cover
Contact Name
Syaiful Zuhri Harahap
Contact Email
syaifulzuhriharahap@gmail.com
Phone
+6285261290813
Journal Mail Official
informatika@ulb.ac.id
Editorial Address
Jl. S.M Raja No. 126 A Km 3.5 Aek Tapa, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Informatika
ISSN : 23032863     EISSN : 26151855     DOI : 10.36987
INFORMATIKA : Jurnal Ilmiah Fakultas Sains & Teknologi Universitas Labuhanbatu diterbitkan oleh Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya yang terbit tiga kali dalam setahun (Januari-Mei-September), yang mulai awal terbit sejak tahun 2013.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2013): INFORMATIKA" : 5 Documents clear
PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BARANG BERBASIS DESKTOP PADA CV. METRO RANTAUPRAPAT Deffri Ananta
Jurnal Informatika Vol 1, No 3 (2013): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.953 KB) | DOI: 10.36987/informatika.v1i3.115

Abstract

CV. metro rantau prapat adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan kabel.CV. Metro rantau prapat dalam meningkatkan pendapatnya menggunakan system penjualan yangmenggunakan komputerisasi. System pada CV. Metro prapat prapat belum menggunakanpengkodean barang yang terstruktur sehingga pencarian harga dan nama barang pada saatpembuatan faktur penjualan sangat lama. Disamping itu,system perhitungan sehinggamengakibatkan sering terjadinya keterlambatan dalam hal penjualan barang kepada pelanggan.System penjualan yang dirancang dengan menggunakan Microsoft Visual basic 6.0, formatdatabase Microsoft Access, dan laporan dengan Crystal Report 8.5 dapat mengolah data penjualandengan cepat sehingga dapat meningkatkan efisisensi kerja CV. Metro rantau prapat . laporandapat langsung ditampilkan dan dicetak kapan saja diperlukan . pembuatan aplikasi ini bertujuanmemberikan manfaat dan pengetahuan bagi masyarakat tentang ilmu Visual Basic 6.0 sehinggalebih menarik dan mudah mengerti.Hasil yang diperoleh dari system tersebut adalah berupa laporan data pelanggan, fakturpenjualan, dan laporan penjualan yang dapat disajikan secara cepat dan tepat .
KONSEP MISWHO YANG BERDASARKAN SEMANTIC WEB DENGAN MENGGUNAKAN MODEL HYBRID ONTOLOGI Deci Irmayani
Jurnal Informatika Vol 1, No 3 (2013): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.7 KB) | DOI: 10.36987/informatika.v1i3.116

Abstract

Paradigma sistem produksi yang bergeser ke jaringan sistem produksi jelas memerlukanbeberapa sarana untuk mencapai efektifitas dan efesiensi dengan baik. Dan paradigma ini juga terjadipada model barat dan jepang seperti CIM dan Jit Yang dari model Intera-organisasi terbatas, menjadimodel organisasi yang terbuka.Sebagai ilustrasi di paper ini telah diuraikan contoh sebuah industri menengah yang bersifatcraft dalam bidang pembuatan / perakitan komputer. Dalam contoh kasus pencarian jenis prosesor yangsesuai untuk memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut telah dapat diperlihatkan bahwa dengankonsep MISWHO akan lebih karya dan dalam informasi yang bisa didapatkan dari sumberdibandingkan dengan metode keywords. Hal ini memujujkkan terjadinya peningkatan interoperabilitasdengan mengatasi keragaman semantik.Untuk rencana kedepan, kami akan mencari tool yang cocok untuk mengembangkan prototipekami dalam mendukung interoperabilitas informasi. Langkah pertma adalah bagaimana mengkonversidari sistem database tradisional yang ada untuk dapat dimiliki lokal ontologi. Langkah kedua adalahbagimana tool untuk mempermudah dalam membuat pemetaan MISWHO, tanpa banyak terlibat ekspertataupun operator. Jelas dalam paper kami ini masihlah hal yang primitif dibandingkan dengan apayang kami rencanakan , karena kegiatan penelitian kami baru pada tahap awal dan sedang terusberlanjut.
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN SEJARAH MENGENAI MESIR KUNO Ronal Watrianthos
Jurnal Informatika Vol 1, No 3 (2013): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.601 KB) | DOI: 10.36987/informatika.v1i3.117

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pengguna komputer sebagai sarana pengajaran sudah banyakdiminati untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan menciptakan sistem belajar mengajar yangevektif dan efisien. Sistem ini diharapkan dapat menarik minat pelajar untuk mempelajari bidang yangsulit dipahami ataupun bidang yang membosankan, terutama untuk pelajar yang kurangmemperhatikan di kelas dan malas membaca buku, sistem ini dapat membantunya apalagi kalauditambah dengan animasi.Dengan adanya aplikasi perangkat belajar berbantuan komputer dengan pendekatanmultimedia dapat meningkatkan minat belajar pada anak, sistem belajar yang menyertakan pelajarsecara aktif untuk menjelajahi isi pelajaran, akan meningkatkan perepat proses belajar dan pirantilunak yang digunakan untuk membuat perangkat belajar sangat mempengaruhi kecepatan dankehandalan pembuatan program.
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK RED EYE REDUCTION DENGAN TEKNIK INTENSITY COLOR CHECKING Oleh Sudi Suryadi
Jurnal Informatika Vol 1, No 3 (2013): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.509 KB) | DOI: 10.36987/informatika.v1i3.118

Abstract

Read eye merupakan permasalahan dalam fotografi. Penyebabnya adalahpencahayaan yangtinggi. Bentukn berupa titik merah pada bagian pupil mata , sehingga hasil foto dianggap tidak bagus.Terdapat teknik untuk menghilangkan red eye yaitu intensity color checking. Teknik inimenghilangkan red eye dengan cara penyesuaian intensitas warna berdasarkan warna pixel yangakan direduksi warna kemerahannya.Perangkat lunak yang dirancang dapat dipakai untuk menghilangkan red eye yang seringdihasilkan pada pemotretan gambar menggunakan kamera. Dengan menggunakan teknik intensitycolor checking maka proses penggantian warna merah pada bagian red eye gambar terlihat halus danbagus. Bagian red eye reduction ini hanya dapat diterapkan pada suatu region titik tertentu padacitra dengan menginput radius dari titik untuk menentukan daerah yang akan dihilangkan red eyenya
ANALISIS PENGARUH INOVASI , KUALITAS JASA DAN PROMOSI TERHADAP RETENSI PELANGGAN PADA USAHA GAME ONLINE INTERNET DI KECAMATAN MEDAN DENAI Sunday Ade Sitorus
Jurnal Informatika Vol 1, No 3 (2013): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.495 KB) | DOI: 10.36987/informatika.v1i3.119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis analisis pengaruh inovasi, kualitasjasa dan promosi terhadap retensi pelanggan pada usaha Game Online Internet di Kecamatan MedanDenai. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. sifat penelitian adalah penelitian menjelaskan(deskriptif explanatory). Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling untuk mengambildata 220 responden. Metode analisis data mempergunakan analisis SEM untuk mengetahui pengaruhinovasi, kualitas jasa dan promosi terhadap retensi pelanggan pada Usaha Game Online Internet,yangdiolah dengan program software AMOS 18 .Hasil penelitian membuktikan yaitu: 1).Kualitas Jasa berpengaruh negatif tetapi siginifikanterhadap promosi pada Usaha Game Online Internet. 2). Inovasi berpengaruh positif dan siginifikanterhadap keunggulang bersaing berkelanjutan pada Usaha Game Online Internet. 3).Kualitas Jasaberpengaruh positif tetapi tidak siginifikan terhadap Retensi Pelanggan pada rumah makan dan cafe diKota Medan. 4).Inovasi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Retensi Pelanggan pada rumahmakan dan cafe di Kota Medan. 5).Promosi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap retensipelanggan pada Usaha Game Online Internet .Dalam Hal ini sesuai hasil analisis SEM didapat bahwa Kualitas Jasa tidak terlalu berpengaruhterhadap promosi, namun Inovasi secara terus menerus yang dapat meningkatkan retensi pelanggan.Oleh karena itu para pemilik usaha Game Online Internet agar dapat terus eksis harus menciptakaninovasi terhadap produk layanan jasa internet serta beberapa dimensi teknis yang mengikat dalamretensi pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5