cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN
Published by Forum Ilmiah Kesehatan
ISSN : -     EISSN : 25485970     DOI : -
Core Subject : Health,
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2015): Februari 2015" : 1 Documents clear
PERANCANGAN “LABORATORIUM MAYA SDIDTK” DALAM PEMBELAJARAN STIMULASI, DETEKSI, DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK Heru Santoso Wahito Nugroho; Sunarto Sunarto; Suparji Suparji
2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN Vol 5, No 1 (2015): Februari 2015
Publisher : FORUM ILMIAH KESEHATAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (903.946 KB)

Abstract

Pendahuluan: Ada permasalahan pembelajaran SDIDTK bagi mahasiswa kebidanan, yaitu ketidaksesuaian antara volume materi dengan alokasi waktu, penggunaan metode konvensional, serta nilai kompetensi psikomotorik yang rendah. Maka, diajukan solusi yaitu membuat “Laboratorium Maya SDIDTK” (“LAMAS”) yang dapat dipelajari pada setiap waktu dan tempat dengan bantuan computer. Metode: Langkah-langkah penelitian diawali dengan menyediakan perangkat, mengembangkan model, mengevaluasi kualitas, dan terakhir memberikan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi kualitas “LAMAS”. Hasil: 1) Telah tersedia: hardware, software, brainwar, dan buku materi pendukung, 2) berhasil dikembangkan model yaitu: pembuatan frame berupa web browser, penyusunan materi (teks, gambar vektor, foto, animasi, dan video), materi telah diintegrasikan ke dalam frame 3) hasil evaluasi kualitas “LAMAS”: melalui 3 tahap indepth interview adalah: dimensi content, accuracy, format, ease of use, timeliness, dan speed, semua dinilai baik oleh mahasiswa, 4) Direkomendasikan bahwa “LAMAS” layak dimanfaatkan sebagai: 1) materi dan media unggulan untuk pembelajaran SDIDTK bagi mahasiswa, 2) materi dan media pelatihan SDIDTK bagi tenaga kesehatan dan guru PAUD, 3) media pembelajaran SDIDTK yang layak dikembangkan melalui penelitian lanjutan. Kesimpulan: Perancangan “LAMAS” terlaksana dengan baik. Saran: Direkomendasikan sebagai media pembelajaran SDIDTK bagi mahasiswa dan tenaga kesehatan, serta layak dikembangkan melalui riset lanjutan menjadi media yang ideal dalam pembelajaran SDIDTK. Kata Kunci: laboratorium maya, SDIDTK, pertumbuhan, perkembangan, anak

Page 1 of 1 | Total Record : 1


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 4 (2025): Oktober-Desember 2025 Vol 15, No 3 (2025): Juli-September 2025 Vol 15, No 2 (2025): April-Juni2025 Vol 15, No 1 (2025): Januari-Maret 2025 Vol 14, No 4 (2024): Oktober-Desember 2024 Vol 14, No 3 (2024): Juli-September 2024 Vol 14, No 2 (2024): April-Juni 2024 Vol 14, No 1 (2024): Januari-Maret 2024 Vol 13, No 4 (2023): November 2023 Vol 13, No 3 (2023): Agustus 2023 Vol 13, No 2 (2023): Mei 2023 Vol 13, No 1 (2023): Februari 2023 Vol 12, No 4 (2022): November 2022 Vol 12, No 3 (2022): Agustus 2022 Vol 12, No 2 (2022): Mei 2022 Vol 12, No 1 (2022): Februari 2022 Vol 12 (2022): Nomor Khusus Hari AIDS Sedunia Vol 11, No 4 (2021): November 2021 Vol 11, No 3 (2021): Agustus 2021 Vol 11, No 2 (2021): Mei 2021 Vol 11, No 1 (2021): Februari 2021 Vol 10, No 4 (2020): November 2020 Vol 10, No 3 (2020): Agustus 2020 Vol 10, No 2 (2020): Mei 2020 Vol 10, No 1 (2020): Februari 2020 Vol 9, No 4 (2019): November 2019 Vol 9, No 3 (2019): Agustus 2019 Vol 9, No 2 (2019): MEI 2019 Vol 9, No 1 (2019): FEBRUARI 2019 Vol 8, No 4 (2018): NOVEMBER 2018 Vol 8, No 3 (2018): AGUSTUS 2018 Vol 8, No 2 (2018): MEI 2018 Vol 8, No 1 (2018): Februari 2018 Vol 8 (2018): Nomor Khusus Hari Kesehatan Nasional Vol 7, No 4 (2017): NOVEMBER 2017 Vol 7, No 3 (2017): Agustus 2017 Vol 7, No 2 (2017): Mei 2017 Vol 7, No 1 (2017): Februari 2017 Vol 7 (2017): Nomor Khusus Hari Ibu Vol 7 (2017): Nomor Khusus Hari Kesehatan Nasional Vol 6, No 4 (2016): November 2016 Vol 6, No 3 (2016): Agustus 2016 Vol 6 (2016): Nomor Khusus Hari Kesehatan Nasional Vol 6 (2016): Nomor Khusus Hari Kesehatan Nasional Vol 5, No 2 (2015): Mei 2015 Vol 5, No 1 (2015): Februari 2015 More Issue