cover
Contact Name
Indi Ramadhani
Contact Email
indiramadhani@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jem@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24772275     EISSN : 26857057     DOI : -
Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi secara periodik dua kali dalam setiap volume.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018" : 8 Documents clear
PENGARUH JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN Ane Kurniawati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.693

Abstract

The objectived of this study was to know (1) how the entrepreneurship,creativity and financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City, (2) how the Influence of entrepreneurship onfinancial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City, (3) how the Influence of creativityonfinancial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City, (4) how the Influence of entrepreneurshipand creativityonfinancial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City. The method used in this study is descriptive method of verification with quantitative approach. The study population consists of 23 Company,uses random sampling to obtain 19 respondents.The analysis tool used is the path analysis. These study indicate that (1)  the entrepreneurship,creativity and financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya Cityis good enough,(2) The entrepreneurshipsignificantly influence on financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City,(3) The creativity significantly influence on financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City,(4) Theentrepreneurshipand creativity significantly influence on financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City.Keywords:entrepreneurship;creativity; financial performance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Jiwa Kewirausahaan, Kreativitas dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah di Kota Tasikmalaya, (2) Bagaimana Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya, (3) Bagaimana Pengaruh Kreativitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya,(4) Bagaimana Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan survei. Populasi penelitian terdiri dari 23Perusahaan, menggunakan random samplinguntuk mendapatkan 19 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji path analisys. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Jiwa Kewirausahaan, Kreativitas dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalayakriteria baik, (2) Jiwa Kewirausahaan berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya, (3) Kreativitas berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya, (4) Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: jiwa kewirausahaan; kreativitas; kinerja keuangan.
MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PRODUK, INOVASI PROSES, INOVASI MARKETING DAN INOVASI ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN Beben Bahren; Indi Ramadhani; Edy Suroso
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.689

Abstract

The rife number of Meatball sellers in Tasikmalaya make the business competition increased incisively. The incisive business competition requires business actors to always innovate so that their business can remain sustainable and grow. This research aims to analyze how the influence of product innovation, process innovation, marketing innovation and organizational innovation to competitive advantage and its implication to improvement of company performance. Empirical testing is done in Meatball industry in Tasikmalaya. Survey method was used in this research and the sample of this study consisted of 51 respondents. The data gathered from certain respondents by distributing questionnaires. To run the data, Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS) method was used. Findings of this study reveal thatthe innovation activities of both product innovation, process innovation, marketing innovation and organizational innovation implemented by Bakso company in Tasikmalaya City are no longer about competitive advantage. The competitive advantages possessed by the Bakso company in Tasikmalaya City are not disrupted to the company's performance.Keywords:Product Innovation; Process Innovation; Marketing Innovation; Organizational Innovation; Competitive Advantage; Corporate Performance. Banyaknya penjual Bakso di Tasikmalaya membuat persaingan usaha meningkat tajam. Persaingan bisnis yang tajam mengharuskan pelaku usaha untuk selalu berinovasi sehingga bisnis mereka dapat tetap berkelanjutan dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh inovasi produk, inovasi proses, inovasi pemasaran dan inovasi organisasi terhadap keunggulan kompetitif dan implikasinya terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Pengujian empiris dilakukan di industri Bakso di Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan responden sebanyak 51. Kuesioner digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data menggunakan Model Persamaan Struktural - Metode Parsial Least Square (SEM - PLS).Kegiatan inovasi baik inovasi produk, inovasi proses, inovasi marketing dan inovasi organisasi yang dilaksanakan oleh perusahaan Bakso di Kota Tasikmalaya tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing yang dimiliki oleh perusahaan Bakso di Kota Tasikmalaya tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.  Kata Kunci: Inovasi Produk; Inovasi Proses; Inovasi Pemasaran; Inovasi Organisasi; Keunggulan Bersaing; Kinerja Perusahaan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA RUMAH SAKIT SMC KABUPATEN TASIKMALAYA Yuyun Yuniasih; Heri Herdiana; Dian Kurniawan
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.694

Abstract

The purpose of this research is to know and analyze the influence of leadership and discipline on employee motivation of SMC Hospital (Singaparna Medika Citrautama) District Tasikmalaya. This research was conducted using quantitative research, that is hypotheses test to know is there any significant influence between leadership and discipline on employee motivation of SMC Hospital (Singaparna Medika Citrautama) District Tasikmalaya. This study used survey method. The data used are primary data and secondary data. Data collection techniques used were questionnaires, interviews, and documentation. This study uses regression analysis techniques.The F Test result that leadership and discipline has significant influence on employee motivation. Partially by t test concluded that leadership and discipline has influence but not significant on employee motivation.Keywords:Leadership, Discipline, and Employee Motivation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap motivasi kerja karyawan Rumah Sakit SMC (Singaparna Medika Citrautama) Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yaitu melakukan pengujian hipotesis yaitu untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh signifikan antara kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap motivasi kerja karyawan Rumah Sakit SMC (Singaparna Medika Citrautama) Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode survey. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil menggunakan uji F menunjukkan bahwa kepemimpinan dan disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Secara parsial dengan uji t disimpulkan bahwa kepemimpinan dan disiplin kerja memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Kata Kunci: Kepemimpinan, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja.
ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PELAJAR TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Wibisino, Taufik; Mulyani, Yani Sri
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.690

Abstract

Social media was one proof of the development of world technology. The most widely used types of social media are facebook, instagram, youtube and others. Social media sites were getting easier to open, making users spent more time making social networks they had not only the teenagers and the elderly, but also the elementary school students, junior high school had been adapted at opening and using social networking sites. This research was conducted at State Junior High School 6 Tasikmalaya with research data of academic year 2017/2018 and data of questionnaires that had been spread to students of SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya. From the data obtained was test prerequisite analysis that was testing the normality of data by using Kolmogorov Smirnov test. As for testing the hypothesis, the method of analysis used Rank Spearman Correlation Method which aimed to know influence of social media on student academic achievement. Hypothesis testing in this study used two-tail test (Two Tail Test). The results of this study indicated that the correlation coefficient (ρ) were 0.960 or 96% and sig 0.00 α 0.05. This shows that there was a very strong influence between social media (facebook and instagram) on the academic achievement of students of SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya.Keywords:social media, facebook, instagram, academic achievement. Media sosial merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi dunia. Jenis media sosial yang paling banyak digunakan adalah facebook, instagram, youtube dan yang lain sebagainya. Situs media sosial yang semakin mudah dibuka, membuat pengguna lebih sering menghabiskan waktunya untuk membuat jejaring sosial yang mereka miliki. Tidak hanya para remaja dan orang tua, tetapi para pelajar tingkat SD, SMP pun telah mahir membuka dan menggunakan situs jejaring sosial. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kota Tasikmalaya dengan data penelitian tahun ajaran 2017/2018 dan data hasil kuesioner yang telah disebar kepada siswa siswi SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Dari data yang didapatkan tersebut dilakukan uji prasyarat analisis yaitu pengujian normalitas data dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, metode analisis yang digunakan adalah Metode Korelasi Rank Spearman yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media sosial terhadap prestasi akademik siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji dua pihak (Two Tail Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai correlation coefisien () adalah 0,960 atau 96% dan sig 0.00  0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara media sosial (facebook dan instagram) terhadap prestasi akademik siswa SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya.Kata Kunci: media sosial, facebook, instagram, prestasi akademik.
APAKAH MENJADI KEKINIAN MERUBAH PERILAKU KEUANGAN GENERASI MILLENIAL DI UNIVERSITAS SILIWANGI Kusnandar, Deasy Lestary; Rinandiyana, Lucky Radi
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.695

Abstract

Financial Management Behavior is a person's ability to manage (planning, budgeting, checking, managing, controlling, searching and saving) daily financial funds. The emergence of Financial Management Behavior, is the impact of the size of a person's desire to meet the needs of his life in accordance with the level of income earned. This research objectives is to determine the effect of locus of control and financial literacy on financial behavior. This research used Regression Analysis. This analysis is aided by using a computer program SPSS 16.0 andMicrosoft Excel 2007. Sampling technique applies is purposive sampling technique and the sample size is 51 respondentsof millennial generation at Siliwangi University. Based on the results of hypothesis testing are known locus of control, financial literacy, influence on financial management behavior. Respondents with higher financial knowledge tend to be wiser in their financial behavior then lower financial knowledge. This indicates that the higher the financial knowledge of a person will tend to have a wiser financial behavior.Keywords:locus of control, financial literacy, financial management behavior. Financial Management Behavior adalahkemampuan seseorang dalam mengatur (perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan) dana keuangan sehari-hari. Munculnya Financial Management Behavior, merupakan dampak dari besarnya hasratseseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan tingkat pendapatan yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh locus of controldan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan khususnya pada generasi milenial di Tasikmalaya. Untuk menguji model empiris, digunakan alat analisis regresi. Alat analisis lain yang digunakan antara lain SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2007. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 51 generasi millenial di Tasikmalayayang telah mengikuti sekolah pasar modal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa locus of controldan literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan personal.Responden dengan pengetahuan keuangan yang lebih tinggi cenderung lebih bijak dalam perilaku keuangannya bila dibandingkan dengan yang memiliki pengetahuan keuangan yang lebih rendah.Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi pengetahuan keuangan seseorang akan cenderung memiliki perilaku keuangan yang lebihbijak. Sehingga apabila pengetahuan keuangan semakin tinggi maka perilaku keuangan personalnya akan semakin membaik yang berarti mampu mengelola keuangan dengan baik.Kata Kunci: locus of control; literasi keuangan; perilaku keuangan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP MINAT BELI PENUMPANG BUS DAMRI UNIT ANGKUTAN KOTA BANDUNG Wulan Yuliana; Eva Febriyani
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.691

Abstract

The development of increasingly diverse public transport modes, with technology that rapidly growing, bring forth online basis transport system in order to provide convenience to the user. The traffic congestion in Bandung city is keep on increase, at least there is 1,25 million a day vehicles passing by on the road. One of the factor that determine a company success is the ability to provide excellent customer service. Decision on pricing also important to determine how far a service valued by customer. This research aimed to find out service quality and tariff on buying interest the passenger of DAMRI bus, Bandung city unit. The method used quantitative with survey approach. Method of collecting data, had been distributed questionnaires to 100 respondents. The data analysis using multiple regression which is showed that service quality’s score is 0,100 and 0,638 for tariff. The results indicated that both of service quality and tariff significantly influences toward buying interest. This research could help Perum DAMRI to arrage its strategy for increase buying interest society.Keywords:Service Quality, Tariff, Buying Interest. Perkembangan moda transportasi publik yang semakin beraneka ragam diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat memunculkan sistem transportasi berbasis onlineguna memberikan kemudahan dalam menggunakan transportasi umum. Saat ini tingkat kemacetan kota Bandung semakin meningkat, setidaknya ada sekitar 1,25 juta kendaraan bermotor yang lalu lalang setiap harinya. Salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Keputusan penentuan harga juga sedemikian penting dalam menentukan seberapa jauh sebuah layanan/jasa dinilai oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan tarif terhadap minat beli penumpang bus DAMRI unit angkutan kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Metode pengumpulan data, telah disebarkan kuesioner kepada 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda yang mana diketahui kualitas pelayanan mendapat skor 0.100 dan tarif 0,638. Hasil analisis mengidentifikasikan bahwa kualitas pelayanan dan tarif sama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Penelitian ini bisa membantu Perum DAMRI dalam mengatur strategi untuk meningkatkan minat beli masyarakat. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tarif, Minat Beli.
SERVICE QUALITY, PERCEIVED VALUE, TRUST, TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASI IX JEMBER Zulfahmi Zulfahmi; Feti Fatimah; Yohanes Gunawan
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.696

Abstract

The purpose of this study is to find out the Service Quality Perceived Value and Trust partially towards Customer Loyalty in PT Kereta Api Indonesia (Persero) Regional Operation IX Jember. The number of samples used in this study were 70 respondents using a sampling technique. Data collection methods used in this study used questionnaires. The analysis used included test data instruments, validity tests, and multiple linear regression analysis, classical assumption tests (multicollinearity test, normality test, heteroscedasticity test), and hypothesis testing (t test, coefficient of determination). From the results of the analysis concluded that Service Quality, Perceived Value, and Trust partially have a positive and significant effect on Customer Loyalty PT Kereta Api Indonesia (Persero) Regional Operation IX Jember.Keywords:Service Quality, Perceived Value, Trust. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ServiceQualityPerceived Valuedan Trust  secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IX Jember. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 responden dengan menggunakan teknik sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini  menggunakan kuisioner. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data, uji validitas, dan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis disimpulkan  bahwa Service Quality, Perceived Value, dan Trust secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IX Jember. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Perceived Value, Trust.
STIMULI PADA GENERASI MILLENNIAL UNTUK MAU MEMBAYAR HARGA PREMIUM FASHION MUSLIM MELALUI STATUS MEREK DAN PREFERENSI MEREK Mohammad Soleh Soeaidy; Adhitya Rahmat Taufiq; Andina Eka Mandasari
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.692

Abstract

Although research on the consumption status and fashion industry continues to grow, there is still a gap to do research on consumption status and product roles. The gap is to study the interaction between status awareness, perceived brand status and brand preference, and how this interaction affects consumers' willingness to pay (WTP) the premium price for a Muslim fashion brand in a developing country such as Indonesia (Eastman and Eastman, 2011; 'Cass and Choy, 2008). The method used in this research is to use survey research method. This study used a sample of 200 respondents consisting of millennial women in the city of Tasikmalaya. To know how the influence of status awareness variable (X) to brand status (Y1), brand preference (Y2) and willingness to pay (Y3) then used Structural Equation Modeling (SEM) analysis tool. Based on the analysis results, status awareness significantly affects the brand status and brand preference. This means that status awareness can determine the brand status and brand fashion preferences used by the millennial generation of Muslims in Tasikmalaya City. Brand status and brand preference have a significant effect on the willingness to pay. This means brand status and brand preference can determine willingness to pay to the millennial generation of Muslims in Tasikmalaya City. Keywords: Status Awareness; Brand Status; Brand Preference; Willingness to Pay; Millennials. Meskipun penelitian tentang konsumsi status dan industri fashion terus berkembang, masih ada celah untuk melakukan penelitian pada konsumsi status dan peran produk. Celah tersebut adalah untuk mempelajari interaksi antara kesadaran status, Status merek yang dirasakan dan preferensi merek, dan bagaimana interaksi ini mempengaruhi kesediaan konsumen untuk membayar (WTP) harga premium untuk sebuah merek fashion muslim di negara berkembang seperti Indonesia (Eastman dan Eastman, 2011; O'Cass dan Choy, 2008).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian survey. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 200 responden yang terdiri dari para wanita generasi millennial di kota Tasikmalaya.Untuk mengetahui bagai mana pengaruh dari variabel kesadaran status(X) terhadap status merek(Y1),preferensi merek (Y2) dan kesediaan untuk membayar (Y3)makadigunakan alat analisis Structural Equation Modeling(SEM).Berdasarkan hasil analisis, Kesadaran status berpengaruh signifikan terhadap status merek dan preferensi merek. Artinya kesadaran statusdapat menentukan status merek dan preferensi merek fashion yang digunakan oleh generasi millennial muslim di Kota Tasikmalaya. Status merek dan preferensi merek berpengaruh signifikan terhadap kesediaan membayar. Artinya status merek dan preferensi merekdapat menentukan kesediaan membayarpada generasi millennial muslim di Kota Tasikmalaya.  Kata Kunci: Kesadaran Status; Status Merek; Preferensi Merek; Kesediaan untuk Membayar; Millennial

Page 1 of 1 | Total Record : 8