Oeconomicus Journal of Economics
Oeconomicus Journal of Economics merupakan jurnal online yang bersifat open access. OJE sebagai ruang terbuka bagi debat dan diskusi tentang ilmu ekonomi dan ekonomi terapan. OJE merupakan ruang hidup bagi tumbuh dan berkembangnya cita-cita integrasi atau penyatuan ilmu-ilmu keislaman, sosial-humaniora, serta sains dan teknologi sebagaimana tergambar dalam paradigma filosofis integrated twin towers UIN Sunan Ampel Surabaya. Oeconomicus Journal of Economics diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember) oleh Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya. Oeconomicus Journal of Economics berfokus pada topik atau tema yang terkait dengan berbagai aspek dari ilmu ekonomi, sebagai berikut : Perencanaan Pembangunan Ekonomi Regional dan Ekonomi Perkotaan Ekonomi Industri Ekonomi Publik Ekonomi Moneter dan Perbankan Ekonomi Internasional Bisnis dan Keuangan Ekonomi Islam
Articles
18 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8"
:
18 Documents
clear
Pengaruh Pelaksanaan Pemilu Presiden Indonesia Tahun 2019 Terhadap Return Saham JII70 di Indonesia
Adevia Fendiyani, Erika;
Zulia Kunthi, Dewi;
Fadlullah Hana, Kharis
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.146-168
Pasar modal sebagai salah satu instrumen ekonomi tidak terlepas dari pengaruh lingkungan, baik lingkungan ekonomi maupun lingkungan non-ekonomi. Peristiwa politik merupakan salah satu risiko non-ekonomi yang dapat mempengaruhi keputusan investor untuk berinvestasi di pasar modal. Tujuan artikel ini untuk mengetahui pengaruh pemilu presiden Indonesia tahun 2019 terhadap return saham ketika akan ditentukannya bakal calon presiden sebelum pelaksanaan pemilihan umum presiden, pada saat pelaksanaan, dan juga sesudah pelaksanaannya terhadap saham-saham yang terdaftar didalam indeks JII70. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang sahamnya tercatat didalam indeks JII70. Penelitian ini menggunakan even study (studi peristiwa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada reaksi investor di mana 7 hari sebelum dan 7 hari sesudah tanggal 17 April 2019 pemilu serentak. Penelitian ini menunjukkan bahwa peristiwa pemilu presiden pada tahun 2019 menunjukkan hasil yang cukup signifikan terhadap return dan harga saham dibeberapa perusahaan yang tergabung di indeks JII70. Kata Kunci: Pasar Modal, Return, Pemilu Presiden.
Pengaruh Pelaksanaan Pemilu Presiden Indonesia Tahun 2019 Terhadap Return Saham JII70 di Indonesia
Adevia Fendiyani, Erika;
Zulia Kunthi, Dewi;
Fadlullah Hana, Kharis
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.146-168
Pasar modal sebagai salah satu instrumen ekonomi tidak terlepas dari pengaruh lingkungan, baik lingkungan ekonomi maupun lingkungan non-ekonomi. Peristiwa politik merupakan salah satu risiko non-ekonomi yang dapat mempengaruhi keputusan investor untuk berinvestasi di pasar modal. Tujuan artikel ini untuk mengetahui pengaruh pemilu presiden Indonesia tahun 2019 terhadap return saham ketika akan ditentukannya bakal calon presiden sebelum pelaksanaan pemilihan umum presiden, pada saat pelaksanaan, dan juga sesudah pelaksanaannya terhadap saham-saham yang terdaftar didalam indeks JII70. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang sahamnya tercatat didalam indeks JII70. Penelitian ini menggunakan even study (studi peristiwa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada reaksi investor di mana 7 hari sebelum dan 7 hari sesudah tanggal 17 April 2019 pemilu serentak. Penelitian ini menunjukkan bahwa peristiwa pemilu presiden pada tahun 2019 menunjukkan hasil yang cukup signifikan terhadap return dan harga saham dibeberapa perusahaan yang tergabung di indeks JII70. Kata Kunci: Pasar Modal, Return, Pemilu Presiden.
Strategi untuk Meningkatkan Pasar Produk Alat Hispatologi (Merk Sakura) : Studi Kasus PT. Fajar Mas Murni
Sukoco, Anton;
Anshori, Yusak
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.118-145
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang langsung mengenai pemimpin pasar dengan tujuan mendapatkan strategi pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasar dan menjadi pemimpin pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan instrumen analisis SWOT disertai dengan perhitungan IFAS dan EFAS. Sumber data dan jenis data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil diskusi kelompok fokus, wawancara mendalam dan kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan keuangan dan artikel serta literatur yang relevan. Hasil pengayaan strategi dengan mengggunakan analisis SWOT pada pendekatan kuantitatif diperoleh bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran 3 yakni kuadran WO dengan koordinat (-0,63; +1,47) sehingga perusahaan seharusnya memasuki strategi turnaround, yaitu mengubah strategi pemasaran mereka dari hit langsung menjadi pemimpin pasar dengan meningkatkan layanan purna jual, meningkatkan kualitas produk mereka, ekuitas merek, dukungan dari manajemen puncak dan menempatkan unit di Rumah Sakit Pendidikan. Penelitian ini dapat memberikan gambaran umum kepada praktisi dalam pengambilan keputusan strategis pemasaran.
Strategi untuk Meningkatkan Pasar Produk Alat Hispatologi (Merk Sakura) : Studi Kasus PT. Fajar Mas Murni
Sukoco, Anton;
Anshori, Yusak
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.118-145
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang langsung mengenai pemimpin pasar dengan tujuan mendapatkan strategi pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasar dan menjadi pemimpin pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan instrumen analisis SWOT disertai dengan perhitungan IFAS dan EFAS. Sumber data dan jenis data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil diskusi kelompok fokus, wawancara mendalam dan kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan keuangan dan artikel serta literatur yang relevan. Hasil pengayaan strategi dengan mengggunakan analisis SWOT pada pendekatan kuantitatif diperoleh bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran 3 yakni kuadran WO dengan koordinat (-0,63; +1,47) sehingga perusahaan seharusnya memasuki strategi turnaround, yaitu mengubah strategi pemasaran mereka dari hit langsung menjadi pemimpin pasar dengan meningkatkan layanan purna jual, meningkatkan kualitas produk mereka, ekuitas merek, dukungan dari manajemen puncak dan menempatkan unit di Rumah Sakit Pendidikan. Penelitian ini dapat memberikan gambaran umum kepada praktisi dalam pengambilan keputusan strategis pemasaran.
Analisis Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jawa Timur
Islami , Debby;
Rahmawati, Lilik
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.169-179
Pajak daerah merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan oleh setiap masyarakat sebagai bentuk kontribusi kepada daerah yang sifatnya memaksa berdasarkan undang-undang. Adanya otonomi daerah memaksa setiap daerah untuk berinovasi dalam menghasilkan pendapatan daerahnya sendiri dengan melakukan penggalian terhadap sumber-sumber pendapatan khususnya Pendapatan Asli Daerah. Berdasarkan hasil penelitian, pajak merupakan komponen Pendapatan Asli Daerah yang memiliki kontribusi besar, diantaranya adalah pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor. Sektor pajak merupakan sektor yang sangat memengaruhi kondisi keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur karena digunakan untuk mengelola dan mengatur perekonomian Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menjelaskan bagaimana kontribusi dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Jawa Timur. Penerimaan dari dana Pendapatan Asli Daerah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan baik dalam pembangunan fisik maupun non fisik di Provinsi Jawa Timur. Perwujudan otonomi daerah di Provinsi Jawa Timur sudah efektif dapat dilihat dengan keberhasilan dalam menggali sumber-sumber dana dan pembangunan daerah
Analisis Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jawa Timur
Islami , Debby;
Rahmawati, Lilik
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.169-179
Pajak daerah merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan oleh setiap masyarakat sebagai bentuk kontribusi kepada daerah yang sifatnya memaksa berdasarkan undang-undang. Adanya otonomi daerah memaksa setiap daerah untuk berinovasi dalam menghasilkan pendapatan daerahnya sendiri dengan melakukan penggalian terhadap sumber-sumber pendapatan khususnya Pendapatan Asli Daerah. Berdasarkan hasil penelitian, pajak merupakan komponen Pendapatan Asli Daerah yang memiliki kontribusi besar, diantaranya adalah pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor. Sektor pajak merupakan sektor yang sangat memengaruhi kondisi keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur karena digunakan untuk mengelola dan mengatur perekonomian Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menjelaskan bagaimana kontribusi dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Jawa Timur. Penerimaan dari dana Pendapatan Asli Daerah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan baik dalam pembangunan fisik maupun non fisik di Provinsi Jawa Timur. Perwujudan otonomi daerah di Provinsi Jawa Timur sudah efektif dapat dilihat dengan keberhasilan dalam menggali sumber-sumber dana dan pembangunan daerah
Pengaruh Jumlah Penduduk, Tingkat Pendidikan dan PDRB terhadap Kemiskinan di Kota Malang
Nabawi, Hafiz
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.104-117
Pembangunan ekonomi harus berkesinambungan dengan perencanaan agar dapat berjalan sesuai dengan harapan yang ingin dituju yaitu kondisi perubahan perekonomian yang stabil juga menanggulangi kemiskinan. Berbagai cara dalam pengentasan kemiskinan harus dilakukan secara menyeluruh yang berdasarkan aspek masyarakat dengan cara yang terpadu khususnya di Kota Malang yang merupakan kota metropolitan kedua setelah Kota Surabaya harus memaksimalkan sektor-sektor unggulan agar pembangunan ekonomi dapat tersebar ke berbagai elemen masyarakat. Data yang digunakan merupakan data sekunder, yang dimana di dalam data tersebut terdapat kumpulan data time series yang telah dikutip dari tahun 2011-2018. Data bersumber dari BPS Kota Malang dan di analisis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan aplikasi SPSS untuk mengetahui pengaruh jumlah penduduk, tingkat pendidikan dan PDRB terhadap kemiskinan di Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa jumlah penduduk mempengaruhi secara negatif sedangkan tingkat pendidikan tidak mempengaruhi secara positif dan untuk PDRB juga tidak mempengaruhi secara positif.
Pengaruh Jumlah Penduduk, Tingkat Pendidikan dan PDRB terhadap Kemiskinan di Kota Malang
Nabawi, Hafiz
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.104-117
Pembangunan ekonomi harus berkesinambungan dengan perencanaan agar dapat berjalan sesuai dengan harapan yang ingin dituju yaitu kondisi perubahan perekonomian yang stabil juga menanggulangi kemiskinan. Berbagai cara dalam pengentasan kemiskinan harus dilakukan secara menyeluruh yang berdasarkan aspek masyarakat dengan cara yang terpadu khususnya di Kota Malang yang merupakan kota metropolitan kedua setelah Kota Surabaya harus memaksimalkan sektor-sektor unggulan agar pembangunan ekonomi dapat tersebar ke berbagai elemen masyarakat. Data yang digunakan merupakan data sekunder, yang dimana di dalam data tersebut terdapat kumpulan data time series yang telah dikutip dari tahun 2011-2018. Data bersumber dari BPS Kota Malang dan di analisis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan aplikasi SPSS untuk mengetahui pengaruh jumlah penduduk, tingkat pendidikan dan PDRB terhadap kemiskinan di Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa jumlah penduduk mempengaruhi secara negatif sedangkan tingkat pendidikan tidak mempengaruhi secara positif dan untuk PDRB juga tidak mempengaruhi secara positif.
Strategi Pengembangan Fintech Syariah Dengan Pendekatan Business Model Canvas di Indonesia
Mazza Basya , Maziyah;
Setya Iqbal Pratama, Rafi;
Iqbal Surya Pratikto, Muhammad
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.180-196
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan Fintech syariah dalam menghadapi persaingan bisnis dengan kompetitor lain. Peneliatian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang membahas teori atau mencari referensi yang relevan dengan topik yang di angkat. Peneliti ini menemukan bahwa dalam mengembangkan perusahaan fintech syariah di era disruptif saat ini, harus mempunyai model bisnis yang akan menjadi pondasi dasar dalam menjalankan bisnis berbasis teknologi. Model bisnis tersebut adalah model bisnis kanvas yang memiliki sembilan bagian bangunan, diantaranya: key partnership, key resources, key activities, value proposition, customer segment, customer relationship, channels, cost structure, revenue stream. Namun dalam syariah menambah satu bagian bangunan yaitu syariah compliance. Berdasarkan dari pengelohaan atas pembagian bangunan meemberikan hasil atas strategi pengembangan fintech syariah.
Strategi Pengembangan Fintech Syariah Dengan Pendekatan Business Model Canvas di Indonesia
Mazza Basya , Maziyah;
Setya Iqbal Pratama, Rafi;
Iqbal Surya Pratikto, Muhammad
OECONOMICUS Journal of Economics Vol. 4 No. 2 (2020): (Juni) edisi 8
Publisher : Program Studi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15642/oje.2020.4.2.180-196
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan Fintech syariah dalam menghadapi persaingan bisnis dengan kompetitor lain. Peneliatian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang membahas teori atau mencari referensi yang relevan dengan topik yang di angkat. Peneliti ini menemukan bahwa dalam mengembangkan perusahaan fintech syariah di era disruptif saat ini, harus mempunyai model bisnis yang akan menjadi pondasi dasar dalam menjalankan bisnis berbasis teknologi. Model bisnis tersebut adalah model bisnis kanvas yang memiliki sembilan bagian bangunan, diantaranya: key partnership, key resources, key activities, value proposition, customer segment, customer relationship, channels, cost structure, revenue stream. Namun dalam syariah menambah satu bagian bangunan yaitu syariah compliance. Berdasarkan dari pengelohaan atas pembagian bangunan meemberikan hasil atas strategi pengembangan fintech syariah.