cover
Contact Name
Muh. Ilham Bakhtiar
Contact Email
ilhambakhtiar@unm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
suardi@unm.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation
ISSN : 25984055     EISSN : 25977016     DOI : -
Core Subject : Education,
SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation secara rutin diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Menerima Artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran pada bidang Olahraga dan Rekreasi, Ilmu Kesehatan Olahraga, serta Ilmu Kepelatihan Olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): September" : 9 Documents clear
Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa SMA Negeri 1 Anggeraja Kabupaten Enrekang Syarif, Sulfian; Suardi, Suardi
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.062 KB) | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.9399

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui; (1) Perbedaan pengaruh metode latihan side jump sprint dan dogging run terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola, (2) Pengaruh interaksi antara metode latihan dengan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan menggiring bola pada perminan sepakbola, (3) Perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola melalui metode latihan side jump sprint dan dogging run bagi siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi pada permainan sepakbola, dan (4) Perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola melalui metode latihan side jump sprint dan dogging run bagi siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki rendah pada permainan sepakbolaHasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan pengaruh metode latihan side jump sprint dengan dodging run terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola dengan nilai Fo = 19,88 > Ft = 4,11. (2) Ada pengaruh interaksi antara metode latihan dengan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan menggiring bola pada perminan sepakbola dengan nilai Fhitung 14,86 > Ftabel 4,11. (3) Ada perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola melalui metode latihan side jump sprint dengan dodging run bagi siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki tinggi pada permainan sepakbola dengan nilai Qhitung 0,59 < Qtabel 2,95. dan (4) Ada perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola melalui metode latihan side jump sprint dan dodging run bagi siswa yang memiliki koordinasi mata-kaki rendah pada permainan sepakbola dengtan nilai Qhitung -3,14 < Qtabel 2,95. 
Analisis Physical Fitnes Atlet Bolabasket Tim PON Ke XIX Sul-Sel Anas, Nurmiana; Suwardi, Suwardi; Herman, Herman
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.964 KB) | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.9397

Abstract

This research aims to determine the level of physical fitnes of basketball athletes PON team XIX Sul-Sel.this study used a quantitative with descriptive percentages with data colection trough a physical component tests using tes of physical fitness that is, a test of endurance, strength, angility, explosive power, and flexibility speed. Technique of data analysis used is descriptive statistics test, linearity test and test statistics for hypothesis test by using regresion analysisis. This research is descriptive research using SPSS data procesing applicationsverse 20:00 with significant level of 95% or a 0.05. thepopulation of thhis sample is 12 male athletes and 12 female athletes, with a sampling technique using saturated sample. The results of this study study showed that: for power, male, athletes are in medium category with percentage of 41.7% and women athletes are very low category with percentage of 33.3%. for muscular endurance capability on male atheletes are in the very high catagory with perecentage of 25% and women athletes are in low category with percentage of 41.7%. for agility capabilities, male athletes are in the very high category with percentage of 66.7% and women athletes are in good category with percentage of 33.3%. for flexibility capabilities, male athletes are in the very high category with percentage 33.3%. and women athletes are in category with percentage of 33.3%. for speed capabilities, male athletes are in good category with percentage of 33.3% and women athletes are in medium category with percentage of 41.7%. for explosive power capabilities, male athletes are in good category with percentage of 25.5% and women athletes are in the best category with percentage of 41.7%. and for the common endurance capacity, male athletes are in good category with percentage of 75% and women athletes are in the very low category with percentage of 41.7%.
Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Passing Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Hasbu, Ruli
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.213 KB) | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.9398

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing siswa kelas V SDN Parang Tambung 1 Makassar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Dari tes siklus I tergambar bahwa dari 36 siswa kelas V SDN Parang Tambung 1 Makassar , 11 murid pada kategori tidak tuntas atau 30,75 %; kemudian pada kategori tuntas sebanyak 25 siswa atau 69,75 dengan nilai rata-rata 70. Sedangkan berdasarklan teks akhir siklus II yang dapat dilihat di lampiaran tergambar bahwa dari 36 siswa kelas V SDN Parang Tambung 1 Makassar, 2 murid pada kategori tidak tuntas atau 5,50 %; kemudian pada kategori tuntas sebanyak 34 siswa atau 94,50% dengan nilai rata-rata 75,94. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 75,94%, siswa yang belum mencapai batas ketuntasan hanya 2 siswa atau 5,50% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan tercapai 34 atau 94,50%  dengan menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja dan belajar. 
Evaluasi Program Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Olahraga Di SMP Negeri 3 Malang Menggunakan Model Cipp Jamaluddin, Awal Akbar
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2457.707 KB) | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.5681

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan program pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Malang dengan menggunakan pendekatan model evaluasi Contexs, Input, Prosess, Product (CIPP). Penentuan keefektifan suatu proses pembelajaran ditinjau dari seberapa besar tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada awal pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen konteks, input, proses dan produk untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Sumber data penelitian adalah Guru Pendidikan Jasmani, wakil bidang kurikulum, serta Kepala Sekolah yang berada di SMP Negeri 3 Malang. Pengumpulan data primer menggunakan instrumen observasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif sedangkan data hasil dokumentasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterlaksanaan program pendidikan jasmani di SMP Negeri 3 Malang masuk pada kategori sangat baik.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Murid SD Negeri Kumala Suyuti, Hasnah Andi; Hakim, Hikmad
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.617 KB) | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.9500

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, tindakan, observasi refleksi dan penerapan Modifikasi alat dan media pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas  Pada Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Murid Kelas V Sd Negeri Kumala Kota Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali Pertemuan di Siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data Penelitian ini adalah hasil belajar passing atas bola voli. Sumber data Penelitian ini adalah murid  kelas V sekolah dasar Negeri Kumala  Kota Makassar yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data Hasil Belajar passing atas bola voli dilakukan dengan memberikan soal-soal latihan, dan menggunakan lembar penilaian proses gerak passing atas bola voli pada Siklus I dan Siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil analisis Kuantitatif data Hasil belajar passing atas bola voli  menunjukkan bahwa jumlah Murid yang tuntas pada Siklus I adalah 18 orang dengan persentase 54,54% dan jumlah Murid yang tuntas pada Siklus II adalah 33 orang dengan persentase 100%. Hasil analisis Kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Hasil Belajar passing atas bola voli yang signifikan. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjas melalui modifikasi alat pembelajaran dapat Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas  Pada Permainan Bola Voli Murid Kelas V Sd Negeri Kumala Kota Makassar 
Pengaruh Latihan Hipnosis Terhadap Peningkatan Kualitas Psikologis dan Keterampilan Servis Atas Atlet BKMF Bolavoli Atmaja, Nanang Tiar
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.158 KB) | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.9501

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen lapangan yang bertujuan; (1) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh latihan hipnosis terhadap peningkatan kualitas psikologis pada atlet BKMF bola voli FIK UNM, (2) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh latihan hipnosis terhadap keterampilan servis atas pada atlet BKMF bola voli FIK UNM, (3) untuk mengetahui sejauh mana perbedaan pengaruh latihan hipnosis terhadap peningkatan kualitas psikologis dan keterampilan servis atas pada atlet BKMF bola voli FIK UNM. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet putra BKMF bola voli FIK UNM yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok penelitian dengan menggunakan teknik ordinal pairing yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pelaksanaan penelitian ini selama 15 kali pertemuan dengan frekuensi latihan sebanyak 5 kali dalam satu minggu. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan teknik uji-t berpasangan dan uji-t tidak berpasangan serta uji manova pada taraf signifikan 95 %, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) ada pengaruh yang signifikan latihan hipnosis terhadap peningkatan kualitas psikologis atlet BKMF bola voli FIK UNM, dimana t-hitung = 8,733 > t-tabel = 2,145 sedangkan P = 0,000 < α = 0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan latihan hipnosis terhadap keterampilan servis atas atlet BKMF bola voli FIK UNM, dimana t-hitung = 10,859 > t-tabel = 2,145 sedangkan nilai P = 0,000 < α = 0,05. (3) ada perbedaan pengaruh yang signifikan latihan hipnosis terhadap peningkatan kualitas psikologis dan keterampilan servis atas atlet BKMF bola voli FIK UNM, dimana nilai P psikologis = 0,036 < α = 0,05 dan P servis = 0,001 < α = 0,05 sedangkan nilai partial eta squared (PES) psikologis = 0,147 (14,7%) dan nilai PES servis = 0,309 (30,9%).
Pengaruh Metode Latihan Split Jump, Box Jump Dan Kelentukan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas Tinggi Rijaluddin, Khalid
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.984 KB) | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.9396

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode latihan dan kelentukan terhadap kemampuan lompat jauh, (2) pengaruh interaksi antara metode latihan dan kelentukan terhadap kemampuan lompat jauh, (3) perbedaan kemampuan lompat jauh kelompok sampel yang memiliki kelentukan tinggi yang dilatih dengan menggunakan metode latihan Split Jump dan latihan Box Jump, (4) perbadaan kemampuan lompat jauh kelompok sampel yang memiliki kelentukan rendah yang dilatih dengan menggunakan metode latihan Split Jump dan Box Jump. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu jenis factorial design dengan bentuk desain tritment by level design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki kelas iv,v,vi SD Inpres Buttatianang 1 Kota Makassar berjumlah 95 orang dan sampel sebanyak 40 orang, 20 orang diantaranya adalah kelompok Split Jump dan 20 orang lainnya kelompok Box Jump. Teknik penentuan sampelnya adalah random sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan ANAVA 2 Jalur dengan bantuan program komputer SPSS versi 18. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan, hasil kemampuan lompat jauh melalui penerapan metode latihan Box Jump lebih baik dibandingkan dengan metode latihan Split Jump. (2) Terdapat interaksi antara metode latihan dengan kelentukan terhadap hasil kemampuan lompat jauh. (3) Bagi siswa yang memiliki kelentukan tinggi, hasil kemampuan lompat jauh melalui metode latihan Box Jump lebih baik dibanding dengan metode latihan Split Jump. (4) Bagi siswa yang meiliki kelentukan rendah, hasil kemampuan lompat jauh melalui penerapan metode latihan Box Jump dan metode latihan Split Jump tidak memberikan perbedaan yang sinifikan.
Pengaruh Latihan Plyometric Depth Jump Dan Box Jump Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Pada Klub Bolavoli Yunior Putri Kabupaten Soppeng Wirawan, Vivi Amelia
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.9395

Abstract

ABSTRAKPenelitian Ini bertujuan mengetahui; (1) ada pengaruh latihan plyometric depth jump terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri Kabupaten Soppeng; (2) ) Apakah ada pengaruh latihan plyometric box jump terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri?; (3) ) Apakah ada perbedaan pengaruh latihan plyometric depth jump dan box jump terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri?. Populasi seluruh anggota PBVSI Kabupaten Soppeng pada pemain putri Klub Bolavoli Yunior Putri sebanyak 20 siswa. Teknik penentuan sampel adalah Random Sampling kemudian sistem pembagian kelompok menggunakan matching ordinal. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif, uji persyaratan, analisis uji t berpasangan dan anlisis uji t tidak berpasangan pada taraf siginifikan 95% atau α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada pengaruh latihan plyometric depth jump terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri. Peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri Kabupaten Soppeng terbukti dengan adanya peningkatan dari nilai rata-rata 28,3000 meningkat menjadi 38,2000; (2) Ada pengaruh latihan plyometric box jump terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri Kabupaten Soppeng. Peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri Kabupaten Soppeng terbukti dengan adanya peningkatan dari nilai rata-rata 27,4000 meningkat menjadi 44,7000; (3) Ada perbedaan pengaruh latihan plyometric depth jump dan box jump terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri Kabupaten Soppeng. Peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri Kabupaten Soppeng sebesar 38,2000 < 44,7000. Kesimpulan bahwa latihan plyometric box jump memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan latihan depth jump terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai pada pemain klub bolavoli yunior putri Kabupaten Soppeng.
Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Pada Siswa Putra Sahabuddin, Sahabuddin
SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation Vol 2, No 1 (2018): September
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/sportive.v2i1.16846

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh keterampilan teknik dasar bolavoli pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi adalah siswa putra SMA Negeri 1 Pinrang dengan Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa putra kelas XI dan mahir dalam permainan bolavoli SMA Negeri 1 Pinrang dengan jumlah 40 orang. Metode analisa yang digunakan adalah analisa diskriptif dengan perhitungan persentase. Kesimpulan hasil penelitian keterampilan bolavoli pada siswa SMA Negeri 1 Pinrang, nampak bahwa dari 40 sampel siswa ternyata yang memiliki kategori sangat baik sebanyak 17 orang (42,5%) dan kategori baik sebanyak 23 orang (57,5%). Sedangkan dari hasil data rata-rata nilai keterampilan bolavoli pada siswa 4,1468. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian keterampilan bolavoli pada siswa SMA Negeri 1 Pinrang dikategorikan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9