Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1"
:
10 Documents
clear
PENERAPAN NILAI MORAL KEADILAN PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PUTRA KHATULISTIWA KOTA PONTIANAK
MASWARDI, YULIANANINGSIH
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (218.702 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.514
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya menerapkan nilai moral keadilan pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Putra Khatulistiwa Kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan bentuk penelitian studi survey. Alat pengumpul data yaitu angket, pedoman wawancara dan panduan observasi. Jumlah populasi sebanyak 57 orang siswa dan 1 orang Guru PKn Kelas VIII. Dari hasil penelitian dapat dirincikan sebagai berikut; (1) Upaya menerapkan nilai moral keadilan sesuai hati nurani pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Putra Khatulistiwa Pontianak sudah dilaksanakan dengan baik. (2) upaya Guru PKn menerapkan nilai moral keadilan dalam mengontrol diri pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Putra Khatulistiwa Pontianak sudah dilaksanakan dengan cukup baik. (3) upaya guru PKn menerapkan nilai moral keadilan dalam rasa hormat pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Putra Khatulistiwa Pontianak sudah dilaksanakan dengan baik. Maka kesimpulannya bahwa upaya menerapkan nilai moral keadilan pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Putra Khatulistiwa Kota Pontianak sudah Baik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MENGGUNAKANMETODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
WIDIASTUTI, HENI
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (539.726 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.509
Penerapan metode pembelajaran kontekstual merupakan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya. penelitian ini menggunakan metode action research dengan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI A SMA Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya tahun pelajaran 2016/2017. Data diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis data diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. pada tahap pra tindakan hasilnya meningkat menjadi 66,58 pada siklus I dan meningkat menjadi 83,63 pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 4,43%. Dari pelaksanaan tindakan ini disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas XI menggunakan metode pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya sukses dilaksanakan.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTEGRATED TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ORGANISASI DAN EKSTRAKURIKULER DI PROGRAM STUDI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK
MOAD, MOAD
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (405.734 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.515
Kondisi yang tidak kondusif dalam pembelajaran berdampak pada sulit mengembangkan pendapat, (sulit menemukan ide atau gagasan tujuan penelitian ini adalah untuk mencari informasi tentang Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Integrated Terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Organisasi Dan Ekstrakurikuler Di Program Studi PPKn IKIP PGRI Pontianak.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah pra-eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, yaitu rancangan yang menggunakan satu kelompok subyek.Alat pengumpulan data berupa tes sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) Tes yang dipilih dalam penelitian ini adalah tes awal (pretest) dan akhir (posttest) yang berbentuk pilihan ganda. Tekinik analisis data yang digunakan analisis data kulaitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Pembelajaran integrated dapat meningkatkan dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Organisasi Dan Ekstrakurikuler di IKIP PGRI Pontianak. Kreativitas belajar mahasiswa sebelum diberikan strategi pembelajaran integrated pada mata kuliah Organisasi Dan Ekstrakurikuler tergolong cukup yaitu 44,1 dengan standar deviasi 9,65 dan kreativitas belajar mahasiswa setelah diterapkan strategi pembelajaran integrated tergolong baik yaitu 67 dengan standar deviasi 11,5.
PENGUATAN KARAKTER BANGSA MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
FITRIA, HEMA
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (257.239 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.510
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan program pendidikan yang sangat penting untuk upaya pembangunan karakter bangsa. Sebagai suatu program pendidikan yang amat strategis bagi upaya pendidikan karakter, PKn perlu memperkuat posisinya menjadi ?subjek pembelajaran yang kuat? (powerful learning area) yang secara kurikuler ditandai oleh pengalaman belajar secara kontekstual dengan ciri-ciri: bermakna (meaningful), terintegrasi (integrated), berbasis nilai (valuebased), menantang (challenging), dan mengaktifkan (activating). Terdapat 4 bagian penting dalam kurikulum meliputi: tujuan, isi/materi, strategi pembelajaran, dan evaluasi. Dalam standar kompetensi kurikulum PKn, ditegaskan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai tujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan serta berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan pada karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya. Pengembangan pembelajaran PKn dalam membentuk karakter bangsa merupakan suatu bentuk pengembangan kurikulum yang dilakukan untuk memberikan dasar pemikiran yang mendunia, yang dapat dijadikan tolak ukur dalam setiap langkah guna memperkokoh ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI MORAL YANG TERKANDUNG DALAM MATERI DEMOKRASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KEPULAUAN KABUPATEN BENGKAYANG
FIRMANSYAH, SYARIF;
SULISTIAWAN, HENDRA
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (248.544 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.511
Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan nilai moral yang terkandung dalam materi demokrasi di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif analitis yang mana data yang diproleh seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, dokumen. Suyek penelitian ini ayaitu siswa dan guru SMP Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan pengajaran tentang pengembangan nilai moral pada siswa sudah baik dan terjadi perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik dan beretika.
PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP DAMPAK NEGATIF ROKOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PENDIDIKAN NILAI MORAL
Suhaida, Dada
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (128.968 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.505
Pemahaman mahasiswa terhadap dampak negatif rokok untuk meningkatkan kesadaran pendidikan nilai moral dilakukan di lingkungan mahasiswa Prodi PPKn IKIP Pgri Pontianak. Masalah umum penelitin ini, ?Pemahaman Mahasiswa terhadap nampak negatif rokok untuk meningkatkan pendidikan moral?. Tujuan penelitian ini: 1) pandangan mahasiswa terhadap dampak negatif rokok bagi kesehatan, 2) Faktor penyebab mahasiswa dikalangan prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak menjadi perokok aktif. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpul data yakni, wawancara, studi dokumentasi, studi literature dan observasi partisipatif. Dengan teknik analisis data yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap pemahaman mahasiswa terhadap dampak negatif rokok bagi kesehatan cukup baik, karena rokok dapat merusak kesehatan, lingkungan bahkan ekonomi. Pandangan mahasiswa terhadap dampak negatif rokok adalah sesuatu aktivitas yang tidak baik karena dapat merusak kesehatan dan konsentrasi dalam belajar, faktor penyebab mahasiswa merokok lebih dikarenakan pergaulan dengan teman-teman yang ingin terlihat lebih akrab dan merokok merupakan salah satu trend atau gaya untuk memperoleh kesenangan.
ANALISIS STRATEGI MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA PONTIANAK
RUBE'I, MUHAMMAD ANWAR
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (471.866 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.512
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi membangun komunikasi efektif yang di gunakan oleh guru dalam proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian studi survei. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 225 orang siswa. sedangkan jumlah sampel penelitian ini yaitu berjumlah 144 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitin ini yaitu angket, panduan observasi dan panduan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yiatu perhitungan persesntase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa srategi membangun komunikasi komunikasi efektif oleh guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Pontianak dikategorikan ?Baik? karena mencapai 73,34%.
ANALISIS PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBINAAN MORAL DI SMA TAMAN MULYA KECAMATAN SUNGAI RAYA
Octavia, Erna
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (263.457 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.507
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tata tertib sebagai sarana pembinaan moral SMA Taman Mulia Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Subjek penelitian yaitu siswa SMA Taman Mulya Kecamatan Sungai Raya. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tata tertib sebagai sarana pembinaan moral di SMA Taman Mulya Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya sudah berjalan cukup baik. Bentuk pembinaan moral yang dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan teguran, hukuman agar dapat menimbulkan efek jera pada siswa, memberikan nasehat serta arahan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok yang dilakukan secara terus menerus agar dapat menjadi kepribadian.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN
JAYADI, ROHANI
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (234.05 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.513
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kogntitif mahasiswa dengan menerapkan model course review horay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan sedangkan bentuk penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I (satu) program studi PPKn yang memiliki kemampuan kogntif relatif rendah. Kemampuan kogntif mahasiswa melalui course review horay dalam mata kuliah pengantar pendidikan menunjukkan adanya peningkatan tiap siklusnya yaitu pra siklus yang berjumlah 33 orang memperoleh nilai tuntas sebanyak 11 orang mahasiswa yaitu 33% dengan persentase ketuntasan secara klasikal yaitu 25,82%. Setelah dilakukan siklus I mahasiswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 16 orang mahasiswa yaitu 48% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40,91% dari 33 orang mahasiswa yang mengikuti tes. Selanjutnya setelah dilakukan siklus II mahasiswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 29 orang mahasiswa yaitu 88% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70,85% dari 33 orang mahasiswa yang mengikuti tes.
PERAN ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA UNIVERSITER DALAM MEMBINA KERUKUNAN ANTARUMAT BERAGAMA
NOVIANTY, FETY
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 1, No 1 (2017): EDISI 1
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (179.159 KB)
|
DOI: 10.31571/pkn.v1i1.508
Pada dasarnya, ini adalah studi penelitian tentang peran yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Asosiasi Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dalam upaya untuk membina kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka, bidang studi dokumentasi dan catatan. Subjek penelitian ini adalah Ketua dan anggota organisasi HMI dan PMKRI, Camat Sungai Ambawang, Tokoh Agama, Masyarakat Adat, dan anggota masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh organisasi HMI dan PMKRI dapat memberikan motivasi bagi masyarakat dalam membina sikap dan kepedulian bagi kemanusiaan; melestarikan budaya leluhur seperti sikap saling membantu, kerjasama, toleransi dan saling menghormati serta sikap kebersamaan yang dapat dijadikan sebagai perekat hubungan sosial dalam masyarakat.