cover
Contact Name
Yuli Ani Setyo Dewi
Contact Email
selingjurnalpgra@gmail.com
Phone
+6281296125801
Journal Mail Official
selingjurnalpgra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Hayamwuruk 31 Watesumpak Trowulan Mojokerto Tel / Fax. (0321) 3914242 Mojokerto,
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Seling: Journal of PGRA Study Program
ISSN : 2528083X     EISSN : ISSN2540     DOI : https://doi.org/10.29062/seling.v5i2
Core Subject : Education, Social,
SELING: JOURNAL OF PGRA STUDY PROGRAM accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2025): Januari" : 8 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PENGENALAN TAUHID PADA ANAK TK B DI PAUD-IT CENDEKIA ACEH BESAR Amelia, Lina; Shalihah, R.A Maratun; Fajriah, Heliati
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 11 No. 1 (2025): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengenalan tauhid pada penelitian ini adalah mengenal Keesaan Allah melalui kegiatan sains sederhana yang mudah dipahami oleh anak. Berdasarkan hasil observasi di PAUD-IT Cendekia Darussalam pengenalan tauhid sudah dikenalkan pada anak namun masih dalam bentuk formalitas dalam memuncukan indicator Nilai Agama dan moral anak. Tujuan penelitian ini Pengaruh Pembelajaran Sains Terhadap Pengenalan adalah ingin mengetahu Tauhid Pada Anak TK B di PAUD-IT Cendekia Aceh Besar. Pada penelitian ini bentuk pengenalan tauhid yang diperkenalkan untuk anak melalui pembelajaran sains yang menyenangkan serta dihubungkan dengan sifat Allah yaitu (Wujud, Qudrah, Iradah). Percobaan sains yang yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu percobaan gunung meletus, percobaan pelangi, dan percobaaan gerhana. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasinya yaitu semua siswa kelas B dengan jumlah 42 anak di PAUD-IT Cendekia Darussalam. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga sampel yang terpilih adalah kelas B2 dengan jumlah 14 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 0,05 dan nilai t memperoleh nilai Thitung sebesar 6,928 dan hasil dari uji Ttabel sebesar 1,770 dapat dilihat bahwa dari nilai signifikan dan nilai Thitung nilai Ttabel yang artinya bahwa H0 ditolak Ha diterima, hasil penelitian tersebut menggunakan SPSS 20. Dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti pembelajaran sains berpengaruh terhadap pengenalan tauhid pada anak TK B di PAUD-IT Cendekia Darussalam.
IMPLEMENTASI WORKSHEET DALAM PEMBELAJARAN CALISTUNG DI KELAS MAIN HARMONI Yuliana, Aris; Dewi, Mutiara Sari
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 11 No. 1 (2025): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media worksheet dalam mengenalkan calistung untuk anak usia dini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang dapat menarik minat anak untuk mengenal calistung sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden atau informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, orangtua dan peserta didik dikelas main harmoni. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) kegiatan perencanaan pembelajaran dan keberhasilan rencana pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik di Kelas Main Harmoni; 2) penggunaan dan penerapan worksheet yang diharapkan mampu memberikan stimulasi kognitif, motorik, dan sosial kepada anak usia dini di Kelas Main Harmoni; 3) evaluasi dan penilaian dalam penggunaan worksheet untuk anak usia dini di Kelas Main Harmoni. Dalam pelaksanaan pembelajarannya Kelas Main Harmoni mendesain khusus pelaksanaan kegiatannya yaitu dilaksanakannya dirumah dengan melibatkan peran orangtua peserta didik. Penggunaan worksheet dalam pembelajaran calistung untuk anak usia dini dapat memberikan dampak positif jika dirancang sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan tahap perkembangan mereka. Dalam penerapan worksheet memberikan variasi metode pembelajaran yang melibatkan peran orangtua, sehingga orang tua dapat menginspirasi anak untuk menghargai pentingnya pendidikan. Karena orangtua berperan aktif dalam mendampingi kegiatan belajar anak di rumah.
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL COCOMELON TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI USIA 2-3 TAHUN Fatimah, Atin; Nurmalitha, Dinda Putri; Wardhani, Rr Dina Kusuma
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 11 No. 1 (2025): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh media audio visual cocomelon terhadap perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 2-3 tahun di kelas kelompok bermain TK Asy-Syuhada Cilegon-Banten. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data empiris tentang perkembangan bahasa ekspresif melalui media audio visual cocomelon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Ex-post Facto. Populasi menggunakan purposive sampling yaitu sesuai dengan kriteria penelitian yaitu berjumlah 20 anak usia 2-3 tahun di TK Asy-Syuhada Cilegon-Banten. Media Audio Visual Cocomelon memberikan pengaruh sebesar 68,3% terhadap perkembangan bahasa ekspresif. Uji Hipotesis menggunakan Uji t dengan hasil t hitung -6227, yang melebihi nilai t tabel sebesar 1.729 Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negative yang signifikan dari media audio visual cocomelon terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak. Media ini berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak usia 2-3 tahun. Namun, tanda negatif pada t-hitung menunjukkan bahwa hubungan antara penggunaan media Cocomelon dengan perkembangan bahasa ekspresif adalah negatif. Artinya, semakin banyak atau sering anak mengakses media audio visual Cocomelon, semakin terhambat perkembangan bahasa ekspresif mereka. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa media audio visuyal cocomelon memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 2-3 tahun di TK Asy-Syuhada Cilegon-Banten.
PEMBELAJARAN SAINS YANG MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI BERBASIS EKSPERIMEN Ratnaningsih, Hanifa Ayu; Fitri, Ruqoyyah; Lasarus Malaikosa, Yes Matheos
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 11 No. 1 (2025): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan anak usia dini sejak lahir hingga umur enam tahun, merupakan masa emas yang sangat penting bagi pembentukan fondasi perkembangan fisik, emosional, sosial, dan kognitif anak. Pembelajaran sains berbasis eksperimen menjadi salah satu metode yang efektif untuk merangsang rasa ingin tahu, kreativitas, serta keterampilan berpikir kritis anak. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pembelajaran sains yang menyenangkan dapat diterapkan pada anak usia dini melalui pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif berbasis studi literatur. Data dikumpulkan dari berbagai artikel ilmiah yang membahas pembelajaran sains pada anak usia dini dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis eksperimen dapat memberikan pengalaman langsung yang memperkuat pemahaman anak terhadap konsep-konsep dasar sains. Aktivitas seperti mencampur warna, mengamati pertumbuhan tanaman, hingga percobaan gunung berapi mini dapat menstimulasi rasa ingin tahu anak sekaligus membangun keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, metode eksperimen juga meningkatkan keterampilan sosial melalui kerja sama dalam kelompok dan membantu anak memahami konsep-konsep ilmiah secara lebih mendalam. Pendekatan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga mendukung perkembangan holistik anak, termasuk aspek kognitif, sosial, dan emosional.
PENGARUH PENERAPAN KARTU HURUF HIJAIYAH BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN PRA MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USAI 3-4 TAHUN DI KB INSAN CENDIKIA DRIYOREJO GRESIK Agustina, Eka Aditya; Mahfud, Muhammad
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 11 No. 1 (2025): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kartu huruf hijaiyah berwarna terhadap kemampuan pra membaca huruf Al-Qur’an pada anak usia 3-4 tahun di KB Insan Cendikia Driyorejo Gresik . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan peneliti yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif. Jenis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah one-Group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok Bermain (KB) dengan jumlah sepuluh anak. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata yang didapat anak sebelum pembelajaran menggunakan media kartu huruf Hijaiyah berwarna adalah 2,8000 dan nilai sesudah pembelajaran dengan penerapan media kartu huruf Hijaiyah berwarna mendapatkan sebesar 3,7000. Hasil uji paired sample t test didapatkan value 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan kemampuan pra membaca Al-Qur’an anak antara sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran menggunakan media kartu huruf hijaiyah berwarna. Mengajar dengan menggunakan media katu huruf hijaiyah berwarna dapat meningkatkan kemampuan anak untuk pra membaca Al-Qur’an, menuntaskan tujuan pembelajaran dan menjadikan aktifitas berpikir lebih tinggi bagi siswa. Simpulan, ada pengaruh yang signifikan secara statistik penerapan kartu huruf hijaiyah berwarna terhadap kemampuan pra membaca huruf Al-Qur’an pada anak usia 3-4 tahun di KB Insan Cendikia Driyorejo Gresik.
PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AL FAQIH KEDUNGBANTENG Ismawati, Putri
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 11 No. 1 (2025): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi project penguatan profil pelajar Pancasila  pada anak usia 3 - 4 tahun di KB Al Faqih Kedung Banteng. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan project penguatan profil belajar Pancasila di KB Al Fatih kedungbanteng. Berdasarkan hasil penelitian penerapan cek penguatan profil pelajar Pancasila di KB al-faqih kedungbanteng mengambil tema besar yaitu kado untuk ibu dan indahnya sekolahku. Penelitian ini menggunakan desain penelitian diskriptif Kualitatif dengan subyek penelitian siswa dan Guru KB Al Faqih Kedung Banteng Malang. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dperoleh kemudian dianalisis melalui tehnik analisis data Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran proses penguatan profil pelajar Pancasila pada tema indahnya sekolahku dan kado untuk ibu memiliki 7 tahapan perencanaan yaitu: diskusi guru ,pengambilan tema project, pengambilan alur pembelajaran project, pembuatan modul ajar project, perwujudan kegiatan project, pengadaan sarana prasarana, dan melibatkan orang tua. Pelaksanaan kegiatan project penguatan profil pelajar Pancasila tema indahnya sekolahku dan kado untuk ibu di KB Al Faqih kedung banteng memiliki tiga tahapan; tahapan permulaan, tahapan pengembangan, dan tahapan tindak lanjut.
PERAN PENDIDIK DAN ORANGTUA DALAM MENCEGAH KECANDUAN GADGET PADA ANAK SEBAGAI PSIKOEDUKASI DI RA GHOZALI PORONG SIDOARJO Risalah, Ainur; Taseman, Taseman
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 11 No. 1 (2025): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas program psikoedukasi yang melibatkan orang tua dan guru dalam upaya mencegah dan mengontrol kecanduan gadget pada Anak Usia Dini (AUD) di Raudhatul Athfal (RA) Al Ghozali, Porong, Sidoarjo. Latar belakang masalah ini adalah meningkatnya penggunaan smartphone yang tidak terkontrol pada AUD, menimbulkan kekhawatiran akan dampak negatifnya terhadap perkembangan anak, diperparah dengan kurangnya pemahaman dan koordinasi antara orang tua dan guru. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan orang tua dan guru, observasi langsung, serta analisis dokumen di RA Al Ghozali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program psikoedukasi berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman orang tua serta guru mengenai risiko kecanduan gadget dan strategi pencegahannya. Implikasinya terlihat pada perubahan sikap dan perilaku positif orang tua dalam menetapkan batasan waktu, menyediakan aktivitas alternatif, dan menjadi role model. Guru juga menunjukkan implementasi strategi pengendalian yang lebih terstruktur di lingkungan RA dan menjalin komunikasi yang lebih baik dengan orang tua. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi aktif antara orang tua dan guru melalui psikoedukasi adalah strategi yang sangat efektif dalam mengontrol penggunaan smartphone pada AUD, sehingga secara signifikan mengurangi indikasi kecanduan gadget dan mendukung perkembangan holistik anak di era digital.
Efektivitas Penerapan Literasi Digital terhadap Keterampilan Naratif  pada Anak Usia Dini Maulida, Susi
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 11 No. 1 (2025): Januari
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penerapan literasi digital dalam mengembangkan keterampilan naratif anak usia dini. Dengan melibatkan 30 anak usia 4-6 tahun dari dua taman kanak-kanak, penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi literasi digital secara signifikan meningkatkan keterampilan naratif anak-anak dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi untuk mengintegrasikan literasi digital dalam kurikulum pendidikan anak usia dini dan melibatkan orang tua dalam mendukung penggunaan teknologi digital oleh anak-anak. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi efek jangka panjang literasi digital pada keterampilan naratif anak serta variasi metode pembelajaran dan konteks penerapan literasi digital. Dengan implementasi rekomendasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 8