cover
Contact Name
Henny Syapitri
Contact Email
heny_syahfitri86@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI
ISSN : -     EISSN : 25798332     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Komunikasi menghadapi dinamika ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 edisi selama satu tahun. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara mencoba menjadi sarana publikasi pemikiran dosen dan praktisi untuk berbagi ilmu pengetahuan khususnya di bidang Ilmu Komunikasi.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi" : 4 Documents clear
IMPLEMENTASI NILAI MARSIPAINGOT DALAM KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN KEPADA IBU HAMIL Erlina Hayati; Husna Sari
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bidan di Puskesmas Pasar Maga menggunakan komunikasi terapeutik berbasis kearifan lokal yakni mengaplikasikan nilai Marsipaingot (nasihat). Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi komunikasi untuk memahami nilai Marsipaingot bidan dalam layanan kepada ibu hamil. Ada dua fokus dalam pendekatan fenomenologi komunikasi ini, yakni Textural description dan Structural description. Penelitian ini akan mengambil lokus di Puskesmas Pasar Maga, Kecamatan Lembah Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal. Subjek penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Ada tiga tenik pengumpulan data yaitu Studi Literatur, Observasi Partisipatoris, dan Interview kepada informan. Ada 5 temuan penelitian, Pertama Tingkat kesulitan bidan dengan klien mereka tidak seberat pada pelayanan kesehatan lainnya karena anara bidan dengan klien memiliki kesamaan gender. Kedua, kesamaan suku dan bahasa menjadi faktor kepercayaan itu terbangun, pasien lebih nyaman berkomunikasi dengan bahasa Mandailing. Ketiga, komunikasi terapeutik bidan sebagai orang yang berilmu (Halak na Bisuk) memperlihatkan nilai-nilai marsipaingot dalam aktivitas komunikasi terapeutik mereka dengan kliennya. Keempat, nilai marsipaingot bidan adalah dengan marsihaholongan saling mengasihi, marsipagodakkon saling membesarkan, marsihapadean saling berbuat baik, marsibegean saling mendengarkan, marsilehenan saling memberi, marsipagabean saling membahagiakan, marsipangiboan saling memberi belas kasihan, marsitolongan saling menolong, dan marsihargaan saling menghargai. Terakhir, bidan merujuk filosofi Mandailing “Holong Mangalap Holong” yang berarti perlakuan kasih sayang akan berbuah kasih sayang..
KOMUNIKASI LINGKUNGAN TANI MUDA SANTAN MELALUI FESTIVAL SUNGAI SANTAN Sabiruddin Sabiruddin
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memotret Tani Muda Santan dalam memperjuangkan lingkungan mereka melalui event Festival Sungai Santan. Krisis lingkungan yang terjadi di tiga Desa yaitu Desa Santan Ulu, Santan Tengah, Santan Ilir Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara sejak tahun 2000an hingga saat ini menjadi basis gerakan sosial-budaya Tani Muda Santan untuk membangun memori koleftif masyarakat terkait eksistensi Sungai Santan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan narasi keselamatan lingkungan yang dibangun Tani Muda Santan. Data diperoleh melalui partisipat observation tahun 2018 dan 2019 dengan dilengkapi wawancara dua tokoh kampung dan inisitor Tani Muda Santan, Taufik Iskandar. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Tani Muda Santan menarasikan Sungai Santan sebagai entitas budaya yang perlu dilestarikan untuk keberlangsungan hidup masyarakat Santan. Selain itu, narasi perusahaan tambang adalah perusak lingkungan yang perlu diwaspadai.
ANALISIS KOMUNIKASI BUDAYA DALAM BENTUK VISUALISASI PADA KARAKTER GAME MOBILE LEGENDS Ricky Widyananda Putra; Jeanie Annissa
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Games saat ini memiliki peran baru sebagai media penyampaian pesan, ide dan gagasan. Saat ini dengan luasnya segmentasi para pemainnya, gema merupakan salah satu media yang diperhitungkan untuk mempengaruhi dan mempersuasi khalayak. Kemampuannya untuk dalam memproyeksikan gagasan dalam bentuk gambar, suara serta daya interaktivitas sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan, menjadikan game sebagai media yang sangat kompleks, dimana setiap elemen didalamnya memiliki peran penting dalam merangkai makna sehingga setiap pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh khalayak. Pada perancangan sebuah game selain memiliki konsep yang kuat, juga harus memperhatikan aspek visual yang kemudian diwujudkan dalam rancangan sebuah visual game. Aspek visual begitu penting dalam menarik minat pemain untuk bermain, salah satu aspek visual yang ditampilkan adalah karakter pada tiap game. Perancangan visualisasi karakter pada suatu game dipengaruhi oleh faktor lingkungan salah satunya adalah faktor budaya yang ada dimasyarakat, sehingga membuat pemain dapat dengan mudah mengidentifikasi setiap elemen visualisasi yang ada pada karakter yang digunakan. Penelitian ini mengkaji visualisasi karakter game pada game mobile legends dengan menggunakan teori manga matrix dan dikorelasikan dengan unsur komunikasi budaya didalamnya
POLA KOMUNIKASI UNIVERSITAS DALAM MENANGGAPI PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMUNIKASI PEGAWAI ADMINSTRASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA Wahyuni Bailussy; Syaiful Bahry; Lisda Ariani Simabur
JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pola komunikasi Pelayanan di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara adalah upaya membangun pelayanan yang efektif, Berdasarkan penelitian sebelumnya bahwa adanya hubungan antara pandangan negatif dengan efektifitas pesan yang disampaikan oleh pegawai terhadap mahasiswa. Semakin tinggi pandangan negatif mahasiswa terhadap komunikasi pegawai administrasi pada saat melakukan pelayanan, maka semakin rendah pula efektifitas pesan yang disampaikan oleh pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Komunikasi Pegawai dalam pelayanan administrasi kepada mahasiswa dan untuk mengetahui Pola komunikasi Universitas dalam melakukan pembinaan tentang Komunikasi efektif pegawai kepada Mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan analisis data menggunakan pendekatan konsep pola komunikasi sebagai pelayanan public untuk menghasilkan pelayanan yang efektif. Hasil penelitian adalah Pola komunikasi digunakan oleh Universitas dalam bentuk Komunikasi Formal dalam rapat-rapat resmi dan non-formal seperti dalam bentuk Komunikasi antarpribadi dengan maksud merubah dan membentuk komunikasi verbal dan nonverbal yang lebih baik kepada pegawai dalam melakukan pelayanan dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi disetiap uni kerja umum dan program studi selain itu terdapat Pola Komunikasi Multi arah, melalui Rapat pengambilan keputusan, pembahasan permasalahan dari setiap unit yang dilakukan dalam bentuk kelompok dengan melibatkan semua pihak yang memiliki kewenangan penyelesaian masalah.

Page 1 of 1 | Total Record : 4