cover
Contact Name
Dhita Paranita Ningtyas
Contact Email
dhita@trilogi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dhita@trilogi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Published by Universitas Trilogi
ISSN : 26220547     EISSN : 26219859     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia dini.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini" : 1 Documents clear
Pengembangan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Zuniati, Mai; Ummah, Miftakhul; Laili, Nur; Choirudin, Choirudin; Anwar, M. Saidun
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v4i1.1306

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan indahnya berperilaku terpuji. Penelitian ini dilakukan karena melihat pembelajaran yang terjadi pada saat ini guru kurang memperhatikan atau memanfaatkan media pembelajaran sebagai alat pembantu dalam menjelaskan materi. Pada prinsipnya media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu proses pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penggunaan alat peraga mendorong guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Tujuan penelitiian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran flash card kelas IV MI Ma’arif Trimurjo Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D). Metode dalam pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, dan instrumen kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan validasi oleh ahli materi dan media, dapat diketahui hasil validasi terhadap ahli materi sebesar 72 dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi ahli media sebesar 56 dengan kategori sangat layak. Serta dalam uji coba kepada siswa memperoleh nilai sebesar 42,57 dengn kategori sangat layak.

Page 1 of 1 | Total Record : 1