cover
Contact Name
Ilham Fitrahriansyah
Contact Email
kppub.hki@unsika.ac.id
Phone
+6285624078484
Journal Mail Official
fathurrohman.fai@staff.unsika.ac.id
Editorial Address
Pasca Sarjana PAI Fakultas Agama Islam UNSIKA Alamat: Jl. HS Ronggowaluyo Teluk Jambe Karawang 41361
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 25488171     DOI : http://dx.doi.org/10.35706/
Core Subject : Religion, Education,
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan diterbitkan oleh Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang dengan tujuan menampung semua hasil penelitian, ide atau gagasan inovasi pendidikan, artikel-artikel pendidikan serta kajian tentang pendidikan yang akan dipublikasikan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 02 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan" : 6 Documents clear
PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER: KONSEP & PROBLEMATIKA Astuti Darmiyanti; Ahcmad Junaedi Sitika
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 02 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian pustaka Pendidikan Islam Kontemporer ini disusun untuk memberikan gambaran dari mulai pengertian pendidikan, pendidikan Islam, pendidikan kontemporer, sampai dengan pendidikan Islam kotemporer beserta problematikanya. Diawali dengan pemahaman bahwa mengurus masalah pendidikan seperti membuka gudang masalah yang penuh warna, kaya tantangan, sekaligus memunculkan banyak inovasi. Dilanjutkan dengan berbagai pendapat tentang pengertian pendidikan yang mengacu kepada Undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003 dan dilanjutkan dengan pendapat dari John Dewey, M.J Langeveld, Herman Horn, dan Ki Hajar Dewantara. Tinjauan dilanjutkan dengan memahami pengertian dari pendidikan Islam dan pendidikan kontemporer serta diakhiri dengan pembahasan pendidikan Islam kontemporer. Pembahasan secara ringkas juga disajikan terkait dengan beberapa hal yakni fenomena munculnya lembaga-lembagf-negatifa pendidikan formal (sekolah) Islam Terpadu (IT) beserta problematika yang terkait dengannya. Problematika yang ada yang meliputi peran, prospek dan berujung pada tantangan ke depan ynng harus kita hadapi dalam memasuki dan menghadapi sisi positif-negatif di era globalisasi juga menjadi bahan pemikiran yang disajikan. Kata kunci: Konsep Pendidikan, Pendidikan Islam Kontemporer
MANAJEMEN PERUBAHAN ORGANISASI SEKOLAH LUAR BIASA Dadang Rahman Munandar
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 02 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan pengelolaan sekolah, khususnya SLB sangat dipengaruhi oleh kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), berupa pola kerja, kebiasaan, nilai-nilai yang sangat kental dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah, pola manajemen sekolah dan teknologi informasi pendukung organisasi sekolah. Kajian menunjukan bahwa sekolah akan selalu menghadapi perubahan, keberhasilan dalam perubahan sekolah akan dicapai manakala ada dukungan pimpinan sebagai agen perubahan dalam organiasi sekolahnya sehingga terjadi perubahan perilaku warga sekolah terhadap substansi perubahan. Permasalahan yang muncul dari hal tersebut adalah sejauh mana perubahan organiasi sekolah memiliki kesesuaian dengan apa yang diharapkan.Peneliti ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. penelitian dilaksanakan di SLB Negeri A Jl. Sukarasa Citeureup Kota Cimahi Propinsi Jawa Barat yang sedang mengimplementasikan pendidikan inklusif, yaitu peran SLB sebagai RC pendidikan inklusif. Partisipan penelitian adalah : (1) Kepala sekolah, (2) Wakil kepala sekolah, (3) Guru-guru SLB, (4) Pengurus komite sekolah, (5) Siswa-siswa SLB yang diteliti, (6) Tenaga tata usaha sekolah.Kata Kunci: Manajemen Perubahan Organisasi, Sekolah Luar Biasa
ARAH BARU KEPEMIMPINAN ORGANISASI MASYARAKAT PERGURUAN ISLAM MATHLA’UL ANWAR DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Ilham Fahmi
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 02 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan 4.0 adalah fenomena yang merespon kebutuhan munculnya revolusi industri keempat dimana manusia dan mesin diselaraskan untuk mendapatkan solusi, memecahkan masalah dan tentu saja menemukan kemungkinan inovasi baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menjadikan Organisasi Kemasyarakatan Perguruan Islam Mathla’ul Anwar sebagai objek telaah penelitian. Hasilnya adalah bahwa kepimpinan yang mampu bertahan di era revolusi industri 4.0 adalah pemimpin yang memiliki kapasistas serta kompetensi The posission of new mindset, The acquisition of new leadership competencies, The acquisition of new knowledge, The acquisition of technology literacy, The acquisition 21 st soft skill.
PERAN AYAH (FATHERING) DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 tahun di RA NURHALIM Tahun Pelajaran 2018) Dewi Siti Aisyah; Nancy Riana; Feronica Eka Putri
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 02 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ayah pada anak usia 5-6 tahun dalam perkembangan sosial. Penelitian ini dilakukan di RA Nurhalim pda tahun 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa TK A dan TK B di RA Nurhalim. Data dikumpulkan melalui teknik triangulasi data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ayah sangat erat kaitannya dengan perkembangan sosial anak. Pada siswa Sy memiliki interaksi sosial yang kurang dengan temannya, jika dilihat dari peran ayah, maka siswa Sy tidak dekat dengan ayah, arahan ayahnya bahwa Sy harus pintar sangat melekat pada diri Sy, sehingga dia tidak mau bermain dengan temannya karena ingin pintar, ayah tidak memberikan penjelasan kembali kepada Sy karena pengasuhan lebih cendrung ke ibu. Pada subjek A diketahui bahwa ayah selalu meluangkan waktu setiap malam untuk berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian A mengetahui hak dan kewajibannya. A juga menunjukkan prilaku prososial, hal tersebut terlihat dari sopan santun A dan interaksi yang baik dengan lingkungannya. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa ayah juga harus berperan dalam perkembangan sosial anak, bukan hanya sebagai pencari nafkah.Kata kunci: Peran Ayah, Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial
Pendidikan Toleransi Menurut QS Al-Baqarah Ayat 256 Perspektif Ibnu Katsir Iqbal Amar Muzaki
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 02 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This writing presents an analysis of tolerance education as contained in QS Al-Baqarah verse 256 Ibn Kathir's perspective. Ibn Kathir was a well-known scholar who produced many works. Tafsir ibn Kathir is one of his monumental works. This study uses a qualitative approach to the form of analysis of the work of Ibn Kathir. The author concludes that the substance of tolerance is to provide opportunities for other individuals to sincerely believe in their religion without coercion from others. This mindset must be instilled through education. If this mindset is embedded in the minds of the people, then the hope of a conducive and peaceful life will be realized
PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL, EMOSIONAL-SOSIAL DAN INTELEKTUAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM TELUKJAMBE KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG Andri Budianto; Amirudin Amirudin; Iqbal Amar Muzaki
Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 5 No. 02 (2021): Wahana Karya Ilmiah Pendidikan
Publisher : Magister PAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional-sosial dan intelektual siswa di SMP Islam Telukjambe; dan untuk mengetahui realitas Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional-sosial dan intelektual siswa di SMP Islam Telukjambe. Metode penelitian ini menggunakan metode aliance (campuran metode). Model Desain yang dikembangkan adalah desain metode alian paralel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan untuk mengumpulkan data, kemudian menghasilkan uraian sebagai berikut: pertama, peran Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual, sosial-sosial dan intelektual siswa di SMP Islam Telukjambe terdiri dari kepala sekolah melalui pendekatan struktural pengembangan sekolah; pendekatan kurikulum melalui program pendidikan; guru melalui pendekatan formal; organisasi melalui pendekatan sekolah dari Organisasi Siswa Intra Go to School (OSIS); dan pendekatan lulus siswa dari studi aktif; keduanya, realitas Pendidikan Agama Islam mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional-sosial dan intelektual siswa di SMP Islam Telukjambe hanya bertemu dalam aspek intelektual siswa yang adil, tetapi belum bertemu dalam aspek spiritual dan dia. Hal ini karena upaya mengembangkan kecerdasan pihak ketiga dari siswa yang secara seimbang dipengaruhi oleh struktur yang memiliki skala luas hingga Kata Kunci: Peran, Pendidikan Agama Islam, dan Kecerdasan Spiritual, Sosial-Emosional dan Intelektual

Page 1 of 1 | Total Record : 6