cover
Contact Name
JAMN Admin
Contact Email
jamn@polibatam.ac.id
Phone
+62 778 469856
Journal Mail Official
jamn@polibatam.ac.id
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal of Applied Multimedia and Networking
ISSN : -     EISSN : 25486853     DOI : -
Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN) is a journal published by Study Program of Multimedia and Networking, Politeknik Negeri Batam. The JAMN is issued 2 times a year in electronic form. The electronic pdf version is accessible on the internet free of charge. We encourage all interested contributors to submit their work for consideration. e-ISSN: 2548-6853
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): Journal Of Applied Multimedia and Networking" : 4 Documents clear
ANALISA EKSEKUSI WAKTU DARI OBJEK AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN TEMPAT MEMANCING BATAM Riwinoto - May Jackson
JOURNAL OF APPLIED MULTIMEDIA AND NETWORKING Vol 1 No 1 (2017): Journal Of Applied Multimedia and Networking
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.685 KB) | DOI: 10.30871/jamn.v1i1.589

Abstract

Augmented reality or in Indonesian commonly called as an additional reality is a technology that combines the objects in three-dimensional and two-dimensional then displayed it to a real world environment. Augmented reality is used for interactive games, presentations, and media promotions. When we used augmented reality, time that requires to display the object is very important, so that users do not have to wait too long for the object to appear. In augmented reality, there are several methods and researchers using marker-based tracking. After testing by calculating the average time that required by every three-dimensional objects and two-dimensional objects, it showed that two-dimensional objects require less time than the three-dimensional objects.
Deteksi serangan maya pada komputer server berbasis SMS Gateway Nur Cahyono K, S.Si., M.Sc - Supardinata
JOURNAL OF APPLIED MULTIMEDIA AND NETWORKING Vol 1 No 1 (2017): Journal Of Applied Multimedia and Networking
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.74 KB) | DOI: 10.30871/jamn.v1i1.590

Abstract

Seiring komputer server terhubung dengan jaringan internet maka diperlukan proteksi yang lebih protektif guna menghindari dari ancaman serangan dari penyusup. Sering kali kendala yang dihadapi oleh para administrator jaringan adalah keterlambatannya penanggulangan langkah responsif untuk mencegah terjadinya serangan pada komputer server. Sistem deteksi ini memanfaatkan aplikasi Snort dengan mode IDS (intrusion detection system) dan SMS gateway yaitu Gammu dengan tujuan untuk mendeteksi terjadinya serangan maya secara realtime, mengirimkan SMS kepada Administrator secara automatis jika terdapat aktivitas jaringan yang mencurigakan, dan mencegah aksi terlalu jauh bagi penyusup. Akhirnya, administrator jaringan tidak perlu berada didepan komputer server seharian karena sistem deteksi ini dapat memonitoring selama sistem berjalan.
PEMBUATAN GAME 3D “AGEN PEMBURU HEWAN” MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC UNTUK PEMBERIAN SARAN PADA FPS TERHADAP NPC Riwinoto - Asyam Ahmadi - Lia Nurwahdini
JOURNAL OF APPLIED MULTIMEDIA AND NETWORKING Vol 1 No 1 (2017): Journal Of Applied Multimedia and Networking
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.548 KB) | DOI: 10.30871/jamn.v1i1.591

Abstract

Game First Person Shooter (FPS) adalah game dengan senjata api yang menggunakan sudut pandang orang pertama dengan mengsimulasikan seperti yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan. Game Agen Pemburu Hewan merupakan game FPS yang dibuat menggunakan Unity 3D sebagai game engine. Game ini memiliki Non-Player Character (NPC) musuh yang memiliki kecerdasan buatan untuk melakukan tindakan sesuai dengan kondisi NPC saat itu. Tidak hanya pada NPC, FPS atau player juga memiliki sistem support yang dibangun dari teknik kecerdasan buatan berupa saran yang ditampilkan menggunakan GUI Box. Kecerdasan buatan untuk FPS dan NPC menggunakan metode Fuzzy Logic. Pengamatan pada first person shooter yang menggunakan fuzzy logic dan non fuzzy logic terhadap sisa peluru memiliki hasil yang berbeda untuk player ketika game dimainkan. Menggunakan fuzzy logic dari 15 percobaan permainan rata-rata sisa peluru yaitu 56,06 peluru. Sedangkan non fuzzy logic rata-rata sisa peluru yaitu 27,73 peluru dari 100 jumlah peluru. Pengamatan ini memberikan manfaat yang berguna ketika memainkan game dalam menyelesaikan misi dengan sisa peluru yang banyak. Pada Non player character berbeda denga FPS, NPC dapat diuji coba menggunakan fuzzy logic dan non fuzzy logic terhadap waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan game sebanyak 15 kali. NPC ketika diberikan fuzzy logic memiliki jumlah rata-rata yaitu 661 detik. Sedangakan pada NPC non fuzzy logic waktu yang di perlukan adalah 457,6 detik. Hal ini menunjukkan bahwa NPC ketika di berikan fuzzy logic akan menyulitkan dan memerlukan waktu yang cukup lama oleh player dalam menyelesaikan misi game.
Observasi Tingkat Ketertarikan Anak Terhadap Video Klip Animasi 2D Lagu Daerah di Indonesia Riwinoto - Muthmainah - Rani Wulansari - Tia Tamita - Elvira Amanda - Selly Artaty Zega
JOURNAL OF APPLIED MULTIMEDIA AND NETWORKING Vol 1 No 1 (2017): Journal Of Applied Multimedia and Networking
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.753 KB) | DOI: 10.30871/jamn.v1i1.592

Abstract

Animation means animate, the attempt to move something that can’t move. Making animations can be performed using Luther Sutopo methods, what is divided into six stages, namely Concept, Design, Master Collecting, Assembly, Testing and Distribution. Making the Animation has been done in many countries, so do Indonesian country. Then Animation turned out to have a big hand in folk song to children. And attract children to learn more about Indonesia, especially for Yogyakarta folk song.

Page 1 of 1 | Total Record : 4