cover
Contact Name
Nur Adyla
Contact Email
nuradyla@unsulbar.ac.id
Phone
+6281355696400
Journal Mail Official
nuradyla@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH., MH., Talumung. Majene
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Bandar: Journal of Civil Engineering
ISSN : 26230135     EISSN : 26567199     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Bandar Journal of Civil Engineering has an area of expertise consisting of Structural Engineering, Construction Engineering & Management, Geotechnical Engineering, Water Resources Engineering, Transportation Engineering and Ocean Engineering
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Bandar: Journal of Civil Engineering" : 5 Documents clear
Parkir Analisis Kapasitas Ruang Parkir Pasar Sentral Kota Majene Mila waty Waris
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 2 (2020): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i2.546

Abstract

Abstract This research was conducted at the Central Market of Majene City, West Sulawesi. Majene Central Market, located in Kec. Banggae as the capital of Majene Regency is a market that is often visited by various groups because it provides a variety of necessities of life so that there are various problems in the transportation system both infrastructure and infrastructure. The aim of purpose research is to (1) Knowing the characteristics of parking, (2) Explaining about management of parking (3) providing alternative input about retribution management of parking The aim of this research method used is a field survey by updating the types of vehicles that enter and exit the parking area. Retrieval of data used in this study uses 2 (two) methods, namely: 1). Field research methods, namely direct observation of locations to see physical conditions; 2) Library Research Methods. Data analysis was carried out in a descriptive way by giving a description of the location through the assessment of variables including the analysis of parking characteristics and the arrangement of parking spaces that can provide a sense of security and comfort. Data were analyzed by calculating the number of parking needs that must be provided of characterictic of parking, parking space equipped with parking capacity, parking volume, accumulation of parking, duration of parking , level of parking use, and parking index. The result of the research obtained from the required parking space of 427 parking lots for transport vehicles. Parking maintenance needs to be done by the government to pay attention to parking spaces in the Central Market of Majene City and is expected to be a strategic planning in the regulation and retribution of parking arrangements in the central market of Majene City and management of parking Keywords; characteristic of parking, management of parking, retribution of parking Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Sentral Kota Majene, Sulawesi Barat. Pasar Sentral Majene yang berlokasi di Kecamatan Banggae merupakan, pasar yang sering dikunjungi oleh berbagai kalangan karena menyediakan berbagai macam kebutuhan hidup. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui karakteristik parkir, (2) Menjelaskan tentang pengelolaan parkir (3) memberikan masukan alternatif tentang penataan ruang parkir serta pengelolaan retribusi parkir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey lapangan dengan mencatat jenis kendaraan yang keluar masuk dalam area parkir. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 2 (dua) metode yaitu : 1). Metode penelitian lapangan (Field Research Method) yaitu pengamatan langsung pada lokasi untuk melihat kondisi fisik; 2) Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research Method). Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif dengan memberikan gambaran terhadap lokasi melalui identifikasi terhadap variabel-variabel antara lain analisis karakteristik parkir dan penataan ruang parkir yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman.. Data dianalisis dengan menghitung besarnya jumlah kebutuhan parkir yang harus disediakan lahan parkir yang meliputi kapasitas parkir, volume parkir, akumulasi parkir, durasi parkir, tingkat penggunaan parkir, dan indeks parkir. Hasil penelitian diperoleh tempat parkir yang dibutuhkan sebesar 1.171 tempat parkir untuk kendaraan transportasi. Pemeliharaan parkir perlu dilakukan oleh pemerintah untuk memperhatikan ruang parkir di Pasar Sentral Kota Majene dan diharapkan menjadi perencanaan strategis dalam pengaturan dan retribusi pengaturan parkir di pasar pusat Kota Majene dan pengelolaan parkir Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik parkir di Pasar Sentral Majene yang meliputi volume, akumulasi dan kapasitas parkir diperoleh bahwa: 1). Volume parkir jam puncak pembeli/pengunjung terjadi pada jam 10:00 sampai 14:00; 2). Akumulasi parkir puncak tertinggi terjadi pada hari minggu pukul 11.00-15.00 oleh pembeli/ pengunjung dengan akumulasi; 3) Kapasitas parkir tertinggi pada jam 10:00 sampai jam 14:00. Bentuk yang cocok untuk kegiatan parkir di pasar sentral Majene adalah bentuk parkir 90⁰ dan bentuk parkir sudut dengan kemiringan 45⁰. Demikian juga untuk konsep pola parkir dan penataannya dapat dibedakan atas : 1) parkir untuk pengunjung harus mudah dicapai dan dekat dengan jalan sebagai akses utama; 2). Parkir pengelola harus dipisahkan dengan parkir pengunjung; 3) parkir hendaknya dapat dipisahkan berdasarkan jenis kendaraan. Kata kunci; karakterikstik parkir, penataan ruang parkir, Akumulasi parkir
STUDI PEMETAAN DATA BASE SPASIAL PENGGUNAAN LAHAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KELURAHAN BAURUNG Muhammad Harum Muhammad Harum
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 2 (2020): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i2.547

Abstract

ABSTRACT: Geographic Information Systems not only handle maps or images, but most importantly is the ability to handle large volumes of databases. The database concept is the center of a Geographic Information System and is a simple system that can only produce output in the form of geographical and spatial data from a region. The Geographical Information System Database (GIS) is formed having a spatial data topology structure, and can be used as basic data. The database is formed automatically from the results of surveys and measurements and the results of digitization of high-resolution image maps so that spatial data information can be obtained, to produce a new Geographic Information System database as a result of the merging of survey data and the results of digitization of image maps.
Optimalisasi Kinerja Simpang Bersinyal Kawasan Pertokoan Majene Akbar Indrawan Saudi
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 2 (2020): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i2.769

Abstract

Peningkatan arus lalu lintas berdampak pada penurunan kinerja pelayanan simpang jika tidak dilakukan tindakan preventif lebih lanjut. Volume lalu lintas di ruas jalan utama Kabupaten Majene mengalami peningkatan setiap tahunnya yang berdampak pada kinerja simpang khususnya yang berlokasi kawasan pertokoan kota Majene, peningkatan arus lalu lintas tersebut diperparah dengan adanya aktifitas hambatan samping yang terjadi disekitar simpang tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis kondisi eksisting simpang bersinyal dan alternatif penanganan berdasarkan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Permasalahan yang timbul terlihat dari timbulnya antrian dan tundaan yang terlihat, sehingga diperlukan pengambilan data dengan survey lalu lintas, survey waktu sinyal dan fase simpang yang dilakukan selama 12 jam pengamatan. Analisis kinerja simpang dilakukan dengan mencari nilai DS (degree of saturation), antrian (queueing) dan tundaan (delay). Hasil penelitian mendapatkan nilai DS pada kondisi eksiting rata-rata untuk lengan simpang adalah 0,82 (pendekat timur) dan 0,81 (pendekat barat). Antrian yang terjadi yaitu sepanjang 104.33 m (pendekat utara) serta tundaan total untuk keseluruhan simpang adalah 51365,8 smp.det dan untuk tundaan 22,34 detik/smp. Kata Kunci : Kinerja Simpang, MKJI, Tundaan, Degree Of Saturation, Antrian, Simpang Bersinyal.
ANALISA PENINGKATAN SALURAN TERSIER BBG 6 KIRI DI IRIGASI KOMERING DESA SUMBER AGUNG KEC. BUAY MADANG Lucyana Lucy
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 2 (2020): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i2.770

Abstract

Daerah irigasi yang mempunyai luas areal 120.000 Ha (Berdasarkan data O&P SDA II) ini mensuplai air dari sungai komering melalui bangunan pengambilan bebas (free intake) di Kurungan Nyawa, namun sarana pengairan ini tidak menjamin kontinuitas air karena keterbatasan debit air yang melalui free intake akibat kontruksi yang tidak memadai. Tujuan penelitian adalah Menganalisa besaran kapasitas di saluran tresier BBG. 6 kiri Daerah Irigasi Komering desa Sumber Agung Kec. Buay Madang sesudah dan sebelum peningkatan serta rencana anggaran biaya peningkatan saluran. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai debit sesudah peningkatan jauh lebih baik di bandingkan sebelum peningkatan yang mempunyai nilai 0,001125 m3 / det sebelum peningkatan dan 0,01880 m3 / det setelah peningkatan. Rencana anggaran biaya untuk pembuatan saluran tersier sepanjang 426 M adalah Rp.137.800.000,00
POLA SEBARAN PLANKTON PADA BERBAGAI SUMBER PENCEMARAN YANG BERBEDA DI SUNGAI MUSI KECAMATAN GANDUS DAN KERTAPATI Eka Rizki Meiwinda
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 2 (2020): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i2.771

Abstract

Aktivitas industry yang berada di Sungai Musi berdampak pada komunitas plankton. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 5 stasiun dengan perbedaan jenis polutan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini, terdapat 13 sebaran plankton berdasarkan masing-masing stasiun. Stasiun 1 berbeda sedikit sekali persamaan dan kedekatannya dengan stasiun lainnya. Stasiun 2,4,5, dan 3 masing-masing berada pada kuadran 4 dan 2 yang artinya pada stasiun 2,4,5 banyak memiliki kesamaan, namun sedikit sekali memiliki kesamaan dan kedekatan dengan stasiun 3. Stasiun 2,3,4, dan 5 banyak memiliki kedekatan dan kesamaan spesies dengan stasiun1.

Page 1 of 1 | Total Record : 5