cover
Contact Name
Bahar
Contact Email
bahararahman@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
puslit.stmikbjb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer
ISSN : 02163284     EISSN : 26850877     DOI : -
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer adalah Jurnal Ilmiah bidang Komputer yang diterbitkan secara periodik dua nomor dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer menerima Artikel hasil penelitian atau atau artikel konseptual bidang Komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2: Agustus 2017" : 10 Documents clear
Sistem Pakar Teknik Latihan Fitnes Berdasarkan Penyakit Dalam Berbasis Web Muhammad Risky Norzein; Yulia Yudihartanti
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.882 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.274

Abstract

AbstrakGym adalah kegiatan olahraga pembentukan otot-otot tubuh/fisik yang dilakukan secara rutin dan berkala, yang bertujuan untuk menjaga fitalitas tubuh dan berlatih disiplin. Memiliki otot tubuh yang ideal dan proforsional adalah idaman setiap individu, yang mana hal ini cukup mempengaruhi performa kita dipandangan mata orang lain.Di Planet gym banyak member yang ingin melatih tubuhnya dengan keinginan yang bervariasi, selain itu terdapat beberapa calon member yang takut dan bingung untuk melakukan latihan fitnes karena calon member tersebut mempunyai penyakit dalam tertentu, dan dari 25 orang member 12% nya pernah terjadi kasus di planet gym pada member yang melakukan latihan dan penyakit dalam yang di deritanya kambuh, di karenakan member tersebut tidak paham teknik latihan yang tepat untuk penyakit dalam yang di deritanya dan juga dari 4 kuisioner yang sudah dibagikan dan  di isi oleh 4 instruktur yang tempat gym nya berbeda, menyatakan kurang paham bagaimana teknik latihan yang tepat untuk penyakit dalam tertentu.Maka untuk membantu dan mempermudah calon member dalam menambah informasi tentang teknik latihan fitnes yang dia butuhkan, untuk member yang mempunyai penyakit tertentu, maka diperlukan suatu bentuk berupa Sistem Pakar Teknik Latihan Fitnes Berdasarkan Penyakit Dalam Tertentu Berbasis Web.Kata Kunci: Sistem Pakar, Forward Chaining, Fitnes Berdasarkan Penyakit Dalam AbstractThe gym is a sports activity the formation of the muscles of the body / physical done regularly and periodically, which aims to maintain the vitality of the body and practice discipline. Has the ideal body muscles and proforsional is a dream of every individual, which it is enough to affect our perFormance in the sight of the eyes of others.Planet gym a lot of members who want to train his body to the wishes varied, besides there are several prospective members are anxious to do fitness training for prospective members that have a disease in particular, and of the 25 members of 12% of its cases of this happening on the planet gym on members who practice and internal medicine in misery relapse, in because the member did not understand the training techniques appropriate to the disease in misery and also from 4 questionnaires have been distributed and filled by four instructors gym is different, states do not understand how proper exercise technique for a particular disease within.So to assist and facilitate the prospective member to add information about fitness training techniques that he needs, for members who have a particular disease, it is necessary to form a shape Fitnes Exercise Technique Expert System Based on Specific Web-Based Medicine.Kata Kunci: Expert System, Fitness Based Medicine, Forward Chaining
Aplikasi Penjualan Pulsa Elektrik (Studi Kasus Pada Q-Cell) Aldi Fajar Hidayat; Rahmadi Rahmadi
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.321 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.270

Abstract

AbstrakDengan semakin berkembangnya teknologi telepon seluler saat ini hal ini mengakibatkan bertambah banyaknya operator penyedia layanan seluler yang diikuti dengan menjamurnya outlet-outlet penjualan pulsa. Sebagai salah satu outlet penjual pulsa, Q-Cell melakukan transaksi penjualan pulsa secara manual, penjualan pulsa elektronik secara manual yang dilakukan Q-Cell dirasa sangat merepotkan dan rentan akan terjadinya kesalahan.Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi maka perlu dibuat sebuah sistem penjualan pulsa elektronik, dan untuk menghasilkan sebuah sistem penjualan pulsa elektronik yang bersifat gratis dan multiplatform maka dibuatlah sebuah sistem penjualan pulsa elektronik berbasis web dengan PHP yang memanfaatkan Gammu SMS Gateway sebagai penjembatan aplikasi dengan perangkat seluler.Rancangan antar muka yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah sistem penjualan pulsa yang user-friendly. Hal ini dapat menguntungkan penjual dalam melakukan transaksi penjualan pulsa.            Sistem penjualan pulsa elektronik berbasis web ini dirancang untuk memberikan kemudahan pada proses terjadinya transaksi penjualan pulsa elektronik, dengan menggunakan sistem penjualan pulsa elektronik ini diharapkan dapat mempermudah proses penjualan pulsa dan meningkatkan kinerja Q-Cell serta memberikan sebuah laporan transaksi penjualan pulsa elektronik yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Kecepatan dan ketepatan dari sistem ini yang diharapkan dapat menunjang perkembangan dari Q-Cell.Kata kunci: PHP, SMS Gateway, Sistem penjualan pulsa elektronik AbstractGrowing the current cell phone technology this has resulted in increased abundance of mobile service provider operator followed by a proliferation of outlets selling pulse. As one vending outlets pulse, Q-Cell pulse sales transaction manually, the sale of electronic pulse manually done Q-Cell proved extremely troublesome and vulnerable will the occurrence of errors.To address the problems faced by then need to be made a sales system electronic pulses, and to generate a sales system electronic pulses that are free and multiplatform then made a sales system a web-based electronic pulses with PHP which utilizes Gammu SMS Gateway as a bridge application with a mobile device.Design interfaces created in such a way so as to produce a pulse sales system that is user-friendly. This can benefit the seller in the transaction sales toll.Sales system a web-based electronic pulse is designed to provide ease in process of occurrence of an electronic pulse sales transactions, using the electronic toll system of sales is expected to facilitate the sales process and improve the performance of pulse Q-Cell as well as provide a sales transaction report electronic pulses that are valid and can be accountable. The speed and accuracy of this system that are expected to support the development of the Q-cells.Keywords: PHP, SMS Gateway, sales of electronic toll system
Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Semangka Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis WeB Mugirahayu Handayani; Taufiq Taufiq
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.564 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.273

Abstract

AbstrakTanaman semangka (Citrullus vulgaris, golongan ketimun atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Musim kemarau merupakan musim yang paling tepat untuk menghasilkan produksi optimal karena pada musim ini dapat menghasilkan buah semangka dengan rasa yang manis.Penanganan semangka ternyata tidak mudah, setiap pelaku usaha yang menanam jenis buah semusim ini selalu menemui hambatan, berupa serangan penyakit. Dalam hal ini untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan penanggulangan dan pengobatan secara dini agar segera ditanggulangi maka dibangun suatu sistem yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut berupa sistem pakar menggunakan metode Dempster Shafer dimana nilai densitas tiap gejala diperoleh dari pakar.            Berdasarkan hasil uji pretest keakuratan diagnosa hanya 14,29% dan setelah adanya web sistem pakar ini, hasil uji posttest keakuratannya menjadi 100%.Kata Kunci: Sistem Pakar, Dempster Shafer, Tanaman Semangka Abstract            Watermelon plants (Citrullus vulgaris, class cucumber or Cucurbitaceae) is a vine plant that comes from semi-desert regions of southern Africa. The dry season is the most appropriate season to generate optimal production because of the season can produce watermelon fruit with a sweet taste.Handling watermelon was not easy, every business who grow these types of seasonal fruit are always obstacles, in the form of disease. In this case to facilitate the public in making prevention and early treatment in order to be addressed then built a system that can help solve these problems in the form of an expert system using Dempster Shafer method in which each symptom density values obtained from experts.Based on the test results pretest diagnostic accuracy of only 14,29% and after this expert system web, posttest test results to 100% accuracy.Keyword: Expert System, Dempster Shafer, Watermelon plants
Rancang Bangun Game Adventure Burung Enggang Berbasis Android Menggunakan Scirra Construct 2 edy haryanto; Huzainsyahnoor Aksad
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.677 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.278

Abstract

AbstrakPemilihan burung enggang sebagai karakter utama dalam game adalah untuk memperkenalkan burung endemik khas Kalimantan, karena habitat dan populasinya dari tahun ketahun semakin berkurang. Berkurangnya populasi burung yang dilindungi ini dikarenakan banyaknya perburuan paruh burung enggang dan perusakan hutan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun game adventure burung Enggang berbasis Android menggunakan Scirra Construct 2.Dari hasil pengujian user acceptance, game ini berada pada kategori yang sangat baik karena nilai presentase yang didapat sebanyak 77%. Jadi, game ini dapat dimainkan oleh semua kalangan baik itu laki-laki ataupun perempuan dengan bebagai macam usia.Kata kunci: Burung, Burung Enggang, Endemik Kalimantan Abstract            Selection of hornbills as the main character in this game to introduce the special Bornea endemic birds, because dwelling and population of hornbill every year more slack. Slacking populations protected birds because many hornbill beak hunting and forests destruction by irresponsible people.The purpose of this study was to design and build hornbill adventure game based on Android using Scirra Construct 2.From the results of user acceptance testing, this game is in very good category because the percentage value gained much as 77%. So, this game can be played by all people both men and women with various range of ages.Keywords: Bird, Hornbill, Borneo Endemic
Analisa Korelasi Mata Kuliah Penelitian Dengan Tugas Akhir Menggunakan Model Product Moment Yulia Yudihartanti
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.768 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.269

Abstract

AbstrakPada STMIK Banjarbaru mata kuliah Tugas Akhir ditempuh setelah mengambil beberapa mata kuliah yang membahas tentang penelitian yang digunakan untuk memperkuat penelitian pada saat mahasiswa mengerjakan tugas akhir diantaranya adalah Riset Teknologi Informasi, Metodologi Penelitian dan E-Proyek.Berdasarkan data yang telah dikumpulkan ingin diketahui keberadaan hubungan atau korelasi antara mata kuliah yang membahas tentang penelitian tersebut dengan Tugas Akhir. Pada penelitian ini akan menggunakan analisa Product Moment untuk menguji korelasi tersebut. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara mata kuliah RTI dan Metpen, antara mata kuliah Metpen dan E-proyek, dan tidak terdapat hubungan positif antara mata kuliah RTI dan E-proyek. Sedangkan hasil dari analisa korelasi antara mata kuliah penelitian, yaitu RTI, Metpen dan E-proyek dengan Tugas Akhir menunjukkan bahwa semuanya tidak terdapat hubungan positif karena nilai Rhitung < Rtabel dengan taraf signifikansi 0,05. Kata kunci: Korelasi, Product Moment, Mata kuliah penelitian, Tugas Akhir. Abstract               In STMIK Banjarbaru, the final project is taken after taking several courses that discuss about the research used to strengthen the research when the students do the final task such as Information Technology Research, Research Methodology and E-Project.               Based on the data that has been collected want to know the existence of the relationship or the correlation between courses that discuss about the research with the Final Project. In this research will use Product Moment analysis to test the correlation. It can be concluded that there is a positive relationship between RTI and Metpen courses, between Metpen and E-project courses, and there is no positive relationship between RTI and E-project courses. While the result of correlation analysis between research subject, that is RTI, Metpen and E-project with Final Project show that there is no positive relationship because Rhitung <Rtabel with significance level 0,05.Keywords: Correlation, Product Moment, Research Course, Final Project.
Sistem Informasi Penjualan Dan Penyewaan Peralatan Camping Berbasis Web Pada Oasis Camp Ahmad Shidky Hafidz Nugraha; Rintana Arnie
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.769 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.275

Abstract

ABSTRAKSekarang penggunaan komputer di berbagai bidang usaha sudah menjadi suatu hal yang umum. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat, komputer telah dapat terhubung antara satu dengan yang lain membentuk suatu jaringan. Langkah utama dalam kegiatan bisnis untuk bersaing dengan para pesaingnya adalah dengan menggunakan komputer sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas kerja. Oasis Camp adalah bidang usaha yang bergerak dalam penjualan dan penyewaan peralatan camping. karena tidak adanya media promosi dan sistem informasi berbasis web sehingga konsumen kesulitan mendapatkan informasi terkait Oasis Camp.Pada penelitian ini penyusun mencoba menerapkan konsep sistem informasi penjualan dan penyewaan secara online, konsep ini meliputi proses dari input data, pengolahan data, pemesanan barang, transaksi penjualan dan penyewaan serta pengiriman. Sistem ini mempunyai keunggulan yang jauh berbeda daripada menggunakan sistem konvensional karena waktu yang digunakan untuk mencari, pengolahan data serta penyajian laporan yang dibutuhkan relatif cepat dan bisa di akses dimana saja, sehingga sangat membantu dalam meningkatkan efektifitas kerja.Kata kunci : Sistem Informasi, Penyewaan, Penjualan, Camping, E-Commerce. ABSTRACTNow the use of computers in various fields of business has become a common thing. Along with the rapid advances in technology and the need for fast and accurate information, the computer was able to connect with each other to form a network. The main steps in business activity to compete with its competitors is using the computer as a means to improve the effectiveness of work.Oasis Camp is the business engaged in the sale and rental of camping equipment. in the absence of a media campaign and web-based information systems so that consumers had trouble getting information related to Oasis Camp.In this study, the author tries to apply the concept of systems sales and rental information online, this concept includes the process of data input, data processing, ordering goods, sales and leasing as well as delivery. This system has the advantage of being much different than using a manual system for time used for searching, data processing and presentation of the report required is relatively fast and can be accessed anywhere, so it is very helpful in increasing the effectiveness of work.Keyword : Information System, Rental, Selling, Camping, E-Commerce.
Pemilihan Suplemen Untuk Program Latihan Fitnes Menggunakan Metode Fuzzy Tahani Rendy Rendy; Eka Chandra Kirana
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.334 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.271

Abstract

AbstrakDalam dunia fitnes untuk pemilihan suplemen sangatlah penting karena dapat memenuhi kebutuhan asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan bentuk tubuh yang diinginkan. Dalam memilih suplemen untuk program latihan fitnes sering sekali orang hanya memperhatikan kriteria-kriteria tertentu misalkan segi harga, kebanyakan orang berfikir apabila harga suplemen mahal pasti memiliki tingkat kualitas tinggi, jika terus dibiarkan maka menimbulkan kesalahpahaman dalam memilih suplemen, pada tempat fitnes Hutan Belantara Gym (HBG).Sistem yang dibangun merupakan sistem database fuzzy, karena proses pengambilan keputusan menggunakan logika fuzzy serta menggunakan database dalam menyimpan dan mengambil data. Model yang digunakan dalam database fuzzy adalah model Tahani, menggunakan relasi database yang bersifat standar, dengan lebih menekankan penggunaan fuzzy pada beberapa field dalam tabel-tabel yang ada serta perhitungan matematisnya.Dari 30 data yang diambil pada tempat fitnes Hutan Belantara Gym (HBG) didapatkan hasil implementasi dari 10 responden dengan tiap-tiap responden mendapatkan 10 kriteria, didapat hasil uji pretest yaitu pemilihan suplemen sebelum menggunakan program dan posttest, yaitu memilih suplemen dengan menggunakan program di dapat kesesuaian dengan hasil perbandingan rasio dengan tingkat kesesuaian sebesar 75% dan tingkat ketidaksesuaian sebesar 25%.Kata Kunci :   Basis Data fuzzy,  model Tahani, rekomendasi, suplemen, fitnes AbstractIn the fitness world for the selection of supplements is very important because it can meet the needs of protein intake required by the body in the formation of the desired body shape. In choosing supplements for fitness training programs often people only pay attention to certain criteria eg price aspect, most people think if the price of expensive supplements must have a high level of quality, if left unchecked then lead to misunderstanding in choosing supplements, at Gym Wilderness gym ( HBG).The system built is a fuzzy database system, because the decision-making process using fuzzy logic and using the database in storing and retrieving data. The model used in the fuzzy database is the Tahani model, using standard database relationships, with more emphasis on the use of fuzzy on some fields in the existing tables and mathematical calculations.            From 30 data taken at Gym Wilderness Gym (HBG), the result of implementation from 10 respondents with each respondent get 10 criteria, got the result of pretest test that is the selection of supplements before using program and posttest, that is choosing supplements using program in can Conformity with ratio comparison result with level of conformity equal to 75% and 25% nonconformity level.Keywords:  fuzzy database, model tahani, recommendation, suplements, fitnes
Sistem Informasi Pengolahan Nilai Raport Berbasis Web Pada SMK Negeri 1 Lingsar Muhammad Multazam; Hendri Ramdan
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.478 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.276

Abstract

ABSTRAKPengolahan nilai raport pada SMK Negeri 1 Lingsar masih dilakukan dengan cara manual dan sedikit menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Dalam tugas akhir ini, penulis melakukan pembenahan terhadap sistem lama ke sistem baru dengan membuat sistem informasi pengolahan nilai raport berbasis web pada SMK Negeri 1 Lingsar. Sistem informasi ini, menggunakan metode air terjun (waterfall) sebagai metode pengembangan perangkat lunak, perancangan sistem digunakan Flowchart System dan Unified Modeling Language yang meliputi Use Case Diagram dan Activity Diagram, perancangan database digunakan Entity Relationship Diagram (ERD) dan normalisasi, data yang diinput berupa data siswa, data guru, data kelas, data mata pelajaran, data kelompok mata pelajaran, data tahun ajaran, data kegiatan, data nilai kegiatan, data nilai kehadiran, data nilai raport dan data deskripsi nilai raport, output yang dihasilkan berupa laporan grapik perkembangan nilai siswa pertahun ajaran, legger nilai perkelas dan raport siswa, bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan MySQL sebagai database dan Apache sebagai web server. Sistem informasi pengolahan nilai raport pada SMK Negeri 1 lingsar menerapkan metode pengembangan waterfall dilakukan sampai tahap testing dan sistem informasi dapat diakses oleh empat level user yang berbeda, yaitu : admin, guru, wali kelas dan siswa.Kata kunci:  Sistem Informasi, PHP, MySQL, Raport ABSTRACTProcessing the value of report cards at SMK Negeri 1 Lingsar still done by manual and little use of Microsoft Excel application assistance. In this thesis, the author made improvements to the old system to a new system by making information processing system web-based raport rating at SMK Negeri 1 Lingsar. This information system, using waterfall method as a method of software development, system design used Flowchart System and Unified Modeling Language which includes Use Case Diagram and Activity Diagram, database design used Entity Relationship Diagram (ERD) and normalization, data inputted in the form of student data, teacher data, class data, subjects data, subject group data, data of academic year, activity data, activity value data, attendance data value, raport data and data description of report cards, output produced in the form of grapik report development student grades per year, legger grades and student raport, programming language used is PHP with MySQL as a database and Apache as a web server. The information processing system of report cards at SMK Negeri 1 lingsar apply waterfall development method done until testing stage and information system can be accessed by four different user level, that is: admin, teacher, homeroom and student.Keywords: Information System, PHP, MySQL, Raport 
Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Lokasi Cabang Pondok Cokelat Hatta Menggunakan Metode SAW Berbasis Webgis Samiati Samiati; Siti Abidah
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.482 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.272

Abstract

AbstrakPenentuan lokasi cabang adalah hal yang sangat penting dalam lokasi usaha dikarenakan penetapan lokasi yang baik akan memberikan keuntungan yang optimal pada usaha tersebut. Dalam menentukan lokasi cabang tidaklah mudah  karena harus mengetahui jarak antara cabang satu dengan yang lain, butuh lokasi yang tepat, strategis dan efisien agar usaha tersebut dapat diterima dengan mudah oleh konsumen. Proses pembukaan cabang pada Pondok Cokelat Hatta saat ini kurang mempertimbangkan  kriteria jarak antar cabang dan lokasi yang strategis, sehingga berdampak pada penutupan  Pondok Cokelat Hatta yang terjadi diberbagai tempat. Pada penelitian ini, penetuan lokasi cabang menggabungkan sistem informasi geografis dan sistem penunjang keputusan menggunakan metode simple additive weighting untuk penentuan lokasi cabang Pondok Cokelat Hatta.Sistem Informasi Geografis adalah sistem informasi yang mampu memvisualisasikan pola penyebaran lokasi untuk dapat diketahui, dianalisa, dan menyebarkan informasi-informasi mengenai lokasi dipermukaan bumi sedangkan simple additive weighting (SAW) adalah metode yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang dapat merankingkan hasil akhir dari perhitungan tersebut.Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Lokasi Cabang Pondok Cokelat Hatta Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) di Kalimantan Selatan Berbasis Webgis dapat menampilkan peta penyebaran lokasi cabang Pondok Cokelat Hatta sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lokasi cabang Pondok Cokelat Hatta dan lokasi yang strategis untuk membangun cabang baru Pondok Cokelat Hatta tersebut. Kata Kunci: Sistem Penunjang Keputusan, Penentuan Lokasi,  Sistem Informasi Geografis Abstract            Branch location determination is very important in the business location because the determination of a good location will provide an optimal advantage for the business. In determining the location of the branch is not easy because it must know the distance between branches with each other, need a precise location, strategic and efficient so that the business can be accepted easily by consumers. The process of opening branches at Pondok Cokelat Hatta currently less consider the criteria of the distance between branches and strategic location, so that the impact on the closure of Hatta Cokelat Huts that occur in various places. In this research, the location of branch involves combining geographic information system and decision support system using simple additive weighting method to determine the location of Pondok Cokelat Hatta branch.            Geographic Information System is an information system that is able to visualize the pattern of location distribution to be known, analyzed, and disseminate information about the location of the earth surface while simple additive weighting (SAW) is a method that can be used for decision making that can rank the final result of the calculation .            Application of Decision Support System Determining the Location of Hatta Cokelat Branch Using Simple Additive Weighting (SAW) Method in South Kalimantan Webgis based can display map of location distribution of Pondok Cokelat Hatta branch so that can give information to public about location of Hatta Cokelat branch and strategic location to build The new branch of Pondok Cokelat Hatta.Keywords:  Decision Support Systems, Locations Plott,  Geographic Information Systems
Penggunaan Teknologi Mobile Sebagai Pendukung Program Pembelajaran Pengendalian Berat Badan Bahar Bahar
Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer Vol 13, No 2: Agustus 2017
Publisher : STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.04 KB) | DOI: 10.35889/progresif.v13i2.277

Abstract

AbstrakKekhawatiran   mengenai  kelebihan berat badan (obesitas)  dan risiko berbagai macam penyakit yang ditimbulkan, menjadi sorotan dalam masyarakat saat ini. Upaya yang banyak dilakukan oleh warga masyarakat untuk dapat mengendalikan (menurunkan) berat badan menjadi ideal adalah Program Diet. Saat ini banyak sumber informasi yang dapat menajadi sumber belajar bagi warga masyarakat yang akan menjalankan program Diet, namun  tidak sedikit program Diet yang dijalankan tidak berhasil karena kurangnya motivasi untuk menjalankan program tersebut. Perkembangan Teknologi Informasi Multimedia dan Teknologi Mobile memungkinkan program-program pembelajaran mengenai Diet dapat dikemas menjadi lebih menarik, sehingga dapat memotivasi untuk menjalankan program Diet sesuai dengan tujuan yang telah diprogramkan. Program diet dapat menyebabkan penurunan berat badan,  namun untuk menjaga energi tubuh yang seimbang, latihan fisik juga diperlukan. Makalah ini mengusulkan sebuah Model Aplikasi  Pendukung Program Pengendalian Berat Badan berbasis Perangkat Teknologi Mobile untuk mengevaluasi, memberikan  peringatan, dan terus-menerus memotivasi pengguna program dalam menjalankan program Diet untuk menurunkan berat badan dan dalam melakukan aktivitas fisik. Model Aplikasi yang diusulkan juga  mencakup kemampuan untuk berbagi pengalaman dan prestasi pribadi melalui interkoneksi dengan aplikasi jejaring sosial,  sehingga dapat saling memotivasi antar pengguna program untuk menjalankan gaya hidup yang lebih sehat.Kata Kunci: Pengendalian Berat Badan, Diet, Latihan Fisik, Teknologi Mobile AbstractConcerns about overweight (obesity) and the risk of various diseases caused, are in the spotlight in today's society. Many efforts made by citizens to be able to control (lose) the ideal weight is the Diet Program. Currently many sources of information that can menajadi source of learning for citizens who will run the Diet program, but not a few Diet programs that run did not succeed because of lack of motivation to run the program. The development of Multimedia Information Technology and Mobile Technology allows learning programs on Diet can be packed to be more interesting, so it can motivate to run the Diet program in accordance with the goals that have been programmed. Diet programs can lead to weight loss, but to maintain a balanced body energy, physical exercise is also necessary. This paper proposes a Model of Supporting Applications for Weight Control Programs based on Mobile Technology Devices to evaluate, warn, and constantly motivate program users in running Diet programs to lose weight and in physical activity. The proposed application model also includes the ability to share experiences and personal achievements through interconnection with social networking applications, so as to motivate each other among program users to adopt a healthier lifestyle.Keywords: Weight Control, Diet, Physical Exercise, Mobile Technology

Page 1 of 1 | Total Record : 10