cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+6281267058001
Journal Mail Official
info@ust.ac.id
Editorial Address
Jl. Setiabudi No. 479 F Tanjungsari Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 24431079     EISSN : 27158136     DOI : http://dx.doi.org/10.1234/akuntansi
Core Subject : Economy,
Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, terbit sejak 2015, merupakan Media Riset Akuntansi dan Keuangan yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu akuntansi dan keuangan terkini yang mencakup Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi International, Auditing dan Perpajakan, setiap naskah yang dikirimkan ke Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan akan ditelaah oleh dewan editor yang relevan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan September .
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No. 2 Tahun 2017" : 6 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FERTILITAS DI INDONESIA Mahendra, A.
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 3 No. 2 Tahun 2017
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.015 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v3i2.448

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas atau Total Fertility Rate (TFR) dari 33 provinsi di Indonesia pada tahun 2011- 2015.Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah PDB, persentase wanita yang berusia 15-49 tahun menggunakan kontrasepsi, dan persentase partisipasi ke sekolah.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa penampang melintang yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011- 2015.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ordinary Least Squared (OLS), dengan menggunakan SPSS 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel independen signifikan dalam mempengaruhi Total Fertility Rate (TFR) 33 provinsi di Indonesia.Secara parsial, hasil regresi menunjukkan bahwa persentase partisipasi ke sekolah berpengaruh terhadap Total Fertility Rate (TFR) 33 provinsi di Indonesia pada tahun 2011-2015 dengan alpha 5%.Komponen demografis penting dalam proses pengembangan acountry. Sehingga, komponen ini bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan dalam pengembangan negara tersebut.Kesuburan merupakan salah satu komponen demografis.Yang lainnya adalah kematian dan migrasi.
PENGARUH KESADARAN PERPAJAKAN, SANKSI PAJAK, SIKAP FISKUS, TERHADAP KEPATUHAN WAJIB DI KPP PRATAMA LUBUK PAKAM Halawa, Jenita; Saragih, Joana L.
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 3 No. 2 Tahun 2017
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.925 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v3i2.449

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran perpajakan, sanksi pajak dan sikap fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Lubuk Pakam. Untuk itu dirumuskan masalah penelitian, yaitu “Apakah kesadaran perpajakan, sanksi pajak, dan sikap fiskus mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Lubuk Pakam?”. Hipotesis yang dikemukakan adalah “kesadaran perpajakan, sanksi pajak, dan sikap fiskus mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Lubuk Pakam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data diperoleh dari hasil kuesioner yang diisikan kepada para responden di KPP Pratama Lubuk Pakam tahun 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kesadaran perpajakan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sanksi pajak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan sikap fiskus mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kesadaran perpajakan, sanksi pajak, dan sikap fiskus mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran perpajakan, sanksi pajak dan sikap fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Lubuk Pakam. Untuk itu dirumuskan masalah penelitian, yaitu “Apakah kesadaran perpajakan, sanksi pajak, dan sikap fiskus mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Lubuk Pakam?”. Hipotesis yang dikemukakan adalah “kesadaran perpajakan, sanksi pajak, dan sikap fiskus mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Lubuk Pakam.
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DAN AKUISISI YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN PUBLIK TAHUN 2010-2013) Silaban, Fitriani F.; Silalahi, Evelin R.R.
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 3 No. 2 Tahun 2017
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.407 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v3i2.444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi 2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah merger dan akuisisipada perusahaan publik yang terdaftar di Bursa efek indonesia tahun 2010-2013.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 14 perusahaan. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji t) dan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.Berdasarkan hasil penelitian dan uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi 2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah merger dan akuisisi yang diukur dengan Net Profit Margin, Return on Investment, Return on Equity,Earning Per Share, Total Asset Turn over, Current Ratio, Debt To Equity Ratio, sedangkan pada Return on Assets terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013. Hasil penelitian ini disebabkan karena adanya kemungkinan principal yang mengusulkan merger dan akuisisi dilakukan tanpa melakukan pengendalian terhadap kinerja perusahaan yang akan dimerger dan diakuisisi serta kemungkinan agen juga memanfaatkan keputusan ini untuk kepentingan pribadi yang menjadikan kinerja perusahaan tidak optimal sehingga tujuan merger dan akuisisi yang dibuat perusahaan untuk meningkatkan nilai dan kinerja perusahaan tidak tercapai.
PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN KONSTRUKSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Saragih, Afni Eliana
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 3 No. 2 Tahun 2017
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.555 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v3i2.445

Abstract

Laba perusahaan digunakan oleh pihak eksternal sebagai indikator kinerja operasional perusahaan.Oleh sebab itu adalah menjadi hal yang penting bagi perusahaan untuk menyajikan laba yang sesuai dengan harapan pihak yang berkepentingan. Laba dapat dikatakan berkualitas tinggi jika laba yang dilaporkan tersebut dapat digunakan oleh pengguna laporan keuangan untuk membuat keputusan yang terbaik dan memenuhi karakteristik kualitatif laporan keuangan yaitu relevan, dapat dipahami, andal dan dapat diperbandingkanPenelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Struktur modal diukur dengan menggunakan rasio leverage dan ukuran perusahaan diperoleh dengan logaritma natural asset. Discretionary accrual digunakan sebagai proksi manajemen laba.Sampel penelitian adalah 8 perusahaan pertambangan dan konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang dipilih menggunakan random acak sederhana selama periode penelitian, tahun 2010-2015.Data dianalisis menggunakan regresi berganda.Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa struktur modal dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.Perusahaan dengan tingkat leverage yang tinggi akibat besarnya total hutang terhadap total modal akan menghadapi resiko default yang tinggi yaitu perusahaan terancam tidak mampu memenuhi kewajibannya. Tindakan manajemen laba tidak dapat dijadikan sebagai mekanisme untuk menghindarkan default tersebut.Pemenuhan kewajiban harus tetap dilakukan dan tidak dapat dihindarkan dengan manajemen laba.
ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGGABUNGAN USAHA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2014 Tarigan, Dhita Hariani Br; Lumban Gaol, Romasi
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 3 No. 2 Tahun 2017
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.815 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v3i2.446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengumuman merger dan akuisisi terhadap reasksi pasar yang diukur dengan perubahan harga saham, return saham, return ekspektasi dan abnormal return saham pada perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Perusahaan sampel yang di uji dalam penelitian ini adalah 46 perusahaan dari berbagai jenis industri yang berbeda-beda yang melakukan merger dan akuisisi selama periode 2012-2014.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai dengan 2014.Pengujian hipotesis yang digunakan adalah One sample t-test dan Paired sample t-test dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.Dari hasil pengujian diperolehbahwa perusahaan pengakuisisi tidak memperoleh tambahan kemakmuran dari aktivitas merger dan akuisisi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi.
PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS FAKTOR PENENTU TEMPAT BELANJA PADA INDOMARET DAN ALFAMART ( Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan ) -, Elisabeth
Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Vol 3 No. 2 Tahun 2017
Publisher : UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.678 KB) | DOI: 10.54367/jrak.v3i2.447

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis perbedaan persepsi konsumen atas faktor penentu tempat belanja mengenai produk, lokasi, harga, kenyamanan berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan yang terdapat di Indomaret dan Alfamart dan menganalisis beberapa macam faktor yang menjadi keunggulan Indomaret dan Alfamart untuk dapat bersaing dengan ritel- ritel lain yang terdapat di Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan. Jumlah sampel 200 responden, metode pengumpulan data melalui koesioner dan dokumentasi, variabel yang diteliti tentang persepsi konsumen atas faktor penentu tempat belanja mengenai produk, lokasi, harga, kenyamanan berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan yang dimiliki oleh Indomaret dan Alfamart, metode analisis data dengan chisquare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart pada indikator lokasi, kelengkapan produk yang ditawarkan, harga dan iklan. Perbedaan yang dimaksudkab di atas bahwa Indomaret lebih unggul di bandingkan dengan Alfamart. Sedangkan dari segi kenyamanan berbelanja dan pelayanan yang diberikan mempunyai perbedaan yang signifikan dalam arti Alfamart lebih unggul dibandingkan dengan Indomaret. Berdasarkan hasil pengujian hipotesa dengan Chi‐ Square ( χ2 ) diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart. Hal ini ditunjukkan dengan nilai χ2 hitung ( χ2 = 28.4) > χ2 tabel (χ2 tabel = 11,07). Bagi pihak manajemen Indomaret sebaiknya menyempurnakan kebijakan yang berhubungan dengan kenyamanan dalam berbelanja seperti kemudahan mobilitas konsumen saat berbelanja dan kualitas pelayanan. Sedangkan bagi pihak Alfamart sebaiknya mengevaluasi kebijakan yang berhubungan dengan produk, lokasi, harga dan iklan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6