cover
Contact Name
Tanto Askriyandoko Putro
Contact Email
tanto@stieken.ac.id
Phone
+62342-802330
Journal Mail Official
manajemen@stieken.ac.id
Editorial Address
Jl. Mastrip 59, Kota Blitar 66111
Location
Kota blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran)
ISSN : -     EISSN : 25499289     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) merupakan terbitan berkala ilmiah yang memuat artikel-artikel penelitian dari para praktisi maupun akademisi di bidang Ilmu Manajemen. Diterbitkan oleh Jurusan Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar dan terbit dua kali dalam satu tahun.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2016)" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN MODEL EKONOMI KREATIF BAGI MASYARAKAT DI DAERAH OBJEK WISATA BAHARI KABUPATEN KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR Rudolf W. Batilmurik; Hans A. Lao
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.767 KB)

Abstract

Salah satu potensi wisata yang terdapat di Kabupaten Kupang adalah wisata bahari. Namun pada kenyataannya potensi objek wisata bahari tersebut belum dikelola secara tepat oleh pemerintah maupun masyarakat setempat. Pengelolaan potensi-potensi objek wisata bahari diharapkan mampu berkontribusi bagi peningkatan pendapatan asli daerah maupun untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya di sekitar objek wisata bahari. Persoalan yang dihadapi adalah belum adanya model pengembangan objek wisata bahari secara tepat oleh pemerintah daerah maupun masyarakat. Berawal dari observasi dan wawancara yang dilakukan pelaku usaha dengan Kadin UMKM dan Koperasi serta Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kupang ditemui berbagai persoalan, diantaranya: kurangnya modal usaha, kualitas sumber daya manusia masyarakat serta tidak adanya kerja sama dengan pihak perbankan dan investor menjadi kendala dalam pengembangan ekonomi kreatif bagi peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model pengembangan ekonomi kreatif yang tepat sehingga dapat diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kupang dan pihak terkait untuk meningkatkan kunjungan wisawatan serta ekonomi masyarakat. Selain itu diharapkan model pengembangan ini diterapkan melalui 2 tahap; (1) pembuatan model pengembangan ekonomi kreatif dan (2) uji coba pengembangan model. Tahapan ini memerlukan partisipasi dari pihak Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas UMKM Kabupaten Kupang begitu juga dukungan dari masyarakat di sekitar objek wisata bahari. Dengan demikian pengembangan model ini dapat meningkatkan kemampuan dari masyarakat dan pemerintah setempat. Kata kunci: Pengembangan Model, Objek Wisata Bahari, Potensi Wisata.
ANALISIS KESIAPAN DAYA SAING INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) HANMADE INDUSTRI SEPATU KABUPATEN MAGETAN MENGHADAPI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus Hanmade Industri Sepatu Kabupaten Magetan) Yogi Yunanto
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.172 KB)

Abstract

Industri kecil dan menengah merupakan kelompok industri yang paling bertahan dalam menghadapi krisis perekonomian indonesia. tujuan penelitian ini mengetahui kondisi perkembangan IKM hanmade industri sepatu di kabupaten magetan dan mengetahui kondisi daya saing IKM hanmade industri sepatu di kabupaten magetan menghadapi era globalisasi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif menghasilkan data berupa kata-kata, tulisan atau lisan dan perilaku orang dapat diamati, mengungkapkan fakta apa adanya tentang suatu objek, gejala, keadaan, dengan pencandraan, menggambarkan, menguraikan, menginterprestasikannya dan diambil kesimpulan yang sistematis. Para pemilik IKM merekrut tenaga kerja profesional di bidang produksi sepatu bentuk perubahan mode dan penguasaan teknologi, Penggunaan mesin produksi yang bagus serta jaminan produk, implikasi praktis artikel kondisi perkembangan IKM hanmade industri sepatu di kabupaten magetan memberikan dampak positif terhadap upaya pencapaian tujuan para pemilik usaha. Adanya peningkatan daya saing sehingga mampu memberikan jaminan atas dukungan pemilik untuk mengembangakan usaha. Hasil kesimpulan perlu adanya pelatihan teknologi pengembangan produk dan kemasan serta peningkatan SDM pengrajin. Fasilitas mesin dan peralatan produksi mengikuti perkembangan teknologi. Peningkatan kwalitas melalui standarisasi produk memberikan jaminan atas kepuasan konsumen. Sosialisasi dan penerapan (SNI). Pemasaran melalui jalinan kerjasama (Kemitraan industri daerah lain) Peningkatan intensitas pemasaran melalui jaringan onlineKata Kunci: Industri Kecil Menengah (IKM), Kemampuan Daya Saing, Era Globalisasi
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BIDANG PARIWISATA: PERSPEKTIF POTENSI WISATA DAERAH BERKEMBANG Rony Ika Setiawan
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.807 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang strategi pengembangan sumber daya manusia di Bidang Pariwisata dikaji dari sudut pandang potensiwisata daerah berkembang. Keberadaan SDM diduga berperanan penting dalam pengembangan pariwisata. SDM pariwisata mencakup wisatawan/pelaku wisata (tourist) atau sebagai pekerja (employment). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,  yaitu  pendekatan  yang  bersifat induktif. Jenis penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan, pengembangan, dan pembiayaan kawasan wisata memerlukan daya dukung dari banyak stakesholder (public, private, dan society) sehingga prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Keberhasilan pengembangan kawasan ini juga sangat dipengaruhi oleh kondisi stabilitas keamanan dan politik, daya dukung sumberdaya manusia yang memiliki keahlian yang sesuai baik segi kualitas maupun kuantitasnya, adanya anggaran yang digunakan untuk mengembangkan sarana dan prasarana kawasan wisata, kebijakan hukum yang memberikan kemudahan, keamanan, transparansi dan kenyamanan bagi para investor maupun wisatawan dalam menanamkan modal dan menikmati kawasan wisata, serta sosialisasi dan promosi atas pengembangan dan pemanfaatan kawasan wisata. Kata Kunci: Sumber Daya Manusia (SDM), Pariwisata, Daerah Berkembang
ANALISIS POTENSI WISATA DAN KESADARAN WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DOMESTIK (STUDI PADA PANTAI PEHPULO DI DESA SUMBERSIH, KECAMATAN PANGGUNGREJO, KABUPATEN BLITAR) Andreas Kuntarto; Retno Murnisari
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.716 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan wisatawan lokal di Pantai Pehpulo ditinjau dari potensi wisata yang ada dan kesadaran masyarakat sekitar. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat sekitar, masyarakat yang mencari penghasilan di sekitar Pantai Pehpulo dan wisatawan lokal yang berkunjung. Analisis data penelitian ini menggunakan bantuan nilai mean item, mean variabel, serta melihat data valid dan reliabel menggunakan SPSS versi 17. Dari penelitian diketahui nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) yang diperoleh sebesar 0,674. Ini berarti bahwa 67,4% variabel terikat Kepuasan Wisatawan (Y) dapat dijelaskan oleh variabel bebas Potensi Wisata (X1) dan variabel Kesadaran Masyarakat (X2). Sedangkan sisanya 32,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Artinya nilai koefisien kedua variabel bebas lebih dari 50% sehingga dinyatakan ideal mempengaruhi variabel terikat secara keseluruhan. Potensi Wisata dan Kesadaran Masyarakat di Pantai Pehpulo sudah tinggi. Terbukti dari hasil penelitian ini dimana mean variable keduanya sama – sama 4,1.  Kata kunci: potensi wisata, kesadaran masyarakat, kepuasan wisatawan
ANALISIS DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV PUTRA LUHUR BLITAR Annisa Yunimas; Tanto Askriyandoko Putro
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.586 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disiplin dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada CV Putra Luhur Blitar. Responden penelitian ini adalah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta kuesioner dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil koefisien yang didapatkan dari regresi linear berganda adalah Y = -0,417 + 0,548 X1 + 0,473 X2. Berdasarkan persamaan tersebut, maka diperoleh nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,680. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa besarnya pengaruh variabel disiplin (X1) dan variabel motivasi (X2) terhadap variabel kinerja karyawan (Y) secara simultan atau bersama-sama adalah sebesar 68% dan besarnya variabel lain yang mempengaruhi variabel Y adalah sebesar 32%. Semakin tinggi disiplin dan motivasi, maka semakin tinggi kinerja karyawan pada CV Putra Luhur Blitar. Untuk meningkatkan disiplin dan motivasi karyawan, yang dapat dilakukan oleh CV Putra Luhur Blitar adalah sebagai berikut: (1) Meninjau ulang peraturan perusahaan tentang pedoman kerja yang harus ditaati oleh setiap karyawan. (2) karyawan diharapkan mampu termotivasi untuk maju agar pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya dapat terselesaikan dengan baik. (3) Pimpinan perlu melakukan pemberian insentif individual dan insentif kelompok yang digunakan sebagai alat untuk mendorong semangat kerja karyawan, sehingga dapat memaksimalkan produktivitas kerjanya demi mancapai tujuan perusahaan.  Kata kunci: Disiplin, Motivasi, Kinerja Karyawan
ANALISIS STRES KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA CV INVESTA MOTOR BLITAR MELALUI KINERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Viki Intanasari; Sandi Eka Suprajang
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.514 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kinerja dan loyalitas karyawan. Populasi pada penelitian ini adalah 30 orang, dengan menggunakan responden sebanyak 30 orang karyawan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan digunakan teknik analisis model path atau analis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pada path pengaruh langsung antara variabel X (stres kerja) terhadap variabel Y (loyalitas karyawan) menghasilkan pengaruh negatif, yang artinya semakin rendah stres kerja maka semakin tinggi loyalitas karyawan, dimana akan mempengaruhi juga kinerja pada perusahaan ini. 2) Pada pengaruh tidak langsung, koefisien path bertanda positif, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi stres kerja, maka semakin tinggi pula loyalitas karyawan, jika kinerja juga tinggi. Pada sebagian karyawan, stres kerja yang dihadapi merupakan tantangan tersendiri dan bukan merupakan sebuah beban dalam bekerja, dimana akan mendapatkan rasa puas dan percaya diri ketika berhasil menghadapinya. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karyawan pada CV. Investa Motor ini memerlukan dukungan maupun motivasi agar mampu dan siap dalam menghadapi stres kerja yang dihadapi. Stres kerja dapat dikurangi dengan memberikan perhatian terhadap rekan kerja yang mendukung pekerjaan mereka. Dengan mendapatkan dukungan yang sesuai dengan hasil kerja kerasnya dalam menyelesaikan pekerjaan, maka karyawan akan merasa puas dan percaya diri. Dukungan ini dapat berupa pujian, motivasi, maupun gaji, dimana dapat meningkatkan kinerja. Selain itu, pemberian pengahargaan maupun promosi jabatan yang dilakukan secara berkala, dapat menimbulkan perasaan memiliki perusahaan dalam memajukannya. Kata Kunci : Stres Kerja, Kinerja, Loyalitas Karyawan
MENINGKATKAN PENDAPATAN DITINJAU DARI KINERJA KARYAWAN SEBAGAI DAMPAK KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA (STUDI KASUS PADA BPR NUSUMMA JATIM CABANG GODANG MALANG) Suprasiono -; Kristya Damayanti
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.615 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan pendapatan ditinjau dari kinerja karyawan sebagi dampak kepemimpinan dan motivasi kerja pada BPR Nususma Jatim Cabang Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada seluruh karyawan yang berjumlah 25 karyawan BPR NusumaJatimCabangGondang Malang. Analisis data penelitian ini menggunakan bantuan nilai mean item,mean variabel, serta melihat data valid dan reliabel menggunakan SPSS versi 17. Hasil analisis menunjukan bahwa dari hasil pendapatan yang diperoleh selama kurun waktu satu tahun mengalami naik turun, sedangkan dilihat dari kinerja karyawan perlu ada perbaikan karena nilai mean variabel masih di bawah 4,00 yaitu 3,94. Dari variabel kepemimpinan perlu ada pembenahan juga terlihat masih dibawah 4,00 yaitu mendapatankan nilai 3,72. Sedangkan dilihat dari variabel motivasi juga masih mendatkan nilai dibawah 4,00 yaitu sebesar 3,35. Perusahan PT. BPR NusummaJatimCabang Malang harus bisa menyetabilkan pendapatkan. Hal tersebut di barengi dengan kinerja karyawan. Variabel kinerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan kepemimpinan dan motivasi mempunyai pengaruh dominan yang menunjukan bahwa kepemimpinan dan motivasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap kinerja karyawan. Perlu ada pembenahan terhadap model kepemimpinan dan motivasi agar kinerja karyawan semakin meningkat dan pendapatan perusahaan semakin meningkat. Kata Kunci : Peningkatan Pendapatan, Kinerja Karyawan
ANALISIS PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI GUNA MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN PADA UD NANDA PUTRI SRENGAT BLITAR Tutut Anista; Tetty Widiyastuti
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.995 KB)

Abstract

Persediaan bahan baku adalah bahan dasar yang belum diproses yang disediakan perusahaan untuk kemudian digunakan dalam proses kegiatan produksi perusahaan. Bahan baku menjadi hal penting pada perusahaan produksi. Persediaan bahan baku sangat penting bagi perusahaan, karena perusahaan tidak dapat menjalankan kegiatan produksinya untuk menghasilkan suatu produk atau barang yang kemudian akan dijual kepada konsumen. UD. Nanda Putri adalah perusahaan yang menjual pakan yang siap jual, perusahaan juga memproduksi pakan ternak sendiri, yaitu kulit kedelai. Keterbatasan persediaan kedelai pada UD. Nanda Putri disebabkan karena kualitas SDM manajemen perusahaan yang kurang memadahi pengetahuannya membuat perusahaan tidak dapat mengetahui seberapa banyak kebutuhan bahan baku yang dibutuhkan perusahaan dalam periode tertentu dan jumlah biaya yang akan dibutuhkan. Perusahaan tidak tahu cara mengelola persediaan agar kelangsungan kegiatan perusahaan tetap terjaga, sehingga UD. Nanda Putri tidak dapat memenuhi banyaknya permintaan yang datang dari konsumennya yang terus meningkat. Karena hal tersebut proses produksi pada perusahaan pun menjadi terganggu. Pada penelitian ini penulis mengfokuskan pada pakan ternak kulit kedelai menggunakan metode penyelesaian masalah dengan metode pencatatan FIFO (First-in first-out) dan metode perhitungan EOQ (Economycal Order Quantity), SS (Safety Stock) dan ROP (Reorder Point). Kata Kunci : Persediaan Bahan Baku, Produksi dan Permintaan Konsumen
ANALISIS FAKTOR KUALITAS PRODUK DAN HARGA GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA GENTENG UD SUPER BLITAR Ayu Agustina; Siti Sunrowiyati
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.82 KB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada UD Super bahan baku yang langsung diolah tanpa adanya pengecekan ulang membuat kualitas produk menjadi kurang bagus. Produk yang dihasilkan dengan kualitas yang kurang bagus tersebut menyebabkan volume penjualan mengalami penurunan. Volume penjualan merupakan sumber hidup perusahaan karena dengan volume penjualan dapat melihat naik turunnya pendapatan perusahaan. Selama ini harga yang ditetapkan perusahaan lebih tinggi dari para pesaing yang memproduksi produk sejenis. Harga jual tersebut membuat perusahaan kesulitan meningkatkan volume penjualan. Pada penelitian ini menguji apakah kualitas produk dan harga berpengaruh untuk meningkatkan volume penjualan pada perusahaan. penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, analisis ini untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah masing-masing variabel independen berpengaruh positif atau negatif dan memprediksi nilai dari variabel dependen apabila variabel independen mengalami kenaikan atau penurunan. Dari hasil perhitungan regresi linier dapat dilihat dengan meningkatkan kualitas produk dan pengurangan harga jual akan dapat meingkatkan volume penjualan. UD Super sebaiknya meningkatkan kualitas dalam produk yang dihasilkan untuk menarik minat konsumen. dengan peningkatan kualitas produk dan penetapan harga produk yang sesuai dengan harga pesaing diharapkan dapat mendorong peningkatan volume penjualan. Kata Kunci : Kualitas produk, harga, volume penjualan

Page 1 of 1 | Total Record : 9