cover
Contact Name
inggar prayoga
Contact Email
inggar.prayoga@email.unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipsi@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
ISSN : 20861109     EISSN : 25811541     DOI : -
JIPSi: Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi is an academic journal published two times annually (December and June) by Faculty of Social and Political Studies (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Komputer Indonesia. This journal publishes original researches in multi concepts, theories, perspectives, paradigms and methodologies on Political and Communications studies.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2020): JIPSi : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi" : 6 Documents clear
Penerimaan Publik Pada Kebijakan Peningkatan Produktivitas Pertanian di DISPANGTAN Kabupaten Purwakarta Alfi Syahrin, Muhamad Nur; Kurniati, Poni Sukaesih
JIPSI Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol 10 No 2 (2020): JIPSi : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jipsi.v10i2.3677

Abstract

Tanaman Ubi Kayu di Kecamatan Sukatani berdasarkan Badan Pusat Statistik Kabupaten Purwakarta 2017-2018 terjadi penurunan produktivitas. Kebijakan peningkatan produktivitas pertanian yang dilakukan oleh Dinas Pangan dan Pertanian (DISPANGTAN) Kabupaten Purwakarta dilakukan dengan cara penyebarluasan dan penerapan teknologi pertanian. Tanaman Ubi Kayu menggunakan teknologi pertanian dengan cara penggunaan bahan organik dari bibit hingga pestisida. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana dukungan publik yakni petani terhadap kebijakan peningkatan produktivitas pertanian khususnya untuk tanaman ubi kayu di Kecamatan Sukatani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah secara umum penerapan teknologi pertanian mendapatkan dukungan berupa penerapan teknologi yang sudah cukup diterima oleh petani, hanya saja dari penerapan bahan organik dan penggunaan pupuk yang berimbang masih belum dapat diterapkan kepada petani dikarenakan materi penyuluhan yang masih belum diperdalam. Dengan demikian diperlukan kembali perdalaman materi penyuluhan manfaat penggunaan bahan organik dan pemupukan yang berimbang kepada petani ubi kayu di Kecamatan Sukatani.
Manajemen Produksi Program Berita di iNews TV Bandung Susanti, Santi; Ratmita, Reksa Anggia
JIPSI Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol 10 No 2 (2020): JIPSi : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jipsi.v10i2.3867

Abstract

One of the functions of the mass media is to provide information to the public. Television, as part of the mass media, also contributes to providing information to the audiences. A diverse audience making television broadcast owners strives to meet the needs of their viewers. One of them is establishing news television, which broadcasts more information and news for viewers. Although the number of viewers is not as many as entertainment television viewers, the existence of news television is still needed, and one that is still broadcasting is iNews TV Bandung, a local television, which is the representative of iNews TV Jakarta, which is given the authority to broadcast local nuanced information. This study describes the production process of news programs on iNews TV Bandung. The research method used is descriptive-qualitative, with a focus on how the production management of news programs on iNews TV Bandung is implemented. Data collection methods used interviews, observation, and document review. Based on the research results, the production management of news programs conducted at iNews TV Bandung includes the stages of pre-production, production, and post-production, involving reporters, producers, editors, voice actors, anchors and others.
PERILAKU PANIC BUYING DAN BERITA HOAKS COVID-19 DI KOTA BANDUNG Aprilia, Cindy Sovhie
JIPSI Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol 10 No 2 (2020): JIPSi : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jipsi.v10i2.3943

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun yang akan selalu diingat oleh masyarakat dunia khusunya masyarakat indonesia karena adanya covid-19 yang saat ini belum ditemukan obatnya. Panic buying adalah salah satu dampak dari adanya pemberitaan hoaks akibat covid-19 yang belum bisa diatasi oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagiamana perubahan perilaku masyarakat akibat adanya berita hoaks yang menyebabkan panic buying saat adanya pandemik covid-19 di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara guna mendapatkan informasi dari narasumber yang telah memenuhi kriteria yang diperlukan peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan adanya perubahan perilaku akibat adanya berita hoaks akibat adanaya covid-19 yang menyebabkan timbulnya kekhawatiran berlebih yang mengakibatkan timbul aksi panic buying di masyarakat Kota Bandung.
PARTISIPASI MAHASISWA KOTA BANDUNG DALAM KAMPANYE STAY AT HOME MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Furau'ki, Nurru Alfi Fazri
JIPSI Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol 10 No 2 (2020): JIPSi : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jipsi.v10i2.3966

Abstract

Advances in communication technology have a significant impact on all levels of life that can be utilized to facilitate all human activities. Students as the next generation of the nation by referring to one of the tri dharma of higher education require that they have a sensitivity to their social environment, one of which is the Covid-19 pandemic disaster. Participation in the Covid-19 pandemic can not only be done directly but can utilize social media, especially Instagram to help the government in driving the Stay at Home campaign. This research uses a qualitative method with a case study approach and data collection is done through interviews and observations. The results showed that participation by students in Bandung was still low, but the use of Instagram provided convenience in conveying information. Media can be used as a means to remind one another. Kemajuan teknologi komunikasi memiliki dampak yang signifikan pada segala tatanan kehidupan yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan segala kegiatan manusia. Mahasiswa/I sebagai generasi penerus bangsa dengan mengacu pada salah satu tri dharma perguruan tinggi mengharuskan memiliki kepekaan terhadap lingkungan sosialnya, salah satunya musibah pandemi Covid-19. Partisipasi dimasa pandemi Covid-19 tidak hanya dapat dilakukan secara langsung tetapi dapat memanfaatkan media sosial khususnya instagram untuk membantu pemerintah dalam menggerakkan kampanye Stay at Home. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi yang dilakukan mahasiswa/I Kota Bandung masih rendah, namun penggunaan instagram sangat memberikan kemudahan dalam menyampaikan informasi. Media dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling mengingatkan antar sesama.
Indonesia Strategi Pemasaran Politik Petahana Dalam Pemilihan Kepala Desa PAW Desa Kota Raja Tahun 2019 Subekti, Dimas
JIPSI Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol 10 No 2 (2020): JIPSi : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jipsi.v10i2.3981

Abstract

Abstract This study aims to explain the political marketing strategi of incumbent in the election of PAW village head in Kota Raja village.. The benefit of this research is to provide knowledge about the political marketing strategy of the incumbent in the election of inter-village substitute. This research uses descriptive qualitative method. This study uses indicators bases on 4P political marketing theory, which consists of product, promotion, price and placement. The result showed that the first incumbent had a strong past record and personal characteristic because they showed good performance and displayed personality traits. Both incumbent maximize the way of promoting push political marketing and pass political marketing the three incumbent candidates have psychological aspects and display a good self-image. The four incumbent often come to social events and have a successful team. But incumbent have a vision and mission but are not maximally disseminated to the community. And incumbent only have employees and the cost incurred are not recorder and not reported to the election committee. The conclusion of this reaserch is that the most important role in the political marketing strategy of incumbent is the product variable on the past record indicator, personal characteristic, promotion variable, price variable on the psychology aspect indicator, aspect of self-esteem and placement variable. While the lowest in the political marketing strategy of incumbent is the product variable on the party platform and the price variable on the ecomonic aspect. Keywords: Political Marketing,Incumbent, Village Head Election PAW Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran politik petahana dalam pemilihan Kepala Desa PAW di Desa Kota Raja. Manfaat penelitian ini adalah memberikan pengetahuan tentang Strategi Pemasaran Politik Petahana Dalam Pemilihan Kepala Desa Pengganti Antar Waktu. Penelitian ini mengggunakan Metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan variabel teori 4P, yang terdiri dari produk, promosi, harga dan penempatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama petahana memiliki past record dan personal characteristic yang kuat karena menunjukkan kinerja dan menampilkan karakter kepribadian yang baik. Kedua petahana memaksimalkan cara promosi push political marketing dan pass political marketing. Ketiga petahana memiliki aspek psikologi dan menampilkan citra diri yang baik. Keempat petahana sering datang dalam kegiatan sosial dan memiliki tim sukses. Namun calon petahana memiliki visi misi tapi tidak maksimal di sosialisasikan kepada masyakat. Dan petahana hanya memiliki latar belakang pekerjaan sebagai karyawan swasta serta biaya yang di keluarkan tidak di catat dan tidak di laporkan kepada panitia pemilihan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah yang paling berperan di dalam strategi pemasaran politik petahana yakni variabel produk pada indikator past record, personal characteristic, variabel promosi, variabel harga pada indikator aspek psikologi, aspek cita diri dan variabel penempatan. sedangkan yang palin rendah dalam strategi pemasaran politik petahana yakni variabel produk pada party platform dan variabel harga pada aspek ekonomiAbstrak harus dibuat dalam bahasa Indonesia. Kata Kunci: Pemasaran politik, Petahana,Pilkades PAW
Perbatasan Papua-Papua Nugini: Dengan Atau Tanpa Pandemi Covid-19 Yani, Yanyan Mochamad
JIPSI Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol 10 No 2 (2020): JIPSi : Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/jipsi.v10i2.3988

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan analisa kondisi perbatasan Papua-Papua Nugini dimasa pandemic Covid-19 dan masa tidak ada pandemic. Apa saja upaya-upaya pemerintah dan pemerintah negara yang berbatasan dalam menangani maslaah perbatasan dimasa pandemic covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif qualitative yang berupaya memebrikan gambaran dan Analisa mendalam berdasarkan pengamatan penulis secara langsung maupun melalui studi pustaka. Hasil atau luaran dari penelitian ini adalah perbatasan Papua khsusunya di perbatasan Skouw-Vanimo dan Arso Timur-Weam, maupun Sota-PNG di jaga secara ketat oleh negara pada masa pandemic Covid-19 oleh aparat tentara dua negara. Papua Nugini telah terlebih dahulu menutup wilayah perbatasannya di Papua. Aktivitas ekonomi dan social kedua masyarakat negara terganggu oleh adanya penutupan pintu perbatasan kedua negara. Disisi lain, wilayah perbatasan yang tidak memiliki pos lintas batas hanya dijaga oleh aparat TNI maupun PNGDF (PNG Defense force) secara ketat. Kata kunci; Covid-19, Perbatasan, Papua, Papua Nugini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6