Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal"
:
10 Documents
clear
PEMANFAATAN JARINGAN LAN UNTUK INTEGRASI SCADA DENGAN APLIKASI HUMAN MACHINE INTERFACE PADA SISTEM MONITORING PRODUKSI
Bharata, Hudi Kusuma;
Sulistyowati, HS
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (561.228 KB)
Proses produksi perlu dimonitor kontinyu untuk memperoleh hasil produksi maksimal dan mitigasi problem proses produksi. Salah satu permasalahan umum adalah jarak control room (ruang kendali proses produksi) dengan alat kontrol di alat produksi relatif jauh. Karena operator harus sering bolak-balik dari control room ke alat kontrol dan sebaliknya megakibatkan effisiensi kinerjanya berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diimplementasikan suatu sistem kontrol monitoring yaitu SCADA (Supervisory Control And Data Acquitition) yang terdiri dari PLC (Programmable Logic Controller), peralatan instrumentasi kontroller, software SCADA dan jaringan LAN (Local Area Network) yang akan diintegrasikan menjadi kesatuan sistem monitoring proses produksi. Fungsi utama SCADA adalah memberikan informasi data secara cepat dan akurat dari alat-alat kontroller dilapangan yang dapat dikendalikan dan dipantau secara realtime. PLC sendiri berfungsi secara terus menerus memonitor suatu sistem (misalnya temperatur, tekanan, tingkat ketinggian) dan mengambil tindakan yang diperlukan sehubungan dengan proses yang dikontrol. Agar data lebih mudah dibaca dan dipahami, perlu dibangun aplikasi berbasis HMI sebagai mediator antara data digital dengan manusia sebagai pembaca. Pemanfaatan jaringan LAN berbasis kabel UTP pada sistem SCADA akan digunakan sebagai media komunikasi antara PLC, komputer dan software SCADA sehingga dapat membentuk suatu sistem monitoring plant.
ANALISA KEBUTUHAN CLOUD COMPUTING DALAM MENDUKUNG BISNIS PERUSAHAAN
Bahri, Syamsul
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (179.235 KB)
Kebutuhan akan sebuah cloud computing saat ini tidak bisa dihindari untuk perusahaan besar karena transaksi data terus bertambah dan harus terjaga dengan baik agar kinerja perusahaan tetap terjaga. Oleh karena itu manajemen perusahaan harus memikirkan ketersediaan layanan cloud computing untuk mendukung kelangsungan bisnisnya.
Kebutuhan cloud computing harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan untuk masa sekarang dan bisa dikembangkan untuk beberapa tahun ke depan. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, kebutuhan tersebut bisa dilakukan dengan memilih layanan pihak lain. Pihak manajemen perusahaan harus dapat informasi yang jelas, benar, dan detail dari timnya sehingga dapat memutuskan kebutuhan tersebut, sehingga biaya yang dianggarkan bisa masuk dalam biaya operasional atau belanja modal.
Analisis Pengaruh Halangan Tembok Terhadap Wireless
Kuswandono, Domo Pranowo
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (512.179 KB)
Perkembangan komunikasi data dengan menggunakan wireless sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan dan mudahnya instalasi, sangat mendukung fleksibilitas dan mobilitas pengguna. Disamping penyedia perangkat jaringan (manufacture) hampir semua sudah mendukung sistem wireless dan harganya pun semakin terjangkau. Kendala implementasi jaringan tidak mudah ditangkap dari awal karena kurangnya panduan tentang gangguan-gangguan yang muncul.
Dalam penelitian ini penulis melakukan pengujian terhadap salah satu gangguan yaitu redaman dari lingkungan jaringan. Yaitu adanya tembok dilingkungan pengguna jaringan komputer. Dari penilitian ini halamngan tembok memiliki hubungan signifikan terhadap kecepatan transfer data (transfer rate) dan lamanya waktu untuk melaukan transmisi data.
Untuk melakukan penelitian ini digunakan access point dan sepasang perangkat server dan client untuk menguji transfer file. Pengujian dilakukan dengan menggunakan file dengan berbagai ukuran dan jenis file gambar, videa, musik dan dokumen. Tahapan dalam melakukan penelitian ini dari menyiapkan topologi infrastrukur, instalasi server, konfigurasi AP (access point), pemilihan file dan pengujian dengan penghalang dan tanpa penghalang menggunakan sample paired T Test. Sehingga diperoleh hubungan tembok penghalang sangat signifikan terhadap transfer rate, hasil ini membantu network administrator dapat digunakan untuk memperbaiki penempatan akses point
PENGARUH KEPEMIMPINAN BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN
Bharata, ST., M.Kom., Hudi Kusuma;
Putro, Sri Raharjo Saptono
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (250.737 KB)
Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Sekolah Tinggi Di Bawah Yayasan Bani Saleh: Program Pasca Sarjana. Universitas Satya Negara Indonesia Bekasi. 2018. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan organisasi, budaya organisasi dan komunikasi terhadap kinerja karyawan Studi Pada Sekolah Tinggi Di Bawah Yayasan Bani Saleh. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, variabel dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Komunikasi dan kinerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen kampus yang di bawah Bani Saleh yang jumlahnya 144 orang. teknik pengumpulan data menggunakan angket, analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap semua kinerja karyawan di Sekolah Tinggi dibawah Yayasan Bani Saleh) baik secara langsung maupun melalui komunikasi.
Optimasi Bandwidth Hits Local Up To Dengan Transparent Proxy 2.7 Lusca Menggunakan Metode Network Development Life Cycle
Bharata, ST., M.Kom., Hudi Kusuma;
Suroso, Amat
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (758.228 KB)
Akses internet sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan sebagian orang, informasi dengan mudah didapatkan dengan cepat melalui jaringan internet, namun banyak informasi di internet tersebut tidak bermanfaat dan mengarah pada hal yang negatif.Penggunaan jaringan internet juga dimanfaatkan oleh STMIK Bani Saleh, namun kecepatan akses internet di STMIK Bani Saleh tidak stabil akibat penguasaan bandwidth secara individu.
Untuk memecahkan masalah ini maka digunakan proxy server yang merupakan suatu sistem yang dapat berfungsi untuk menangani caching, filtering web yang mengarah pada hal negatif.Proxy server juga sekaligus sebagai manajement bandwidth yang sangat diperlukan supaya tidak terjadi pengusaan bandwidth secara individu oleh client.Linux OpenSUSE 12.1dipergunakan sebagai sistem operasi proxy server dan menggunakan metode NDLC (Network Development Life Cycle) untuk pengaturanbandwidth.
Beberapa tahapan dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Pertama tahap analisa sampai perencanaan dan design perangkat hardware maupun software. Berikutnya dibuatlah simulasi dengan tools jaringan sehingga dapat di amati akses dan proses yang akan di buat. Pada tahap imlementasi yang dilakukan adalah melakukan pengujian ketikaclient mengakses situs yang terlarang atau pemakaian kapasitas bandwidth yang belebihan, maka sistem dapat langsung memblokir akses ke situs tersebut, tahapan berikutnya untuk mempercepat akses internet digunakan sistem urlcaching. Sistem url caching mampu melakukan penyimpanan url caching terhadap situs yang telah dibuka, sehingga akses internet ke situs yang sebelumnya pernah diakses akan lebih cepat untuk yang berikutnya.
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA ANJING JENIS PITBULL DG MET. DEMPSTER SHAFER
Hanadwiputra, Sabar;
Suwarno, Adi
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (245.687 KB)
Kesehatan binatang peliharaan merupakan hal penting bagi pecinta hewan khususnya pecinta anjing jenis pitbull. Ironisnya banyak penyakit yang terlambat di ketahui oleh pemilik hewan peliharaan hingga sampai tahap kronis dan sulit ditangani. Pada dasarnya penyakit hewan akan timbul didahului oleh beberapa gejala. Sayangnya karena kurangnya pengetahuan, maka gejala-gejala yang timbul terkadang diabaikan atau bahkan tidak disadari sama sekali.Diagnosa dengan sistem pakar ini dirancang dengan bahasa pemerograman PHP dengan XAMPP sebagai web server dan PHPMyAdmin untuk keperluan mengelola data berbasis web.Sistem pakar ini dibuat sebagai sarana untuk komunikasi tentang penyakit pada anjing jenis pitbull. Diharapkan suatu penyakit terutama yang diawali dengan gejala-gejalanya dapat ditangani dengan intensif lagi agar tidak terlambat bahkan sampai menyebabkan kematian.
PENGENDALI ROBOT ARM MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID
Suwarno, Adi;
., Ramdani
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (586.992 KB)
Pengendali Robot ini dibuat dengan koneksi SPI (Serial Pheriperal Interface) bus dan mikrokontroller berbasis arduino. Seiring perkembangan zaman, robopat digerakan dengan program yang dibuat dengan computer dengan software dan Bahasa Pemrograman, salah satunya yaitu Bahasa C dan di kombinasikan dengan komponen Hardware robot. Hardware yang digunakan adalah Arduino Uno yang dilengkapi dengan komponen IC mikrokontroller Atmega328P yang berfungsi sebagai otak robot dan sebagai penyimpan program dan mengaplikasikan dengan berbagai bentuk gerakan, sinyal, display, dan lain sebagainya.
Robot ini diprogram dengan menggunakan Arduino, karena Arduino mempunyai fungsi yang banyak dan juga relative murah. Robot ini bekerja dengan cara mengambil barang dan memindahkannya ke subjek yang kita inginkan. Robot ini juga bisa berjalan karena menggunakan metode mobil ( Smart Car ) sehingga dapat memudahkan memindahkan objek ke subjek yang diinginkan.
Kata kunci : Arduino, Bloethoot, android, Robot Dan motor
RANCANG BANGUN SIMULASI LOGIKA PROPOSISI PADA MATAKULIAH KECERDASAN BUATAN
Hartanti, Dian;
Lubis, Hendarman;
Depiandika, Lisa
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (401.791 KB)
Artificial intelligence atau kecerdasan buatan didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (computer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia. Banyak hal yang terlihat sulit diselesaikan oleh manusia, tetapi dapat diselesaikan dengan kecerdasan buatan, seperti mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persoalan logika maupun persoalan matematika lainnya. Logika Proposisi merupakan salah satu materi dalam matakuliah kecerdasan buatan, yang sulit dipahami oleh mahasiswa. Salah satu materi logika propoposisi yaitu tentang resolusi logika proposisi, Resolusi logika proposisi digunakan untuk membuktikan valid atau tidaknya suatu proposisi dan mempunyai nilai kebenaran true atau false. Sehingga untuk dapat membuktikan valid atau tidaknya suatu proposisi, mahasiswa harus memahami bagaimana langkah-langkah resolusi logika proposisi. Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi logika proposisi, dibutuhkan sebuah aplikasi media pembelajaran logika proposisi untuk menunjang pengetahuan mengenai logika proposisi. Aplikasi ini menghasilkan pembuktian valid / tidak nya suatu proposisi melalui pohon resolusi, Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic.Net 2008.
Kata kunci : Kecerdasan buatan, logika proposisi, media pembelajaran, simulasi, logika
PERANCANGAN APLIKASI UNTUK MENDAPATKAN MEKANIK SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS API
Salkiawati, Ratna;
Prayitno, M. Hadi;
Wilhadad, Dadi Ulul
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (223.924 KB)
Sepeda Motor dapat dikatakan kendaraan yang sering di gunakan oleh masyarakat untuk beraktifitas. Dalam hal ini perawatan sepeda motor untuk menunjang kinerja dari sepeda motor tersebut agar dapat berjalan dengan kondisi baik dalam intensitas yang tinggi. Disaat sepeda motor mengalami kerusakan yang tidak diduga maka pengendara harus mendorong sepeda motor untuk mencari bengkel terdekat dan mendorong kendaraan yang rusak. Oleh sebab itu, di butuhkan suatu aplikasi untuk membantu mendapatkan mekanik sepeda motor dengan cepat. Target yang ingin dicapai adalah menyediakan sebuah aplikasi Sistem mendapatkan mekanik sepeda motor secara mobile. Medote pengembangan sitem yang di gunakan Rapid Aplication Development (RAD) dan menggunakan Location Based Service (LBS) menentukan lokasi bengkel terdekat. Menggunakan Google Maps API, Android Studio dan Bahasa pemerograman Java. Maka hasil yang akan di peroleh dapat mempermudah
Penguna sepeda motor yang mengalami kerusakan yang tidak terduga untuk mendapatkan mekanik sepeda motor dengan cepat.
PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JOURNAL STMIK BANI SALEH
Bharata, ST., M.Kom., Hudi Kusuma
JURNAL INFORMATIKA, SAINS & TEKNOLOGI Vol 9 No 2 (2019): Informatic Engineering and Science Journal
Publisher : STMIK BANI SALEH
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (107.842 KB)
Abstrak (Times New Roman 11, Bold, spasi 1, spacing before 12 pt, after 2 pt)
Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi tunggal engan margin yang lebih sempit dari margin kanan dan kiri teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggabarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. Pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.
Kata Kunci: isi, format, artikel.