cover
Contact Name
Ari Setiawan
Contact Email
ari.setiawan@ustjogja.ac.id
Phone
+6281228153789
Journal Mail Official
ari.setiawan@ustjogja.ac.id
Editorial Address
Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172, Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Teacher in Educational Research
ISSN : -     EISSN : 2656338X     DOI : 10.26486
Core Subject : Education, Social,
Teacher in Educational Research is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022)" : 2 Documents clear
Peningkatan prestasi belajar pendidikan agama katolik dengan menerapkan model learning cyrcle pada siswa sekolah dasar Endang Osik Wasitaningdyah
Teacher in Educational Research Vol 4, No 2 (2022)
Publisher : Research and Social Study Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33292/ter.v4i2.197

Abstract

Isu pendidikan akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak pihak yang muncul bersamaan dengan perkembangan dan meningkatnya pengaruh informasi dan kebudayaan serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan prestasi siswa kelas V SDN Mejayan 01 Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun pada pelajaran Pendidikan Agama Katolik dengan menggunakan model learning cyrcle.  Meningkatkan  prestasi belajar siswa kelas V SDN Mejayan 01 Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun  dalam pelajaran Pendidikan Agama Katolik, dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cyrcle.  Aktivitas belajar siswa kelas V SDN Mejayan 01 Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun dengan model pembelajaran Learning Cyrcle.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Learning Cyrcle  memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mendalamnya  pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari putaran/siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 50,00 %, 75,00 %, dan 100,00 %. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.  Abstract: The issue of education has recently become the concern of many parties, which has emerged along with the development and increasing influence of information and culture as well as the development of science and technology. This Classroom Action Research (CAR) has the main objective of increasing the achievement of fifth-grade students at SDN Mejayan 01, Mejayan District, Madiun Regency, in Catholic Religious Education lessons using the learning cycle model. Improving the learning achievement of fifth-grade students at SDN Mejayan 01, Mejayan District, Madiun Regency, in Catholic Religious Education lessons, using the Learning Cycle learning model. The learning activities of fifth-grade students at SDN Mejayan 01, Mejayan District, Madiun Regency using the Learning Cycle learning model. This research is action research because the research was conducted to solve learning problems in class. This research also includes descriptive research because it describes how a learning technique is applied and how the desired results can be achieved. The results of this study indicate that the Learning Cycle model has a positive impact on improving student achievement. This can be seen from the depth of students' understanding of the material conveyed by the teacher (learning completeness increases from rounds/cycles I, II, and III), namely 50.00%, 75.00%, and 100.00%, respectively. In the third cycle of a classical student, learning completeness has been achieved.
Trend penelitian higher-order thinking skills IPA di sekolah dasar: Studi literatur pada publikasi jurnal nasional dalam 5 tahun terakhir Inas Alya Rigisa; Ika Maryani
Teacher in Educational Research Vol 4, No 2 (2022)
Publisher : Research and Social Study Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33292/ter.v4i2.215

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana rekomendasi peluang trend topik penelitian yang akan datang, pemetaan kaitan antar kata kunci, dan perkembangan artikel penelitian terhadap HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar pada tahun 2017-2021. Metode pada penelitian ini adalah Mix Method yaitu dengan menggunakan studi literatur dan pendekatan bibliometric. Teknik yang digunakan adalah analisis konten dengan mendeskripsikan dan analisis data menggunakan bantuan software VosViewers serta Microsoft Excel. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui peluang penelitian yang akan datang yaitu e-module flipbook, sciencetific literacy dan science learning outcomes yang kemudian dihubungkan dengan HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar. Pemetaan kaitan antar kata kunci berdasarkan enam warna cluster hasil visualisasi VosViewers diantaranya adalah critical thinking skills, science, keterampilan berpikir kritis, LKPD, Problem Based Learning, dan instrumen penilaian yang sejatinya keenam kata kunci tersebut saling berhubungan satu sama lain. Perkembangan artikel penelitian berdasarkan hasil analisis VosViewers dan visualisasi menggunakan Microsoft Excel yaitu dapat diketahui bahwa setiap tahunnya penelitian terkait HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar ini mengalami perkembangan. Hal tersebut terbukti dengan adanya garis grafik yang menyerong ke kanan atas tanpa adanya penurunan disetiap tahunnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 2