cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Dekave : Jurnal Desain Komunikasi Visual
ISSN : -     EISSN : 23023228     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017): Seri B" : 10 Documents clear
PERANCANGAN FILM DOKUMENTER PROMOSI MASAKAN KHAS DAERAH MELAYU JAMBI MELLY PRATIWI FL, Drs. Syafwan, M.Si., San Ahdi, M.Sn., M.Ds.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8301

Abstract

Karya ini bertujuan untuk merancang film dokumenter promosi masakan khas daerah melayu jambi yang bertujuan untuk menginformasikan serta mempromosikan kuliner khas daerah melayu Jambi kepada masyarakat nasional maupun internasional sebagai salah satu gerakan kuliner nasional sekaligus pengenalan kuliner tradisional. Jenis film dokumenter yang menjadi media utama gerakan kuliner ini yakni film dokudrama dengan menyajikan informasi yang bertujuan mengajak dan mempengaruhi masyarakat untuk lebih mengenal masakan tradisional serta lebih memperhatikan dan mempertahankan budaya dan tradisi daerah yang di khawatirkan perlahan-lahan semakin hilang. Selain media utama, penyampaian informasi kepada audiens juga didukung oleh beberapa media lainnya seperti poster, cover CD, tas, baju Kaos, stiker, wall of fame, x banner, CD label, gelas kertas (paper cup), dan gelang tangan (wrist band).Metode yang digunakan dalam menganalisis data yakni metode 5W+1H yang terdiri dari apa (What), dimana (Where), kapan (When), siapa (Who), mengapa (Why), dan bagaimana (How). Metode 5W+1H digunakan untuk membantu mencari berbagai informasi mengenai objek perancangan serta mencari jawaban terhadap segala kemungkinan yang ada serta mengoptimalkan informasi-infomasi dan data objek yang akan disampaikan kepada audiens secara efektif dan komunikatif agar tercapai tujuan perancangan.Kata kunci: Film Dokumenter, Masakan Daerah Melayu Jambi
PERANCANGAN VIDEO PROMOSI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG JULISMAN, Hendra Afriwan, S.Sn., M.Sn., Dini Faisal, S.Ds., M.Ds.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8297

Abstract

Sports Science Faculty Padang State University a Science training institutions of higher education personnel. Sports Science Faculty is the only concentration in the field of sport science.Lack of understanding of the target audience and not optimal media in disseminating information about Sports Science Faculty a major factor in Video Promotion Sports Science Faculty Padang State University. Sports Science Faculty Padang Sate University is made in the form of a Video Promotion aimed so that people can more easily understand the information Sports Science faculty. In addition to the Video Promotion information delivery is also supported by several other media that help the major media to introduce the subject to the target audience, namely posters, stickers, T-shirts, mug, pin, taperware, x-banner , and calender.The methodology used is the approach SWOT strength (strength), weakness (weakness), opportunities (opportunities), threats (threats), why (why). By using the theory SWOT, then all aspects are summarized in the procession Sports Science Faculty can be packaged into Video promotion, so the Video Promotion Sports Science faculty Padang State University can become a media that has the information factual effective and communicative for the target audience.Keywords: Video Promotion, Sports State Faculty
REDESAIN VIDEO PROFILE BALAI PENELITIAN TANAMAN BUAH TROPIKA (BALITBU TROPIKA) KABUPATEN SOLOK MUHAMMAD ILHAM, Dra. Jupriani, M.Sn., Dr. Syafwandi, M.Sn.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8302

Abstract

Video profile adalah penjelasan mengenai sebuah perusahaan yang secara lengkap memaparkan berbagai aspek perusahaan tersebut. Redesain video profile Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dilakukan karena pada perancangan video profile sebelumnya tidak memenuhi keinginan pihak BALITBU TROPIKA dalam hal publikasi dan promosi institusinya karena masih terdapat kekurangan dibeberapa bagian. Berdasarkan hal tersebut diperlukan sebuah video yang dapat mengakomodir keinginan pihak BALITBU TROPIKA serta target audience video tersebut dengan rumusan masalah yaitu bagaimana merancang ulang video profile yang ada menjadi video profile baru dengan konten video yang dibuat lebih menarik dan komunikatif, sehingga tujuan dan sasaran dari video profile dapat tercapai.Tujuan perancangan ini adalah memberikan informasi mengenai Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika serta memaparkan hasil penelitian yang dilakukan institusi penelitian tersebut mengenai penelitian pertanian buah tropika kepada masyarakat umum. Selain perancangan media utama yaitu video profile, juga terdapat media pendukung seperti poster, kartu nama, stiker, tumbler, gantungan kunci, x-banner, cover CD, label CD dan baju kaos.Metode analisis SWOT digunakan untuk memecahkan masalah yang terdapat dalam video profile sebelumnya dan menganalisa masalah tersebut dengan mencari kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman pada video tersebut. Hasil analisa akan dimasukkan dalam perancangan video profile selanjutnya sehingga hasil redesain video profile Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika lebih efektif, komunikatif, dan menarik.Kata kunci: Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, video profile, Redesain
PERANCANGAN INFOGRAFIS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG MANFAAT SUSU KAMBING MELALUI MEDIA BOOKLET LAILATUL FAUZA, San Ahdi, S.Sn., M.Ds., Drs. Syafwan, M.Si.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8298

Abstract

Susu kambing merupakan minuman terbaik di dunia setelah ASI dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaat susu kambing sangat banyak salah satunya air susu kambing tidak memiliki faktor lactosa intolerance, yaitu kelainan yang disebabkan kepekaan alat pencernaan pada susu sapi sehingga orang yang sensitif terhadap laktosa susu sapi dapat mengkonsumsi susu kambing agar tidak terjadi diare. Komposisi dan struktur gizi susu kambing sangat mirip dengan ASI, sehingga lebih mudah dicerna dan berasimilasi (berbaur) dalam tubuh manusia.Pemilihan booklet sebagai karya akhir ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perancangan iklan layanan masyarakat yang efektif dan efisien sesuai dengan kelebihan dari booklet tersebut, yaitu media cetak yang mencakup berbagai informasi mengenai kampanye atau promosi untuk meningkatkan brand awareness. Perancangan booklet manfaat susu kambing didasari atas kurang efektifnya media yang telah dibuat dalam mempromosikan susu kambing kepada konsumen. Adapun metode analisis data yaitu menggunakan analisis 5W+1H (what, where, when, who, why, how) dengan seperangkat pertanyaan dan jawaban sebagai kunci pemecahan masalah.Tujuan perancangan booklet manfaat susu kambing serta media pendukung lainnya adalah untuk memberikan informasi lengkap mengenai manfaat susu kambing dengan rancangan yang sederhana dan mudah dipahami konsumen, sehingga informasi tersampaikan dengan efektif.Kata kunci: Perancangan, Booklet, Manfaat Susu Kambing
PERANCANGAN WEB DESAIN CV. RANGKIANG TENUN KUBANG KAB. 50 KOTA MULIANDRA, Dra. Zubaidah, M.Sn., Ishakawi, S.Pd., M.Sn.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8303

Abstract

The Purpose of the design of web design CV. Rangkiang this is (1) to design a display web design to CV. Rangkiang as media promotion and communication, (2) make the layout that is effective and efficient and aesthetically pleasing, (3) provide an aesthetic element to the website so exciting to look for information about your CV. Rangkiang. Design is a Media President in the form of web design CV. Rangkiang, in addition to major media is also made the Media Support in the form of print media, such as: The posters, X Banner, a name, Brochures, Calender, Sticker, Pin, and The key holder.Keywords: Web Design, Design, CV. Rangkiang
PERANCANGAN BOOKLET MELALUI MOTIF-MOTIF SONGKET PANDAI SIKEK RISA PAMILA RAHMAH, Dr. Budiwirman, M.Pd. Hendra Afriwan, S.Sn., M.Sn.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8294

Abstract

Purpose of this final work is (1) Designing the booklet as a medium to deliver information motives songket (2) one of the country very well known with songketnya smooth and beautiful motives is clever Pandai Sikek. Then to document the motives clever Pandai Sikek. And also the promotion of cultural recognition is expected to mointain a visual language that is priciless.Keyword: Pandai Sikek, motives, booklet.
PERANCANGAN WEBSITE AROMA KITCHEN (FAMILY RESTAURANT & GRILL) DI KOTA PADANG LAURA SRIUTAMI JUNENSA, Hendra Afriwan, S.Sn., M.Sn., Dra. Zubaidah, M.Sn.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8299

Abstract

Aroma Kitchen (Family Restaurant & Grill) is a restaurant which provides a fairly complete menu with the concept of family restaurant (family restaurant) located in the city of Padang. Location located at JL. Prof. Dr. Hamka No. 44-45 Tabing Padang. To face competition in the corporate world, the Aroma Kitchen (Family Restaurant & Grill) want to try creating good services as well as different flavors with other businesses in the hope of being able to satisfy existing customers and attract new customers. The purpose of the design of this website is to provide information to the public about Aroma Kitchen (Family Restaurant & Grill) to be more known and can increase the value in the region field, moreover as an effective promotional and media can cover the whole world through online media which can be accessed at any time.The design of this website is done through several stages, namely data collection, data analysis and design. The process of data collection through interviews with owners and employees of Aroma Kitchen (Family Restaurant & Grill), observation and documentation. While the process of analysis of the data using analysis S.W.O. T analysis: Strength (strength), Weakness (Weakness), Opportunities (Opportunity), Threats (Threats).The result of designing websites are 1366 x 768 pixels, showing 5 dish menu, namely: home (home), about (about), menu, gallery (Gallery), contact us (contact) in the Indonesian Language and the language of the United Kingdom.The result of designing this website consists of the major media outlets (prime media) and supporting media (supporting media). Major media Websites, while media advocates in the form of Web banners, posters, Paper Bag, X-Banner, t-shirts, Totebag, Flag chain and Mug.Key Words: Aroma Kitchen (Family Restaurant & Grill), Website, Design
PERANCANGAN DESAIN WEB PROMOSI USAHA CAKE BENGKUANG “WH8” KOTA PADANG IDDATUR RAHMI, Dr. Budiwirman, M.Pd. Drs. Syafwan, M.Si.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8295

Abstract

Cake Bengkuang WH8 merupakan salah satu usaha yang mengolah bengkuang menjadi cake bengkuang yang beralamat di Jalan Raden Saleh Cimpago No. 17 Padang 25115. Promosi yang sudah dilakukan oleh pemilik usaha cake bengkuang WH8 adalah dengan membuat kartu nama, brosur, baliho, mengikuti pameran, sosial media Facebook.Tujuan perancangan ini adalah berbentuk merancang desain web usaha cake bengkuang WH8 Kota Padang serta media pendukung lainnya untuk memberikan informasi secara langsung dan tampilan yang lebih rinci tentang Cake WH8 untuk target konsumen dan segmentasi pasar, seperti: pengembangan promosi bagi usaha dan memperkenalkan informasi teknologi untuk pengembangan usaha cake bengkuang WH8, membangun dan meningkatkan nilai penjualan untuk usaha, memperkenalkan merek cake bengkuang WH8 dan hasil produksi. Pemilihan desain web sebagai karya akhir ini bertujuan untuk membangun rancangan promosi cake bengkuang WH8 yang informatif dan komunikatif sesuai dengan kelebihan dari desain web tersebut, yaitu dapat menjangkau sasaran yang luas. Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan metode analisis data dengan menggunakan analisis SWOT (strenght, weakness, opportunities, threats).Perancangan Desain Web Promosi Usaha Cake Bengkuang WH8 Kota Padang ini juga menampilkan pesan verbal dan pesan visual. Media utama yang digunakan dalam perancangan ini adalah desain web sedangkan media pendukung yang digunakan adalah web banner, x-banner, label, kartu nama, shopping bag, t-shirt, pin.Kata kunci : Perancangan, Desain Web, Promosi, Cake Bengkuang WH8
VIDEO DOKUMENTER WISATA PULAU CINGKUAK DI KABUPATEN PESISIR SELATAN MAIZIL HENDRI, Ir. Drs. Heldi, M.Si. Ph.D., Riri Trinanda, S.Pd., M.Sn.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8300

Abstract

Pulau Cingkuak merupakan objek wisata yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan. Keberadaan Pulau Cingkuak sebagai objek wisata didukung oleh keindahan pemandangan alam laut dan berbagai wahana hiburan serta nilai sejarah berupa situs-situs peninggalan pada masa penjajahan Belanda. Namun situs-situs peninggalan pada masa penjajahan Belanda yang berada di Pulau Cingkuak kurang diketahui keberadaan dan sejarahnya, sehingga diperlukan sebuah media promosi berupa video dokumenter untuk memberikan informasi mengenai situs peninggalan sejarah tersebut.Video dokumenter merupakan salah satu media yang efektif karena penyampaian informasi melalui video dokumenter lebih mudah menarik perhatian target audience. Tujuan dari video dokumenter ini adalah untuk memberikan informasi mengenai sejarah keberadaan situs-situs peninggalan pada masa penjajahan Belanda sehingga nantinya menjadi sebuah media promosi wisata alam dan sejarah Pulau Cingkuak.Metodologi pendekatan bertolak dari beberapa literatur dan menggunakan metode 5W+1H dengan memahami seluruh informasi dalam suatu masalah. Sehingga pemilihan media promosi lebih efektif dan pesan yang ingin disampaikan dimengerti oleh target audience.Video ini nantinya memvisualisasikan keindahan pemandangan alam laut di Pulau Cingkuak dan keberadaan situs peninggalan sejarah pada masa penjajahan Belanda. Video wawancara dengan utusan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Sematera Barat juga ditampilkan demi mendukung penjelasan tentang sejarah yang ada di Pulau Cingkuak. Video dokumenter ini diharapkan dapat berkontribusi dalam kemajuan wisata yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan.Kata Kunci : Pulau Cingkuak, Video Dokumenter, Wisata Alam, Wisata Sejarah
RE-DESIGN KEMASAN PRODUK KACANG ATOM GDR DI NAGARI PANYALAIAN, KECAMATAN X KOTO, KABUPATEN TANAH DATAR ILHAM SYUKRI, Dr. Budiwirman, M.Pd. San Ahdi, M.Sn., M.Ds.
DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 5, No 2 (2017): Seri B
Publisher : DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/dekave.v5i2.8296

Abstract

One of the pillars of national economic development is the expansion of small and medium industries. With the presence of a home industry that aims to promote the increase of the National Peanut Enterprises Atom "GDR". Peanuts Enterprises Atom "GDR" is located in Nagari Panyalaian, X Koto subdistrict,district of Tanah Datar, West Sumatera, was established since 1992 under the leadership of Mr. Kemrizal. Peanut Products Atom "GDR" is made from beans that have a large selection taste of tasty and crunchy, it is just that product still has a weakness in the packaging and competitiveness on the national scene. Peanut Products Atom "GDR" is still wearing clear plastic packaging form only and can not compete with other atoms peanut products nationwide.This thesis have a purpose to produce an attractive plan of the design of the product packaging Peanut Atom "GDR" is. The author here wearing design methods started from collecting information with observation, interviews, then more continued by using the method of data analysis using SWOT analysis (Strength, Weakness, Oppoturnity, Treatment), then the author began a creative design. In designing of the packaging design will feature layout, typography, illustration and attractive colors that match the product Peanuts Atom "GDR".Attractive packaging designs will be the main attraction for the consumer to try the Peanut Atom "GDR" in order to upgrade sales and improve national competitiveness.Keywords : Packaging Design, Product, Peanuts Atom "GDR".

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 3 (2025): inpress Vol 15, No 2 (2025): inpress Vol 15, No 1 (2025) Vol 14, No 4 (2024) Vol 14, No 3 (2024) Vol 14, No 2 (2024) Vol 14, No 1 (2024) Vol 13, No 4 (2023) Vol 13, No 3 (2023) Vol 13, No 2 (2023) Vol 13, No 1 (2023) Vol 12, No 4 (2022) Vol 12, No 3 (2022) Vol 12, No 2 (2022) Vol 12, No 1 (2022) Vol 11, No 4 (2021) Vol 11, No 3 (2021) Vol 11, No 2 (2021) Vol 11, No 1 (2021) Vol 10, No 4 (2020) Vol 10, No 3 (2020) Vol 10, No 2 (2020) Vol 10, No 1 (2020) Vol 9, No 2 (2019): Seri A Vol 9, No 2 (2019): Seri B Vol 9, No 1 (2019): Seri C Vol 9, No 1 (2019): Seri A Vol 9, No 1 (2019): Seri B Vol 8, No 4 (2019): Seri B Vol 8, No 4 (2019): Seri A Vol 8, No 3 (2019): Seri A Vol 8, No 3 (2019): Seri B Vol 8, No 2 (2018): Seri A Vol 8, No 2 (2018): Seri B Vol 8, No 2 (2018): Seri C Vol 8, No 1 (2018): Seri A Vol 8, No 1 (2018): Seri B Vol 8, No 1 (2018): Seri C Vol 7, No 3 (2018): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri C Vol 7, No 2 (2018): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri B Vol 7, No 2 (2018): Seri D Vol 7, No 2 (2018): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri A Vol 5, No 2 (2017): Seri B Vol 5, No 2 (2017): Seri A Vol 5, No 2 (2017): Seri C Vol 5, No 1 (2016): Seri A Vol 4, No 3 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri A Vol 4, No 1 (2015): Seri A Vol 3, No 3 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri B Vol 2, No 3 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri B Vol 2, No 1 (2013): Seri A Vol 1, No 3 (2013): Seri A Vol 1, No 2 (2013): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri B More Issue