cover
Contact Name
Heri Prasuhanda Manurung. S.AB, M.Si
Contact Email
prasuhanda@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmesunaekonomi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains
Published by Universitas Asahan
ISSN : 26858754     EISSN : 26860759     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang manajemen dan ilmu ekonomi. Jurnal ini dipublikasikan dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Asahan dengan periode terbit 2 (dua) kali setahun yaitu bulan Agustus dan Februari.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): FEBRUARI 2022" : 5 Documents clear
PENGARUH HARGA DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI GERAI BFC FRIED CHICKEN MUTIARA KISARAN Halimatussaddiah Marpaung, Andi Awira Samosir
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains Vol 3, No 2 (2022): FEBRUARI 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v3i2.3158

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan customen experience secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Persamaan analisis linear berganda diperoleh nilai Y = 3,345 - 0,122X1 + 0,527X2 + e. Artinya terdapat hubungan yang negatif antara variabel harga (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y), dan terdapat hubungan yang positif antara customer experience (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hasil uji simultan nilai Fhitung 38,843 > Ftabel 3,09 dan berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya secara simultan (serempak) harga (X1) dan customer experience (X2) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hasil uji parsial variabel harga (X1) menghasilkan nilai -thitung -2,116 < -ttabel -1,985 dengan signifikansi 0,037 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak, artinya secara parsial harga (X1) berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Uji parsial variabel customer experience (X2) menghasilkan nilai thitung 8,719 > ttabel 1,985 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 ditolak, artinya secara parsial customer experience (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R Square sebesar 0,455, artinya variabel bebas yang terdiri dari harga dan customer experience mampu menjelaskan variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan sebesar 45,5%, sedangkan selebihnya 54,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH GROSS PROFIT MARGIN (GPM) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR PULP AND PAPER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Hadi Suriono, Julie Susanti Lubis
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains Vol 3, No 2 (2022): FEBRUARI 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v3i2.3159

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Gross Profit Margin, dan Debt to Equity Ratio Terhadap Harga Saham. Populasi dalam penelitian ini adalah 9 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Inonesia. Teknik Sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan selama periode pengamatan 5 tahun pada perusahaan sektor pulp and paper. Sehingga didapat sampel penelitian sebanyak 30 pengamatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji-t secara parsial, uji-f secara simultan serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian secara parsial variabel GPM tidak berpengaruh terhadap Harga Saham, hal tersebut terlihat dari nilai signifikan sebesar 0,065 > 0,05 dengan nilai thitung -1,922 < ttabel-2,05183, dengan demikian H1 ditolak, H0 diterima, variabel DER berpengaruh terhadap Harga Saham, hal tersebut terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0,045 < 0,05 dengan nilai thitung - 2,101 > ttabel -2,05183 dengan demikian H1 diterima H0 ditolak. Secara simultan GPM dan DER berpengaruh secara signifikan terhadap Harga Saham pada signifikansi < 5% yaitu 0,026. Besarnya pengaruh dari dua variabel tesebut terhadap Harga Saham sebesar 18,00% sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square, sedangkan sisanya 82,00% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian. Kata Kunci :    Gross Profit Margin (GPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Harga Saham 
PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DAN JUMLAH PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI SUMATERA UTARA TAHUN 2000 – 2021 Riswan, Aswad Sinaga
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains Vol 3, No 2 (2022): FEBRUARI 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v3i2.3160

Abstract

ABSTRAKAswad Sinaga (18030047). Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto dan Jumlah Pengangguran terhadap Kemiskinan di Sumatera Utara Tahun 2000 – 2022. Pembimbing Drs. Riswan, M.M., Penguji I Drs. Edy Pangidoan, M.Si., Pembimbing II Tengku Syarifah, S.E., M.Si.Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa secara parsial variable Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) (X1) mempunyai nilai prob. sebesar 0,0000 < 0,05 dan nilai thitung (5,267471) > ttabel (1,73406). Hal ini berarti variabel PDRB secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah kemiskinan. Secara parsial variabel pengangguran (X2) mempunyai nilai sebesar 0,0117 < 0,05 dan nilai thitung (2,787923) > ttabel (1,73406). Hal ini berarti variabel pengangguran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah kemiskinan.  Secara simultan diperoleh nilai prob. F  sebesar 0,000146 < tingkat kesalahan (α) 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa PDRB (X1), Pengangguran (X2) secara serentak berpengaruh signifikan terhadap Jumlah Kemiskinan di Sumatera Utara karena Fhitung > Ftabel (14,56834 > 3,16). Nilai Adjusted R  atau koefisien determinasi adalah 0,563742. Hal ini berarti seluruh variabel bebas yaitu PDRB dan Pengangguran mampu memberikan penjelasan terhadap variabel tidak bebas Jumlah Kemiskinan sebesar 56,37% dan sisanya sebesar 43,63% dijelaskan oleh variabel lain diluar mode penelitian ini. Kata Kunci : Produk Domestik Regional Bruto, Pengangguran, Kemiskinan 
PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAMA LAUNDRY KISARAN Tengku Syarifah, Mery Chrisman Layani Nazara
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains Vol 3, No 2 (2022): FEBRUARI 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v3i2.3161

Abstract

ABSTRAK Mery Chrisman Layani Nazara (17030054), “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Mama Laundry Kisaran”. Pembimbing Tengku Syarifah, SE, M.Si, Penguji I Drs. Nisfu Fithri, M.Si., dan Penguji II Drs. Abd. Khauf Pase, SE, MM.Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa variabel harga ( X1) mempunyai nilai positif dengan nilai thitung (1,004) > ttabel (1,984) dan signifikan sebesar 0,044 < 0,05. Hal ini berarti variabel harga secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.  Variabel kualitas pelayanan (X2) mempunyai nilai positif dengan nilai thitung (2,009) > ttabel (1,984) dan signifikan sebesar 0,016 < 0,05 dan. Hal ini berarti variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel promosi (X3) mempunyai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (7,650) > ttabel (1,984). Hal ini berarti variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (41,707 > 2,47) dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya secara simultan variabel harga (X1), kualitas pelayanan (X2), promosi (X3), berpengaruh secara serentak dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.                                                                                                                                Kata Kunci:           Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan 
SMART CITY DENPASAR Hamida Sari Siregar
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains Vol 3, No 2 (2022): FEBRUARI 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v3i2.3157

Abstract

AbstrakKota Denpasar adalah kota yang memberikan pelayanan dengan mudah dan efisien kepada masyarakat . Seiring berkembangnya istilah smartcity di Indonesia, perkembangan tersebut membuat kota Denpasar berinisiastif mengembangkan kota Denpasar menjadi Denpasar Smart City. Penelitian ini dilakukan dengan menyesuaikan unsur-unsur smart city dengan fasilitas yang ada atau tersedia di kota Denpasar . Penelitian ini dilakukan dengan mengisi kuisioner dengan 30 orang partisipan yang tinggal di Kota Denpasar dengan usia 15 hingga 25 tahun , dan tinggal menetap di Kota Denpasar minimal 3 tahun. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kota Denpasar sudah termasuk Kota Smart City. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kategori yang menjadi alasan kuat kota Denpasar menjadi Kota Cerdas. Yaitu dengan pelayanan yang diberikan oleh Kota Denpasar berupa fasilitas bangunan dengan internet gratis , pengaduan masyarakat secara online ,fasilitas transportasi yang bagus , fasilitas kesehatan , failitas wisata, dan fasilitas publik yang baik . Penelitian ini juga meminta pendapat responden tentang seberapa bagus tatanan Kota Denpasar sebagai kota cerdas dan berdasarkan hasil penelitian Kota Denpasar sudah layak menjadi Kota Cerdas dengan beberapa.hal yang perlu dibenahi atau diperbaiki untuk penyempurnaan Denpasar menjadi Smart City.

Page 1 of 1 | Total Record : 5