cover
Contact Name
Adhi Surya
Contact Email
J.Kacapuri@gmail.com
Phone
+6287782738533
Journal Mail Official
J.Kacapuri@gmail.com
Editorial Address
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam kalimantan MAB Gd A lt 2, Jalan adhiyaksa No 2 Kayu Tangi Banjarmasin Kalsel-70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil
ISSN : 25023179     EISSN : 26566001     DOI : 10.31602
JURNAL KACAPURI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Program Studi (S-1) Teknik Sipil Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Redaksi menerima sumbangan artikel ilmiah dari para peneliti, pendidikan dan pemerhati masalah-masalah atau scope and focu
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)" : 10 Documents clear
ANALISA TARIF ANGKUTAN BARANG ROUTE KOTA BANJARMASIN – AMUNTAI DENGAN METODE BIAYA OPERASI KENDARAAN Abdurrahman Abdurrahman; Susiladewi Susiladewi
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9726

Abstract

Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan ekonomi yang semakin meningkat, kebutuhan akan angkutan barang juga meningkat dengan konsekuensi logis yang akan terjadi pada angkutan barang yaitu meningkatnya nilai tambah harga suatu barang. Mengingat nilai finansial yang akan terjadi dalam pergerakan transportasi barang maka penentuan tarif angkutan barang sangat dominan sebagai faktor utama yang harus dipertimbangkan karena kebijakan tarif mempunyai dampak luas dalam aplikasi angkutan barang.Tarif adalah tingkat harga atau biaya yang dibayarkan oleh pengguna jasa angkutan barang per satuan trip, berat atau per satuan volume per kilometer. Tarif dimaksudkan untuk mendorong terciptanya penggunaan prasarana dan sarana perangkutan secara optimum dengan mempertimbangkan lintas yang bersangkutan.Dalam perhitungan biaya (tarif angkutan) barang menggunakan pendekatan. Biaya produksi kendaraan artinya tarif angkutan barang tersebut ditetapkan berdasarkan biaya operasional kendaraan ditambah dengan sejumlah presentase pengelolaan dan keuntungan yang diperkenankan studi kasus ini meninjau tarif angkutan barang khusus rute Banjarmasin – Amuntai sepanjang ± 200 km dengan angkutan darat. Dimana dalam kasus ini akibat tarif yang rendah menyebabkan kecenderungan pemilik jasa transportasi menambah jumlah muatan angkutan, maka salah satu dampak yang ditimbulkan terhadap prasarana jaringan jalan adalah tidak tercapainya umur rencana jalan sehingga biaya yang dikeluarkan untuk biaya konstruksi jalan yang ditimbulkan cukup besar, dampak lain yang ditimbulkan juga dampak keselamatan lalu lintas oleh karena itu penelitian mengenai tarif ini dirasa perlu dilakukan.Perhitungan tarif angkutan berdasarkan mengacu pada pedoman teknis penentuan tarif angkutan barang dan penumpang dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dengan tiga komponen dasar yaitu biaya kepemilikan, Biaya Tetap dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK)
ANALISIS KINERJA ARMADA DAN TARIF BUS AKAP TRAYEK SURABAYA- YOGYAKARTA (Studi Kasus : PO Sumber Selamat) Vicky Dian Saputro; Hary Moetriono
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9725

Abstract

Surabaya merupakan pusat transportasi darat, yakni pertemuan dari sejumlah jalan raya yang menghubungkan surabaya dengan kota-kota lainnya. Urbanisasi masyarakat Surabaya ke Yogyakarta pun tidak bisa dihindari, sebaliknya masyarakat Yogyakarta ke Surabaya sekarang banyak masyarakat yang ingin bekerja, dan bersekolah Dengan jarak Surabaya ke Yogyakarta sekitar 324,5 km pastinya memerlukan suatu alat transportasi yang layak agar bisa berpergian dengan nyaman dan aman, salah satu alternatifnya yaitu bus umum. Salah satunya PO Sumber Selamat mulai ada keluhan dari pengguna mengenai kinerja dan tarif sehingga mengakibatkan turunnya jumlah penumpang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja angkutan Bus Sumber Selamat pada trayek Surabaya-Yogyakarta dengan standar Direktorat Jendral Perhubungan Darat,2006Metode penelitian ini menggunakan SWOT dengan membagikan kuisoner kepada pengguna PO Sumber Selamat dan pengumpulan data primer (jumlah naik turun penumpang, load factor, waktu tempuh). Data dianalisis menggunakan program Microsoft Excel untuk kemudian hasilnya dibandingkan dengan indikator kinerja yang didasarkan pada standar Direktorat Jendral Perhubungan Darat,2006Hasil penelitian pada metode SWOT menggunakan strategi dengan terus melakukan peremajaan bus secara bertahap diharapkan akan dapat bersaing dengan competitor guna menarik minat masyarakat, mempunyai pelayanan yang baik dan profesional akan dapat mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya, jadwal keberangkatan yang lebih banyak dari kereta api akan sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan bus. Untuk hasil penelitian dengan menggunakan pengumpulan data primer telah memenuhi standar load factor, kecepatan perjalanan, waktu perjalanan dan waktu pelayananan.
PENGEMBANGAN METODE ANALISA STRUKTUR PORTAL PENDEKATAN DISKRIT MENGGUNAKAN MATLAB Anis Aulia Ulfa; Karmila Achmad
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9135

Abstract

Pilihan digitalisasi untuk penyelesaian analisa struktur didasarkan pada keunggulan tidak hanya penyelesaian yang cepat, tetapi juga akurasi, efektivitas, dan kemudahan penggunaan. Struktur statis tak tentu memiliki metode penyelesaian yang berbagai macam, seperti metode Cross, Takabeya dan Kani, yang dapat dikelompokkan ke dalam metode distribusi momen. Defleksi kemiringan, metode analog kolom adalah metode lain untuk menyelesaikan struktur statis tertentu dalam pendekatan yang berbeda. Konsep kekakuan pada metode diskrit  mulai diperkenalkan karena model struktur yang dimodelkan sebagai gabungan atau rakitan dari beberapa elemen. Salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mendukung perhitungan analisis struktur adalah MATLAB. Mempertimbangkan masalah komputerisasi dan penggunaan bahan ajar, serta kebutuhan sumber daya manusia yang handal dalam sistem komputer, penelitian ini dilakukan dengan membandingkan analisa struktur pendekatan diskrit menggunakan program MATLAB dan membandingkan hasilnya berdasarkan SAP2000. Perbandingan kedua analisa tersebut membuktikan bahwa analisa menggunkan MATLAB dengan pendekatan diskrit dapat mendekati hasil analisa SAP2000. Penelitian ini memberikan alternatif metode analisa struktur portal (balok miring) menggunakan MATLAB dengan pendekatan diskrit yang dapat mempermudah mahasiswa dalam menganalisa struktur secara klasik (tanpa program analisa struktur seperti SAP2000).  Dengan adanya rumusan matriks pada MATLAB, dapat dikembangkan menjadi sebuah program perangkat lunak metode elemen hingga
STABILISASI TANAH GAMBUT MENGGUNAKAN PENAMBAHAN KAPUR DAN ABU SEKAM PADI DITINJAU TERHADAP NILAI KUAT TEKAN DAN KUAT GESER (STUDI KASUS: KECAMATAN SUNGAI TABUK, KABUPATEN BANJAR, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN) Akhmad Gazali; Robiatul Adawiyah; Muhammad Gunawan Perdana; Hairunisa Hairunisa; Ahmad Azhari Yuanda
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9487

Abstract

Pembangunan konstruksi di atas tanah gambut sering menimbulkan berbagai masalah sehingga memerlukan perhatian khusus dalam analisis daya dukungnya. salah satu alternatif yang digunakan untuk memperbaiki daya dukung dan kualitas tanah ialah dengan stabilisasi. Stabilisasi merupakan usaha dalam memperbaiki sifat fisik dan mekanik tanah, yaitu dengan penambahan zar aditif berupa kapur dan abu sekam padi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai kuat tekan dan kuat geser tanah gambut sebelum dan sesudah distabilisasi menggunakan kapur dan abu sekam padi serta pengaruh variasi waktu pemeraman terhadap nilai kuat tekan dan kuat geser. Penambahan kapur 10%, dan abu sekam padi 5%, 10%, 15%, dengan waktu pemeraman 0 hari, 4 hari, dan 7 hari. Tanah diambil dari Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Nilai kuat tekan bebas tertinggi terjadi pada campuran kapur 10% + abu sekam padi 15% dalam waktu pemeraman 7 hari pada titik 1 sebesar 1,786 kg/cm2 dan pada titik 2 sebesar 1,990 kg/cm2, sedangkan nilai kohesi tertinggi terjadi pada kadar campuran kapur 10% + sekam 15% dalam waktu pemeraman 7 hari sebesar 0,39 pada titik1 dan 0,35 pada titik 2, serta nilai sudut geser pada titik 1 sebesar 63,2o dan titik 2 sebesar 60,0o.
PENGARUH FLY ASH DAN AIR GAMBUT TERHADAP POROSITAS DAN KUAT TEKAN BETON POROUS DI KALIMANTAN SELATAN Eka Purnamasari; Robiatul Adawiyah; Tezar Aulia Rachman; Fathurrahman Fathurrahman; Febby Eleanor; Tedy Riansyah
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9719

Abstract

Beton porous adalah suatu inovasi pada konstruksi perkerasan jalan yang memiliki konsep  ramah lingkungan, karena mempunyai rongga udara pada permukaan struktur betonnya yang berfungsi mengalirkan air dari permukaan kedalam tanah. Beton porous menghasilkan ruang-ruang kosong sebagai rongga udara sebesar 15%-25% dari total keseluruhan volumenya serta memiliki nilai slump yang mendekati nol. Menggunakan fly ash sebagai pengurangan semen dalam beton porous. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kuat tekan beton porous dan porositas beton porous. Pengujian dilakukan pada Laboratorium Struktur dan Bahan dan menggunakan metode SNI. Dari hasil penelitian didapatkan kuat  tekan karakteristik untuk beton porous perendaman air PDAM dengan fly ash 0% sebesar 20,391 MPa, beton porous dengan fly ash 15 % sebesar 22,170 MPa, dan beton porous dengan fly ash 30 % sebesar 4,479 MPa, sedangkan kuat tekan beton porous perendaman air gambut dengan fly ash  0 % sebesar 16,750 MPa, beton porous dengan  fly ash 15 % sebesar 14,740 MPa dan beton porous dengan fly ash 30 % sebesar 3,670 MPa. Nilai porositas beton 0% memiliki porositas yang sedang, 15 % fly ash memiliki porositas yang rendah dan 30 % fly ash memiliki porositas yang tinggi dari data yang lain.
PENGARUH JENIS TANAH TERHADAP TINGKAT KECEPATAN RESAPAN PADA BIOPORI Kukuh Wisnuaji Widiatmoko; Faizal Mahmud
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9440

Abstract

Salah satu upaya untuk menjaga fungsi dari air tanah agar terjaga adalah dengan membuat titik-titik resapan air agar menjadi tampungan sementara bagi air hujan. Lubang Resapan Biopori adalah salah satu teknologi sederhana yang merupakan solusi praktis dan mudah serta tidak memerlukan biaya yang besar, teknologi ini dipakai untuk mengurangi volume limpasan yang berlebih pada saluran saat terjadi hujan serta untuk membantu dalam peresapan air kedalam tanah. teknologi ini dipakai untuk untuk membantu dalam peresapan air kedalam tanah. Pada lokasi penelitian terdapat 2 jenis tanah yaitu tanah liat berlumpur dan tanah liat berpasir. Dari percobaan tersebut berdasarkan kedalaman pipa resapan yaitu 30 cm, 60 cm, dan 90 cm didapatkan hasil yaitu semakin dalam lubang resapan yang digunakan maka volume tampungannya semakin besar. Hal ini karena semakin dalam lubang resapan maka luasan penampang resapnya semakin besar sehingga semakin banyak juga daya resapnya, sedangkan waktu peresapan pada tanah liat berpasir lebih cepat dibandingkan dengan peresapan pada tanah liat berlumpur. Hal ini dikarenakan pori-pori tanah pada tanah liat berpasir cenderung lebih terbuka sehingga air dapat lebih cepat untuk meresap ke tanah.
ANALISIS KEMACETAN JALAN PADA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG LAKSAMANA BINTAN-BATAM) Muhamad Rafi Aswad; Aan Andriawan; Amanatullah Savitri
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9723

Abstract

Kota yang berbentuk pulau ini memiliki sejumlah infrastruktur sarana dan prasarana nya yang cukup terbilang lebih maju dibanding kota lainnya yang berada di wilayah Kepulauan Riau. Kota Batam juga termasuk salah satu kota yang mempunyai kemacetan yang cukup parah, dikarenakan hal itu sering terjadi maka saat ini banyak akses jalan raya di sudut kota batam dilakukan perombakan atau pelebaran jalan. Gunanya adalah untuk mengurangi tingkat kemacetan yang dapat menghambat kegiatan yang ada di Batam. Penelitan dilakukan di jalan Laksamana Bintan pada kawasan tak bersinyal bengkong. Daerah tersebut merupakan salah satu tingkat kemacetan yang tinggi pada kota batam. Oleh karenanya hal itu menjadi perhatian besar untuk segera diminimalisir agar tidak terjadi di kemudian hari. Puncak kemacetan adalah pada jam sibuk pukul 17:00 – 18:00. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara survey langsung pada simpang tak bersinyal di ruas jalan Laksamana Bintan. Data yang dibutuhkan dalah data volume lalu lintas saat jam sibuk dan menghitung tingkat kebisingan. Dari hasil survei yang telah dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan perlintasan pada simpang tersebut dipengaruhi jumlah lajur dan arus lalu lintas tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan dengan Pengolahan data dilakukan berdasarkan ketetapan dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI,1997). Dampak positif dari implementasi yang diterapkan pada ruas Jalan Laksamana Bintan tersebut dengan melakukan perbaikan persimpangan, pembersihan pedagang kaki lima dan parkir liar yaitu akan berkurangnya hambatan samping yang terjadi disekitar daerah tersebut yang membuat tidak adanya kemacetan.
PENGARUH PENERAPAN PROGRAM PADAT KARYA TERHADAP MUTU PEKERJAAN INFRASTRUKTUR DESA Nuliyati Rumbia; Muhammad Tharik Kemal; Erwin Syaiful Wagola; Mentari Rasyid; Ayu Sukma Aris
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan kegiatan padat karya tunai (PKT) pada pelaksanaan pekerjaan pembangunan infrastruktur pedesaan, dimana penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang cara pengumpulan datanya diperoleh dengan memberikan angket atau kuesioner yang berisi pertanyaan kepada responden untuk diisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penerapan program padat kara tunai (PKT) terhadap mutu pekerjaan berpengaruh signifikan sebesar 80%. Ini berarti bahwa mutu pekerjaan infrastruktur di desa hampir seara menyeluruh dipengaruhi kualitasnya oleh penerapan program padat karya tunai ini, dimana dalam pelaksanaan pekerjaan kurang sekali penegendalian mutunya karna tidak terdapat manajemen mutu yang baik, dan sisahnya lagi sebesar 20% diengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dipaparkan dalam penelitian ini.
PENGELOLAAN PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN THE ICON MENGGUNAKAN METODE MANAJEMEN KONSTRUKSI DI MASA PANDEMI COVID-19 Charas Dhaniel; Mulia Pamadi; Amanatullah Savitri
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9724

Abstract

Konstruksi telah dipengaruhi secara signifikan oleh COVID-19. Di beberapa negara, proyek konstruksi dihentikan, dan bahkan di beberapa negara di mana pekerjaan konstruksi dihentikan masih diizinkan, standar keamanan yang tinggi diperlukan. Keamanan lokasi konstruksi sangat penting selama pandemi COVID-19. Kontraktor bertanggung jawab untuk menciptakan tempat kerja yang aman di situs proyek. Manajemen proyek merupakan salah satu aspek penting dalam penerapan ilmu, keahlian, pengetahuan dan keterampilan konstruksi guna mencapai tujuan keluaran proyek dan tujuan yang telah ditentukan agar diperoleh hasil yang optimal dari segi waktu, mutu, kinerja, keselamatan dan estimasi biaya proyek. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan sebagai data sekunder dan observasi sebagai data primer dengan menganalisis manajemen konstruksi di perumahan The Icon mulai dari jadwal pelaksanaan pekerjaan, volume pekerjaan, rencana anggaran biaya, perhitungan menggunakan Kurva S dan blok kode serta perhitungan arus kas, selain itu dilakukan penyebaran survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggaran untuk menyelesaikan proyek pembangunan Perumahan The Icon sebesar Rp 1.922.627.112 sudah termasuk pembayaran pajak sebesar 10 persen. Kemudian, dibutuhkan waktu dua tahun satu bulan untuk menyelesaikan proyek konstruksi tersebut. Dalam pelaksanaan konstruksi, terdapat beberapa kendala yaitu, berkurangnya jumlah pekerja akibat terjangkit virus Covid-19 dan kenaikan harga material bangunan. Kontraktor membuat kebijakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah jadwal bekerja, cuti dan lembur karyawan, serta menggati material bangunan dengan mengganti spek besi dan mendesign ulang. Dengan hasil penilitian ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam manajemen konstruksi kondisi pandemi.
UPAYA PEMENUHAN AIR BERSIH MASYARAKAT PULAU BELAKANG PADANG MELALUI SISTEM SEA WATER REVERSE OSMOSIS Mohammad Adolf Ferdinand; Amanatullah Savitri
Jurnal Kacapuri : Jurnal keilmuan Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2022): JURNAL KACAPURI : JURNAL KEILMUAN TEKNIK SIPIL (Edisi Desember 2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jk.v5i2.9094

Abstract

ABSTRAKPenyediaan air bersih adala salah satu dari sekian banyak aspek hak asasi manusia terkait kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk menunjang kehidupan seseorang, termasuk masyarakat Belakang Padang. Namun hak asasi ini belum dirasakan oleh masyarakat Belakang Padang. Masyarakat Belakang Padang masih kesulitan mendapatkan akses air bersih. Menyikapi permasalahan tersebut, pemerintah memutuskan untuk membangun instalasi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) di Belakang Padang. Teknologi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat sekitar akan air bersih. Oleh karena itu, kami melakukan penelitian ini dengan harapan dapat memberikan gambaran tentang sistem kerja, pelanggan, dan efektivitas SWRO Belakang Padang dalam kinerjanya dalam melayani masyarakat. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan menggunakan wawancara dan survei lapangan. Informasi yang diperoleh kemudian dicatat, didokumentasikan, dan diolah menjadi bentuk dan data tertulis. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem SWRO telah mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Belakang Padang. Meski begitu, masih ada beberapa kendala dan kekurangan dalam sistem SWRO ini, seperti harga yang mahal dan perawatan yang membutuhkan perhatian lebih. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, pemerintah dan pengelola SWRO di Belakang Padang dapat melakukan evaluasi agar dapat terus memberikan pelayanan yang maksimum serta prima kepada masyarakat yang bermukim Pulau Belakang Padang.Kata Kunci: Sea Water Reverse Osmosis, Air Bersih, Desalinasi, Belakang Padang ABSTRACTThe certainty of the supply of clean water is one aspect of human rights that must be fulfilled in order to support the life of an individual, including the people of Belakang Padang. However, this human right has not been felt by the people of Belakang Padang. The people of Belakang Padang are still having difficulty getting access to clean water. In response to this problem, the government decided to build a Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) installation at Belakang Padang. This technology is expected to answer the needs of the surrounding community for clean water. Therefore, we have conducted this research in the hope of providing an overview of the work system, customers, and effectiveness of SWRO Belakang Padang in its performance in serving the community. This descriptive study was conducted using interviews and field surveys. The information obtained then recorded, documented, and processed into written form and data. The results obtained from this study indicate that the SWRO system has been able to meet the clean water needs of the people of Belakang Padang. Even so, there are still some obstacles and shortcomings in this SWRO system, such as the high price and maintenance that requires more attention. It is hoped that with this research, the government and SWRO managers in Belakang Padang can evaluate so that they can continue to provide excellent service to the communityKey word: Sea Water Reverse Osmosis, Clean Water, Desalination, Belakang Padang

Page 1 of 1 | Total Record : 10