cover
Contact Name
Pin Arya Pinandita
Contact Email
sosiohumanitas@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosiohumanitas@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Sosiohumanitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
ISSN : 14109263     EISSN : 26546205     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Sosiohumanitas Journal aims to provide scientific information on the results of research, which is focused on the professional practice of education, development of children education and case studies. It's key mission is to keep professionals, students, and researchers informed about recent issues in education. Sosiohumanitas Journal is issued twice in every volume on March and August.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 2: Agustus 2015" : 7 Documents clear
Model Sistem Pembangunan Kewirausahaan Desa Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Nia Widjajani; Arnia Fajarwati; Elly Retnaningrum
SOSIOHUMANITAS Vol 17 No 2: Agustus 2015
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (930.79 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v17i2.77

Abstract

Industri Kecil dikenal sebagai motor penggerak ekonomi pedesaan di luar sektor pertanian dan merupakan sumber pendapatan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Oleh karena itu membangun kewirausahaan desa diharapkan akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model sistem pembangunan kewirausahaan desa sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Model ini dibangun dengan mengadopsi konsep pengembangan klaster industri di mana industri inti desa menjadi driver pengembangan bagi desa secara keseluruhan. Industri desa akan bertindak sebagai lokomotif, sehingga jika industri desa maju maka akan menarik gerbong-gerbong (usaha-usaha ekonomi lainnya) sehingga pada akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Metodologi yang digunakan adalah soft system methodology yang menghasilkan model konseptual. Model yang dihasilkan adalah Model Triple Helix Pembangunan Kewirausahaan Desa, di mana tiga komponen sistem desa yaitu sistem pemerintahan desa, sistem industri desa dan sistem pendidikan desa, secara bersama-sama bekerja untuk memajukan dan mengupayakan keberlanjutan industri desa sebagai driver pengembangan desa. Model Triple Helix Desa ini juga dilengkapi dengan peran Stakeholder Desa dalam membangun desa. Model ini terdiri dari model-model aktivitas-aktivitas bertujuan dan harus diimplementasikan ke dalam uji coba ke desa untuk menjadi model operasional.
Penerapan Rasio Keuangan Sebagai Alat Ukur Kinerja Usaha Koperasi Mirna Nurwenda; Hidayat Effendi
SOSIOHUMANITAS Vol 17 No 2: Agustus 2015
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.661 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v17i2.78

Abstract

Penelitian ini menganalisis kinerja keuangan Koperasi Karyawan Universitas Langlangbuana (Kopkar Unla) “Aneka Karya Usaha” yang didasarkan pada laporan keuangan periode 2004-2008. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui efisiensi keuangan Kopkar Unla, cenderung naik ataukah turun dan menganalisis kinerja keuangan Kopkar Unla selama lima tahun, ditinjau dari analisis laporan keuangan meliputi rasio likuiditas, leverage dan profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana Kopkar Unla telah memenuhi kriteria efisien dilihat dari analisis rasio keuangan selama periode tahun 2004, 2005, 2006, 2007 dan 2008. Kinerja keuangan Kopkar Unla ditinjau dari analisis keuangan perusahaan yang cukup baik. Berdasarkan analisis likuiditas, leverage dan profitabilitas menunjukkan bahwa kinerja keuangan Kopkar Unla cukup efisien, akan tetapi tidak memiliki uang tunai yang cukup likuid, hutang masih bisa ditutupi oleh hartanya, dan kemampuan mencetak laba yang cukup tinggi.
Analisis Bullwhip Effect pada Rantai Pasok Batik Kalistania Solo Nissa Rawindadefi; Ratih Hendayani
SOSIOHUMANITAS Vol 17 No 2: Agustus 2015
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.18 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v17i2.79

Abstract

Batik Kalistania adalah salah satu penghasil batik cap yang berdomisili di Laweyan, Solo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan Bullwhip Effect di Batik Kalistania. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan Judgement Sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dengan wawancara terstruktur dengan Batik Kalistania menunjukkan bahwa variabel Bullwhip Effect seperti Demand Forecasting, Lead Time, Order Batching, Supply Shortage, dan Price Fluctuation merupakan penyebab Bullwhip Effect terjadi di perusahaan ini.
Peranan Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Dalam Memberantas Narkoba di Jawa Barat Nia Pusparini Aqil
SOSIOHUMANITAS Vol 17 No 2: Agustus 2015
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.935 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v17i2.80

Abstract

Pada era globalisasi ini pemerintah sangat gencar dalam memerangi narkoba, di mana jumlah pengguna penyalahgunaan narkoba di Jawa Barat terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, akan terus bertambah jika tidak ada penanganan tegas, dan pencegahan serta komitmen bersama untuk memeranginya. Berdasarkan dari jumlah penduduk Jawa Barat, pengguna narkoba usia produktif, yakni usia 10 hingga 59 tahun, saat ini sudah mencapai 2,5% dan setiap saat terus bertambah. Data nasional menunjukkan bahwa saat ini satu dari 17 orang berusia 10 hingga 59 tahun pernah memakai narkoba dan cukup banyak di tingkat pelajar. Oleh karena itu, tugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat adalah membantu Gubernur dalam melakukan koordinasi, pengawasan, pengendalian dan mendorong peran serta masyarakat yang berhubungan dengan ketersediaan, pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, prekusor dan zat adiktif lainnya.
Proses Pendidikan Politik Masyarakat dalam Kampanye Calon Anggota Legislatif pada Pemilu 2014 Emi Rachmawati
SOSIOHUMANITAS Vol 17 No 2: Agustus 2015
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.9 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v17i2.82

Abstract

Pendidikan politik bagi masyarakat merupakan hal yang sangat menarik untuk diketahui. Melalui proses ini para anggota masyarakat mengenal dan mempelajari nilai- nilai, norma-norma, dan simbol-simbol politik negaranya dari berbagai pihak dalam sistem politik seperti sekolah, pemerintah dan partai politik. Pendidikan politik mengajarkan masyarakat untuk lebih mengenal sistem politik negaranya secara sistematis, berkesinambungan dan menyeluruh bagi setiap warganegara dalam rangka membentuk warganegara yang baik (good citizen) yaitu warganegara yang melek politik (political literacy), memiliki kesadaran politik (political awareness), dan berpartisipasi dalam kehidupan politik (political participation) secara cerdas dan bertanggung jawab. Seperti yang di sebutkan dalam pasal 31 UU No. 2 Tahun 2008 tentang partai politik yang menyebutkan bahwa pendidikan politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang pada gilirannya akan mendorong ke arah terbangunnya etika dan budaya politik sesuai dengan Pancasila. Pendidikan politik akan mempengaruhi perilaku politik masyarakat dan perilaku politik itu pada akhirnya akan mewarnai perilaku sosio-kultural masyarakat. Salah satu indikator keberhasilan pendidikan politik terletak pada perilaku sosio-kultural masyarakat itu sendiri. Semakin konstruktif perilaku sosio-kultural maka semakin efektif pendidikan politik yang di selenggarakan.
Analisis Kinerja Pemasok pada Rantai Pasok Perusahaan Importir CV. Prisma Raya Naufal Setiawan; Ratih Hendayani
SOSIOHUMANITAS Vol 17 No 2: Agustus 2015
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.485 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v17i2.83

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meneliti bagaimana kinerja para pemasok CV Prisma Raya serta dampak baik dan buruknya kinerja pemasok. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan variabel yang digunakan untuk menganalisis kinerja perusahaan adalah Replenishment Lead Time, On-Time Performance, Supply Flexibility, Supply Quality, Pricing Terms, Information Coordination Capability, Exchange Rates, Taxes, Duties, Supplier Viability. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan pemasok CV Prisma Raya yang memiliki kinerja terbaik berdasarkan kriteria yang digunakan adalah PT Fanyuan.
Perencanaan Strategi Usaha Industri Kecil Pengolahan Susu CV. X di Lembang Agus Suhendar; Nia Widjajani
SOSIOHUMANITAS Vol 17 No 2: Agustus 2015
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.557 KB) | DOI: 10.36555/sosiohumanitas.v17i2.81

Abstract

Pertumbuhan industri pengolahan susu di Kecamatan Lembang dan sekitarnya cukup pesat yang mengakibatkan persaingan antar perusahaan yang ketat. Pada tahun 2000 hanya ada 2 IKM (Industri Kecil Menengah) produk susu sapi, tetapi saat ini setidaknya ada 32 IKM yang mengolah produk susu sapi di Lembang. Hal ini juga berdampak pada salah satu perusahaan pengolahan susu sapi ini tersebut, yaitu CV. X. Dalam tiga tahun terakhir CV. X mengalami penurunan volume penjualan yang cukup signifikan. Apabila kondisi ini dibiarkan maka dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan suatu strategi agar perusahaan dapat survive, tumbuh, dan mendapatkan keunggulan kompetitif di masa yang akan datang. Dalam penyusunan strategi ini metode yang digunakan adalah metode BCG dan Analisis SWOT. Metode BCG digunakan untuk menyusun perencanaan strategi portofolio produk berdasarkan pertumbuhan dan pangsa pasar. Berdasarkan BCG diputuskan produk-produk yang layak dipertahankan dan/atau dikembangkan serta produk-produk yang tidak layak lagi diproduksi. Untuk produk-produk yang masih dipertahankan kemudian dirancang strateginya dengan menggunakan analisis SWOT.

Page 1 of 1 | Total Record : 7