cover
Contact Name
Jurnal Artefak
Contact Email
jurnalartefaksejarah@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalartefaksejarah@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Artefak
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23555726     EISSN : 25800027     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ARTEPAK, diterbitkan olah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan profesi guru IPS, kajian Sejarah Lokal & Nasional, Kebudayaan, dan Pendidikan. Diterbitkan secara berkala Dua kali dalam setahun yaitu pada Bulan April dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2014): Maret (Media Cetak)" : 1 Documents clear
PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MENGEMBANGKAN GREEN BEHAVIOR PESERTA DIDIK MELALUI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL HUTAN LINDUNG SITU LENGKONG PANJALU Ratih, Dewi
Jurnal Artefak Vol 2, No 1 (2014): Maret (Media Cetak)
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.293 KB) | DOI: 10.25157/ja.v2i1.1060

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Sejarah Dalam Mengembangkan Green behavior Peserta Didik Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Hutan Lindung Situ Lengkong Panjalu”. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana peserta didik mampu mengimplementasikan nilai-nilai kearipan lokal hutan lindung situ lengkong ke dalam pembelajaran sejarah yang dikembangkan melalui Green behavior yang memiiki makna luas untuk pembelajaran. Sehingga peserta didik bisa memahami dan mengetahui nilai-nilai kearipan lokal yang ada di lingkungan sekitar bisa dijadikan sumber pelajaran. Peneliti merumuskan dalam dua pertanyaan yaitu Nilai-nilai kearifan lokal apa saja yang ada di hutan lindung Situ Lengkong yang berkaitan dengan green behavior? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMKN I Panjalu dalam mengembangkan green behavior peserta didik dengan memanfatkan hutan lindung Situ Lengkong? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode naturalistik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan relevansi nilai-nilai kearifan lokal hutan lindung Situ Lengkong yang berkaitan dengan pengembangan Green behavior dapat di internalisasikan dalam pembelajaran sejarah di SMKN I Panjalu.Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Nilai-nilai Kearifan Lokal, Green behaviorABSTRACTThis study titled "Teaching History in Developing Green behavior of Students Through Local Wisdom Values Protected Forest Situ Lengkong Panjalu". In this study, researchers examined how learners are able to implement the values of local kearipan protected forest situ Lengkong into the teaching of history that was developed by Green behavior who coined the broad meaning to learning. So that students can understand and know the values of local kearipan that exist in the environment can be used as a source of lessons. We propose two questions that values local knowledge whatever is in protected forests Situ Lengkong related to green behavior? How is the implementation of the teaching of history in SMKN I Panjalu green behavior in developing the learners to take advantage of protected forest Lengkong Situ? The approach used in this study is qualitative naturalistic method. Data collection techniques are interview, observation and documentation. The results of this study show the relevance of the values of local wisdom Situ Lengkong protected areas related to the development of Green behavior can be internalized in the teaching of history in SMKN I Panjalu.Kata Kunci: Learning History, Values Local Wisdom, Green behavior

Page 1 of 1 | Total Record : 1