cover
Contact Name
Maltha Kharisma
Contact Email
psrunp@gmail.com
Phone
+6282284572574
Journal Mail Official
maltha.kharisma@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Padang Fakultas Bahasa dan Seni Departemen Seni Rupa Jl. Prof Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Serupa : The Journal of Art Education
ISSN : -     EISSN : 23023236     DOI : https://doi.org/10.24036/stjae
Core Subject : Education, Art,
Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan mempromosikan pengetahuan di bidang yang muncul dan berkembang dalam studi pendidikan dan seni rupa. Bahasa naskah bisa dalam bahasa Indonesia. Harus ada diskusi kritis tentang masalah dan kontribusi baru dan signifikan untuk bidang terkait. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut: Pendidikan seni rupa, Seni Rupa, Kriya, Seni Grafis, Seni Patung, Seni Lukis, Seni Ukir Kayu,.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2025): (In Press)" : 2 Documents clear
Lumba-lumba Sebagai Ide Penciptaan Karya Lukisan Batik Nursabani, Fenomena; Fitryona, Nessya
Serupa The Journal of Art Education Vol 14, No 2 (2025): (In Press)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v14i2.135989

Abstract

Karya seni batik terus berkembang tidak hanya sebagai produk tradisional, tetapi juga sebagai media ekspresi visual yang merepresentasikan nilai-nilai kehidupan. Namun, masih sedikit karya batik yang secara eksplisit mengangkat kehidupan satwa laut sebagai sumber inspirasi. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan karya lukisan batik yang memvisualisasikan lumba-lumba sebagai ide penciptaan, dengan menekankan pesan moral yang dapat diteladani manusia. Metode penciptaan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu persiapan dengan mengumpulkan informasi tentang kehidupan lumba-lumba, elaborasi untuk memantapkan ide dan analisis visual, sintesis dengan menggabungkan konsep berkarya dan objek lumba-lumba, realisasi berupa pembuatan sketsa, persiapan bahan dan alat, serta penggarapan karya menggunakan teknik batik lukis kombinasi sulam, hingga tahap finishing. Karya yang dihasilkan berjumlah sepuluh lukisan batik, terdiri atas enam karya berorientasi potret dan empat karya lanskap. Setiap karya merepresentasikan narasi kehidupan lumba-lumba dengan judul “Tolong-menolong”, “Sejoli”, “Kasih Ibu”, “Berburu”, “Pertemanan”, “Menerjang Ombak”, “Bebas”, “Pemandu Laut”, “Kehidupan Pertamanya”, dan “Menyerang Musuh”. Hasil penciptaan menunjukkan bahwa visualisasi lumba-lumba melalui media batik dapat menghadirkan estetika baru sekaligus sarana refleksi nilai-nilai kebersamaan, kasih sayang, dan perjuangan hidup. Kesimpulannya, karya akhir ini memperlihatkan potensi batik sebagai media ekspresi yang mampu menyampaikan pesan moral dalam seni batik.Kata Kunci: Lumba-lumba; Lukisan; Batik; Nilai Kehidupan.
IMPLEMENTASI MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA OLEH GURU SENI RUPA DI KELAS VII MTSN 2 PADANG Fahilatul rahmi, Aulia; Ilal Khairi, Asra
Serupa The Journal of Art Education Vol 14, No 2 (2025): (In Press)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v14i2.135995

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru dalam pendidikan Indonesia yang menekankan fleksibilitas dan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Namun, implementasinya sering menghadapi tantangan, terutama dalam penyusunan dan penerapan modul ajar oleh guru.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru seni rupa terhadap konsep dan komponen modul ajar Kurikulum Merdeka, mendeskripsikan penerapannya di kelas, serta mengidentifikasi bentuk adaptasi modul ajar yang dilakukan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seni rupa memiliki pemahaman yang cukup baik terhadap konsep dan tujuan modul ajar Kurikulum Merdeka, dengan penekanan pada capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas dan adaptasi awal guru terhadap kurikulum baru. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, modul ajar, seni rupa, guru,implementasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 2


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 3 (2025): (In Press) Vol 14, No 2 (2025): (In Press) Vol 14, No 1 (2025) Vol 13, No 4 (2024): (In Press) Vol 13, No 3 (2024) Vol 13, No 2 (2024) Vol 13, No 1 (2024) Vol 12, No 4 (2023) Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 3 (2021): Seri D Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 3 (2020): Seri B Vol 8, No 2 (2019): Seri B Vol 8, No 2 (2019): Seri A Vol 8, No 1 (2019): Seri B Vol 8, No 1 (2019): Seri A Vol 8, No 1 (2019): Seri C Vol 7, No 4 (2019): Seri B Vol 7, No 4 (2019): Seri A Vol 7, No 3 (2019): Seri A Vol 7, No 3 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri C Vol 7, No 2 (2018): Seri B Vol 7, No 2 (2018): Seri A Vol 7, No 1 (2018): Seri A Vol 7, No 1 (2018): Seri B Vol 6, No 3 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri E Vol 6, No 2 (2018): Seri B Vol 6, No 2 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri C Vol 6, No 2 (2018): Seri D Vol 6, No 1 (2017): Seri B Vol 6, No 1 (2017): Seri D Vol 6, No 1 (2017): Seri C Vol 6, No 1 (2017): Seri F Vol 6, No 1 (2017): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri G Vol 6, No 1 (2017): Seri A Vol 5, No 2 (2017): Seri D Vol 5, No 2 (2017): Seri C Vol 5, No 2 (2017): Seri A Vol 5, No 2 (2017): Seri B Vol 5, No 1 (2016): Seri B Vol 5, No 1 (2016): Seri C Vol 5, No 1 (2016): Seri A Vol 4, No 3 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri B Vol 4, No 1 (2015): Seri B Vol 4, No 1 (2015): Seri A Vol 3, No 3 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri C Vol 3, No 2 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri B Vol 3, No 1 (2014): Seri E Vol 3, No 1 (2014): Seri D Vol 3, No 1 (2014): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri B Vol 2, No 3 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri B Vol 2, No 2 (2014): Seri C Vol 2, No 2 (2014): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri C Vol 2, No 1 (2013): Seri B Vol 1, No 3 (2013): Seri B Vol 1, No 3 (2013): Seri A Vol 1, No 2 (2013): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri B Vol 1, No 1 (2012): Seri A More Issue