cover
Contact Name
Ahmad Zaki
Contact Email
ahmadzaki@wiraraja.ac.id
Phone
+6287850346467
Journal Mail Official
feb@wiraraja.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja, Jalan Raya Sumenep Pamekasan KM. 5 Patean Sumenep 69451
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
Performance : Jurnal Bisnis dan Akuntansi
ISSN : 23389583     EISSN : 23562919     DOI : https://doi.org/10.24929/feb
Core Subject : Economy,
PERFORMANCE : Jurnal Bisnis & Akuntansi adalah jurnal yang memberikan wacana keilmuan tentang akuntansi, bisnis dan manajemen secara praktis. Artikel yang dipublikasikan pada jurnal ini meliputi berbagai bahasan dimulai dari hasil kajian khusus, evaluasi kritis sampai dengan penelitian empiris. Jurnal Performance “Bisnis & Akuntansi” dipublikasikan dua kali dalam satu tahun : Maret dan September.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2015): Performance : Jurnal Bisnis " : 6 Documents clear
“PEMBERDAYAAN PRODUK LOKAL MELALUI PENDEKATAN OVOP (ONE VILLAGE, ONE PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKTOR USAHA KECIL MENENGAH ( STUDY KASUS PADA USAHA KECIL MENENGAH BATIK TULIS DESA KLAMPAR KEC.PROPPO PAMEKASAN)” Halimatus Sakdiyah
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.522 KB)

Abstract

Pendekatan OVOP ini adalah suatu gerakan masyarakat yang secara integratif berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi dan kekayaan daerah, meningkatkan pendapatan para pelaku usaha dan masyarakat sekaligus meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggaan terhadap kemampuan yang dimiliki masyarakat dan daerahnya. Penelitian ini bertujuan  memberikan kontribusi tentang pemberdayaan produk  lokal batik tulis desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan dengan pendekatan OVOP . Disamping itu nantinya penelitian ini berguna sebagai acuan pengembangan usaha antar daerah dalam program-program pemerataan pendapatan masyarakat.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif  dengan mengekplorasi data baik data primer maupun data sekunder. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara langsung dengan pelaku usaha batik tulis desa Klampar Kecamatan Proppo Pamekasan mengenai produk dari sumber dasar materiil sampai dengan pemasaran merujuk pada buku petunjuk teknis penilaian, klasifikasi dan pembinaan produk OVOPDirektorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian 2012.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pendekatan OVOP belum mencapai seratus persen berhasil dilakukan karena dari kriteria penilaian belum terpenuhi, produksi batik tulis Desa Klampar Kecamatan Proppo  Pamekasan menunjukkan desain-desain batik tulis Madura, sebagian masih menggunakan pola lama seperti carsena, sisik malaya dan sebagainya dan tetap patuh kepada aturan atau pakem walaupun sebagian besar mulai mengembangkan motif gambar dengan kreasi-kreasi baru, sejalan dengan permintaan pasar yang dinamis, upaya pengembangan produk OVOP belum dilakukan secara maksimal seperti pelatihan, pendampingan oleh tenaga ahli, promosi dan pameran, fasilitas HKI dan sebagainya dan Lemahnya kinerja pemasaran diakibatkan karena belum maksimalnya para pengrajin batik dalam menciptakan nilai pelanggan.Kata Kunci : Batik Tulis, One Village One Product (OVOP)
STRATEGI CALEG DALAM UPAYA MEMENANGKAN PEMILU LEGISLATIF DI DAPIL II KABUPATEN SUMENEP Rusnani Rusnani; Bambang Hermanto
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.263 KB)

Abstract

Kehidupan demokrasi Indonesia saat ini menganut domokrasi Pancasila yang merupakan perpaduan sitem parlementer dan sistem presidential yang memberikan semangat baru terhadap perjalanan demokrasi di Indonesia.Dalam perkembangannya penerapan demokrasi Indonesia telah mendapatkan angin segar setelah memasuki era reformasi pada limabelas tahun terakhir ini, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pembenahan-pembenahan konstitusi baik melalui amandemen UUD 1945 ataupun revisi undang-undang yang berkenaan dengan penerapan demokrasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan caleg dalam memenangkan pemilu legislatif, dan strategi apa saja yang dilakukan.Sedangkan metode penelitiannya adalah kualitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan sampel sumber data adalah caleg (tim sukses) dan pemilih di dapil II Sumenep.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan para caleg di dapil II pada umumnya adalah politik uang mereka beranggapan dengan memberikan uang akan mendapatkan dukungan yang banyak dari masyarakat. Kata kunci : Strategi Caleg, Menang dalam Pemilu
PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PENGALOKASIAN ANGGARAN BELANJA MODAL PADA PEMKAB SUMENEP (Periode 2009-2013) Astri Furqani; Titimmah Titimmah
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.257 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal pada Pemkab Sumenep. Sampel dalam penelitian ini menggunakan laporan Realisasi APBD dan  data pertumbuhan ekonomi (PDRB) Sumenep dari tahun 2009-2013. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif deskriptif dan model análisis yang digunakan untuk menguji hipótesis adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada analisa secara simultan hasilnya variabel independen (pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Belanja Modal). (2) analisa secara parsial pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja modal, sedangkan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh signifikan terhadap belanja modal. Keywords: tax compliance, education level, income levelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal pada Pemkab Sumenep. Sampel dalam penelitian ini menggunakan laporan Realisasi APBD dan  data pertumbuhan ekonomi (PDRB) Sumenep dari tahun 2009-2013. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif deskriptif dan model análisis yang digunakan untuk menguji hipótesis adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada analisa secara simultan hasilnya variabel independen (pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Belanja Modal). (2) analisa secara parsial pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja modal, sedangkan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh signifikan terhadap belanja modal. Keywords: tax compliance, education level, income level
PENGARUH CASH CONVERSION CYCLE DAN WORKING CAPITAL TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSET PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Mohammad Herli; Hafidhah Hafidhah
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.715 KB)

Abstract

This study aimed to examine the effect of the Cash Conversion Cycle and Working Capital Turnover on Return on Assets At the Consumer Goods Industry Listed in Indonesia Stock Exchange (IDX). The method used in this research is the quantitative approach. Results showed variable cash conversion cycle (CCC) and working capital turnover (WCT) simultaneously have a significant effect on profitability (Return on Total Assets). Variabel cash conversion cycle (CCC) partially not have a significant impact on profitability (Return on Total Assets) but variable working capital turnover (WCT) partially have a significant impact on profitability (Return on Total Assets) consumer goods industry issuers listed on the Indonesia Stock Exchange during the period 2010-2014. Keyword : Cash Conversion Cycle, Working Capital Turnover, Return on Assets
PENTINGNYA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SUMENEP Sayyida Sayyida; Bambang Hermanto; Edy Sugianto
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.175 KB)

Abstract

Salah satu fungsi utama dari perpustakaan adalah pengemasan dan penyebaran informasi, bukanlah penciptaan informasi. Sehingga perpustakaan dituntut untuk memberikan layanan informasi yang lebih baik dan tepat guna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas serta pengaruh dari kepuasan terhadap loyalitas pengunjung di perpustakaan Daerah Kabupaten Sumenep. Sampel yang diteliti sebanyak 200 orang yang terdiri dari Siswa, Mahasiswa dan Umum. Data dianalisis dengan menggunakan analisis structural equation modelling (SEM). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan, maka semakin meningkat kepuasan pengunjung serta pengunjung akan semakin royal terhadap perpustakaan Daerah Kabupaten Sumenep. Key Word :      Perpustakaan, Structural Equation Modelling (SEM), Kualitas Pelayanan, Kepuasan Dan Loyalitas
PENGARUH INCOME SMOOTHING TERHADAP EARNING RESPONSE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEI Alwiyah Alwiyah; Charis Sholihin
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.875 KB)

Abstract

The value in the financial statements as net profit the company is regarded as a signal that indicates the value of the company. It makes the investor attention centered on profits of a company. Investors often focus only on the profit information, regardless of the procedures used to generate the earnings information. As such, the company does not cover possible will do the alignment.This research was conducted to find out the influence of Income Smoothing toward Earning Response on manufacturing companies listed on the Indonesia stock exchange. To know the management actions influence profit Income Smoothing through financial reporting information to a market reaction if a financial report containing the information. The samples on this research there are manufacturing companies listed on the Indonesia stock exchange during the period 2010-2014. Data collected through purposive sampling method in manufacturing company that detected doing Income Smoothing. Analysis of linear regression used is simple. Through simple regression analysis note that the variable income Smoothing is not significantly to influential variables Earning Response. This is demonstrated by the results of the regression i.e. the value significance of 0.137 greater than (α) 0.10. Rated R and square are very low i.e. 0.141.Keywords: perataan laba (Income Smoothing), reaksi pasar (Earning Responce)

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 15 No 2 (2025): Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 15 No 1 (2025): Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 14 No 2 (2024): Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 14 No 1 (2024): Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 13 No 2 (2023): Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 13 No 1 (2023): Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 12 No 2 (2022): Performance:Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 12 No 1 (2022): Performance:Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 11 No 2 (2021): Performance:Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 11 No 1 (2021): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 10 No 2 (2020): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 10 No 1 (2020): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 9 No 2 (2019): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 9 No 1 (2019): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 8 No 2 (2018): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 8 No 1 (2018): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 7 No 2 (2017): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 7 No 1 (2017): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 6 No 2 (2016): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 6 No 1 (2016): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 2 (2015): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 5 No 1 (2015): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 2 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 1 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 3 No 2 (2013): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 3 No 1 (2013): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 2 No 1 (2012): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi More Issue