012 dimulai dari perencanaan evaluasi pembelajaran, praktek/ ketrampilan, sikap positif, kehadiran dan nilai akhir 18 orang (60%) adalah tinggi, 5 responden (17%) sedang, 1 responden (3%) kurang, dan 6 responden (20%) rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Jatilawang sudah terlaksana dengan baik. The purpose of this study is to investigate the implementation evaluation of the learning in physical education and health of elementary school. The population in this study were physical education teachers, sports and health Elementary School District Jatilawang Banyumas. Samples were taken using total sampling technique. This research used survey method with questionnaire or questionnaire techniques. Aspect that evaluated covering aspects of practice or skills, attitude-positive attitude, behaviors healthy life attendance and participation. The evaluation of learning the sport and physical education in elementary school health as Jatilawang Banyumas district academic year 2011/2012 began planning the evaluation of learning, practice/skills, positive attitude, attendance and final grades were 18 people (60%) with high criteria, 5 respondents (17%) with moderate criteria, 1 respondents (3%) with less criteria, and 6 respondents (20%) with low criteria. Based on the the results of such research the authors can be conclude that the implementation evaluation of within of learning sports education and health in Elementary School at Jatilawang District Banyumas already performing well.
KORELASI STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANAK SEKOLAH DASAR
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.277

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korealasi status gizi dengan kesegaran jasmani anak Sekolah Dasar kelas V sekecamatan Demak tahun 2010 / 2011. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, dan tes status gizi serta tes kesegaran jasmani. Dari hasil penelitian didapat hasil bahwa status gizi anak kelas V sekolah dasar sekecamatan Demak Tahun 2010/2011 mayoritas mempunyai status gizi dalam kategori gizi sedang yaitu 87,5% dari keseluruhan subyek penelitian. Tingkat kesegaran jasmaninya mayoritas dalam kategori sedang yaitu 60,6% dari keseluruhan subyek penelitian. Terdapat korelasi yang positif atau nyata antara status gizi dengan tingkat kesegaran jasmani. Pada pengujian didapatkan hasil koefisien korelasi 0, 033 karena nilai koefisien lebih besar dari nol maka tidak terdapat koreksi. Kesimpulannya tidak terdapat hubungan antara variabel antara status gizi dengan tingkat kesegaran jasmani.The purpose of this study is to determine the nutritional status korealasi physical fitness of children in elementary school V grade in Demak sub district year 2010/2011. Data collect by observation, and testing nutritional status and physical fitness tests. From the research we got the result that the nutritional status of children of primary school class V grade in Demak sub district year 2010/2011 in good level as 87.5% of all study subjects. Level of physical fitness was moderate as 60.6% of all study subjects. There was a positive correlation between nutritional status or the actual level of physical fitness. On the test results obtained correlation coefficient 0, 033 because the value of the coefficient is greater than zero then there is no corection. In conclusion there is no relationship between the variables of nutritional status to the level of physical fitness.
PENGARUH JALAN KAKI TERHADAP KAPASITAS VITAL PARU DAN VO2 MAX
ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol 1 No 1 (2012): August 2012
Publisher : Department of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/active.v1i1.279

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kapasitas vital paru dan perbedaan VO2 max pada siswa putra yang berjalan kaki dan yang tidak berjalan kaki. Metode penelitian ini menggunakan survei dengan menggunakan tes. Sampel yang digunakan adalah siswa putra di SLTPN 2 Moga Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tidak berjalan kaki KVP siswa berumur 12,13, dan 14 tahun dalam klasifikasi baik dan VO2 max siswa berumur 12 tahun kurang sekali, siswa berumur 13 tahun termasuk kurang, dan siswa berumur 14 tahun termasuk kurang. Secara umum VO2 max-nya dalam kategori kurang sekali. Siswa yang berjalan kaki KVP untuk siswa berumur 12,13, dan 14 tahun termasuk dalam klasifikasi baik. VO2 max siswa berumur 12 tahun kurang sekali, siswa berumur 13 tahun termasuk sedang, dan siswa berumur 14 tahun termasuk sedang. Secara umum VO2 max-nya dalam klasifikasi sedang. Simpulan yang didapat adalah tidak ada perbedaan kapasitas vital paru dan VO2 max siswa yang berjalan kaki dan yang tidak berjalan kaki, dan ada hubungan kapasitas vital paru dengan VO2 max.The purpose of this study to determine the differences in lung vital capacity and VO2 max difference in students who walk and the men who do not walk away. This study used a survey method using the test. Samples used by boys in SLTPN 2 Warungpring Moga district Pemalang academic year 2010/2011. Results showed that students who do not walk KVP for students aged 12,13, and 14 years were included in good classification and VO2 max for 12-year-old students included in the very less category, for students aged 13 years included into less category, for students 14-year-old included into less category. In general VO2 max was included in the very less category. Students who walk KVP for students aged 12, 13, and 14 years were included in good classification.VO2 max for a 12 year old students included into very less category, for students aged 13 years included into moderate category, for the 14-year-old students included into moderate categories. In general VO2 max was included in moderate classification. is. The conclusions were not difference in lung vital capacity and VO2 max of students who walk and not walk away, and lung vital capacity was not associate with VO2 max.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 3 (2019): November 2019 Vol 8 No 2 (2019): June 2019 Vol 8 No 2 (2019): June 2019 Vol 8 No 1 (2019): February 2019 Vol 8 No 1 (2019): February 2019 Vol 7 No 3 (2018): October 2018 Vol 7 No 3 (2018): October 2018 Vol 7 No 2 (2018): June 2018 Vol 7 No 2 (2018): June 2018 Vol 7 No 1 (2018): February 2018 Vol 7 No 1 (2018): February 2018 Vol 6 No 3 (2017): October 2017 Vol 6 No 3 (2017): October 2017 Vol 6 No 2 (2017): June 2017 Vol 6 No 2 (2017): June 2017 Vol 6 No 1 (2017): February 2017 Vol 6 No 1 (2017): February 2017 Vol 5 No 3 (2016): October 2016 Vol 5 No 3 (2016): October 2016 Vol 5 No 2 (2016): June 2016 Vol 5 No 2 (2016): June 2016 Vol 5 No 1 (2016): February 2016 Vol 4 No 12 (2015): December 2015 Vol 4 No 12 (2015): December 2015 Vol 4 No 11 (2015): November 2015 Vol 4 No 10 (2015): October 2015 Vol 4 No 9 (2015): September 2015 Vol 4 No 8 (2015): August 2015 Vol 4 No 7 (2015): July 2015 Vol 4 No 6 (2015): June 2015 Vol 4 No 5 (2015): May 2015 Vol 4 No 4 (2015): April 2015 Vol 4 No 3 (2015): March 2015 Vol 4 No 2 (2015): February 2015 Vol 4 No 1 (2015): January 2015 Vol 3 No 12 (2014): December 2014 Vol 3 No 11 (2014): November 2014 Vol 3 No 10 (2014): October 2014 Vol 3 No 9 (2014): September 2014 Vol 3 No 8 (2014): August 2014 Vol 3 No 7 (2014): July 2014 Vol 3 No 6 (2014): June 2014 Vol 3 No 5 (2014): May 2014 Vol 3 No 4 (2014): April 2014 Vol 3 No 3 (2014): March 2014 Vol 3 No 2 (2014): February 2014 Vol 3 No 1 (2014): January 2014 Vol 2 No 12 (2013): December 2013 Vol 2 No 11 (2013): November 2013 Vol 2 No 10 (2013): October 2013 Vol 2 No 9 (2013): September 2013 Vol 2 No 8 (2013): August 2013 Vol 2 No 7 (2013): July 2013 Vol 2 No 6 (2013): June 2013 Vol 2 No 5 (2013): May 2013 Vol 2 No 4 (2013): April 2013 Vol 2 No 3 (2013): March 2013 Vol 2 No 2 (2013): February 2013 Vol 2 No 1 (2013): January 2013 Vol 1 No 5 (2012): December 2012 Vol 1 No 4 (2012): November 2012 Vol 1 No 3 (2012): October 2012 Vol 1 No 2 (2012): September 2012 Vol 1 No 1 (2012): August 2012 More Issue