cover
Contact Name
Islamiani Safitri
Contact Email
eduscience@ulb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eduscience@ulb.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu Jalan SM. Raja No. 135 Aek Tapa, Rantauprapat Kode Pos 21415
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Eduscience (JES)
ISSN : 2303355x     EISSN : 26852217     DOI : 10.36987/jes
Core Subject : Education,
Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic Education, Biology Education, Civic Education, Science Education, Physics Education, and all about teaching and learning research. Reviewers will review any submitted paper. The review process employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES)" : 5 Documents clear
PENGGUNAAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEMESTER GENAP DI KELAS IV SDN 112150 SIGAMBAL KECAMATAN RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Nuraini Nuraini
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.498 KB) | DOI: 10.36987/jes.v3i1.788

Abstract

Dalam proses pembelajaran khususnya matematika, seringkali dijumpai adanya kecenderungan siswa yang tidak mau bertanya kepada guru meskipun mereka sebenarnya belum mengerti tentang materi yang disampaikan oleh guru. Masalah ini membuat guru kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan meteri pelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah Metode Latihan, di mana siswa dituntut untuk melakukan latihan secara berulang-ulang sehingga diperoleh sebuah keterampilan. Penelitian ini dilakukan di SDN 112150 Sigambal Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 112150 Sigambal yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode latihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes. Tes dalam penelitian ini berupa Tes awal, Postes Siklus I dan Postes Siklus II. Kriteria siswa yang tuntas adalah jika siswa memperoleh nilai > 60, dan tidak tuntas jika siswa memperoleh nilai < 60. Lembar observasi digunakan mengukur tingkat aktivitas pengajaran guru dan aktivitas murid dalam pembelajaran. Dari Penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Pertama: Pada tes awal sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata 47,59 dari 29 siswa, dimana 5 siswa (17,24%) yang memperoleh nilai tuntas yaitu yang mencapai nilai > 60 dan 24 siswa (82,76%) yang belum tuntas yaitu yang memperoleh nilai < 60. Kedua: Pada tindakan Siklus I dengan penggunaan metode Latihan diperoleh nilai rata-rata 57,76, dimana 14 siswa (48,28%) yang tuntas yaitu yang mencapai nilai > 60 dan 15 siswa (51,72%). yang belum tuntas yang memperoleh nilai 60 dan 2 siswa (6,90%). yang belum tuntas yang memperoleh nilai
EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI POKOK KESEIMBANGAN EKOSISTEM DI KELAS VI SDN 118240 SEI TAWAR KEC. RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN AJARAN 2016/2017 Salmahari Salmahari
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.21 KB) | DOI: 10.36987/jes.v3i1.789

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Keseimbangan Ekosistem di kelas VI SDN 118240 Sei Tawar Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPA dengan dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Keseimbangan Ekosistem di kelas VI SDN 118240 Sei Tawar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) sebagai sasaran utama. Dimana penelitian ini berupaya memaparkan upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Keseimbangan Ekosistem di kelas VI SDN 118240 Sei Tawar. Peneliti dalam hal ini adalah sebagai instrumen kunci,. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 118240 Sei Tawar Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 orang, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan.Alat yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 51,95 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 19.51%. pada tindakan siklus I dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning) diperoleh nilai rata-rata kelas 58,78 persentase ketuntasan klasikal 46,34% dan nilai observasi aktivitas siswa 62,50%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat yaitu 84,76 jumlah persentase ketuntasan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 95,12% dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat sehingga mencapai 72,92%. Dengan penerapan model PBL(Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Keseimbangan Ekosistem kelas VI SDN 118240 Sei Tawar Tahun Pelajaran 2016/2017.
PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI DI KELAS V SDN 112196 TEBING TINGGI PANGKATAN KECAMATAN RANTAUSELATAN KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN AJARAN 2016/ 2017 Ummi Kalsum
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.45 KB) | DOI: 10.36987/jes.v3i1.790

Abstract

Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui Penerapan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri di Kelas V SDN 112196 Tebing Tinggi Pangkatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun Ajaran 2016/ 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan metode inkuri sebagai sasaran utama.Peneliti dalam hal ini adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sumber data melalui penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 112196 Tebing Tinggi Pangkatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun Ajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 5 siswa laki
PENGGUNAAN METODE VARIASI DAN LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MEMBANDINGKAN DUA PECAHAN KELAS III SEMESTER II DI SDN 117846 SEI BEROMBANG KECAMATAN PANAI HILIR KAB. LABUHABATU TP. 2015 / 2016 Asnah Asnah
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.671 KB) | DOI: 10.36987/jes.v3i1.786

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 117846 Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 117846 Sei Berombang yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode latihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes. Tes dalam penelitian ini berupa Tes awal, Postes Siklus I dan Postes Siklus II. Kriteria siswa yang tuntas adalah jika siswa memperoleh nilai > 60, dan tidak tuntas jika siswa memperoleh nilai < 60. Lembar observasi digunakan mengukur tingkat aktIIIitas pengajaran guru dan aktIIIitas murid dalam pembelajaran. Adapun peningkatannya adalah pada saat tes awal nilai rata-rata 46,47 dengan 3 siswa yang mengalami ketuntasan (17,65 %) dan 14 siswa yang belum tuntas (82,35%) dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode Latihan pada Siklus I nilai rata-rata meningkat 9,71% dari Rata-rata Nilai awal yaitu 46,47 menjadi 56,18. Dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa (47,02%) dan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa (52,94%). Setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II nilai rata-rata klasikal meningkat 28,53 dari Rata-rata Nilai Siklus I yaitu 56,18 menjadi 84,71. Dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (100,00 %) dan yang belum tuntas sebanyak 0 siswa (0,00 %).
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI POKOK SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN TANYA JAWAB KELAS IV SD NEGERI 112136 RANTAUPRAPAT KECAMATAN RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Erminawaty Erminawaty
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.892 KB) | DOI: 10.36987/jes.v3i1.787

Abstract

Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini untuk mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 112136 Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab pada materi pelajaran Sistem Pemerintahan Pusat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di SD Negeri 112136 Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu pada semester 1 tahun pembelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 31 orang. Adapun pelaksanaan penelitian pada bulan Agustus sampai Nopember 2015. Diperoleh hasil pada Pra Siklus dari 31 siswa menunjukkan bahwa rata- rata kelas 61,13 dan ketuntasan klasikalnya hanya 25,81%; pada Siklus I rata- rata kelas 69,68 dan ketuntasan klasikalnya hanya 41,94%. Dan pada Siklus II rata- rata kelas 77,42 dan ketuntasan klasikalnya hanya 87,10%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri No. 112136 Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab pada materi pelajaran sistem pemerintahan pusat Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 6 (2025): IN PRESS Vol 12, No 5 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 4 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia, Thailand, and Indonesia) Vol 12, No 3 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 2 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from United Kingdom, Nigeria, and Indonesia) Vol 12, No 1 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Philippines, Thailand, and Indonesia) Vol 11, No 3 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Hungary, South Africa, Malaysia, and Ind Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, Korea, and Indonesia) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, India, and Indonesia) Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria and Indonesia) Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Turkey, Malaysia, Algeria, Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Algeria and Indonesia) Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Eduscience (JES) More Issue