cover
Contact Name
Sri Andika Putri
Contact Email
optimaunitri@gmail.com
Phone
+6281330603579
Journal Mail Official
optimaunitri@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
OPTIMA
ISSN : 2549239X     EISSN : 25492705     DOI : 10.33366/optima
Agribisnis, Ekonomi, dan Sosial Semua hal yang berkaitan dengan hasil penelitian atau pemikiran dibidang agribisnis, ekonomi, dan sosial
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021)" : 7 Documents clear
ANALSIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI INSTRUMEN PERENCANAAN LABA (PADA PERUSAHAAN PANGAN SEJAHTERA SUKABUMI PABRIK TAUCO) Astri Nurani; Sakti Alamsyah; Sulaeman Sulaeman
OPTIMA Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/optima.v5i1.2708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan laba pada perusahaan Pangan Sejahtera dengan menggunakan metode analisis break even point. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2018 BEP mencapai Rp.635.984.615 atau 10.364 unit. Di tahun 2019 BEP mencapai Rp.736.659.375 atau 11.864 unit dan tahun 2020 BEP mencapai Rp.869.831.967 atau 13.303 unit. Margin of safety tahun 2018, 2019, dan 2020 adalah 90,70%, 89,94% dan 87,95%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perusahaan Pangan Sejahtera telah mencapai titik impas. Adapun perencanaan laba yang diinginkan oleh perusahaan di tahun 2021 sebesar Rp.4.000.000.000 sehingga penjualan harus menghasilkan 120.890 unit atau sebesar Rp.7.427.209.016.
PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, PERPUTARAN KAS, DAN PERPUTARAH PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS Sagita Rahayu; Idang Nurodin; Evi Martaseli
OPTIMA Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/optima.v5i1.2713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Kas, dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas (ROA). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling. Jenis data adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara persial perputaran modal kerja, perputaran kas, dan perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA). Sedangkan secara simultan perputaran modal kerja, perputaran kas, dan perputaran piutang berpengaruh terhadap profitabilitas. Hal ini dikarenakan jika pengelolaan perputaran modal kerja, perputaran kas, dan piutang baik maka profitabilitas yang dihasilkan akan mengalami peningkatan.
EVALUASI KINERJA KOPERASI DALAM UPAYA MENIGKATKAN KINERJA PENGURUS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM CAHAYA NARARAY, DESA CIMEKAR KEC. CILEUNYI KAB.BANDUNG) Mega Mariani; Nabilla Haedarroh Shafira; Winda Sri Rahayu
OPTIMA Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/optima.v5i1.2709

Abstract

Tujuan pada penelitian ini dilakukan agar mengetahui seberapa mengingkatnya kinerja pengurus dalam masa pandemi Covid-19 ini dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh koperasi simpan pinjam dalam meningkatkan kinerja para pengurus koperasi. Objek dalam penelitian kelompok kami ini yaitu Koperasi Simpan Pinjam Cahaya Nararay yang berada diwilayah Desa Cimekar, Kec. Cileunyi Kabupaten Bandung. Evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan metode balance scorecard yaitu pengukuran kinerja dari pengurus dan pengawas koperasi dengan menggunakan 4 perspektif. Keadaaan koperasi dapat dikatakan dalam keadaan cukup akan tetapi mengalami beberapa penurunan. Adapun beberapa usulan dari hasil evaluasi kinerja koperasi sebagai upaya mengingkatkan kinerja dari pengurus maupun pengawas agar lebih baik dan berkualitas, dapat dilihat dari segi persepektif keuangan yaitu meningkatkan jumlah pendapatan melalui media pemasaran, pada segi perspektif pelanggan yaitu menjalin dan menjaga hubungan dengan anggota koperasi, segi perspektif proses bisnis internal yaitu pengadaan produk baru atau membuat desain pamflet sebagai media promosi, dan dari segi perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu pengadaan pendidikan dan pelatihan khusus kepada pengurus maupun pengawas koperasi.
PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2020) Rintan Maulida K. Suryana; Eris Darsawati; Gatot Wahyu Nugroho
OPTIMA Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/optima.v5i1.2715

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan mengambil data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia yaitu ww.idx.co.id. Hasil uji t untuk variabel Biaya Promosi menunjukkan bahwa thitung 5,091 ttabel 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 α 0,05, yang berarti Biaya Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara pasrial terhadap Volume Penjualan. Kemudian untuk uji t variable Biaya Distribusi pun menunjukkan hasil yang serupa dengan thitung 5,659 ttabel 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 α 0,05, maka Biaya Distribusi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Volume Penjualan. Sedangkan hasi uji F menunjukkan nilai Fhitung 98,419 Ftabel 3,100, serta nilai signifikansi 0,000 000 α 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Biaya Promosi dan Biaya Distribusi berpengaruh positif dan signifikan secara stimultan terhadap Volume Penjualan. Hasil uji R2 nilai R Square sebesar 0,693 atau 69,3%. Maka masih terdapat sekitar 30,7% faktor lain yang mempengaruhi volume penjualan dan dapat diteliti untuk penelitian selanjutnya.
Pengaruh Book Value, Market Value dan Debt Maturity dari Leverage Terhadap Green Firm Investment Dimoderasi oleh Firm Size dan Firm Age Rifqi Pandu Kusuma; Fadilla Rahma Hayati Hayati; Farah Margaretha Leon
OPTIMA Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/optima.v5i1.2710

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah leverage yang dilihat dari book value, market value dan debt maturity berpengaruh terhadap green firm investment. Variabel independen dalam penelitian ini adalah book value, market value dan debt matiurity. Sedangkan variabel dependennya adalah green firm investment. Ada dua variabel pemoderasi dalam penelitian ini yaitu firm size dan firm age. Studi ini mengumpulkan data dari 19 perusahaan manufaktur yang menerapkan CSR lingkungan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 6 tahun (2014-2019). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa book value berpengaruh positif signifikan terhadap investasi perusahaan, Market value berpengaruh negatif signifikan terhadap investasi, sedangkan debt maturity berpengaruh positif signifikan terhadap investasi. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menyajikan model yang berhasil bagi perusahaan manufaktur di Indonesia untuk lebih berkonsentrasi pada peningkatan nilai perusahaan. Dalam kebaruan penelitian ini, data investasi perusahaan hijau diambil dari data tanggung jawab sosial perusahaan yang berhubungan dengan lingkungan dan pembinaannya.
PENGARUH PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN SUB SEKTOR RITEL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2019 Restu Ayuning Kusumawardhani; Edi Suswardji Nugroho
OPTIMA Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/optima.v5i1.2711

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya pengaruh profitabilitas dan nilai perusahaan terhadap harga saham. Salah satu indikator yang digunakan yaitu rasio Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dan EPS. Tobin’s Q yang merupakan indikator dari Nilai Perusahaan. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu menggunakan kriteria dalam pengambilan sampel nya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji f dan uji t dengan menggunakan SPSS sebagai pengolahan data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap harga saham, Earning Per Share (EPS) dan Tobin’s Q berpengaruh positif terhadap harga saham. Kemudian secara simultan Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS) dan Tobin’s Q berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perdagangan sub sektor ritel yang terdaftar di BEI periode tahun 2015-2019.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SUBSEKTOR LOGAM DAN SEJENISNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Nuraini Nuraini; Edi Suswardji Nugroho
OPTIMA Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/optima.v5i1.2712

Abstract

Perusahaan subsektor logam dan sejenisnya tengah menghadapi permasalaha disrupsi. Permasalahan tersebut dapat mengancam keberlangsungan usaha logam yang kini mulai tergeser dengan bahan baku jenis lain. Seperti plastik yang terus mengalami peingkatan kekuatan dan dapet menggantikan logam sebagai bahan baku di bidang industri otomotif, infrastruktur, atau lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan subsektor Logam dan Sejenisnya tahun 2014-2019. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan alat analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan; sedangkan Leverage secara parsial berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan dan secara simultan Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7